Seberapa Penting Google Review untuk SEO?

Seberapa Penting Google Review untuk SEO?

Tentunya setiap kali Anda untuk mencoba berbelanja ataupun sedang mencari sebuah lokasi pada Google Maps Anda mungkin akan mencoba untuk membuka ulasannya. Ulasan tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui kualitas dari produk tersebut ataupun kualitas layanannya. Namun ternyata website sendiri juga ternyata mempunyai layanan ini. Hal tersebut dikelola secara langsung melalui Google Review.

Fitur ini sendiri telah disediakan secara khusus oleh Google untuk keperluan google bisnis ataupun di google maps. Review atau ulasan ini ditujukan secara khusus bagi pengguna internet yang sedang mencari informasi dan kredibilitas dari sebuah usaha atau tempat yang sedang dikunjunginya sekaligus memberi ulasan.

Disisi lain alat ini juga cukup bermanfaat bagi pemilik website dalam meningkatkan reputasi website melalui dari penilaian pengguna. Selain berguna untuk meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap website, ternyata Google Review juga mempengaruhi kinerja SEO dari sebuah artikel website. Lalu, seberapa penting dan berguna sebenarnya Google Review bagi SEO pada sebuah website? Anda dapat menyimak pembahasannya di bawah ini!

Apa Pentingnya Google Review Bagi SEO?

Google Review merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh bagi pengguna untuk memberikan atau melihat sebuah ulasan terhadap suatu produk dan tempat. Alat ini biasanya dapat terlihat ketika Anda sedang mencari sebuah tempat pada google maps atau sedang ingin berbelanja melalui google. Fitur ini akan aktif apabila Anda telah mengaktifkan Google My Business. Beberapa aplikasi yang juga menerapkan hal yang serupa adalah seperti Tokopedia dan Shopee.

Penggunaan fitur ini ternyata secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada peringkat SEO artikel Anda. Hal ini disebabkan karena google juga melakukan penilaian pada sebuah bisnis atau website terkait kepuasan pelanggan. Apabila website Anda memiliki ulasan yang baik dan positif dari pengguna maka Google juga akan semakin sering memberikan website Anda sebagai referensi untuk pelanggan.

Namun sebaliknya jika sebuah website mendapat tanggapan buruk atau kritikan yang cukup banyak maka website tersebut akan semakin tenggelam. Itulah mengapa Anda harus cukup memperhatikan beberapa ulasan dari pelanggan atas keluhan website Anda. Google Review juga dapat Anda andalkan jika Anda ingin mendapatkan popularitas secara singkat melalui ulasan pengguna sebagai pemasaran.

Namun untuk memperdalam seberapa pentingnya Google Review untuk SEO, disini juga akan dijelaskan beberapa manfaat bagi Anda dalam menggunakan alat ini. Selain dalam meningkatkan popularitas website, Anda juga dapat mendapatkan beberapa keuntungan lainnya yang berguna untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat SEO Yang Wajib Anda Ketahui!

Pengaruh Google Review Bagi SEO

Pengaruh Google Review Bagi SEO

Sudah tidak dipungkiri bahwa penggunaan Google Review telah menjadi salah satu alat SEO yang berguna bagi pemilik website. Jika Anda dapat memanfaatkan Google Review dengan baik maka hal ini dapat menjadi sebuah keuntungan bagi Anda. Berikut beberapa hal dari Google Review yang mempengaruhi performa SEO website Anda.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Semakin tingginya atau banyaknya frekuensi pengguna yang datang mengulas website Anda, maka hal tersebut merupakan pertanda baik. Hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan publik terkait produk atau usaha Anda dan mampu memancing minat terhadap pengguna lainnya. Google Review juga dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi dari pelanggan Anda jika adanya sebuah kritikan atau keluhan pada usaha Anda.

