Cara Submit / Mendaftarkan Aplikasi Android di Google Play Store untuk Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Tentunya bagi pengguna Android tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Google Play Store. Pengertian dari Google Play Store adalah toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Android software development kit (SDK) dan diterbitkan melalui Google. Aplikasi ini membantu pengguna android untuk mendownload aplikasi yang mereka inginkan. Toko ini berfungsi sebagai toko media digital, yang menawarkan program musik, buku, film, dan televisi.

Aplikasi yang disediakan di Google Play Store terdapat dua versi yaitu berbayar dan gratis. Untuk versi gratis nya yaitu berupa game, sosial media, aplikasi belajar, dan lain-lain. Sedangkan versi premiumnya berupa film, buku, serta terdapat beberapa game dengan spesifikasi tinggi yang mengharuskan penggunanya membayar terlebih dahulu. Berbagai aplikasi yang disediakan pun dapat mengalami upgrade fitur ataupun yang berada didalamnya.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara mendownload aplikasi pada Play Store ini, namun belum banyak yang mengetahui bagaimana cara mendaftarkan aplikasi android pada Google Play Store. Dengan mendaftarkan aplikasi Anda pada Google Play Store maka akan banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Dibawah ini terdapat bagaimana cara mendaftarkan aplikasi android pada Google Play Store dan beberapa penjelasan lainnya.

 

Sekilas Tentang Google Play Store

Cara Submit / Mendaftarkan Aplikasi Android di Google Play Store untuk Pemula
 

Google Play store memiliki lebih dari 82 miliar unduhan aplikasi pada tahun 2016 dan telah mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang diterbitkan pada 2017 lalu. Meskipun begitu toko online ini telah menjadi subjek berbagai masalah mengenai keamanan, di mana perangkat lunak berbahaya telah disetujui dan diunggah ke toko dan diunduh oleh pengguna, dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Google Play diluncurkan pada 6 Maret 2012 yang menyatukan Android Market, Google Music, dan Google eBookstore di bawah satu merek, menandai perubahan dalam strategi distribusi digital Google. Layanan yang termasuk dalam Google Play adalah Google Play Books, Google Play Games, Google Play Film & TV dan Google Play Music. Setelah mereka-ulang, Google kemudian secara bertahap memperluas dukungan geografis untuk setiap layanan.

Baca Juga :    Daftar Game IOS Terbaik dan Dapat di Download / Mainkan Offline

 

Registrasi di Google Play Developer Console

Langkah awal pendaftaran pada Google Play yaitu melalui Google Play Developer Console. Google Play Developer Console berfungsi sebagai tempat untuk melakukan hampir semua urusan mengunggah dan merilis aplikasi di Google Play. Proses awalnya yaitu dengan pembuatan akun terlebih dahulu. Berikut cara mendaftar akun google play developer console :

  1. Masuk ke halaman web ini play.google.com/apps/publish
  2. Lalu Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google Anda, jika belum memilikinya maka harus mendaftar terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya akan masuk ke bagian “Accept Developer Agreement”. Centang boks persetujuan perjanjian setelah Anda membaca detail perjanjiannya.
  4. Setelahnya Anda akan diminta mengisi detail kartu kredit untuk membayar biaya registrasi sebesar $25 (sekitar Rp. 260.000). Biaya registrasi ini hanya perlu dibayar sekali saja tidak secara berulang-ulang.
  5. Kemudian setelah detail kartu kredit terverifikasi dan pembayaran sudah dilakukan, Anda akan diminta untuk melengkapi detail akun yang akan dibuat.

Langkah-langkah diatas cukup mudah dan jelas untuk Anda lakukan karena Anda hanya perlu mengikuti langkah tersebut secara urut. Hal yang paling penting adalah Anda harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu untuk urusan administrasinya. Selama Anda memiliki kartu kredit tidak akan ada masalah. Setelah sukses melakukan registrasi, Anda dapat langsung mengakses Google Play Developer Console Anda.

