Apa Itu User Interface (UI): Fungsi, dan Cara Kerja

Apa Itu User Interface (UI): Fungsi, dan Cara Kerja

Apakah Anda pernah menemukan aplikasi atau website yang tampilannya buruk? Pastinya tampilan yang buruk tersebut terasa kurang menyenangkan dan membuat Anda merasa aplikasi atau website tersebut tidak menarik. Selain itu, tampilan yang buruk tersebut juga membuat Anda bingung dan sulit memakai aplikasi atau website tersebut. Hal inilah yang menjadikan sebuah website atau aplikasi sangat perlu memperhatikan user interface (UI) atau tampilan user.

User Interface mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah komputasi. Sebab UI telah berkembang dengan pesat selama beberapa waktu terakhir dan berkembang hingga menjadi salah satu bidang teknologi paling kreatif, menarik dan inovatif. Perlu Anda ketahui bahwa desain UI sering disebut dengan desain antarmuka pengguna. Dimana desain tersebut mengacu pada desain estetika dari seluruh elemen visual antarmuka pengguna produk digital yakni interaktivitas dan presentasi produk.

Dengan kata lain, User Interface sering disebut sebagai suatu hal yang bisa dilihat oleh pengguna ketika mereka berinteraksi dengan aplikasi atau produk digital lainnya. Desain UI biasanya tidak hanya fokus pada estetika, melainkan juga berupaya memaksimalkan efisiensi, daya tanggap serta aksesbilitas situs web. Bahkan, sekarang ini sebagian besar bisnis mengakui bahwa UI yang baik memang begitu penting dalam membangun loyalitas pelanggan serta pengakuan merek atau brand. Selain bisa menarik pengunjung, desain UI yang baik juga mampu mempertahankan pelanggan seta memfasilitasi hubungan antara bisnis dengan pengguna.

 

Pengertian User Interface

User Interface merupakan tampilan visual dari sebuah produk yang berfungsi untuk menjembatani sistem dengan user atau pengguna. Dimana tampilan UI bisa berupa warna, bentuk serta tulisan yang didesain dengan semenarik mungkin. Namun secara sederhana, UI dapat diartikan sebagai bagaiaman tampilan suatu produk dilihat oleh pengguna atau user.

Untuk lebih jelasnya, UI dapat dianalogikan berupa sebuah rumah yang sedang Anda kunjungi kemudian Anda akan melihat tampilan tersebut. Dimana tampilan yang bisa Anda lihat antara lain halaman depan, jendela, pintu dan dinding. Tampilan rumah yang Anda lihat itulah yang dinamakan dengan User Interface. Biasanya tampilan UI diterapkan untuk sistem operasi, website, aplikasi dan blog.

Biasanya tampilan UI didesain dari beberapa aspek yaitu gambar logo, layout, pemilihan warna, typography agar mudah dibaca dan aspek lain yang dapat mempercantik tampilan. Semua elemen yang dapat memperindah tampilan sebuah produk digital maka dapat dikategorikan sebagai elemen UI. Tidak hanya pada aplikasi saja, tampilan UI pada website juga harus menarik agar mengundang lebih banyak pengunjung.

Baca Juga :     Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Fungsi User Interface

 

Jika sebuah aplikasi atau website dirancang sedemikian indah, tentu akan membuat para pengguna merasa terkesan dan nyaman. Hal ini tentu membuat mereka tidak akan mudah meninggalkan produk digital tersebut begitu saja. Sebaliknya jika sebuah produk digital tidak memiliki User Interface yang baik, maka membuat pengguna cepat bosan dan meninggalkan produk tersebut. Untuk itulah UI hadir dengan berbagai fungsi antara lain sebagai berikut :

 

  • Mempermudah Interaksi Pengguna dengan Produk

    Sebetulnya, desain UI adalah elemen visual sistem produk. Hal ini juga meliputi desain layar, ikon, tombol, teks, gambar dan seluruh elemen visual lainnya. UI yang ada dalam sebuah produk digital memiliki peran yang sangat penting karena dengan adanya UI maka pengguna dapat berinteraksi dengan produk secara lebih mudah. Tampilan UI yang baik memang sangat mendukung interaksi pengguna dan produk. Ketika interkasi pengguna telah berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan kebutuhan serta tujuan pengguna memakai produk bisa tercapai.