2. Memperbesar Local SEO

Semakin baik review yang diberikan oleh pengguna maka hal tersebut akan semakin membuat website atau usaha Anda tampil menjadi pilihan teratas dari pengguna. Keyword atau kata kunci yang dicari pengguna juga akan semakin menampilkan hasil pencarian teratas dengan ulasan pengguna terbanyak. Hal ini sama kerjanya dengan bisnis Anda pada aplikasi online shop lainnya ketika Anda menemui banyak produk dengan ulasan terbanyak pada hasil pencarian teratas.

3. Menambah Rasio Per Klik

Memiliki banyak review yang baik dan positif dari pengguna juga akan meningkatkan jumlah pengguna yang akan men-klik website Anda. Rasio website Anda untuk muncul ke permukaan dan akan diakses penonton juga akan semakin besar. Terutama jika usaha atau website Anda telah diverifikasi oleh pemandu lokal maka popularitas website Anda juga akan semakin meningkat dengan pesat di pencarian pengguna.

4. Konten Akan Terindeks Dengan Google

Google sebenarnya telah menyediakan sebuah fitur atau alat yang secara otomatis melakukan indeksasi secara otomatis ke website Anda. Namun dengan bantuan dari pengaruh rasio per klik sebelumnya maka hal tersebut akan membuat semakin lebih banyak konten-konten website Anda yang akan terindeks secara otomatis.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan SEO di Berbagai Social Media

Manfaat Google Review Bagi SEO

Manfaat Google Review Bagi SEO

Menggunakan Google Review secara jangka panjang akan membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi website Anda. Terlebih lagi jika website Anda bergerak di bidang bisnis dan ingin mengembangkan popularitas website Anda secara sehat. Berikut beberapa manfaat bagi website Anda dalam menggunakan Google Review.

  • Meningkatkan Rating

Tentunya hal yang paling akan berpengaruh dari usaha Anda melalui Google Review adalah meningkatkan penilaian pengguna atas usaha atau website Anda. Dengan semakin banyaknya review yang baik maka hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap website Anda. Berikanlah kualitas yang terbaik bagi pengguna dan tanggapi keluhan-keluhan yang terdapat di Review.

  • Meningkatkan SEO Bisnis

Bagi Anda yang berbisnis di dunia digital hal ini merupakan kabar baik bagi Anda. Pasalnya melalui Google Review Anda juga berpotensi dalam meningkatkan SEO bisnis Anda. Jika digunakan dengan tepat, maka hal tersebut juga akan meningkatkan frekuensi pengunjung website, Menambah jumlah transaksi produk, dan lainnya. Tentunya hal tersebut juga akan sangat mempengaruhi jumlah keuntungan atau omset Anda.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran dari Google Review

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa penggunaan dari Google Review terbilang gratis. Jika Anda mengaktifkan profil bisnis pada google maka hal ini akan menguntungkan bagi pemasaran produk atau usaha Anda. Masalah Anda secara langsung akan mengandalkan promosi dari pengguna dan tidak membayar biaya lebih untuk memasang iklan baik offline maupun online.

Baca Juga: Rekomendasi Tools untuk Cek Traffic Website

Penutup

Begitulah beberapa pengertian singkat mengenai Google Review dan manfaat dalam menggunakannya. Menggunakan layanan ini akan sangat efektif dan efisien bagi para perintis usaha atau pembuat website baru. Menggunakan Google Review akan sangat menghemat biaya marketing Anda karena melakukan pemasaran terkadang memerlukan modal yang tidak sedikit. Selain itu juga fitur ini sangat mudah diakses oleh pengguna.

Anda juga sebenarnya dapat meminta pengguna untuk melakukan review secara jujur pada usaha dan website Anda. Bagi Anda yang baru membuka usaha tentunya ingin menghemat biaya sedikit mungkin. Melalui Google Review Anda dapat mendapatkan promosi secara gratis bagi usaha Anda.

Untuk meningkatkan SEO, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memilih layanan cloud berkualitas yang akan mendukung performa website Anda. Gunakan Cloud VPS dari IDCloudHost yang aman, cepat, dan fleksibel. Nikmati kemudahan instalasi aplikasi dan OS dengan fitur one-click deploy, serta fleksibilitas pembayaran dengan sistem pay-as-you-grow!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update