 

Baca Juga :     [Tutorial] Cara Membuat Aplikasi Android dengan Mudah untuk Pemula

 

Registrasi Akun Merchant Google Wallet

Cara Submit / Mendaftarkan Aplikasi Android di Google Play Store untuk Pemula
 

Pendaftaran Google Play Developer Console saja tidak cukup untuk mendaftarkan aplikasi android Anda pada play store. Langkah kedua adalah pendaftaran akun merchant google wallet. Agar Anda dapat merilis aplikasi berbayar dan menggunakan fitur in-app billing dari Google dalam aplikasi, Anda harus membuat akun merchant Google Wallet melalui Google Play Developer Console. Pembuatan akun merchant google wallet tidak membutuhkan biaya registrasi dan prosesnya cepat. Berikut langkah-langkah pembuatannya :

  • Klik tautan “Set up a merchant account now” di menu “Settings” > “Account details” di Google Play Developer Console Anda.
  • Isi detail data Anda untuk registrasi akun merchant Google Wallet. Seharusnya sebagian besar data yang diminta sudah terisi secara otomatis.
  • Registrasikan data Anda dan selanjutnya akun merchant Google Wallet Anda akan aktif.

Dengan mengikuti langkah tersebut Anda sudah dapat merilis aplikasi berbayar dan menggunakan in-app billing.

Baca Juga :      Cara Membuat Barcode & QR Code dengan Mudah dan Cepat secara GRATIS

 

Tata Cara Upload Aplikasi Android Pada Google Play Store

Setelah melakukan tahap-tahap dalam registrasi di atas sekarang Anda dapat mencoba untuk mengupload atau merilis aplikasi Android pada Google Play Store. Ini tidak memerlukan waktu yang cukup lama hanya tinggal menunggu beberapa waktu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk merilis aplikasi android Anda sendiri dengan resmi :

  • Login atau masuk.

    Klik pada tombol “Publish an Android App on Google Play” di halaman utama Google Play Developer Console.

  • Memilih opsi/pilihan

    Pilih “Default language” yang diinginkan beserta judul aplikasinya. Jika aplikasinya berbahasa Indonesia, pilih saja bahasa Indonesia untuk “Default language”.

  • Upload

    Selanjutnya, klik tombol “Upload APK” dan lalu unggah file APK dari aplikasi kamu. Siapkan juga file keystore yang Anda gunakan untuk membuild file apk tersebut dan simpan jangan sampai hilang karena file tersebut akan dibutuhkan kembali ketika Anda ingin mengupdate atau melakukan perubahan pada aplikasi Anda. Jika file keystore yang digunakan berbeda maka aplikasi di google dev tidak akan dapat diperbaharui dan menolak update aplikasi Anda. Pengertian dari file keystore adalah file yang digunakan ketika menggenerate file APK.

  • Persiapkan Gambar Untuk Aplikasi

    Terdapat tiga langkah untuk mempersiapkan gambar untuk aplikasi Anda. Gambar ini tidak boleh sembarangan karena harus memenuhi beberapa kriteria. Berikut kriteria dari gambar tersebut :

    1. Screenshot dari tampilan aplikasi Anda, maksimal 8 buah gambar. Siapkan gambar screenshot yang menarik agar aplikasi anda mendapatkan perhatian khusus dari pengguna dan mereka terpancing untuk mendownload aplikasi anda.
    2. Gambar untuk icon aplikasi yang tampil di playstore. Ukuran gambar untuk icon aplikasi adalah 512px x 512px, jangan lupa untuk membuat gambar semenarik mungkin serta relevan dengan isi aplikasi anda, agar aplikasi anda banyak yang download,
    3. Gambar banner. Siapkan juga gambar untuk banner aplikasi anda dengan ukuran 1024px x 512px, buat semenarik mungkin, anda bisa menggunakan aplikasi seperti photoshop, atau corel draw untuk membuatnya.

