8+ Rekomendasi AI Detector Terbaik dan Gratis!

8+ Rekomendasi AI Detector Terbaik dan Gratis!

Pada zaman dimana teknologi semakin berkembang dengan pesat, kehadiran Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan terobosan dalam sejarah perkembangan teknologi.

Dari awal lahirnya AI hingga sekarang tentunya sudah mengalami perkembangan pesat, mulai dari AI sederhana dalam komputasi hingga yang lebih rumit dalam robotik. Salah satu AI yang kini populer adalah generator teks atau AI Content Generator yang marak digunakan. Beranjak dari sana, muncul pula tools AI Detector sebagai AI yang berlawanan dengan AI teks generator.

Apa AI Content Detector Penting?

AI Text Generator lahir karena kebutuhan akan konten khususnya dalam dunia digital marketing. Bagi banyak perusahaan yang mengaplikasikan digital marketing, konten merupakan salah satu hal esensial dalam operasi mereka. 

Proses membuat konten ini dinilai cukup sulit oleh banyak perusahaan karena membutuhkan anggota yang banyak serta ketentuan yang beragam seperti memenuhi standar SEO dan SEM di mana konten yang dibuat harus menduduki peringkat teratas di mesin pencarian dan dapat meningkatkan traffic website.

Beranjak dari beberapa alasan di atas, mulailah bermunculan software teks generator yang banyak digunakan oleh copywriter, content writer sampai penulis freelance sebagai alat yang membantu proses penulisan artikel di blog perusahaan.

Tak dapat dipungkiri bahwa menggunakan tools tersebut dapat meningkatkan produktivitas content writer dalam menyelesaikan artikel. Dilansir dari survei yang dilakukan oleh Content Marketing Institute pada tahun 2022, 38% penulis yang tidak menggunakan AI membutuhkan waktu 3-4 jam untuk menulis 1 artikel. Sementara 38% penulis yang menggunakan AI hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk tugas yang sama.

Dengan begitu, penulis yang menggunakan AI dapat membuat artikel lebih banyak dan lebih cepat daripada mereka yang tidak menggunakan AI. Dengan begitu, tim digital marketing khususnya tim konten dapat mengalokasikan kembali sumber daya ke area lain dari strategi atau bisnis SEO.

Meskipun begitu, menggunakan AI untuk membuat artikel dapat merusak brand perusahaan dan membuang sumber daya perusahaan. Terlebih karena artikel yang dibuat AI bisa saja tidak akurat dengan isi yang berulang atau mirip dengan konten lain yang bertema familiar hingga akhirnya masuk kategori plagiasi.

Karena itu perusahaan harus selalu memastikan bahwa konten yang diterbitkan adalah konten orisinil dengan keunikannya tersendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, hadirlah tools AI Detector yang digunakan sebagai lawan dari AI Text Generator. Tools AI Detector adalah tools yang digunakan untuk mendeteksi apakah suatu konten atau artikel mengandung konten buatan AI.

Tools AI Detector menggunakan machine learning dan pemrosesan bahasa alami untuk menentukan apakah manusia yang membuat konten tersebut. Machine learning adalah sistem komputer yang menjadi lebih pintar dengan setiap kueri atau pencarian yang dijalankannya. Sedangkan pemrosesan bahasa alami adalah program komputer yang memahami bahasa manusia.

Dengan kemampuan AI mengevaluasi semua informasi di web dengan topik konten tertentu dalam hitungan detik, maka AI juga dapat dengan mudah mampu menentukan apakah konten itu buatan manusia atau tidak.

Rekomendasi Tools AI Detector Terbaik

tools AI Detector terbaik?

Ada banyak tools yang dapat Anda gunakan untuk membantu proses penulisan artikel. Berikut adalah beberapa tools detector dimulai dari yang terbaik yaitu:

Content At Scales

Content at Scale (CAS) adalah tools AI Detector yang memiliki pendeteksi AI yang unik. CAS akan memberikan putusan dalam hitungan detik setelah Anda menginput konten yang akan diperiksa. Keunikannya adalah kemampuannya menampilkan “skor konten manusia” yang terdiri atas campuran dari skor “prediktabilitas, probabilitas, dan pola”.

