4 Pilihan Framework PHP Untuk Web Developer Versi IDCloudHost

4 Pilihan Framework PHP Untuk Web Developer Versi IDCloudHost

Para pengembang khususnya yang menekuni bidang web development di tuntut untuk dapat mengembangkan aplikasi web dengan tingkat kompleksitas yang tinggi dan juga dituntut untuk serba cepat. Tentu saja untuk dapat menghasilkan aplikasi dengan tingkat kompleksitas yang tinggi dapat menghabiskan terlalu banyak waktu, apalagi jika memulainya dari nol. Proses pengembangan aplikasi web dengan menggunakan framework bisa menjadi pilihan cukup bagus jika ingin mengembangkan sebuah perangkat lunak secara cepat, efisien dan mudah dipelihara.

“PHP Hypertext Preprocessor” merupakan sebuah kepanjangan dari PHP. PHP sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang sudah dikenal oleh para web developer karena terbilang mudah dan handal. PHP pertama kali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.

Singkatan PHP pada versi pertamanya merupakan kependekan dari “Personal Home Page Tools”. Kemudian berubah nama menjadi “Form Interpreter” dan berubah menjadi PHP Hypertext Preprocessor pada versi ketiganya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa framework PHP yang popular dan sering digunakan oleh sebagian besar web developer di Dunia. Kebanyakan framework PHP popular menggunakan pattern MVC.

Baca Juga : Mengenal pattern MVC dalam pengembangan web

Baiklah langsung saja, berikut ini adalah beberapa framework PHP yang terkenal dan sering digunakan sebagai pilihan membangun sebuah aplikasi web:

  1. Laravel

    Merupakan framework pengembangan aplikasi web berbasis PHP gratis untuk para web developer. Framework ini menggunakan arsitektur/pattern MVC (Model-View-Controller) yang di kembangkan oleh Taylor Otwell. Laravel merupakan kerangka kerja PHP yang masih terbilang baru yang dirilis pada tahun 2011, namun baru-baru ini framework ini merupakan framework yang paling popular di kalangan pengembang. Laravel memiliki ekosistem yang luas dengan instant hosting dan penyebaran platform, website resminya juga menawarkan banyak tutorial screencast yang dinamakan laracast.Laravel memiliki banyak fitur yang membuat pengembngan aplikasi menjadi lebih cepat. Ada juga yang disebut “Blade”, merupakan engine template ringan yang memfasilitasi tugas anda secara umum seperti authentication, sessions, queuing, chaching dan RESTful routing. Selain itu laravel juga mencakup lingkungan pengembangan local yang disebut packaged Vagrant Box. Laravel dapat di download pada link berikut: Laravel.
  2. Code Igniter
    4 Pilihan Framework PHP Untuk Web Developer Versi IDCloudHost 2
    Salah satu framework berbasis PHP yang juga menggunakan pattern Model View Controller yang sudah berumur cukup lama (diliris pada tahun 2006). Sebagai sebuah framework, Code Igniter tidak membutuhkan proses instalasi yang cukup rumit, sangat mudah, hanya membutuhkan sedikit konfigurasi untuk mulai menggunakannya. Tentu saja hal ini dapat menghemat kerumitan pengembangan web. Code Igniter merupakan pilihan idel jika pengembang ingin menghindari konflik versi PHP, karena dapat berjalan pada hamper semua platform shared hosting maupun dedicated hosting. IDCloudHost sendiri menyediakan berbagai macam pilihan PHP version pada paket cloud hosting yang di tawarkan, tentu saja versi PHP yang digunakan dapat disesuaikan oleh pengguna melalui cPanel yang kami sediakan.Model MVC yang di adopsi oleh Code Igniter tidaklah terlalu mengikat, dimana penggunaan class controller adalah sebuah keharusan, namun tidak pada class Model dan View yang merupakan opsional. Hal tersebut menunjukkan bahwa Code Igniter memberikan kebebasan besar bagi para pengembangnya. Ukuran Code Igniter terbilang ramping hanya berkisar 2MB jika anda mendowloadnya dari situs resimnya. Code Igniter secara resmi dapat di download pada link berikut : Code Igniter.
  3. Yii 2
    4 Pilihan Framework PHP Untuk Web Developer Versi IDCloudHost 3
    Yii Framework merupakan framework open source, berorientasi objek dan berpattern MVC. Yii diucapkan dengan pengejaan “Yee” atau [ji:], dalam bahasa Cina memiliki arti “Sederhana dan Evolusi”. Penggunakan teknik lazy loading oleh framework ini memberikan dorongan agar kinerja situs menjadi lebih cepat daripada framework PHP lainnya. Yii 2 murni bersifat object-oriented, dan hal ini didasarkan pada konsep coding DRY (Don’t Repeat Yourself), yang menyediakan kode dasar yang cukup bersih dan logis.Selain itu Yii 2 juga terintegrasi dengan jQuery, dan dilengkapi dengan fitur AJAX-enabled, juga mengimplementasikan mekanisme pembangunan skin atau tema yang mudah digunakan, sebuah pilihan cocok yang memiliki latar belakang sebagai frontend developer. Ada juga class code generator yang disebut dengan Gii yang memfasiltasi pemrograman berorientasi dan prototyping yang cepat. Framework Yii 2 dapat diperoleh pada link berikut: Yii.
  4. Symfony
    4 Pilihan Framework PHP Untuk Web Developer Versi IDCloudHost 4
    Symfony merupakan frame work yang diciptakan dengan tujuan untuk mempercepat laju penciptaan dan pemeliharan aplikasi web dan untuk menggantikan tugas-tugas code yang berulang. Symfoni memiliki komunitas pengembang yang besar dengan banyak penggemar yang dinilai fanatic pada framework ini.Komponen Symfoni dapat menggunakan kembali library PHP untuk menyelesaikan berbagai macam permasalah yang berbeda, misalnya pembuatan form, konfigurasi objk, routin,otentikasi, template dan lain sebagainya. Anda dapat menginstal salah satu komponen dengan composer PHP manager. Pada website Symfony juga terdapat bagian showcase yang menunjukkan beberapa proyek megnesankan yang dibangun dengan Framework Symfony. Downloa framework Symfony pada link Berikut: Symfony.

Keempat framework tersebut bisa menjadi pilihan teman-teman developer untuk memudahkan pekerjaan pengembangan sebuah website berbasis bahasa pemrograman PHP. Di IDCloudHost sendiri teman-teman juga dapat dengan mudah melakukan installasi ke paket cloud hosting yang telah teman-teman miliki, dengan memanfaatkan Softaculous.

Baca Juga : Tutorial Install Aplikasi Web Menggunakan Softaculous

Nantikan artikel bermanfaat lainnya dari IDCloudHost, pantengin terus blog kami jangan sampai kelewatan promo dan informasinya ya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update