Apa itu Server VPS : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

Apa itu Server VPS : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

Membicarakan dunia perhostingan memang tidak akan ada habisnya, bagi mereka yang sudah terjun di dalam lingkup teknologi ini maka bisa dipastikan mereka sudah mengenal banyak sekali jenis hosting. Ada banyak sekali jenis hosting atau server yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Dari sekian banyak jenis hosting, Shared Hosting merupakan hosting yang paling banyak digunakan karena harganya yang murah dan mudah dalam mengkonfigurasinya. Harga jelas menentukan kualitas jadi jangan berharap terlalu banyak jika kalian ingin mendapatkan performa website yang kencang ketika menggunakan jenis hosting ini.

Misalkan kalian memiliki sebuah website yang memiliki trafik yang besar, kinerja yang kompleks, setiap hari ada pengunjung yang melakukan kegiatan ini dan itu. Melihat gambaran aktivitas tersebut bisa disimpulkan jika website kalian kurang cocok jika menggunakan Shared Hosting.

Apalagi website yang kalian miliki adalah website marketplace yang jelas-jelas memiliki kinerja sangat tinggi. Mulai dari melakukan pendaftaran pengguna, menyelesaikan pembayaran, monitoring barang, disamping itu dari sisi penjual mereka harus menginputkan beragam data tentang produk. Tentu peran sebuah hosting yang cepat, akurat, dan bisa dikonfigurasi sendiri merupakan sesuatu yang dibutuhkan.

Nah, salah satu dari sekian produk hosting yang paling cocok dengan kasus yang dijabarkan diatas adalah VPS Hosting. VPS merupakan kependekan dari Virtual Private Hosting. VPS merupakan solusi dari hosting yang memiliki fleksibilitas, skalabilitas, dan keamanan yang sangat mumpuni. Selain itu VPS juga memiliki nilai ekonomis yang kompetitif.

Penggunaan VPS merupakan solusi sempurna bagi mereka yang sudah melampaui pemakaian paket hosting seperti Shared Hosting. Selain itu, kelebihan dari VPS adalah beragam spesifikasi yang bisa dipilih. Nah, penasaran apa saja alasan yang harus kalian ketahui untuk memilih VPS sebagai hosting website bisnis online kalian? Yuk kita simak pada artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu VPS dan Cara Kerjanya?

 

VPS hosting adalah singkatan dari Virtual Private Server hosting. Paket hosting Virtual Private Server menawarkan mesin virtual kepada klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki banyak situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap akun diperlakukan sebagai mesinnya sendiri dengan sumber daya dan sistem operasinya sendiri.

Misalnya: Di lingkungan hosting bersama, semua klien berbagi sumber daya dari komputer yang sama. Sebagian besar penyedia layanan hosting bersama memiliki skrip yang membatasi sumber daya setiap klien, sehingga tidak ada klien yang menggunakan semua sumber daya. Namun, klien tidak dijamin akan sumber daya komputasi yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak klien yang menggunakan sumber daya pada waktu yang sama.

Di sisi lain, paket server VPS dapat menjamin sumber daya yang tersedia untuk klien dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Ini memberi klien lingkungan hosting yang jauh lebih stabil dengan sedikit atau tanpa fluktuasi dalam sumber daya yang tersedia. InMotion Hosting, HostGator, dan Site5 adalah penyedia hosting VPS yang kami rekomendasikan. Mereka cepat dan dapat diandalkan.

Jika Anda pernah menggunakan program seperti Microsoft Virtual PC, VMWare Player, workstation, dll, maka Anda telah menggunakan konsep yang sama di komputer Anda. Perangkat lunak tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan hal yang sama pada komputer pribadi Anda dengan memungkinkan Anda untuk “secara virtual” menjalankan lingkungan Sistem Operasi lain diatas lingkungan yang sudah diinstal. Orang-orang menggunakan teknologi ini di komputer pribadi kebanyakan untuk menguji / menjalankan perangkat lunak dan situs web di lingkungan yang berbeda tanpa menimbulkan biaya untuk membeli komputer tambahan.