Hal ini menjelaskan sedikit tentang mengapa CAS menganggap konten tersebut dibuat oleh AI seperti karena kontennya terlalu mudah ditebak, memiliki probabilitas tinggi, atau memiliki pola yang dapat ditiru. Pada akhirnya, CAS memberikan lebih banyak insight tentang tampilan konten mana yang cocok, dan memberikan saran untuk menjadi peringkat teratas mesin pencarian.

Writer

Writer adalah tools yang membantu copywriter menyusun dan memoles tulisan mereka dengan saran tata bahasa, rekomendasi nada, pemeriksa plagiarisme, dan alat deteksi konten AI sendiri yang memudahkan untuk mendeteksi konten apa yang mungkin dihasilkan AI. 

Pengguna dapat menambahkan atau menyalin URL dan menempelkan teks ke kolomnya. Setelah mengklik “Analisis Teks”, platform akan memberikan persentase buatan AI yang terdeteksi di artikel.

Copyleaks

Copyleaks adalah tools AI Detector gratis yang dapat mendeteksi beragam konten berbasis AI, termasuk konten yang dihasilkan oleh ChatGPT, GPT3, Manusia, AI & Manusia, dan banyak lagi. Tools ini juga memiliki Chrome Extension, yang dapat mendeteksi koten AI di laman yang Anda jelajahi.

GPT Zero

GPT Zero adalah tools AI Detector yang mayoritas digunakan dalam bidang pendidikan dan bisnis dengan jumlah pengguna lebih dari 1 juta orang. Interface GPT Zero hampir mirip dengan beranda Google, di mana tidak ada banyak konten di dalamnya, membuatnya mudah digunakan. Tetapi, ada banyak platform lain memiliki feature yang lebih canggih daripada GPT Zero.

Originality.AI

Originality.AI adalah tools AI Detector yang berupa ekstension google chrome, yang membuat proses reviewnya mudah dan cepat karena tidak perlu melalui proses copy paste. Meskipun ada versi gratisnya, tools ini juga memiliki versi berbayar yang lebih lengkap featurenya.

Kazan SEO

Kazan SEO adalah tools AI Detector yang cocok digunakan untuk pemula yang baru belajar mengenai SEO. Tools ini menawarkan serangkaian fitur, termasuk kelompok kata kunci, pengoptimalan konten, ekstraksi teks, generator konten AI, dan yang paling penting, deteksi konten AI.

Crossplag

Crossplag adalah tools pendeteksi konten buatan AI yang cara kerjanya hampir serupa dengan tools lain pada umumnya, yaitu menempelkan beberapa teks ke kolom di layar dan mengklik kotak “Centang” berwarna biru. Kemudian, itu akan memberikan peringkat keseluruhan pada keaslian konten.

Tools ini memiliki grafik skala termometer yang menunjukkan seberapa palsu artikel tersebut. Jika termometer tetap berwarna hijau, artinya dibuat oleh manusia. Jika mengarah ke sisi merah, berarti dibuat oleh AI.

Corrector Apps

Corrector Apps adalah tools AI Detector yang tidak terlalu terkenal bila dibandingkan dengan tools yang lain. Tools ini merupakan tools gratis yang memiliki kapasitas 300 kata dan cocok digunakan untuk memeriksa konten pendek dengan waktu singkat. Selain untuk memeriksa buatan AI, tools ini juga digunakan untuk memeriksa grammatical error.

Penutup

Nah, itu dia tadi penjelasan mengenai Tools AI Content Detector sekaligus beberapa contoh tools-nya. Alat ini hadir karena maraknya penggunaan AI Text Generator untuk membuat konten oleh copywriter, content writer, dsb.

Menggunakan AI Text Generator bisa mengurangi waktu yang dihabiskan untuk membuat suatu artikel. Tetapi, konten yang dibuat AI lebih rentan terkena plagiasi.  Lalu, faktor yang lebih penting yang perlu diingat dalam membuat artikel, adalah orisinalitas dan kesesuaiannya dengan standar SEO. 

Untuk Anda yang memiliki bisnis digital, tentu memiliki website yang mampu menunjang bisnis akan sangat memudahkan bisnis Anda. Jangan khawatir, ada Cloud VPS IDCloudHost yang bisa Anda gunakan dengan sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel dan terjangkau.

Cloud VPS IDCloudHost ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen File, Back-up/Restore, dan Archives loh! Selain itu ada juga fitur-fitur lain seperti Virtual Machine,  dan ratusan aplikasi, tools dan fitur-fitur lainnya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update