10+ Fungsi Cloud VPS Ini Wajib Anda Ketahui!

10+ Fungsi Cloud VPS Ini Wajib Anda Ketahui!

Apakah Anda memiliki sebuah website? Jika iya, maka salah satu hal yang Anda inginkan adalah membuat website tetap stabil dan berjalan dengan lancar. Nah, sebagai solusinya Anda bisa menggunakan Cloud VPS untuk membuat kinerja website menjadi lebih optimal. Fungsi dari Cloud VPS adalah menyediakan server virtual yang dapat memberikan kontrol penuh dan konfigurasi mandiri sesuai dengan keinginan pengguna. Selain itu, cloud VPS bisa digunakan untuk apa saja ya? Simak penjelasannya berikut.

Apa Itu Cloud VPS?

Apa itu Cloud VPS? Cloud VPS adalah layanan private server yang memiliki server khusus untuk digunakan oleh user tanpa harus dibagi dengan user lainnya. Artinya satu user memiliki satu server. Setiap server virtual tetap menjalankan sistem operasi lengkapnya sendiri, dan setiap server dapat di-boot ulang secara independen.

Biasanya dengan layanan ini Anda bisa melakukan aktivitas kapan saja hingga 24 jam penuh. Hal ini disebabkan oleh penggunaan akses root atau utama yang ada pada cloud VPS. Sehingga cloud VPS memungkinkan Anda untuk menggunakan sumber daya yang bisa diskalakan serta yang sudah tervirtualisasi.

Baca Juga: Cara Daftar dan Login Layanan Cloud VPS

Keunggulan Cloud VPS

Ada beberapa keunggulan dari layanan cloud VPS yaitu:

  • Skalabilitas

Cloud VPS lebih mudah diskalakan daripada server khusus lainnya. Sehingga Anda dapat langsung membuat skala mengenai kinerja CPU yang Anda miliki, diikuti dengan berapa RAM yang Anda butuhkan dan juga memori. Anda juga dapat untuk meminimalisir biaya pengeluaran menjadi lebih hemat.

  • Sumber Daya

Selanjutnya adalah setiap cloud VPS memiliki sumber daya yang terdapat di dalamnya yaitu CPU, RAM dan lain-lain. Sumber daya ini hanya bisa digunakan oleh user yang menyewa saja, tidak untuk dibagikan dengan user atau klien lain. Jadi, satu sumber daya satu user. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari cloud VPS.

  • Bisa diakses Dimanapun 

Cloud VPS memberikan kebebasan bagi Anda yang ingin mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja tanpa khawatir akan dibatasi. Selama memiliki koneksi internet yang baik, maka Anda bisa memperbaharui website milik Anda dari manapun. Dengan sistem cloud ini juga resiko akan kehilangan data akibat virus atau malware dapat dihindari dengan baik.

  • Terjamin Keamanan

Semua data yang tersimpan di dalam cloud akan terjamin keamanannya. Hal ini disebabkan oleh penggunaan fitur keamanan seperti Single Sign-On atau Two-Factor Authentication. Anda tidak perlu menunggu waktu perbaikan server karena sistem cloud juga bisa ditingkatkan secara otomatis, bahkan jika Anda sedang menggunakan platform tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Internet Clean Pipe Technology?

  • Harga Terjangkau 

Cloud VPS menawarkan harga yang terjangkau. Selain itu, Anda dibebaskan untuk memilih kira-kira sumber daya apa saja yang Anda butuhkan untuk Anda gunakan. Yang membedakannya dari opsi lain juga dari sistem pembayarannya yaitu pay per use, sehingga jika Anda tidak memakainya tidak perlu membayar lebih hanya sesuai dengan kebutuhan yang Anda gunakan saja.

10+ Fungsi Cloud VPS

Fungsi cloud VPS

Berikut ini beberapa fungsi dari cloud VPS yang perlu Anda ketahui antara lain:

  • Penyimpanan File

Pertama, fungsi dari cloud VPS bisa digunakan untuk penyimpanan file hosting. Jika Anda biasanya menyimpan data melalui aplikasi seperti Google drive atau situs penyimpanan lainnya. Maka, cara kerja server VPS adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan file yang berukuran besar.

