5 Cara Memperpendek Link dengan Mudah dan Cepat

5 Cara Memperpendek Link dengan Mudah dan Cepat

Bagi seorang blogger membuat tampilan link yang dibagikan menjadi lebih menarik merupakan suatu keharusan. Link yang panjang dan rumit akan sulit diingat oleh pembaca. Maka tak jarang para blogger menggunakan beberapa layanan perpendek link yang mampu membantu untuk membentuk link pendek atau yang biasa dikenal dengan sebutan short link secara mudah dan cepat.

Anda perlu memahami cara pemilihan layanan perpendek link yang patut digunakan. Anda dapat mempertimbangkan banyaknya fitur yang ditawarkan penyedia layanan, terjaminnya keamanan, dan harga yang ditetapkan. Dalam artikel ini akan disajikan terkait apa itu short link dan bagaimana cara memperpendeknya melalui beberapa layanan yang telah disediakan.

Apa Itu Short Link 

Short link adalah bentuk pendek dari Uniform Resource Locator (URL) yang Anda miliki atau bagikan. Saat Anda membagikan URL yang Anda miliki, akan lebih baik Anda melakukan perpendekan link. Perpendekan link ini pun dapat Anda lakukan melalui banyaknya layanan yang telah disediakan.

Saat ini Anda tentu sering mendengar arus penyebaran informasi yang amat cepat. Apalagi ketika Anda berposisi sebagai blogger. Tulisan pada blog yang Anda miliki tentunya akan Anda bagikan kepada orang banyak agar traffic pada blog Anda semakin tinggi. Cara menyebarkan URL tulisan Anda tentu akan mempengaruhi banyaknya orang yang berkunjung pada blog tersebut.

Terdapat banyak layanan yang dapat Anda gunakan untuk perpendek link yang Anda miliki. Namun, sebelum itu Anda perlu memahami bahwa link pendek atau short link berbeda dengan safelink. Short link masih membutuhkan URL manual satu per satu, berbeda dengan safelink yang tidak membutuhkan URL terbaru untuk setiap link yang ingin dituju.

Baca juga: Mengenal Shortlink dan Safelink : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja

Manfaat dari Short Link

Bagi sebagian orang tentu menyadari bahwa link yang panjang cenderung mengganggu pandangan mata, menjadi berantakan, dan tidak menarik untuk dibaca. Pembaca pun tidak menutup kemungkinan menjadi tidak berniat membuka link apabila terlihat panjang dan rumit. Berikut ini akan dipaparkan beberapa manfaat yang akan dirasakan ketika Anda perpendek link yang dimiliki atau pun dibagikan:

Mudah untuk Digunakan

Pertama manfaat dari short link adalah mudah untuk dibagikan. Jetika Anda membagikan link pendek pada sosial media atau media lainnya, maka link tersebut akan lebih mudah diingat dan diketikkan oleh pembaca. Hal ini juga akan meningkatkan kemungkinan website Anda dikunjungi oleh banyak orang.

Terlihat Lebih Profesional

Kedua manfaat dari short link adalah membuatnya terlihat lebih profesional. Bukan hanya itu saja, tampilannya lebih ringkas, dan menarik untuk dibaca. Selain itu, link pendek juga akan mengurangi kemungkinan link terpotong ketika dibagikan pada sosial media.

Mengetahui Jumlah Traffic

Ketika Anda menggunakan penyedia layanan perpendek link, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan informasi terkait seberapa banyak link tersebut dikunjungi oleh pembaca. Dengan mengetahui hal tersebut maka akan membantu Anda untuk mengoptimalkan performa website.

Meningkatkan Brand Awareness

Layanan perpendek link juga ada yang beberapa memperbolehkan Anda untuk mengganti link sesuai dengan produk atau jasa yang Anda miliki. Hal ini akan membuat produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi lebih mudah untuk dipasarkan dan diingat.

Mudah Diakses Diberbagai Perangkat

Terakhir manfaat untuk memperpendek link ini akan memaksimalkan pengalaman pembagian link bagi para pengguna diberbagai perangkat. Hal ini akan meningkatkan pula akses informasi serta konten yang disediakan sehingga bisa dibagi dimana saja dan kapan saja.

