Apa Itu Digital Marketing dan Cara Menerapkannya

Apa Itu Digital Marketing dan Cara Menerapkannya

Digitalisasi membuat semua bidang harus mengikuti perkembangan dari teknologi. Salah satunya pada bidang bisnis. Biasa disebut bahwa bisnis merupakan bidang yang sangat cepat pergerakannya. Maka banyak strategi marketing yang dilakukan untuk mempercepat proses perkembangan bisnis itu sendiri dengan melakukan promosi.

Dahulu promosi dilakukan melalui media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, baliho, koran dan sebagainya. Kendati demikian pada zaman serba digital seperti saat ini membuat para pelaku usaha bisnis skala besar hingga pelaku usaha mikro kecil menengah sampai bawah harus memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau target pasar agar membeli produk yang ditawarkan. Lantas apa itu digital marketing?

Apa Itu Digital Marketing?

Sebenarnya digital marketing adalah cara untuk memasarkan sebuah produk dengan menggunakan berbagai jenis media digital yang tersambung melalui jaringan internet. Istilah digital marketing dalam bahasa indonesia disebut juga dengan pemasaran digital. Artinya pemasaran produk bisa dilakukan secara modern dengan metode yang sangat mudah untuk menjangkau pelanggan.

Digital marketing adalah era baru dalam memasarkan produk secara digital karena dinilai efektif menarik perhatian pelanggan. Hal ini sebenarnya dapat dibuktikan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya dan juga kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem tradisional.

Mengapa digital marketing dinilai penting? Bagi segala jenis tingkat usaha atau bisnis digital marketing sangat penting dalam menunjang promosi bukan hanya produk tetapi juga berpengaruh terhadap nama brand usaha itu sendiri. Terutama ini berlaku pada jenis usaha yang masih merintis digital marketing bisa digunakan sebagai tempat promosi gratis yang insightnya dapat menjangkau seluruh target pasar yang dikehendaki.

Maka dengan melakukan promosi melalui digital marketing berarti pelaku usaha bisa memanfaatkan website, email,media sosial serta platform online lainnya untuk memperkenalkan produk pada pelanggan.

Baca Juga  :    Profesi Digital Marketing Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, Dan Tanggung Jawabnya

Kenapa Harus Menerapkan Digital Marketing?

Setelah mengetahui pengertiannya ada beberapa faktor yang menjadi alasan untuk Anda menggunakan digital marketing adalah:

Biaya Lebih Murah

Jika melihat strategi pemasaran produk tradisional dengan media elektronik dan media cetak, tentu sebagai pemilik usaha harus mempersiapkan biaya yang sangat besar untuk mempromosikan produk mereka. Dimana pemasarannya akan berbentuk fisik seperti mencetak poster atau baliho dalam skala yang besar dan banyak.

Mengatasi biaya yang mahal, digital marketing menjadi solusi yang tepat sebagai wadah promosi yang bisa menekan budget menjadi lebih murah. Anda hanya perlu memiliki website atau media sosial saja. Contohnya adalah gunakan website, blog maupun wordpress, kemudian isilah laman website dengan memperkenalkan produk usaha milik Anda. Lengkapi dengan deskripsi tulisan yang singkat namun menarik.

Memenuhi Target Pasar

Target pasar menjadi faktor penting untuk memperkenalkan produk yang sudah dibuat. Biasanya target pasar memiliki beberapa kualifikasi terlebih dahulu mulai dari kebiasaan pembelian,ketertarikan terhadap produk dan faktor penunjang lainnya. Jika menggunakan promosi secara tradisional maka data pelanggan susah untuk didapatkan.

Dengan tools yang ada pada digital marketing data pelanggan beserta referensinya bisa didapatkan secara lebih akurat terkait dengan segmentasi target pasar yang sudah disesuaikan sebelumnya. Inilah yang membuatnya dapat memenuhi target pasar.

Meningkatkan Brand Awareness

Penggunaan digital marketing yang memanfaatkan media sosial bisa meningkatkan reputasi dari brand bisnis Anda. Karena pemasaran yang dilakukan secara digital membuat pelanggan akan lebih mengetahui produk dan brand milik Anda. Hal ini karena produk yang dipromosikan otomatis akan lewat pada timeline pelanggan.