Selain itu, VPS juga memungkinkan pengguna dapat mengakses file penyimpanan tersebut secara pribadi maupun oleh pengunjung website. Adapun fitur penyimpanan online yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan VPS adalah layanan file sharing, foto, software, penyimpanan backup dan lain-lain.

  • Sumber Daya Khusus

Selanjutnya, cloud VPS bisa digunakan sebagai sumber daya khusus untuk website. Maksudnya adalah semua sumber daya dari VPS akan didedikasikan untuk website milik Anda saja. Bukan hanya itu saja, jumlah RAM dan CPU yang tersedia jauh lebih banyak, sehingga Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa khawatir akan terhambat.

Baca Juga: Apa Itu Virtual Machine: Cara Kerja dan Manfaatnya

  • Menampung Traffic Tinggi

Biasanya salah satu alasan mengapa VPS seringkali digunakan adalah karena dapat menampung traffic yang tinggi. Jika Anda memiliki website yang selalu mendatangkan traffic besar, layanan ini cocok untuk Anda. Untuk mengetahui apakah website Anda mendatangkan traffic yang tinggi atau tidak. Biasanya penyedia layanan akan memberitahu Anda untuk segera pindah dari layanan hosting ke layanan VPS. Tujuannya agar traffic dapat teratasi dengan baik.

  • Meningkatkan Kinerja Website

VPS memiliki sumber daya khusus sehingga inilah yang menyebabkan kinerja dari website dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi. Dengan sumber daya yang sudah didedikasikan ini, maka untuk memproses konten-konten akan lebih cepat. Jika kinerja dari website meningkat, tentu berdampak pada pengunjung website yang juga lebih tinggi.

Selain itu, proses yang berjalan pada server bisa lebih cepat dengan tidak berdampak pada operasi lain jika berjalan dalam waktu yang bersamaan. Seperti apabila Anda ingin mengirim email dalam jumlah banyak, kinerja website tidak terhambat.

  • Sebagai Virtual Private Network (VPN)

Kemudian cloud VPS dapat juga digunakan sebagai virtual private network (VPN). VPN adalah jaringan yang terhubung melalui jaringan internet, akan tetapi hanya orang tertentu saja yang memiliki akses untuk bisa membukanya. Maka dari itu lah, VPN seringkali digunakan oleh perusahaan yang memang khusus untuk anggota atau karyawan mereka saja. Pada cloud VPS hal tersebut bisa terwujud karena layanan ini dapat menyimpan data penting dengan aman.

Baca Juga: Panduan Instalasi Outline VPN di Cloud VPS IDCloudHost

  • Membantu Meningkatkan Green Platform

Hingga saat ini, pengurangan jejak karbon masih menjadi perhatian oleh semua orang. Untuk itu sebagai bentuk turut serta menguranginya, Anda juga harus memperhatikan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah VPS. Mengapa? Karena VPS memiliki server khusus yang mampu membantu Anda mengurangi jejak karbon tersebut.

  • Memiliki Sistem Keamanan Yang Ketat

Anda tidak perlu khawatir terkait privasi data Anda. Karena layanan VPS murah dari IDCloudHost sangat mendukung sistem keamanan yang sangat baik bagi para penggunanya. Hal ini juga disebabkan oleh ruang virtual yang digunakan serta adanya sistem root bagi perusahaan. Sehingga apabila ada gangguan keamanan data yang terjadi pada pengguna lain, keamanan data Anda akan jauh lebih aman.

  • Server Dapat Diakses Secara Remote

Yang berbeda dengan layanan lainnya adalah VPS dapat diakses secara remote. Artinya adalah memungkinkan Anda sebagai pengguna tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor, karena dengan sistem ini Anda bisa melakukan akses dengan komputer dari mana saja. Selain itu, pengguna juga diberikan kontrol penuh terhadap server kapanpun.

