Bahaya Menggunakan Template WordPress Nulled / Bajakan untuk Website

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

WordPress dibuat untuk menjadi platform yang sangat serbaguna baik untuk mendukung dan bekerja sama baiknya untuk blogger amatir seperti halnya untuk situs web bisnis yang serius. Apa yang membuat platform ini begitu hebat dan pada akhirnya serbaguna adalah karena adanya ribuan tema, ekstensi, dan plugin yang tersedia. Beberapa diantaranya gratis, berbayar, tetapi kemudian ada alternatif blackhat yakni tema dan plugin WordPress nulled.

Template atau teman ini adalah versi bajakan dari produk WordPress premium, diunduh dari repositori atau situs web tidak resmi. Tetapi sebagian pengguna akan berpendapat bahwa praktik menghosting perangkat lunak yang nulled (dibatalkan) tidak sepenuhnya ilegal karena WordPress dilisensikan di bawah GPL, tetapi ini adalah klaim yang sebagian besar menyesatkan sehingga sebaiknya dihindari.

Penyebaran dan penggunaannya yang meluas tetap merupakan praktik yang tidak etis dan jauh lebih berbahaya daripada yang terlihat dari permukaan. Inilah mengapa produk WordPress nulled bukanlah alat yang sah untuk penggunaan dan distribusi dan mengapa Anda harus menghindarinya dengan cara apa pun. Berikut bahaya yang mengancam jika Anda menggunakan template WordPress yang nulled atau bajakan.

 

Memahami dan Mengenal Template WordPress Nulled atau Bajakan

Bahaya Menggunakan Template WordPress Nulled / Bajakan untuk Website
 

Jika Anda memiliki situs web yang didasarkan pada sistem pengelolaan konten seperti WordPress atau Magento, hal pertama yang perlu Anda miliki adalah tema atau template, yang pada dasarnya sama. Namun begitu Anda harus memilih tema karena itu menentukan bagaimana situs web Anda terlihat dan bagaimana pengunjung akan memandang Anda, merek atau produk Anda. Selain Anda pasti menginginkan tema yang bagus untuk memasarkan produk Anda secara efektif.

Saat seseorang mencari tema, pengguna biasanya dihadapkan pada beberapa pilihan, seperti :

 

  • Membeli tema atau template premium yang resmi
  • Mengunduh tema atau template gratis yang biasanya disediakan dan ditampilkan oleh CMS
  • Mengunduh dan menggunakan tema atau template nulled

 

Mungkin Anda pernah mendengar tentang orang-orang yang memasang tema nulled di situs web mereka karena mereka tidak membayar uang untuk tema komersial yang seringkali merupakan tema premium yang dapat dibeli hingga ratusan dollar dari pengembang web profesional. Tetapi apa sebenarnya dimaksud dengan template/tema nulled itu?. Tema Nulled adalah jenis tema yang telah dimodifikasi agar berfungsi tanpa kunci lisensi dan setara dengan perangkat lunak bajakan di web.

 

Baca Juga  :       Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Bahaya Menggunakan Template WordPress Nulled / Bajakan

Bahaya Menggunakan Template WordPress Nulled / Bajakan untuk Website
 

 

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman tentang apa itu tema nulled, dibawah ini adalah pembahasan beberapa alasan mengapa menggunakan versi nulled untuk situs Anda tidak sepadan dengan risikonya.

 

  • Merusak ekosistem WordPress

    Pertama dan terpenting, dengan menggunakan versi bajakan dari produk berbayar, Anda adalah mitra kejahatan untuk mencuri karya pengembang yang telah menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang untuk membuatnya. Ingatlah, bisnis mereka dijalankan sama seperti bisnis lainnya. Meskipun ini hanya unduhan sederhana untuk Anda, Anda secara langsung merusak pengembang yang menghasilkan uang dengan adil. Bukan hanya masalah etika, tetapi juga masalah berpikir ke depan dan membantu mengembangkan industri yang berkembang pesat.
     
    Semakin umum praktik menggunakan perangkat lunak yang dibatalkan, semakin sedikit manfaatnya bagi pengembang untuk melakukan pekerjaan mereka, yang tidak hanya mencakup penulisan kode tetapi juga membuat dokumentasi dan memberikan dukungan untuk perangkat lunak tersebut. Akibatnya, kualitas keseluruhan tema dan plugin WordPress akan menurun karena tidak ada insentif yang cukup bagi pembuatnya. Karena itu, praktik pembajakan menghambat inovasi, merusak dan merusak ekosistem WordPress dari intinya.

