Mengenal Apa itu SEO Pengertian, Manfaat, Sampai Cara Kerjanya Terbaru - IDCloudHost

Knowledge Base

Mengenal Apa itu SEO Pengertian, Manfaat, Sampai Cara Kerjanya Terbaru

Mengenal SEO

 

Anda yang memiliki blog atau WordPress pasti sudah pernah mendengar istilah SEO sebelumnya. SEO adalah upaya untuk mengoptimasi website agar muncul pada halaman pertama hasil pencarian dari search engine (Google). Biasanya, para pemilik website menggunakan SEO agar orang-orang bisa lebih mudah menemukan website mereka melalui mesin pencari.

Meningkatkan SEO untuk website Anda tentunya sangat krusial, jika Anda ingin website Anda memiliki lebih banyak pengunjung. Namun, jika Anda adalah seorang pemula yang baru berkecimpung di dunia website hal ini bisa saja terlihat sulit. Apalagi, banyak tutorial SEO yang terlalu teknis untuk diikuti oleh pemula.

Jika Anda ingin mulai meningkatkan traffic ke website, maka Anda harus mulai mengenal SEO terlebih dahulu. Dalam artikel ini, kita akan membahas segala hal tentang SEO. Mulai dari pengertian, manfaat, cara kerja, hingga tipsnya.

Baca Juga :Cara Kerja dan Daftar Plugin SEO WordPress Terbaik 2022

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO dapat Anda artikan sebagai teknik untuk mengoptimasi website agar menempati ranking paling atas pada halaman hasil pencarian google.
Dengan menargetkan keyword tertentu, Anda dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda. Tidak hanya meningkat, keyword yang

Anda gunakan membuat pengunjung yang datang juga lebih tertarget dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Kebanyakan praktisi SEO atau pemilik website yang menerapkannya menggunakan search engine Google. Alasannya, karena search engine yang satu ini paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Ada lebih dari 3 miliar pencarian lewat Google setiap harinya, menjadikan Google sebagai salah satu website terbesar di dunia.

Tujuan SEO tidak hanya menaikkan traffic secara organik, tapi juga menargetkan audiens spesifik untuk datang ke website Anda. Audiens yang sesuai target dapat mendatangkan banyak manfaat, mulai dari terbangunnya brand awareness, hingga meningkatnya tingkat konversi penjualan dari produk Anda.

Sebagian orang masih sulit membedakan SEO dan SEM. Keduanya memang sama-sama teknik pemasaran yang bergantung pada mesin pencari, tapi sebenarnya sangat berbeda.

Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM memang sekilas tampak memiliki tujuan yang hampir sama, yakni meningkatkan traffic ke website. Namun, keduanya ternyata memiliki fokus yang berbeda.

SEO tidak hanya meningkatkan traffic, tapi juga berhubungan erat dengan kualitas dan performa website. Anda bisa mulai menerapkan SEO pada website Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar, bahkan gratis. Jika menggunakan SEO, akan butuh beberapa waktu bagi Anda untuk melihat hasilnya.

Seringkali, website kita tidak bisa langsung menempati posisi teratas dalam halaman pencarian ketika konten baru saja terbit. Namun, setelah beberapa minggu, atau beberapa bulan, peringkat website kita bisa terus naik jika menerapkan SEO dengan optimal.

Karena itu, fokus SEO adalah untuk menjaring organic traffic. Selanjutnya, pengunjung yang datang ke website dan membaca konten kita dapat menjadi pengunjung loyal. Selain itu, performa SEO dapat Anda nikmati dalam jangka panjang. Jika optimasi SEO yang Anda lakukan dapat membuat website Anda menempati peringkat atas. Maka, tidak mudah bagi website lain untuk menggeser ranking tersebut. Anda bisa saja terus berada di peringkat atas selama berbulan-bulan.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan SEO Plugin Untuk Situs Web

Sementara itu, SEM berfokus mencari traffic yang sangat banyak dalam jangka waktu pendek dan menggunakan cara yang instan. Jika ingin menerapkan SEM, Anda harus mengeluarkan biaya. Biaya tersebut akan tergantung dari seberapa banyak audiens yang ingin Anda capai.
Jadi, semakin besar jumlah audiensnya maka akan semakin besar pula biaya yang Anda keluarkan. Selain itu, SEM juga mengandalkan layanan seperti Google Ads, Google Keyword Planner, dan lain-lain.

Jika SEO butuh waktu untuk terlihat hasilnya, maka dalam SEM Anda bisa mendapatkannya dengan instan. Website Anda akan menempati posisi teratas karena menggunakan iklan. Namun, hasil ini hanya berlaku dalam jangka pendek saja. Jika Anda sudah berhenti membayar iklan tersebut, maka ranking website Anda akan kembali turun seperti semula.

