Apa Itu Google AdMob? Fitur dan Fungsinya

Apa Itu Google AdMob? Fitur dan Fungsinya

Saat ini Anda bisa mendapatkan keuntungan dari internet dengan berbagai cara. Salah satunya melalui iklan, iklan adalah informasi yang mengusahakan untuk membujuk audiens agar tertarik membeli produk/layanan yang ditawarkan. Terlebih apabila Anda adalah seorang pengembang aplikasi, saat ini telah disediakan jenis iklan yang bisa Anda pasang di aplikasi yaitu Google AdMob atau Advertising On Mobile. a

AdMob adalah sebuah teknologi khusus yang dirancang untuk membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan dari iklan di aplikasi mobile. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan advertising tools lainnya dalam marketing aplikasi. Dalam artikel ini akan disajikan lebih dalam mengenai AdMob.

Apa Itu AdMob?

AdMob adalah singkatan dari Advertising On Mobile yang dimiliki oleh Google. Tujuan dari adanya adalah untuk membantu dalam melakukan promosi dan monetisasi aplikasi seluler. Monetisasi adalah proses yang dilakukan untuk mengubah sesuatu menjadi uang. Terlebih jika Anda berposisi sebagai pengembang aplikasi yang akan amat membantu dalam mengaktifkan iklan pada aplikasi Anda.

AdMob merupakan salah satu perusahaan mobile advertising terbesar yang telah melayani lebih dari 40 juta iklan seluler dalam bentuk banner dan teks. Tak hanya itu, ternyata keuntungan lain dari penggunaan AdMob adalah sudah terhubungnya akun AdMob dengan Google Ads. Sehingga pemasangan iklan Anda akan lebih praktis.

AdMob akan menyediakan iklan yang relevan dengan aplikasi yang Anda kembangkan, dengan demikian iklan tersebut tidak akan mengganggu pengalaman pengguna aplikasi. AdMob juga menyajikan iklan dalam berbagai format, mulai dari banner, iklan reward, iklan video, dan format iklan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Strategi Materi iklan Youtube untuk Bisnis Online – IDCloudHost

Fitur AdMob

google admob

AdMob sering dinilai sebagai solusi iklan bagi platform seluler dan dapat dioperasikan untuk berbagai sistem seperti Android, iOS, WebOS, dan Windows. Anda bisa menggabungkan banyaknya fitur yang ada pada AdMob sesuai kebutuhan. Beberapa fitur yang disediakan oleh AdMob adalah:

Open Biding

Open biding adalah sebuah konsep yang kompetitif dalam menampilkan iklan. Fitur ini memungkinkan pengiklan untuk mengajukan penawaran secara berkala untuk tiap tayangan iklan di aplikasi Anda. Selain itu fitur ini juga berfungsi untuk menghubungi tiap jaringan iklan yang dimasukkan secara bersamaan. Anda sebagai pengembang aplikasi pun akan mendapatkan jangkauan iklan yang lebih banyak dan luas. Dalam hal ini jaringan iklan bisa bersaing secara real time di aplikasi.

Audience Builder

Fitur ini akan memisahkan audiens berdasarkan perilaku masing-masing. Daftar audiens yang dipisahkan tersebut dapat Anda pakai untuk menargetkan iklan yang lebih efektif sehingga peluang klik iklan akan lebih tinggi. Audiens Builder memanfaatkan data pengguna yang dikumpulkan dari aplikasi Anda, seperti demografi, minat, perilaku, dan peristiwa dalam aplikasi, untuk membangun segmen audiens yang unik. Data ini kemudian digunakan untuk menayangkan iklan yang lebih relevan dan personal kepada pengguna yang termasuk dalam segmen tersebut.

AdMob In-App Purchase House Ads

Fitur ini dibuat untuk melakukan promosi pembelian dalam aplikasi Anda. Pembeli pun akan merasa terdorong untuk membeli dan tingkat konversi penjualan akan semakin besar. Dalam hal ini keuntungan yang Anda dapatkan terjadi apabila audiens sudah melakukan pembelian.

AdMob Native Ads

Fitur ini memungkinkan iklan yang dipasang dalam aplikasi Anda seolah-olah menjadi bagian dari aplikasi tersebut. Proses promosi akan menjadi lebih alami dan keuntungan bisa langsung didapatkan ketika audiens mengklik iklan yang dipasang.