Misalnya jika Anda menggunakan digital marketing media sosial instagram. Saat pelanggan mengakses media sosial instagram secara otomatis iklan produk Anda akan mereka lihat. Hal ini bisa dilakukan jika Anda memanfaatkan berbagai fitur auto reply, instastory, insight, live dan masih banyak lagi. Bukan hanya instagram saja begitu juga berlaku pada media digital lain.

Pengukuran Strategi Lebih Efektif

Perlu adanya strategi marketing untuk mempromosikan produk bisnis. Dengan strategi ini pelanggan diharapkan bisa lebih mengenal produk bisnis. Hal ini didasari oleh channel marketing yang sudah menyediakan alat pengukur data. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis mengetahui pengukuran terkait efektivitas dari sebuah strategi marketing.

Anda bisa menggunakan Google Analytics atau media sosial lain untuk mengukur seberapa banyak pelanggan yang sudah menjangkau iklan promosi produk Anda, kemudian jenis konten iklan mana saja yang lebih menarik perhatian pelanggan dan sebagainya.

Hampir Semua Sektor Bisnis Menerapkan Digital Marketing

Saat ini jenis bisnis manakah yang tidak menerapkan digital marketing? Hampir seluruhnya memanfaatkan media digital untuk mempromosikan produk. Artinya adalah segmentasi iklan pada bisnis sudah semuanya beralih menggunakan teknologi digital. Selain karena banyak keuntungan, pastinya persaingan antar bisnis atau para kompetitor sudah beralih menggunakan digital marketing.

Sederhananya saja dalam skala bisnis Usaha mikro kecil menengah (UMKM) saja hampir semuanya menggunakan digital marketing. Mungkin hanya sekitar 2 dari 5 UMKM yang belum menerapkan sistem digital seperti ini.

Terjalin Komunikasi Personal Pada Pelanggan

Dalam memasarkan sebuah produk penting untuk menjalin komunikasi kepada pelanggan dan calon pelanggan. Hal ini disebabkan oleh ketertarikan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan berasal dari seberapa efektif Anda memberitahukannya. Maka salah satu caranya adalah dengan digital marketing.

Pada digital marketing Anda sebagai pemilik bisnis bisa melakukan personalized marketing. Dimana cara ini membuat pelanggan akan membeli produk dengan brand yang akan memberikan pengalaman dipersonalisasi. Biasanya cara ini akan dipermudah dengan marketing tools untuk melihat mulai dari respon iklan,jangkauan iklan dan lainnya berhubungan dengan demografi.

Baca Juga: Buyer Persona: Manfaat, Strategi, dan Contohnya

Promosi Iklan Lebih Cepat Menyebar

Jelas berbeda antara promosi iklan tradisional yaitu dengan menggunakan alat seperti baliho,papan iklan, maupun media elektronik dan cetak. Dimana pesan yang disampaikan terkait penawaran hanya akan tersebar jika pelanggan melewati tempat yang terdapat promosi iklan tersebut saja.

Sementara itu jika menggunakan digital marketing, promosi lebih cepat menyebar. Tidak perlu menunggu pelanggan berada pada tempat yang terdapat promosi iklannya, akan tetapi promosi iklan akan dengan otomatis lewat pada timeline pelanggan baik itu media sosial maupun media online yang diakses.

Hasilnya Lebih Efisien

Digital marketing secara singkat promosi iklan lewat media digital mencakup media online maupun media sosial. Maka sangat besar peluang untuk menawarkan produk bisnis yang Anda miliki kepada pelanggan. Mengapa? Hal ini karena pelanggan sangat aktif dalam penggunaan internet.

Sehingga menawarkan produk dapat menjangkau seluruh pelanggan dengan digital marketing. Selain itu dapat juga terbangun interaksi kepada pelanggan dengan berbagai tools digital marketing yang mendukung hal tersebut. Dengan inilah hasil dari produk akan lebih dikenal oleh pelanggan.