Baca Juga: Tutorial Cara Remote Server Dengan Menggunakan SSH

  • Private Backup

VPS juga menyediakan layanan private backup yang mana ini bertujuan untuk menyimpan file atau data secara online berbentuk salinan. Dengan adanya layanan ini Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada data yang hilang. Karena sudah ada private backup yang tersedia sesuai dengan kapasitas byte yang disediakan tiap provider masing-masing

  • Harga Terjangkau

Salah satu pertimbangan Anda harus menggunakan layanan ini adalah dari segi harganya. Bisa dikatakan bahwa VPS merupakan layanan yang menyediakan server khusus bagi penggunanya dengan harga yang terjangkau. Misalnya saja di IDCloudHost jika Anda menggunakan layanan ini maka tagihan yang masuk sesuai dengan kebutuhan yang digunakan saja, kemudian tidak ada biaya tambahan yang di patokkan. Bagaimana terjangkau bukan?

  • Kustomisasi Sesuai Kebutuhan

Biasanya setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang membutuhkan kapasitas server yang besar sehingga memungkinkan untuk sistem yang lebih kompleks, begitupun sebaliknya. Ada sebagian perusahaan yang tidak memerlukan kapasitas server yang terlalu besar. Mengatasi hal tersebut, layanan ini cocok untuk Anda gunakan. Karena VPS dapat dengan mudah Anda kustomisasi server sesuai dengan kebutuhan Anda. Bisa dikomplekskan agar menjadi lebih besar ataupun kecil.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Cloud VPS?

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari VPS, saatnya Anda perhatikan beberapa alasan berikut ini kapan sebaiknya Anda harus menggunakan VPS.

  • Alasan pertama adalah jika situs website yang Anda miliki banyak terdapat traffic dalam jumlah besar, sehingga membuat website tidak lagi mampu menampung traffic tersebut. Maka Anda segeralah beralih ke layanan virtual private server.
  • Kedua, berbagai sumber daya yang ada sebelumnya telah mencapai pemakaian maksimum ini juga menjadi faktor Anda harus segera pindah ke layanan VPS.
  • Selanjutnya, jika website sudah mengharuskan pengguna untuk segera akses root ke website milik Anda sendiri.
  • Apabila ada beberapa aplikasi yang mulai tidak berfungsi dengan baik untuk dijalankan pada website Anda.

Baca Juga: Cara Top Up Saldo pada Akun Cloud VPS

Penutup

Sebenarnya ada berbagai kemudahan yang Anda dapatkan jika segera menggunakan layanan VPS diantaranya adalah mampu menampung traffic yang tinggi, memiliki ruang server khusus milik Anda sendiri, skalabilitas yang diberikannya, kemudian dapat diakses dimanapun kapanpun, terjamin keamanan data serta yang paling penting adalah harganya yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pastikan apabila Anda ingin menggunakan layanan ini. Sebaiknya, jika website belum menerima traffic yang tinggi, maka Anda tidak perlu beralih ke layanan ini. Tetapi, jika setiap hari banyak traffic yang tinggi berkunjung ke situs web Anda, solusi yang tepat adalah segera beralih ke VPS. Yang tidak kalah penting juga, perhatikan beberapa alasan diatas kapan sebaiknya baru beralih ke VPS.

Setelah itu mulailah cari provider manakah yang menyediakan layanan cloud virtual private server yang terbaik. Anda bisa mempertimbangkan mulai dari mencari informasi secara lengkap,sistem operasi apa sajakah yang sudah didukung,kapasitas pada RAM dan CPU serta bandwidth,konfigurasi, ruang penyimpanan yang tersedia jaminan keamanan dan uptime,kemudian dimana lokasi data center,support terhadap pelanggan, hingga biaya sewa yang disediakan oleh penyedia provider.

Jika Anda tertarik menggunakan layanan cloud VPS. Anda tidak perlu bingung mencari provider manakah yang menyediakan layanan ini dengan baik. Anda bisa mendapatkan sistem operasi,teknologi yang digunakan,layanan support yang diberikan hingga biaya sewa layanan cloud VPS terjangkau dengan kualitas terbaik hanya di Cloud VPS dari IDCloudHost. Ini merupakan layanan full cloud access terbaik yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan serta harga yang terjangkau menjadikan cloud VPS sebagai solusi untuk segala kebutuhan Anda. Yuk,beli sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update