Walaupun memiliki waktu yang lebih lama dari SEM untuk mendapatkan hasilnya, SEO tetap efektif untuk Anda terapkan. Hal ini karena orang cenderung lebih percaya pada konten yang tidak memiliki embel-embel iklan.

Manfaat SEO

Setelah memahami SEO dan jenis-jenisnya, Anda tentu ingin mengetahui apa manfaatnya agar semakin yakin untuk menerapkan teknik ini dalam website Anda. Berikut adalah penjelasan lengkapnya satu per satu.

1. Mendatangkan Traffic Potensial

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, menerapkan SEO membuat banyak orang lebih mudah menemukan website Anda. Selain itu, kebanyakan orang yang menggunakan search engine hanya fokus ke halaman pertama saja. Sangat jarang ada pengguna Google yang menelusuri hasil pencarian sampai ke halaman kedua.

Hal ini karena konten-konten yang relevan seringkali ada pada halaman pertama. Berada di halaman pertama membuat pengunjung berdatangan ke website Anda. Semakin tinggi peringkat, kemungkinan akan semakin banyak traffic yang Anda dapatkan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Google merupakan website yang sangat strategis untuk mengenalkan brand atau produk Anda kepada calon customer. Data dari ReviewTracker menunjukkan bahwa 63% orang memilih Google sebagai tempat mereka mencari tahu tentang produk yang ingin mereka gunakan. Google menempati tempat pertama, mengungguli situs-situs besar seperti TripAdvisor dan Facebook.

Namun, perlu Anda ingat bahwa SEO adalah trik marketing yang butuh waktu dan tidak bisa instan bagi kita untuk merasakan manfaatnya pada bisnis. Kepercayaan calon customer kepada brand Anda baru terbangun ketika mereka sudah beberapa kali menemukan konten Anda saat mencari hal yang mereka butuhkan. Karena itulah, semakin banyak konten Anda yang teroptimasi SEO maka akan semakin menguntungkan.

3. Investasi Jangka Panjang

SEO adalah teknik yang berfokus pada traffic yang organik dan terbangun secara alami. Karena itulah, hasil dari optimasi Anda akan bertahan lebih lama daripada jika menggunakan channel marketing lain yang berbayar, seperti iklan.

Jika Anda sudah berhasil menempati peringkat yang tinggi di hasil pencarian Google, peringkat tersebut akan bertahan untuk waktu yang lama. Konten yang berada pada halaman pertama ini akan sering pembeli Anda lihat untuk berbulan-bulan ke depan, dan tentu saja akan berpotensi mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

4. Meningkatkan Penjualan

Data dari Think with Google menunjukkan bahwa 39% keputusan calon pembeli ditentukan oleh hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan mereka. Hal ini tentu membuat SEO memiliki potensi besar bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan.

Selain itu, SEO adalah teknik marketing yang mampu menjangkau target market secara keseluruhan. Alasannya, hampir semua orang yang mengakses internet pasti mengandalkan search engine. Berbeda dengan teknik marketing yang menggunakan sosial media, dan hanya dapat menyasar calon pelanggan yang menggunakan aplikasi sosmed tersebut.

5. Memperluas Jangkauan Target Audiens

Tidak hanya traffic yang tinggi, SEO juga berguna untuk membantu Anda menjangkau audiens yang tepat sesuai target market Anda. Hal ini tentu saja karena jika menggunakan SEO, Anda akan menyasar keyword yang sesuai dengan kebutuhan calon customer Anda.
Contohnya, Anda memiliki bisnis kursus bahasa asing. Target market Anda pastilah orang-orang yang tertarik dan ingin belajar bahasa asing. Karena itu, untuk mengoptimasi SEO mungkin Anda bisa membuat konten edukasi tentang bahasa asing dengan tema Tips Belajar Bahasa Prancis Bagi Pemula.

Dalam konten tersebut, Anda bisa sekaligus menginformasikan bahwa bisnis Anda menawarkan jasa kursus bahasa asing bagi mereka yang ingin belajar lebih dalam. Jika Anda mengoptimasi konten tersebut dengan menerapkan SEO, maka konten itu akan berkesempatan untuk ditemukan oleh calon customer Anda yang melakukan pencarian lewat Google.