 

Baca Juga :   Cara Memilih Hosting yang Tepat dan Terbaik untuk Perusahaan

 

Fungsi-Fungsi dari VPS

 

Meskipun hosting situs web mungkin adalah penggunaan paling umum untuk VPS, ada banyak cara lain teknologi cloud ini dapat digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Hosting Server Anda Sendiri: Dengan VPS Anda dapat beralih ke sisi lain tabel dan menjadi orang yang menyewakan ruang kepada orang lain untuk situs web mereka. Atau mungkin Anda selalu ingin meng-host server game Anda sendiri sehingga Anda dan teman terbaik Anda dapat bermain Minecraft bersama secara online. Dengan VPS, tidak masalah.
  • Lingkungan Pengujian: Untuk kerumunan teknisi, VPS adalah lingkungan yang sangat baik untuk menguji perangkat lunak baru, pengaturan sistem operasi, atau bahkan komponen perangkat keras sebelum Anda menerapkannya ke penggunaan sebenarnya.
  • Seeding Torrents: Mereka yang mengunggah dan mengunduh file melalui teknologi torrent tahu betapa mengurasnya hal ini pada sumber daya fisik komputer Anda. Faktanya, ini dapat membuat semua operasi menjadi sangat cepat. Memindahkan aktivitas torrent Anda ke VPS memungkinkan Anda mendapatkan kembali komputer Anda.
  • Pencadangan Pribadi Murah: Berdasarkan perbandingan gigabyte-ke-gigabyte, menggunakan sisa ruang di VPS Anda untuk mencadangkan file mesin lokal Anda adalah cara yang hemat biaya dan cara mudah untuk memindahkan salinan file penting Anda ke luar situs.

 

Baca Juga :   Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Perusahaan

 

Cara Kerja dari VPS

Untuk memahami cara kerja VPS, pertama-tama Anda memerlukan pengetahuan dasar tentang hosting secara umum. Pada dasarnya, ini adalah pengaturan di mana pemilik situs membayar perusahaan untuk menyimpan file dan database situs web mereka di server.

Ada banyak jenis penginangan, beberapa di antaranya akan segera kami bandingkan. VPS adalah salah satu opsi yang dapat dipilih pemilik situs saat memilih rencana untuk menyimpan dan menerapkan properti online mereka. VPS adalah server yang digunakan bersama oleh banyak pengguna. Namun, setiap situs web yang disimpan di dalamnya diberikan jumlah daya dan memori tertentu. Ini dicapai dengan menjalankan hypervisor, yang membangun lingkungan virtual dengan membuat, merilis, dan mengelola semua sumber daya yang tersedia. Artinya, alih-alih memperebutkan ruang dan kekuasaan dengan situs lain di server Anda, VPS memberi Anda milik Anda sendiri. Bersamaan dengan itu, Anda juga akan menuai manfaat yang datang dengan memiliki penyimpanan khusus Anda sendiri, Random Access Memory (RAM), dan sumber daya penting lainnya.

 

Rekomendasi VPS Terbaik di Indonesia

Memang tidak bisa dipungkiri bagi pemilik website marketplace atau bisnis online mereka sangat membutuhkan sumberdaya yang sangat tinggi. Peran server dalam sebuah website sangatlah penting, karena nanti akan berdampak pada performa dan kinerja dari website itu sendiri. Sebuah server yang baik adalah server yang mampu menangani segala kebutuhan mulai dari keamanan, trafiks, beban bandwidth, dan masih banyak lagi tentunya. Nah salah satu dari sekian hosting yang bisa menjadi solusinya adalah VPS hosting.

Berbeda dengan jenis hosting lainnya, VPS memiliki OS dan sumber daya sendiri. Mereka terisolasi satu sama lain meski seperti terlihat sekana menggunakan server yang khusus yang sama. Sehingga mekanis memungkinkan kalian mendapatkan performa yang terbaik. Nah jika kalian ingin memiliki VPS yang terbaik dan oke banget kalian bisa melihat VPS yang ditawarkan oleh IDCloudHost. IDCloudHost menawarkan berbagai fitur-fitur yang bisa kalian sesuaikan dengan bisnis online yang dimiliki. Kalian akan merasakan fleksibilitas dan kemudahan paket paket IDCloudHhost.

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai apa itu server VPS. Kebutuhan akan hosting sebuah website memang selalu berkembang dari tahun ke tahun. Semakin kompleks kinerja dari website tersebut maka semakin besar pula kebutuhan server yang bisa mencukupinya. Tidak mungkin sebuah air 2 liter dimasukkan ke dalam botol 1 liter. Alih-alih bisa dimanfaatkan secara utuh malah terbuang dan berakibat rugi. Maka dari itu dalam memilih sebuah hosting juga harus memperhatikan spesifikasi dari macam-macamnya. Dari sekian jenis hosting, VPS Hosting adalah salah satu yang bisa dipertimbangkan.

VPS akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan skalabilitas yang lebih mudah saat Anda mengembangkan bisnis. Selain itu, rendahnya biaya penggunaan VPS membuat opsi ini terjangkau untuk hampir semua perusahaan. Jika Anda membutuhkan layanan hosting untuk bisnis Anda, Anda akan ingin mempertimbangkan server pribadi virtual. Demikianlah artikel apa itu server vps, fungsi, cara kerja, dan rekomendasinya.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update