Meningkatkan Laba

Laba menjadi salah satu hal yang ingin dicapai dalam sebuah produk yang ditawarkan. Dalam dunia bisnis tentunya strategi marketing yang digunakan dikenal dengan sebutan ROI atau return on investment. Dimana ini adalah persen dari profit yang didapatkan oleh perusahaan jika berhasil menjual atau menawarkan produk hingga dibeli oleh pelanggan.

Dengan digital marketing Anda bisa mengukur berapa persen profit yang didapatkan tersebut dengan lebih praktis. Karena dari digital marketing bisa melakukan performance tracking jika Anda melakukan campaign pemasaran.

Dapat Melihat Besaran Pengeluaran

Terakhir, digital marketing dapat melihat berapa pemasukan dan pengeluaran dari produk bisnis Anda. Ini terkait dengan pengeluaran yang berlaku untuk mempromosikan iklan hal ini disebabkan oleh ROI yang bisa diukur. Bukan hanya itu saja pemasukan juga bisa diketahui dengan sangat baik.

Setelah ROI berhasil didapatkan penting untuk mengecek kembali hasil yang ada agar dapat diukur,apakah biaya untuk promosi iklan telah sesuai budget. Atau apakah pemasukan pada produk yang terjual sudah memenuhi target yang ingin dicapai dalam satu atau dua bulan kedepan.

Komponen Digital Marketing dan Cara Menerapkannya 

Digital marketing dapat menjangkau seluruh jaringan besar titik kontak digital yang berinteraksi dengan pelanggan berkali-kali dalam sehari. Untuk memanfaatkan saluran ini dengan benar, Anda harus memiliki pemahaman tentang masing-masing saluran atau komponennya. Berikut ini cara menerapkan komponennya di Indonesia :

Atau juga disebut iklan pay-per-click (PPC), biasanya mengacu pada hasil bersponsor di bagian atas atau samping search engine results page (SERP). Iklan ini menagih Anda untuk setiap klik dan dapat disesuaikan untuk muncul ketika istilah pencarian tertentu dimasukkan, sehingga iklan Anda ditargetkan untuk audiens yang mencari sesuatu secara khusus.

Beriklan seperti ini bisa sangat efektif, karena mengandalkan data yang dikumpulkan dari perilaku online individu dan digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web dengan menayangkan iklan yang relevan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Selain juga melibatkan penargetan ulang, yang berarti bahwa bergantung pada tindakan pelanggan, alat otomatisasi pemasaran dapat membuat iklan lintas platform pribadi yang unik.

Search engine optimization (SEO)

SEO adalah proses mengoptimalkan konten, pengaturan teknis, dan jangkauan situs web Anda, sehingga halaman Anda muncul di bagian atas hasil mesin pencari untuk kumpulan istilah kata kunci tertentu. Menggunakan SEO dapat mengarahkan pengunjung ke situs Anda saat mereka menampilkan perilaku yang menyiratkan bahwa mereka sedang mencari produk yang relevan, yang dapat menjadi pengubah permainan mengingat bahwa 90% orang yang menelusuri belum membentuk opini tentang suatu merek jika diambil dari data Status Labs, 2018 lalu.

Sementara PPC dan penargetan ulang memiliki tempatnya, lalu lintas online organik yang diperoleh melalui pengoptimalan mesin pencari memiliki pengaruh yang sangat besar pada peringkat pencarian dan, dengan ekstensi, lalu lintas situs organik. Dengan menggunakan kata kunci dan frasa, Anda dapat menggunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas secara besar-besaran dan memulai hubungan pelanggan yang langgeng.

SEO didefinisikan sebagai peningkatan peringkat situs web dalam hasil penelusuran online, dan lalu lintas situs organiknya, dengan menggunakan kata kunci dan frasa populer. Strategi SEO yang kuat sangat berpengaruh dalam kampanye pemasaran digital karena visibilitas adalah langkah pertama menuju hubungan pelanggan yang langgeng.

Content marketing

Pemasaran konten yang efektif tidak bersifat promosi lahiriah, melainkan berfungsi untuk mendidik dan menginspirasi konsumen yang mencari informasi. Ketika Anda menawarkan konten yang relevan dengan audiens Anda, itu dapat mengamankan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan sumber informasi yang dapat dipercaya, sehingga kecil kemungkinan upaya pemasaran Anda yang lain akan hilang dalam keadaan statis.