Baca Juga : Cara Memeriksa Penggunaan Disk Space WordPress

Jenis-Jenis SEO

Dalam SEO, ada 3 jenis optimasi yang bisa Anda lakukan. Ketiga jenis SEO ini harus dilakukan secara berkesinambungan agar SEO yang Anda terapkan dapat lebih optimal. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1.Technical SEO

Technical SEO adalah jenis SEO yang tujuannya mengoptimasi bagian dalam website agar memiliki performa maksimal dan dapat diterima oleh Google. Penerapan technical SEO yang baik membuat website Anda lebih mudah ditemukan oleh Google. Karena yang dioptimasi kebanyakan adalah struktur website, technical SEO mencakup hal-hal seperti kecepatan website, XML sitemap, keamanan, tema, layout, dan navigasi website.

2.On-page SEO

On Page SEO adalah jenis SEO yang berfokus untuk mengoptimasi bagian konten website agar dapat lebih mudah menjangkau target audiens. Konten yang SEO-friendly tentu akan membuat Anda lebih mudah menempati peringkat teratas di mesin pencari. Google akan lebih menyukai konten yang relevan dengan keyword tertentu, serta dapat memenuhi kebutuhan audiens akan konten berkualitas.

On Page SEO adalah yang paling mudah untuk Anda terapkan, dan wajib dikuasai karena hal ini juga menentukan seberapa berkualitas konten Anda. Optimasi SEO On Page biasanya mencakup judul, struktur, sebaran keyword, internal link, kualitas konten, serta elemen SEO seperti meta description, slug, alt, dan lain-lain.

3.Off-page SEO

Off Page SEO adalah jenis SEO yang berfokus pada optimasi di luar website. Tujuannya, untuk menunjukkan bahwa konten Anda relevan dan bermanfaat bagi orang lain. Jika konten Anda terlihat relevan dan website Anda dianggap kredibel oleh Google, maka akan lebih mudah untuk menaiki posisi paling atas di halaman hasil pencarian.

Dalam off page SEO ada beberapa hal yang bisa dioptimasi. Mulai dari link building (membangun backlink dengan melibatkan website lain), meningkatkan domain authority dan page authority, hingga mempromosikan konten website Anda melalui media sosial.

Baca Juga : Cara Melihat Kondisi Site Health WordPress Anda

Cara Kerja SEO

Setelah sebelumnya kita mengenal SEO lebih jauh dan bagaimana manfaat dan jenis-jenis SEO, Anda harus memahami juga bagaimana SEO dan mesin pencari bekerja. Cara kerja SEO adalah dengan memanfaatkan berbagai faktor dalam algoritma Google dan crawling yang dilakukan oleh search engine tersebut. Mesin pencari seperti Google memiliki tools bernama Web Crawler. Web crawler berfungsi untuk mengumpulkan semua jenis informasi tentang website Anda dan halaman-halaman yang menyusun website tersebut.

Informasi ini memungkinkan mereka untuk menentukan mana website yang layak untuk ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian. Website dan konten apa yang relevan bagi kebutuhan pengguna mesin pencari ketika memasukkan keyword tertentu. Web crawler mengumpulkan informasi seperti kecepatan akses halaman, judul, internal link, backlink, dan lain-lain.

Selain yang sudah kita bahas sebelumnya, Google memiliki lebih dari 200 faktor lain dalam algoritma mereka untuk menentukan ranking sebuah website. Dengan faktor-faktor itu, mereka akan menampilkannya pada SERP (Search Engine Result Page). Mereka mempertimbangkan hal-hal yang kompleks baik dari segi teknis, on-page, dan off-page dari website kita.

Namun, perlu Anda ingat bahwa SERP ini sangat berpegang pada algoritma Google. Semua prosesnya menggunakan program komputer. Sebagai pemilik website, sebaiknya kita tidak hanya mengoptimasi konten agar dapat terbaca oleh komputer seperti ini. Anda juga harus tetap mengutamakan kualitas konten agar orang yang membacanya dapat menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan dengan baik.

Penutup

Jadi sudah mengenal SEO lebih jauh? Demikianlah penjelasan tentang SEO mulai dari pengertiannya, jenis-jenis, manfaat, hingga cara kerjanya. SEO adalah trik marketing yang bisa Anda tekuni di tahun 2022 ini jika ingin website Anda kebanjiran traffic. Tidak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan, lho.

Agar dapat menguasai SEO lebih dalam, tidak ada salahnya jika Anda langsung praktek untuk menerapkannya pada website Anda. Anda juga dapat mengunjungi blog dan panduan IDCloudHost untuk mendapatkan insight dan wawasan lainnya seputar SEO, website, hosting, dan teknologi.

Anda juga bisa melakukan instalasi WordPress mudah dah murah dengan WordPress Hosting IDCloudHost atau fitur One Instal Deploy di Console IDCloudHost

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update