Apa Itu Endorsement : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Apa Itu Endorsement : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Siapa yang bisa membayangkan bahwa media sosial, yang pernah dianggap sebagai selingan, bisa menjadi salah satu strategi pemasaran internet tersukses saat ini? Diperkirakan sekitar 3,77 miliar pengguna internet global dan 2,8 miliar pengguna media sosial aktif menggunakan media sosial sebagai media untuk berkomunikasi dan mendukung brand mereka saat ini. Bahkan kini pengguna juga dapat berbelanja melalui akun media sosial mereka.

Dalam bahasa awam, pemasaran media sosial adalah tindakan sederhana membuat konten untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan produk dengan beberapa platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan banyak lagi. Setiap platform dilengkapi dengan serangkaian kebijakan khusus yang membantu Anda meningkatkan konversi dan meningkatkan kesadaran merek dengan strategi yang sesuai.

Meledaknya penggunaan media sosial membuat keterbukaan dalam banyak hal termasuk adanya endorsement yang dilakukan dari brand kepada mereka yang mempunyai follower dan audiens yang tinggi. Cara ini membantu brand mengenalkan image dan produk mereka melalui pihak ketiga dengan tidak hanya lebih murah tetapi juga lebih relevan.

 

Pengertian Apa Itu Endorsement

Karena dukungan selebriti telah meluas dari media tradisional ke media sosial, peran selebriti turut diperkuat dan selebriti mampu membangun hubungan dekat yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui interaksi dengan penggemar mereka secara langsung. Penelitian ini, yang didasarkan pada teori interaksi parasosial dan dukungan selebriti, bertujuan untuk mengusulkan kerangka kerja anteseden dan hasil interaksi parasosial dengan selebriti di media sosial.

Ini berlaku juga dengan munculnya pengguna dengan jumlah pengikut dan audiens yang besar yang membuat efek serta image mereka yang dapat mempengaruhi siapa saja yang berhubungan dengan mereka. Memanfaatkan ketenaran online ini, maka endorsement pun turut melibatkan selebritas online ini. Mengingat pengikut mereka yang banyak dan rasa simpatik yang tinggi, maka jika brand melakukan endorsement dengan menggunakan selebriti online atau influencer ini, akan membantu branding image dari brand lebih luas lagi.

 

Fungsi dan Manfaat Endorsement

 

Pemasaran media sosial dengan menggunakan jasa influencer atau selebriti online akan memberi Anda banyak manfaat yang memberi merek Anda pengakuan yang diinginkan. Berikut adalah daftar pendek yang akan membantu Anda menjadikan pemasaran media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik untuk merek Anda sendiri.

 

  • Lalu lintas masuk dan trafik kunjung ditingkatkan
  • Peringkat mesin pencari yang ditingkatkan
  • Tingkat konversi yang terlihat
  • Kepuasan pelanggan yang luar biasa
  • Meningkatkan loyalitas merek
  • Otoritas merek yang ditingkatkan
  • Efektivitas biaya dan banyak lagi

 

Baca Juga  :     Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

 

Jenis dan Istilah dalam Endorsement

Secara umum, endorsement dapat dibagi menjadi 2 sebagai jenis, metode atau istilah yang paling sering digunakan. Maka jika Anda ingin melakukan endorsement kepada selebriti atau influencer, maka ketahui 2 istilah ini :

 

  • Teknik ini cenderung lebih mudah karena pihak brand akan menyediakan segala yang dibutuhkan seperti foto, video, penjelasan caption sehingga pihak ketiga hanya tinggal memasangnya di akun media sosial mereka. Tergantung pada kesepakatan, harga tarif paid promote biasanya bervariasi.

  • Tipe endorsement ini lebih detail dan membutuhkan waktu karena pihak influencer akan menggunakan dan memakai produk lebih dulu sebelum berbagi ulasan, review atau testimoni mereka akan produk atau jasa tersebut. Selain itu, pihak influence biasanya akan membuat konten foto atau video serta caption atau artikel sesuai dengan pengalaman pemakain mereka.

 

Baca Juga  :      Social Media Marketing : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

 

Cara Kerja Endorsement

Endorsement adalah bentuk periklanan yang menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang mendapatkan pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran tinggi di antara orang-orang di media sosial. Influencer dan orang terkenal akan mengiklankan produk yang meminjamkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan produk atau layanan. Pengiklan dan klien berharap persetujuan, atau dukungan dari seorang selebriti, akan mempengaruhi pembeli dengan baik.