Di era pembeli mandiri, pemasaran konten mendapatkan prospek tiga kali lebih banyak daripada iklan penelusuran berbayar, jadi ini sepadan dengan upaya tambahannya.

Social media marketing

Kunci pemasaran media sosial yang efektif lebih dari sekadar memiliki akun media sosial yang aktif. Anda juga harus merangkai elemen sosial ke dalam setiap aspek upaya pemasaran Anda untuk menciptakan sebanyak mungkin peluang berbagi antar-rekan. Semakin banyak audiens Anda terinspirasi untuk terlibat dengan konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka membagikannya, berpotensi menginspirasi rekan-rekan mereka untuk menjadi pelanggan juga.

Baca Juga: 50+ Contoh Bio Instagram untuk Bisnis yang Menarik Followers

Email marketing

Setelah lebih dari dua dekade, email masih menjadi cara tercepat dan langsung untuk menjangkau pelanggan dengan informasi penting. Saat ini, kampanye email yang sukses harus sangat menarik, relevan, informatif, dan menghibur agar tidak terpendam di kotak masuk pelanggan Anda. Agar berhasil, email pemasaran Anda harus memenuhi lima atribut inti selain juga harus dapat dipercaya, relevan, komunikatif, terkoordinasi lintas saluran, dan strategis.

Mobile marketing

Perangkat seluler ada dimana- mana dalam kehidupan saat ini serta selalu berjalan tiap detiknya. Hal ini membuat pemasaran di seluler menjadi sangat penting mengingat dua pertiga konsumen dapat mengingat merek tertentu yang mereka lihat diiklankan di seluler selama seminggu terakhir tetapi seluler juga memiliki nuansa yang berbeda mengingat sifatnya yang akrab. SMS, MMS, dan pemasaran dalam aplikasi adalah semua opsi untuk menjangkau pelanggan Anda di perangkat mereka, tetapi di luar itu, Anda harus mempertimbangkan koordinasi upaya pemasaran Anda di seluruh saluran pemasaran digital Anda yang lain.

Marketing automation

Otomatisasi pemasaran adalah platform integral yang menyatukan semua pemasaran digital Anda. Faktanya, perusahaan yang mengotomatiskan pengelolaan prospek melihat peningkatan pendapatan sebesar 10% atau lebih dalam waktu enam hingga sembilan bulan. Tanpanya, kampanye Anda pemasaran Anda tidak lengkap dan tidak ada penunjangnya.

Perangkat lunak otomatisasi pemasaran menyederhanakan dan mengotomatiskan tugas dan alur kerja pemasaran, mengukur hasil, dan menghitung laba atas investasi atau return on investment (ROI) kampanye digital Anda, membantu Anda meningkatkan pendapatan lebih cepat.

Otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda mendapatkan wawasan berharga tentang program mana yang berhasil dan mana yang tidak, dan ini akan memberikan metrik yang memungkinkan Anda berbicara tentang upaya pemasaran digital pada keuntungan perusahaan Anda.

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai banyak pengguna online sehingga menerapkan metode digital marketing dalam bisnis dan usaha adalah cara tepat guna.

Baca Juga  :   Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran digital atau digital marketing adalah upaya yang mencakup semua metode pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Cara ini adalah cara pemasaran mutakhir untuk zaman ini.

Jadi, pemasaran digital adalah tentang memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran. Digital tidak perlu selalu terpisah dari departemen pemasaran secara keseluruhan, karena tujuan keduanya sama. Namun, untuk saat ini, istilah tersebut tetap berguna karena digital memerlukan keahlian tertentu untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif.

Salah satu penerapan digital marketing yang bisa Anda lakukan adalah dengan membangun website toko online. Untuk itu, tentunya dibutuhkan layanan hosting yang handal agar website Anda bisa diakses oleh pengguna setiap saat. Gunakan Cloud Hosting dari IDCloudHost yang aman, cepat, dan memiliki berbagai pilihan yang sesuai untuk berbagai skala bisnis Anda.

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update