Jira : Aplikasi Manajemen Team Terbaik dan Mudah selain Trello

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Tahukah Anda salah satu aplikasi manajemen team terbaik yang mudah digunakan selain Trello? Salah satunya adalah Jira merupakan salah satu aplikasi yang dapat mendukung setiap manajemen pekerjaan dan penjadwalan Anda dengan baik. Dengan menggunakan aplikasi manajemen Jira, Anda bisa mengelola, merencanakan, hingga melacak semua proyek yang diinginkan.

Aplikasi manajemen Jira sendiri dibuat dengan fokus utama berada pada manajemen proyek. Jira Software ini di bangun dan dikembangkan oleh Atlassian dengan memberikan banyak pilihan dalam pengelolaan tugas sebuah proyek. Dengan begitu, tak heran jika terdapat berbagai fitur menarik yang ditawarkan pada aplikasi kepada para pengguna setianya.

Kedua aplikasi ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan mereka masing- masing. Lantas apa saja perbedaan utama antara aplikasi manajemen Jira dan juga Trello? Sebelum mengetahui perbedaan utama dari aplikasi Jira dan Trello ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi Jira dan Trello di bawah ini!

 

Mengenal Apa itu Aplikasi Manajemen Trello

Jira : Aplikasi Manajemen Team Terbaik dan Mudah selain Trello
 

Trello merupakan sebuah aplikasi atau alat manajemen proyek yang cukup ringan untuk digunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen proyek yang satu ini dalam membantu mengatur kebutuhan proyek ke papan (board). Jika dilihat secara sekilas, aplikasi Trello akan memberitahu Anda mengenai apa saja yang sedang dikerjakan saat itu. Dengan begitu, Anda bisa membayangkan setiap catatan merupakan tugas untuk tim proyek.

Nantinya, semua catatan tersebut akan dapat mempunyai format- formatnya tersendiri seperti foto, lampiran, dokumen, hingga sumber data lainnya. Selain itu, Trello juga menyediakan papan tulis yang bisa Anda bawa kemana saja dengan praktis. Anda bahkan bisa mengaksesnya melalui komputer dengan bantuan akses internet.

Jadi jika dilihat secara umum, Trello merupakan sebuah alat yang dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah dalam menata semua proyek dan progres yang berjalan. Termasuk mengelola hingga melacak pengembangan proyek Anda. Sehingga aplikasi bisa menjadi pilihan Anda baik itu versi berbayar maupun versi gratisnya karena Trello salah satu aplikasi manajemen proyek yang dirancang dengan cukup detail, rinci serta dengan penggunaan yang mudah.

Baca Juga :   Cara Mengubah Background Di Aplikasi Zoom Via Smartphone (HP) dan Laptop

 

Mengenal Apa itu Aplikasi Manajemen Jira

Jira : Aplikasi Manajemen Team Terbaik dan Mudah selain Trello
 

Selain Trello, Jira merupakan salah satu aplikasi manajemen team terbaik yang mudah untuk digunakan. Aplikasi yang satu ini sendiri juga dikembangkan oleh Atlassian yang berguna untuk melacak berbagai masalah. Akan tetapi, aplikasi manajemen Jira lebih fokus dalam hal teknis yang dilakukan oleh tim dalam menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat.

Aplikasi manajemen Jira hadir berdasarkan permintaan berlangganan bulanan. Anda juga bisa mengaksesnya pada perangkat lunak sebagai layanan. Tentunya, layanan tersebut bisa di gunakan pada server dengan lisensi dimuka. Secara sederhana, Jira memungkinkan Anda dalam melacak berbagai jenis unit pekerjaan. Baik itu tugas, bug, cerita, proyek, hingga masalah dalam alur kerja yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, aplikasi Jira juga dapat melacak semua proyek beserta masalah mulai dari tingkat penggunaan individu hingga perusahaan.

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Internet of Things (IOT) : Tutorial, Tips & Trick dan Peluang di Indonesia

 

Fitur yang Tersedia pada Aplikasi Manajemen Jira

Jira : Aplikasi Manajemen Team Terbaik dan Mudah selain Trello
 

Jika sebelumnya membahas tentang apa itu aplikasi Jira, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja fitur yang ditawarkan dari aplikasi tersebut. Kira-kira apa saja fitur bawaan aplikasi Jira yang bisa Anda pilih untuk memanajemen team dengan mudah tersebut? Berikut beberapa fiturnya yang bisa Anda ketahui :

  • Manajemen proyek agile

    Merupakan sebuah pendekatan dalam merencanakan sekaligus memandu jalannya sebuah proyek. Fitur ini akan sangat membantu dan menjadi jalan keluar yang praktis dalam melihat kesemua progress dan proses dari seluruh proyek yang tengah Anda kerjakan.

  • Pelacak masalah

    Fitur aplikasi manajemen Jira yang satu ini dapat melakukan perekaman dan mengikuti masalah yang diidentifikasi oleh pengguna hingga masalah tersebut dapat teratasi. Pengguna tidak perlu lagi melakukan pencarian atau pemilahan masalah dengan manual lagi.