Iklan semacam ini akan terhubung dengan lebih banyak orang daripada iklan biasa, karena orang-orang akan memperhatikan selebriti, tokoh terkenal dan panutan bahkan dari hiruk-pikuk kebisingan, orang atau produk. Sehingga pengenalan brand atau iklan seperti ini akan bekerja dengan baik untuk produk aspirasi atau gaya hidup. Sebuah endorsement dapat memberikan citra merek yang lebih besar dari kehidupan, dan jika iklan mengikuti selebriti dan kepribadian saat ini, dukungan dapat bertahan cukup lama. Contoh terkenal yang berkesinambungan hingga saat ini adalah sabun Lux  yang didukung oleh semua aktris terkemuka dari setiap generasi sehingga sangat membantu untuk menjaga Lux sebagai brand yang yang relevan dan menarik bahkan saat konsumen maupun zaman berubah. Semakin terkenal atau termasyhur seorang endorser, semakin mahal biayanya untuk menggunakan kepribadian tersebut untuk suatu produk.

 

Baca Juga  :      Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Bisnis Online

 

Endorsement dalam Marketing Media Sosial

Apa Itu Endorsement : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya
 

Manusia adalah makhluk sosial yang melihat apa yang dilakukan orang-orang di sekitar mereka untuk mendapatkan petunjuk tentang apa saja yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Terlebih lagi manusia cenderung memberi perhatian khusus pada orang-orang yang dianggap ahli atau pemimpin yang telah menjadi bagian manusia secara biologi melalui proses evolusi. Mengingat sifat sosial manusia ini, tidak mengherankan bahwa dukungan seperti endorsement adalah alat yang sangat berguna saat memasarkan produk.

Orang-orang akan lebih memilih mencari teman, para ahli, dan orang-orang yang berpengaruh dalam hal produk yang mereka pilih untuk dibeli, organisasi apa yang mereka donasikan, atau siapa yang mereka pilih. Endorsement adalah bukti sosial dari kegunaan sesuatu atau seseorang mengingat pengesahan pernyataan publik akan apa pun yang mendukung kebaikan suatu produk. Endorsement selalu bersifat publik, artinya siapa pun dapat mendengarnya. Orang yang mendukung produk tidak dapat mengharapkannya menjadi pernyataan pribadi sebagai dukungan. Komentar pribadi tentang produk yang menurut mereka berharga disebut rekomendasi. Perbedaan antara endorsement dan rekomendasi pribadi sangat penting untuk diingat karena orang akan berbicara secara positif tentang hal-hal secara pribadi saja.

Perbedaan antara endorsement dan rekomendasi sangat jelas dalam politik. Orang-orang akan secara terbuka mendukung satu kandidat atau kebijakan, dan kemudian mengatakan pandangan mereka yang sebenarnya secara pribadi atau ketika mereka memilih calon mereka. Orang-orang mempertimbangkan reputasi kandidat saat membuat dukungan. Jika klien mengatakan sesuatu untuk mendukung produk Anda kepada Anda, Anda tidak dapat mempublikasikannya sebagai dukungan di situs web, brosur, atau iklan Anda tanpa persetujuan mereka. Endorsement seringnya selalu bersifat positif dan jika negatif, maka itu akan berubah menjadi kecaman. Sedangkan endorsement sendiri dapat berasal dari individu atau sekelompok orang yang terorganisir.

 

Baca Juga  :    Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Dukungan endorsement sangat berpengaruh yang kuat pada pengguna media sosial. Dengan melihat orang yang kita hormati, baik orang yang dekat dengan kita maupun tokoh masyarakat, mendukung suatu produk akan membuat kita lebih cenderung membeli produk tersebut di masa mendatang. Ini karena manusia adalah makhluk sosial, dan dukungan endorsement akan selalu mengikuti sifat manusia kita.

Setiap brand membutuhkan dukungan, dan setiap pembuat brand perlu mendorong orang-orang untuk berbicara secara positif dan publik tentang produk dan brand itu sendiri. Setiap brand perlu meminta dan mendorong dukungan tidak berbayar dengan menindaklanjuti orang yang mereka kenal untuk menggunakan produk mereka. Endorsement berbayar memang lebih rumit, tetapi masuk akal untuk lebih banyak merek daripada yang saat ini mempertimbangkannya.

Tetapi ada peraturan dan kewajiban yang terkait dengan dukungan berbayar seperti endorsement. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa merek dan pendukung berbayar terikat secara hukum dan keduanya terancam jika yang lain membuat pernyataan yang menyesatkan atau mengabaikan hal-hal yang diperlukan dalam industri mereka. Jadi sebaiknya Anda hanya bekerja dengan endorser yang handal dan profesional agar brand Anda lebih aman.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update