logo Cara Membuat Bitly untuk Menyingkat Link Website Anda - IDCloudHost

Cara Membuat Bitly untuk Menyingkat Link Website Anda

Cara Membuat Bitly untuk Menyingkat Link Website Anda

cara membuat bitly

Berbagi link baik melalui media sosial ataupun aplikasi chat pasti sudah sering Anda lakukan. Namun, link yang terlalu panjang seringkali membuat postingan kurang menarik, bukan? Jika Anda merasa demikian, mungkin Anda dapat mencoba menggunakan platform link shortener seperti Bitly. 

Bitly memungkinkan Anda memperpendek link dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Bitly dan bagaimana caranya menggunakan layanan satu ini untuk berbagai kebutuhan Anda? Simak penjelasan selengkapnya, ya. 

Baca Juga: Aplikasi Generator Penyingkat Link/Short Link WhatsApp Terbaik

Apa Itu Bitly?

Bitly adalah website yang memiliki layanan dengan fungsin menyingkat link yang panjang dari sebuah halaman website. Tak jarang ketika kita membuka satu halaman website, linknya sangat panjang, bukan? 

Misalnya websiteanda.com/artikel/cara-membuat-website-untuk-pemula-2022. Jika menggunakan Bitly, Anda bisa menyingkat website tersebut menyingkatnya jadi bit.ly/WebsitePemula. Mudah diketik dan diingat, serta bisa membuat postingan media sosial Anda lebih rapi ketika membagikannya. 

Terutama pada media sosial yang memiliki batasan karakter pada setiap postingan, contohnya Twitter. Link yang pendek seperti ini akan sangat membantu Anda. Selain itu, link yang sudah disingkat membuat pembaca lebih fokus pada inti dari postingan Anda. 

Bitly dikembangkan oleh perusahaan Bitly, Inch yang sudah berdiri sejak tahun 2008. Dengan fungsi yang sangat menguntungkan itu, Anda dapat menggunakan Bitly secara gratis, lho! Namun, tersedia juga layanan premium yang mengharuskan Anda membayar setiap bulan untuk mendapat fitur yang lebih lengkap dan canggih. 

Cara Membuat Bitly

Setelah mengetahui apa itu Bitly dan kegunaannya untuk URL website Anda, tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana langkah membuatnya. Menyingkat link dengan Bitly sangat mudah dan cepat, ikuti langkah-langkahnya berikut ini, ya. 

Membuat Akun Bitly

  1. Kunjungi website bitly.com, setelah itu klik Sign Up Free di bagian atas halaman website. 

  1. Setelah itu, akan muncul daftar paket layanan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari layanan Free, Basic, Premium, hingga Enterprise. Pada artikel tutorial ini, kami akan menggunakan opsi layanan Free. Klik Get Started pada pake yang dipilih. 

cara membuat bitly

  1. Setelah itu, Anda diharuskan untuk membuat akun di Bitly. Masukkan username, email, dan password yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, klik Sign up with Email. Selain cara ini, Anda juga bisa langsung mendaftar dengan Google Account Anda. Setelah memasukkan data, verifikasi email Anda untuk menyelesaikan proses sign up. 

cara membuat bitly

Mulai Menyingkat URL

  1. Ketika proses pendaftaran sudah selesai, Anda akan masuk ke dashboard akun Bitly Anda. Untuk menyingkat link, klik Create di bagian atas halaman dashboard. 

cara membuat bitly

Baca Juga: Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda

  1. Selanjutnya, tab seperti ini akan muncul di sebelah kanan halaman. Masukkan link yang ingin Anda singkat pada kolom enter long URL. Jika ingin mengawasi performa link dengan Google Analytics, isi kolom Source, Medium, dan Campaign. Setelah itu, klik Create

  1. Kemudian akan muncul sidebar seperti ini setelahnya. Isikan judul link yang Anda inginkan, atur bagian belakang link, tambahkan tag jika perlu. Contohnya seperti pada gambar berikut. Setelahnya, klik Save

Anda mungkin bertanya-tanya apa guna judul dan tag saat memperpendek link. Kedua hal ini berguna untuk memudahkan Anda ketika ingin mencari dan menyaring link yang sudah buat nantinya. Bayangkan jika Anda memiliki sebuah website dan selalu harus menyingkat link sebelum membagikan postingan website Anda ke media sosial. 

Dari waktu ke waktu, link tersebut akan terus bertambah seiring perkembangan website Anda bukan? Disinilah kemudahan dari fitur judul dan tag Bitly akan Anda rasakan. Jika sudah mengisi dan menekan tombol Save, Anda bisa langsung membagikan link dengan mengklik tombol Copy atau Share. Selain itu, Anda juga bisa mengedit link dengan opsi Edit Link

Baca Juga: Mengenal Backlink : Pengertian, Manfaat,  & Cara Mendapatkanya

Penutup

Demikianlah cara membuat Bitly dengan mudah, Anda dapat langsung mencobanya untuk website Anda setelah ini. Menggunakan Bitly memiliki banyak kegunaan, terutama bagi Anda yang ingin memasarkan bisnis dengan digital marketing atau ingin menambah traffic website. 

Platform yang satu ini dapat membuat link Anda terlihat lebih rapi dan profesional ketika dibagikan di media sosial. Selain itu, orang-orang juga akan lebih fokus pada pesan yang Anda sampaikan ketika membagikannya. Ini tentunya sangat menguntungkan karena bisa membuat orang-orang lebih tertarik untuk mengklik link Anda. 

Semakin banyak orang yang mengunjungi link tersebut, traffic website Anda akan semakin tinggi dan berkesempatan lebih besar untuk meningkatkan konversi penjualan pula. Sangat menguntungkan, bukan? Selamat mencoba!

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image