    Baca Juga  :    Panduan Lengkap Instalasi Plugin AMP di WordPress

  • Menyebabkan masalah privasi dan keamanan

    Perangkat lunak yang tidak disertakan merupakan ancaman serius bagi keamanan dan integritas situs web Anda. Karena mereka adalah produk bajakan yang didistribusikan melalui sumber tidak resmi, mereka adalah tempat yang adil bagi peretas untuk menanamkan semua jenis kode berbahaya ke dalamnya. Lagi pula, ketika Anda mempertimbangkan untuk mengunduh produk yang nulled atau bajakan, Anda harus mempertanyakan motif mereka yang mendistribusikannya.
     
    Kerusakan sering kali tidak terlihat di permukaan sama sekali karena peretas akan memasukkan software berbahaya ini ke dalam produk dengan cara yang dirancang agar tidak terlihat. Situs web Anda mungkin berjalan dengan baik, sementara berbagai proses berbahaya berjalan di latar belakang untuk menginfeksi file Anda dan membahayakan keamanan situs web. Masalah yang paling memprihatinkan adalah bahwa produk yang dibatalkan membuat situs Anda rentan terhadap semua jenis pencurian data, yang akan membuat Anda kehilangan pelanggan secepat kilat. Ada beberapa penyesuaian untuk mengamankan situs WordPress Anda dari serangan, tetapi poin pertama adalah menggunakan hanya produk asli yang diverifikasi.

  • Menyebabkan SEO negatif

    Penyedia anonim perangkat lunak bajakan bebas memasukkan kode dan skrip untuk menjalankan iklan mereka dan mengisi situs Anda dengan tautan spam. Itulah mengapa situs web WordPress dengan perangkat lunak yang diinstal null-nya sering mogok, menampilkan munculan yang mengganggu, dan memiliki masalah kinerja yang menyebabkan rasio pentalan tinggi. Tapi sekali lagi, masalahnya bisa jadi tidak terdeteksi sama sekali karena perangkat lunak yang dibatalkan dapat mengubah tautan di situs web Anda sehingga pengunjung diarahkan ke situs berbahaya tanpa Anda menyadarinya.
     
    Tautan berbahaya disematkan jauh ke dalam struktur situs web Anda dan disamarkan sebagai tautan biasa, namun demikian, algoritma mesin telusur yang canggih akan dengan mudah mengidentifikasi masalah dan akibatnya akan menghukum situs web Anda, baik dengan menurunkan peringkat Anda atau sepenuhnya membatalkan pengindeksan. Kerusakan yang dilakukan perangkat lunak yang dibatalkan terhadap upaya SEO Anda akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dibersihkan. Jika Anda pernah menggunakan tema atau plugin nulled sebelumnya, sebaiknya cari agensi digital profesional untuk melakukan audit situs web Anda dan menyingkirkan penyebabnya dari dalam.

  • Tidak adanya dukungan dan dokumentasi

    Tanpa lisensi yang valid, Anda tidak memiliki hak istimewa untuk membayar pelanggan, yang mencakup tutorial interaktif, bantuan untuk menyiapkan dan menggunakan produk, dukungan pelanggan yang berkelanjutan, dll. Menggunakan tema atau plugin nulled membuat Anda sepenuhnya mandiri, dengan tidak ada sumber daya yang berharga, panduan, dan dukungan dari pencipta jika terjadi kesalahan dengan resiko ada yang tidak beres karena versinya menjadi usang. Tindakan Anda menggunakan produk bajakan akan menjadi bumerang, dan alih-alih menghemat uang seperti yang awalnya Anda inginkan dengan mengunduh produk premium secara gratis, Anda akhirnya kehilangan lebih banyak uang.

 

Baca Juga  :      Daftar Template WordPress Terbaik & SEO Friendly di Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Template atau tema nulled adalah versi resmi, tema premium yang didistribusikan melalui situs web pihak ketiga. Biasanya, tema nulled gratis atau dijual dengan harga yang turun drastis. Kode dalam tema ini telah diubah sehingga pengguna dapat mengakses fitur premium tanpa lisensi. Karena General Public License (GPL), distribusi ini biasanya tidak ilegal seperti bentuk pembajakan lainnya. Teknis ini sering digunakan sebagai pertahanan oleh mereka yang mendistribusikan tema nulled.

Namun, terkadang sebagian kode tema dilindungi oleh hak cipta, dan Anda memerlukan lisensi agar dapat menggunakan tema tersebut secara legal. Dalam kasus ini, mungkin saja pengembang tema mengambil tindakan hukum terhadap distributor atau pengguna. Bahkan mengesampingkan konsekuensi hukum potensial, ada beberapa masalah dunia nyata yang lebih praktis dengan menggunakan tema nulled atau bajakan karena menghindari permasalahan yang mengintai di baliknya.

Related Post :