    Tidak hanya itu saja, saat pengguna merasa puas memakai produk maka dapat membantu meningkatkan loyalitas pengguna. Hal inilah yang menyebabkan produk dengan UI yang baik menjadi lebih unggul dibanding produk lain. Tak heran saat ini mulai banyak perusahaan digital yang mulai menciptakan solusi fitur elegan yang mudah dipergunakan oleh pengguna.

  • Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis dan Penjualan

    Sebuah bisnis pasti memiliki tujuan mengalami peningkatan penjualan serta pertumbuhan bisnis. Untuk mencapai hal tersebut, salah satunya dapat dilakukan dengan mengembangkan UI dan UX. UI dengan desain yang baik bisa meningkatkan pengalaman serta kepuasan pengguna sampai pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah pengguna.

    UI juga senantiasa berfokus pada kesenangan dan kepuasan pengguna sehingga UI memiliki peran penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Selain itu, UI yang baik juga dapat membantu membangun reputasi sebuah produk menjadi lebih baik. Hal inilah yang menyebabkan UI menjadi begitu penting bagi setiap produk dalam mensukseskan bisnis.

  • Meningkatkan Kualitas Branding

    User Interface tidak hanya berfungsi penting untuk interaksi serta pertumbuhan sebuah binis. Tampilan UI ternyata juga bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi sebuah produk. Secara sederhana hal ini bisa disebut dengan branding. Jika Elemen tampilan UI sesuai dengan konsep produk maka menjadikan pengguna lebih mudah mengenalinya. Untuk itulah desain UI sebaiknya tidak hanya cantik dari segi visual tetapi juga mencerminkan nilai serta kualitas produk.

Baca Juga :      Apa itu User Experience (UX) : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

 

Cara Kerja User Interface

Apa Itu User Interface (UI) : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
 

Setelah mengetahui fungsi penting User Interface bagi produk digital, selanjutnya ketahui juga cara kerjanya. Berikut cara kerja UI yang perlu Anda ketahui :

 

  • Persiapan

    Sebelum Anda membuat user interface untuk produk, terdapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan antara lain sebagai berikut:

    • Menentukan masalah yang akan diselesaikan.
    • Mengenali pengguna produk.
    • Melihat yang dilakukan oleh kompetitor.
    • Mengumpulkan seluruh persyaratan produk.
  • Wireframe

    Wireframe adalah sebuah sketsa kasar dari tampilan website atau aplikasi. Biasanya dipakai untuk menyusun tata letak awal pada sebuah desain. Wireframe bisa Anda coret memakai tangan maupun tools dari aplikasi khusus.

  • Mockup

    Mockup memberikan gambaran detail sebelum akhirnya produk dibuat. Mockup biasanya menggambarkan aspek desain visual, warna, gambar serta tipografi. Dengan mockup ini maka ide dapat diterjemahkan ke dalam bahasa yang mudah dimengerti tetapi mockup bersifat statis serta tidak dapat dioperasikan.

  • Prototype

    Prototype merupakan simulasi interaksi pengguna dengan tampilan interface produk sehingga pengguna bisa melihat serta berinterkasi dengan UI secara langsung. Protoype memang belum terlihat seperti produk akhir namun hampir mendekati.

Baca Juga :      Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Bagi Anda yang masih baru dalam dunia website atau aplikasi, sebaiknya pelajari secara detail tentang User Interface mengingat UI memiliki fungsi yang sangat banyak bagi perkembangan dan pertumbuhan bisnis melalui produk digital Anda. Adanya UI pada sebuah produk digital diharapkan dapat meningkatkan usability serta user experience (UX). Bahkan UI menjadi salah satu penentu pengguna tertarik atau tidak mengunjungi sebuah website atau aplikasi.

Ketika para pengguna merasa senang dan mudah memahami UI produk Anda, kemungkinan mereka akan kembali mengunjungi website atau aplikasi Anda. Untuk itulah saat mendesain website, aplikasi maupun produk digital lainnya, pastikan selalu memperhatikan User Interface. Agar penerapan User Interface pada sebuah produk digital dapat lebih optimal, sebaiknya perhatikan juga penerapan User Experience (UX) pada produk tersebut. Kedua hal tersebut dapat menjadikan desain website atau produk digital terlihat sangat menarik dan lebih fungsional bagi para pengguna. Jadi bagi para pelaku bisnis online, pastikan Anda selalu memperhatikan UI dan UX.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update