    Syarat tersebut merupakan minimal persyaratan yang harus dipenuhi. Sebenarnya juga terdapat beberapa lagi persyaratan yang bersifat opsional.

  • Upload Aplikasi Pada Google Play Developer

    Langkah – langkah yang bisa Anda tempuh, yaitu :

    1. Login ke akun Google Developer Anda.
      Untuk login anda bisa mengakses halaman play.google.com/apps/publish, kemudian silahkan login menggunakan email google dan passwordnya yang anda gunakan ketika daftar.
    2. Klik tombol Create Application
      Silahkan pilih opsi Default language (sesuaikan dengan bahasa aplikasi android yang ingin anda upload), kemudian title, lalu isi dengan judul aplikasi Anda agar dapat dicari di Google Play Store.
  • Isi data APP Release

    Pada App Release Anda akan diminta untuk mengupload file apk aplikasi android Anda dan juga informasi mengenai point-point penting yang terdapat pada aplikasi Anda.

  • Isi data store listing

    Data yang diminta di bagian store listing adalah data yang terkait dengan tampilan (asset) dan informasi detail mengenai aplikasi android Anda.

  • Isi Data Content Rating

    Selanjutnya adalah mengisi data content rating, konten rating harus diisi setelah anda mengupload file apk Anda di bagian menu App Release, untuk mengisi data konten rating silahkan klik menu Content rating di bilah menu sisi kiri, kemudian tekan tombol Continue.
     
    Untuk mengisi Data Content rating Anda akan diminta untuk memasukan email silakan masukan email dan juga konfirmasi email, selanjutnya data yang diminta pada bagian content rating jenisnya adalah multiple choice, Anda cukup memilih saja soal-soal yang diminta, silahkan ikuti dan sesuaikan dengan data aplikasi Anda sesuai dengan yang diminta.

  • Mengisi Data Pricing dan Distribution

    Pada bagian ini Anda akan diminta menentukan jenis aplikasi Anda (gratis/tidak), dan juga menentukan negara mana saja yang Anda ingin aplikasi anda bisa didownload. Silahkan ikuti apa yang diminta, jika sudah selesai tekan tombol Save Draft.

  • Publish APK Android

    Untuk melakukan publish langkahnya adalah sebagai berikut:

    1. Pilih menu App Release di bilah menu sisi kiri
    2. Kemudian tekan tombol Edit Release
    3. Pada halaman edit release, scroll ke bawah kemudian tekan tombol Review di bagian bawah kanan, nanti tulisan tombolnya akan berganti menjadi Start Rollout to Production.Selanjutnya tekan lagi tombol Start Rollout to production, maka nanti akan muncul dialog konfirmasi dengan tulisan “Your app will now become available to all users of the Play Store. Do you want to continue?”, tekan saja tulisan Confirm
    4. Kemudian di halaman selanjutnya, di bagian sudut kanan atas, tekan tombol Create Release. jika berhasil maka aplikasi Anda akan segera online dan bisa di download di Google Play Store.

Baca Juga :     Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Langkah-langkah diatas dapat Anda terapkan untuk merilis aplikasi android pada Google Play Store. Keuntungan merilis aplikasi android pada google play store adalah aplikasi anda akan  memilik banyak peluang untuk download hingga aplikasi  Anda juga berpleuang menjadi terkenal. Selain itu aplikasi Anda juga dapat di download lebih luas yang membuatnya lebih dikenal dan mendatangkan penghasilan bagi Anda selaku developer.

Selain itu untuk meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi Anda, sebaiknya l selalu meakukan pembaruan pada waktu tertentu. Tampilkan keadaan yang baru untuk menunjang peningkatan aplikasi Anda. Perhatikan juga rating yang diberikan, jika banyak yang memberi rating tinggi maka pertahankan apa yang ada, sebaliknya jika memiliki rating yang kurang baik maka perbaikilah yang kurang didalamnya.

Related Post :

popup image