Fungsi AdMob

Fitur yang ditawarkan AdMob tentu mempunyai fungsinya masing-masing. Banyaknya fungsi yang ditawarkan oleh AdMob membuat banyak audiens yang menggunakan tools ini. Berikut akan dijabarkan fungsi AdMob secara keseluruhan:

Analisis dan Wawasan

AdMob terintegrasi dengan Google Analytics, sehingga Anda bisa memperoleh pengetahuan yang mendalam mengenai perilaku pengguna dalam aplikasi yang dikembangkan. Dengan demikian, Anda juga bisa meningkatkan pengalaman pengguna, menerapkan strategi iklan yang lebih baik, dan target audiens yang lebih efektif.

Monetisasi Aplikasi

Tujuan utama dari iklan adalah menghasilkan keuntungan dari aplikasi yang dimiliki. Melalui AdMob Anda dapat menyajikan iklan yang berkaitan dengan aplikasi tersebut. Iklan pun bisa Anda tampilkan dalam bentuk yang beragam. Mulai dari teks, gambar, hingga video. Tidak hanya menawarkan keuntungan yang tinggi, AdMob juga menawarkan jangkauan luas, format beragam, penargetan yang tepat, dan analisis yang kuat.

Kampanye dan Promosi

AdMob bisa membantu Anda dalam melakukan kampanye promosi di dalam jaringan iklan Google. Dengan demikian hal ini akan membuat visibilitas aplikasi serta banyaknya unduhan aplikasi semakin tinggi. Sebelum melakukan kampanye, Anda perlu mempersempit target audiens berdasarkan indikator target, anggaran, dan format iklan yang dipakai.

Setelah membuat kampanye promosi iklan, Anda perlu terus memantau performa kampanye secara berkala. Anda dapat melacak metrik utama yang berupa jumlah tayangan, konversi dan klik.

Segmentasi Audiens

Anda sebagai pemilik aplikasi bisa juga menargetkan iklan sesuai dengan perilaku, minat, informasi demografi serta geografis audiens. Hal ini akan amat membantu dalam menyesuaikan iklan dengan audiens sehingga engagement pun akan meningkat.

Baca Juga: Google Trends: Definisi dan Manfaatnya

Cara Menggunakan Google AdMob

Ada beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lalui untuk menggunakan AdMob untuk iklan di aplikasi Anda. Berikut akan dipaparkan lebih lanjut mengenai cara menggunakan AdMob.

Buat akun AdMob

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web AdMob pada browser Anda. Daftarlah menggunakan akun Google, jika Anda belum mempunyai akun Google maka buatlah akun terlebih dahulu. Kemudian klik tanda setujui persyaratan dan layanan yang diberlakukan oleh AdMob. Masukkan informasi akun dan verifikasi akun tersebut.

Menambahkan Aplikasi

Jika aplikasi yang Anda miliki sudah terdaftar di Google Play Store atau Apple App Store, maka Anda dapat langsung memilih aplikasi yang telah terkait dengan akun Anda. Lengkapi informasi yang dibutuhkan serta setujui kebijakan AdMob yang diberlakukan. Langkah selanjutnya Anda hanya perlu menunggu persetujuan.

Masukkan Kode Iklan

Jika permintaan Anda telah disetujui, maka Anda bisa segera membuat unit iklan sesuai dengan format iklan yang dipilih. Salinlah kode iklan untuk setiap unit iklan yang ada. Kemudian integrasikan kode iklan tersebut ke tempat dimana iklan itu ingin Anda tayangkan. Anda dapat juga menguji iklan tersebut untuk memastikan iklan tersaji dengan benar.

Atur Jenis Iklan

Ada beberapa format iklan yang disediakan oleh AdMob, mulai dari bentuk banner, video, ataupun native ads. Anda harus menyesuaikan jenis iklan tersebut dengan target audiens dan kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga: Seberapa Penting Google Review untuk SEO?

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai AdMob. Anda dapat menggunakan AdMob untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari penggunaan internet. Kembangkanlah aplikasi Anda dengan AdMob untuk menampilkan iklan yang sesuai target audiens dan mampu menarik audiens. Anda dapat menggunakan Layanan Cloud VPS IDCloudHost untuk melakukan pengelolaan server dan melindungi website bisnis Anda. Dapatkan full access serta scale up as you grow pertama di Indonesia!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update