Bagaimana Pengaruh Nama Domain Terhadap Hasil Pencarian Google (SEO)

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Sekarang ini, internet sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Tidak heran apabila Google yang merupakan vendor SEO terbesar di dunia selalu memberikan yang terbaik bagi setiap penggunanya. Salah satunya dengan memberikan domain gratis. Lantas, bagaimana pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google?

Sebelum membahas mengenai pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google, sudahkah Anda mengetahui betul apa itu domain? Domain sendiri digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses server tanpa perlu mengingat alamat IP yang panjang. Tentu saja keberadaan domain ini sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian Google.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui dahulu seperti apa pengertian domain lebih lanjut. Barulah kemudian Anda bisa mengetahui dan memahami pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google. Lantas, apa pengertian domain tersebut? Di bawah ini merupakan pengertian domain yang bisa Anda simak!

 

Mengenal Apa Itu Domain

Domain merupakan sebuah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi jaringan tanpa perlu memakai IP address lagi. IP atau Internet Protocol tersebut umumnya memakai angka-angka yang panjang dan sangat susah untuk diingat. Domain sendiri adalah aspek yang cukup penting dalam dunia website yang berfungsi sebagai alamat untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuat website, jangan lupa untuk mengetahui lebih dahulu mengenai apa itu domain serta apa saja pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google. Penentuan domain sendiri merupakan tahap awal untuk menciptakan website yang cukup powerfull. Dengan adanya domain maka website Anda juga akan mudah ditemukan pada mesin pencarian.

Lantas, apa saja pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google itu? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Panduan Lengkap SEMrush Tools SEO Untuk Pemula dan Pebisnis

 

Pengaruh Nama Domain Terhadap Hasil Pencarian Google

 

Ternyata, ada banyak pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google. Pasalnya, domain seperti lahan yang nantinya akan Anda bangun sebuah rumah disana. Untuk itu, saat Anda sudah membeli lahan maka akan susah jika Anda ingin memindahkannya ke lahan yang lain. Jadi, pastikan untuk melakukan pemilihan nama domain yang tepat untuk jangka panjang.

 

Di bawah ini merupakan beberapa pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google :

  1. Hasil pencarian dapat bekerja dengan maksimal

    Menggunakan domain maka akan sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian Google. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda menggunakan domain yang mengandung kata kunci yang diinginkan atau diperlukan. Pasalnya, kata kunci tersebut dapat membantu Anda untuk memperoleh pelanggan dengan cara yang cukup efektif. Berbeda saat Anda tidak menggunakan kata kunci yang tepat, maka hasil pencarian juga tidak akan bisa maksimal.

  2. Bisa muncul lebih unggul dibandingkan dengan web lain

    Apabila Anda sudah menggunakan kata kunci yang tertarget maka website Anda dapat lebih unggul dibandingkan dengan website yang lainnya. Hal tersebut karena website yang lain tidak menggunakan domain dengan kata kunci yang tertarget. Dengan begitu, pelanggan akan mudah mengingat juga website Anda karena sudah tertera kata kuncinya dengan tepat.

  3. Lamanya masa berlaku domain

    Umumnya, domain yang mempunyai masa yang lebih lama maka akan memiliki nilai yang lebih baik. Tak heran jika domain digunakan juga dalam jangka waktu yang cukup lama akan mempunyai pembacanya atau pengunjung setianya tersendiri dibandingkan domain baru atau yang muncul dalam waktu singkat.

  4. Sejarah domain

    Sejarah pemilik domain juga cukup berpengaruh terhadap hasil pencarian Google. Pasalnya, domain yang seringkali berganti pemilik atau sudah tidak berlaku lagi karena tidak diperpanjang akan menunjukkan bahwa pihak dari Google sudah menghapus index serta datanya.

  5. Umur dari domain

    Pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google selanjutnya apabila umur domain sudah cukup lama maka akan lebih sulit untuk dilakukan pencarian. Dengan begitu, hal ini berarti ketika usia domain semakin tua juga dapat mempengaruhi bagaimana tingkat kemudahan pencariannya.