  • Peningkatan kecepatan

    Fitur selanjutnya adalah peningkatan kecepatan dengan cara kerja dapat melakukan proses hingga meninjau proyek. Pengguna dapat memantau dan melihat detail- detail kecil sekalipun untuk membantu proyek yang sedang dikerjakan menjadi lebih cepat.

  • Integrasi pluggable

    Aplikasi manajemen Jira dapat berintegerasi langsung dengan berbagai platform. Seperti Asana, Freshdesk, GitHub, Zapbook, hingga Zendesk. Jadi setiap pengguna platform yang berbeda selama masih berada dalam ruang lingkup intergrasi, akan dapat meleburkan manajemen mereka dengan praktis.

Ini hanyalah beberapa fitur yang ada dan menarik dari aplikasi Jira. Semua fitur yang ditawarkan tersebut tentu dapat memudahkan para penggunanya khususnya dalam memanajemen team dengan baik. Untuk perbedaan Trello dan Jira, Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan di bawah ini!

 

Apa Perbedaan Utama Antara Trello dan Jira

Ingin tahu perbedaan utama yang terdapat pada aplikasi Trello dan Jira? Perbedaan utama antara aplikasi manajemen Jira dan Trello adalah soal integrasinya. Jika aplikasi Jira memiliki banyak integrasi dengan perangkat lunak lain, aplikasi Trello sendiri hanya bisa mendukung hosting dengan berbasis cloud.

Bagi Anda yang mencari aplikasi manajemen proyek yang dapat disesuaikan dengan mudah, maka Jira adalah pilihan yang paling tepat. Aplikasi manajemen Jira memiliki kemampuan pelacakan terhadap tim perangkat lunak. Jira sendiri sangat ideal jiga digunakan dalam tim atau proyek skala besar. Terlebih Jira juga memiliki onboarding biaya waktu yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

 

Mengapa Harus Memilih Aplikasi Manajemen Jira

Jira : Aplikasi Manajemen Team Terbaik dan Mudah selain Trello
 

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memilih aplikasi manajemen Jira. Beberapa alasan tersebut antara lain :

  1. Jira hadir dengan tampilan desain yang sederhana

    Jira merupakan aplikasi manajemen team dengan desain yang sederhana dan mudah dimengerti. Trello sendiri berupa aplikasi papan tulis dengan catatan post-it versi online yang memang terlihat begitu simple. Akan tetapi Jira terlihat lebih sederhana secara visual ditambah dengan fungsi yang dimilikinya begitu kompleks.

  2. Tersedia laporan yang lebih komprehensif

    Sebuah tim yang mengelola banyak proyek tentu menghadapi berbagai tantangan dalam melaporkan kinerja, perkembangan, dan beberapa hal penting lainnya. Trello sendiri menawarkan sedikit bahan laporan saja. Sementara Jira memiliki banyak standar laporan, mulai dari perkembangan proyek, sprint, epos, hingga kecepatan kerja.
     

    Lebih dari itu, Jira juga menawarkan kemampuan dalam membuat analisis sesuai dengan kebutuhan. Jira juga menyediakan dashboard yang bisa dikonfigurasikan dalam tampilan insight yang cukup menarik dengan berbagai informasi yang bisa Anda lihat.

  3. Lebih mudah dalam melakukan integrasi

    Aplikasi manajemen Jira memiliki banyak integrasi sistem. Dengan begitu, hanya dengan sedikit proses integrasi, semuanya dapat berjalan dengan bersamaan. Berbeda dengan Trello yang hanya memiliki beberapa integrasi dasar saja.

  4. Dapat mengakomodasi pengelolaan talenta

    Dalam pengelolaan sebuah proyek yang kompleks, tentu Anda sangat memerlukan talenta yang tepat untuk mengerjakan proyek tersebut agar mendapatkan hasil terbaik. Dengan menggunakan Jira, maka Anda bisa memasukkan perencanaan dan pengelolaan talenta beserta beban kerja masing-masing. Tentu saja hal tersebut tidak dimiliki aplikasi Trello yang terbatas pada kemampuan ini.

Baca Juga :   Kumpulan Website Download Lagu Gratis Untuk Mp3 dan Soundtrack

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu memilih aplikasi manajemen Jira. Dari beberapa ulasan di atas, tentu sudah dapat disimpulkan bahwa aplikasi Jira bisa menjadi pilihan tepat dibandingkan aplikasi Trello. Bisa dibilang bahwa Jira hadir dengan fitur manajemen proyek yang lebih maju dibandingkan dengan Trello.

Jika disimpulkan secara garis besar, aplikasi Jira memiliki fitur yang lebih baik yang memungkinkan Anda memanajemen sebuah proyek atau bahkan beberapa proyek. Jira juga hadir sebagai alat pelacakan masalah yang cukup komprehensif dengan integrasi ke berbagai jenis platform. Ini membuatnya lebih sesuai digunakan untuk manajemen yang kompleks dan skala besar.

Related Post :