5 Cara untuk Membuat Short Link dengan Mudah

memperpendek link

Setelah memahami manfaat dari perpendek link, maka tentu Anda bertanya-tanya layanan apa saja yang dapat digunakan untuk perpendek link secara mudah dan cepat. Ada banyak layanan yang dapat Anda gunakan, akan tetapi disini akan dipaparkan rinci 5 layanan yang umum digunakan. Berikut 5 Layanan untuk Perpendek Link dengan mudah dan cepat yang dapat Anda coba:

Bitly

Bitly adalah situs short link yang paling terkenal. Platform manajemen tautan tersebut telah didirikan sejak 2008 lalu dan telah dipakai oleh jutaan orang ataupun organisasi untuk memperpendek bahkan melacak link yang dimiliki. Keunggulan dari Bitly ialah cepat, ringan dan tidak terlalu banyak iklan yang akan mengganggu. Untuk perpendek link pun Anda hanya perlu menyalin link panjang yang Anda miliki dan menempelkannya pada situs Bitly. Maka Bitly akan secara otomatis mengubahnya.

Baca juga: Cara Membuat Bitly untuk Menyingkat Link Website Anda 

TinyUrl

TinyUrl adalah jasa short link yang telah ada sejak 2002 lalu. Caranya pun mudah dan hampir sama dengan penggunaan Bitly. Anda hanya perlu menyalin link panjang, dan memasukkannya pada situs TinyUrl untuk kemudian diubah menjadi link pendek. Dibandingkan Bitly, TinyUrl menawarkan fitur yang lebih dasar dan dan cocok digunakan ketika butuh perpendek link dengan mudah dan cepat.

Rebrandly

Rebrandly adalah situs short link yang akan membantu Anda membuat URL pendek. Rebrandly telah ada sejak 2014 dan telah banyak digunakan oleh perusahaan besar. Rebrandly ini dirancang guna membantu perpendek link profesional bagi bisnis individu maupun kelompok. Pada Rebrandly ini ketika Anda ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, maka Anda perlu membayar $29 per bulan.

BL.INK

BL.INK adalah layanan jasa yang tidak hanya menawarkan jasa perpendek link, tetapi Anda juga dapat mengetahui banyaknya pengunjung dari link yang Anda miliki. Akan tetapi, bagi penikmat BL.INK secara gratis hanya bisa mengakses fitur tertentu. Jika ingin menikmati akses yang tidak terbatas, maka Anda perlu melakukan pembayaran sebesar $12 per bulan.

Ow.ly

Ow.ly adalah situs short link yang telah didirikan sejak tahun 2008. Dengan link pendek yang Anda buat melalui Ow.ly, maka akan mempermudah Anda dalam pengelolaan link, baik ketika link tersebut dibagikan ataupun dipasarkan. Platform ini lebih cocok digunkaan oleh pengguna Hootsuide.

Baca juga: Website Memperpendek URL (Shortlink) Terbaik dan Gratis 

Tips Membuat Short Link Secara Umum

Secara umum ada beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk memperpendek link yang Anda miliki dengan mudah dan cepat diantaranya:

  • Memilih layanan perpendek link dengan mempertimbangkan banyaknya fitur yang dimilikinya sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak
  • Mengunjungi situs web layanan perpendek link yang telah Anda pertimbangkan
  • Menempelkan URL panjang yang Anda miliki pada bagian yang telah disediakan oleh masing-masing situs
  • Klik bagian shorten atau perpendek pada situs tersebut
  • Situs tersebut akan menampilkan link pendek dari URL yang telah Anda salin sebelumnya
  • Bagikan atau pasarkan link pendek yang dihasilkan untuk membantu traffic ataupun pemasaran produk/jasa yang Anda miliki.

Penutup

Dari paparan di atas, maka dapat Anda ketahui bahwa short link adalah link yang banyak mendatangkan banyak manfaat, baik dari segi penampilan maupun dampaknya bagi pemasaran produk/jasa yang Anda miliki. Terdapat pula 5 cara memperpendek link melalui web layanan yang akan membuat proses perpendek link Anda menjadi lebih mudah dan cepat.

Penggunaan dari short link seperti disebutkan juga di atas dapat meningkatkan traffic dan penampilan dari website Anda. Diperlukannya juga pembuatan website yang profesional sehingga pembaca akan lebih banyak yang mengunjungi website Anda. Cobalah layanan Website Instan IDCloudHost sekarang dan buat landing page untuk bisnis Anda dengan mudah!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update