Sekarang, Anda sudah mengetahui pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google. Lantas bagaimana cara menentukan nama domain yang tepat? Agar Anda tidak sembarangan dan salah memilih nama domain dan berakibat jangka panjang, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa cara menentukan nama domain dengan tepat pada ulasan di bawah ini!

Baca Juga :  Mengenal Apa itu Bounce Rate dan Peran Pentingnya untuk SEO Website

 

Cara Menentukan Nama Domain yang Tepat

 

Perlu Anda ketahui bahwa penentuan nama domain adalah hal yang cukup krusial untuk dilakukan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ada banyak pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google. Untuk itu, Anda harus memperhatikan betul cara menentukan nama domain dengan tepat. Berikut cara menentukannya!

  • Pastikan Anda memilih domain yang mengandung keyword

    Saat ingin membuat nama domain, pastikan Anda memilih yang mengandung keyword atau kata kunci. Mengapa? Hal ini dilakukan agar website yang Anda buat memiliki unsur SEO Friendly sehingga website akan lebih mudah untuk ditemukan. Misalnya saja, Anda memiliki website yang digunakan untuk menjual gamis, maka Anda bisa memakai kata : gamis online, baju online, dan lainnya. Kemudian rumuskan dengan domain sesuai dengan kata kunci yang sudah dipilih tersebut.

  • Pilih keyword yang terkait dengan tema website

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih banyak kata kunci yang masih berhubungan dengan tema website. Dengan begitu, dapat membantu Anda dalam meningkatkan prioritas dan kemunculan utama pada mesin pencari nantinya.

  • Pilih domain yang lebih mudah untuk diingat

    Memang ada banyak pilihan nama yang bisa Anda jadikan sebagai domain website. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa domain tersebut dapat dengan mudah membuat pelanggan mengenali produk Anda? Untuk itu, jangan sampai memilih domain yang susah diingat. Pastikan Anda memilih nama domain yang mudah diingat oleh kebanyakan orang.

  • Usahakan memakai jumlah kata yang sedikit

    Agar pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google bisa didapat dengan baik, maka Anda juga perlu memakai nama domain dengan jumlah kata yang sedikit. Pasalnya, ada banyak URL domain yang cukup panjang yang hanya membuat sulit hasil pencarian muncul. Tak hanya itu, banyaknya jumlah URL domain juga membuat seseorang menjadi sulit diingat. Dengan begitu, seseorang akan lebih sulit untuk mengetahui dan mengenali website Anda sendiri.

Baca Juga :  Mengenal Apa itu RankingCoach dan Fungsinya untuk SEO Website

 

Kesimpulan dan penutup

Pada dasarnya untuk mendapat pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google memang gampang-gampang susah. Untuk itu, jangan sampai Anda sembarangan dalam memilihnya karena Anda akan menggunakan nama domain tersebut dalam jangka panjang. Nama domain sendiri dapat mewakili bisnis serta reputasi bisnis Anda yang dipresentasikan serta image yang ingin ditampilkan secara online.

Selain itu, jangan sampai juga Anda memilih domain yang jelas-jelas sudah digunakan oleh orang lain atau bahkan nama domain yang sudah masuk daftar hitam dari Google akibat pemiliknya yang menyalahi aturan. Jika terjadi, maka tentu saja website Anda malah tidak dapat ditemukan dan domain Anda bisa saja memberikan peringatan buruk yang membuat orang- orang menghindarinya dan enggan datang berkunjung.

Itulah beberapa pengaruh nama domain terhadap hasil pencarian Google yang bisa Anda ketahui. Selain mengetahui beberapa pengaruh di atas, pastikan Anda juga memahami seperti apa cara menentukan nama domain yang tepat agar nantinya nama domain dapat berpengaruh secara maksimal terhadap hasil pencarian Google.

Related Post :

popup image