Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Salah satu ilmu yang perlu dikuasai saat ingin membuat aplikasi maupun website adalah Bahasa Pemrograman. Dalam membuat aplikasi sendiri umumnya memerlukan framework serta bahasa pemrograman. Jika Anda membutuhkannya, maka Anda bisa memilih React Native sebagai salah satu developer dan pengembangan aplikasi & website.

Dengan begitu, apabila Anda berencana untuk membuat sebuah aplikasi, agar dapat memahami berbagai bahasa pemrograman yang cocok untuk aplikasi bisa menggunakan React Native. Pembuatan aplikasi juga tidak bisa sembarangan dan tentunya memerlukan suatu dukungan untuk membuat semua jaringan yang tidak sederhana.

Apakah Anda seorang pengambang yang ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu React Native terhadap pembuatan aplikasi? Agar tidak penasaran dan ketinggalan informasi, Anda bisa menyimak informasi mengenai framework yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi tersebut di bawah ini.

 

Mengenal Apa itu React Native

Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website
 

React Native merupakan sebuah framework yang biasanya dipakai untuk membuat aplikasi mobile baik itu dalam sistem operasi Android maupun iOS. Tak heran jika framework yang satu ini sering disebut sebagai cross-platform network. Hal ini tak lain karena Anda dapat menggunakannya untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh dua platform.

Untuk membuat aplikasi, pastinya Anda perlu mempelajari dahulu bahasa pemrograman yang lebih khusus atau disebut sebagai Native. Pasalnya, setiap sistem operasi punya bahasa pemrograman yang beda-beda. Pada aplikasi Android, Anda perlu memelajari bahasa pemrograman Java.

Sementara pada aplikasi iOS, berarti Anda harus belajar bahasa pemrograman Objective C ataupun Swift. Akan tetapi, hanya dengan memakai React Native maka Anda tidak perlu belajar beberapa bahasa tersebut yang perlu Anda lakukan hanyalah belajar Javascript agar dapat membuat aplikasi memakai platform tersebut.

Javascript sendiri umumnya digunakan oleh developer dalam pembuatan website. Selain itu, tentu saja ada banyak kelebihan lain yang bisa didapat saat menggunakan React Native. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :     Aplikasi untuk Buat Mockup Website / Prototype Website yang Mudah dan GRATIS

 

Apa Saja Kelebihan React Native

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh React Native kepada setiap penggunanya. Apa saja kelebihan tersebut? Diantara kelebihan tersebut seperti :

 

  1. Memiliki user interface yang terbilang sangat simple

    Kelebihan pertama yang dimiliki oleh developer yang satu ini adalah adanya user interface yang cukup sederhana, bahkan untuk pengguna seluler. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa bantuan pengembang React Native ini lebih dikenal dengan sebutan framework.

  2. Anda bisa menghemat lebih banyak

    Sebagai salah satu framework yang sudah berbasis Open Source, maka platform ini gratis untuk semua proyek. Baik itu proyek komersial maupun proyek pribadi. Kemudian, apabila Anda berencana ingin merilis aplikasi Android maupun iOS maka platform ini dapat memangkat biaya pengembangan Anda, bahkan hampir setengahnya. Dengan begitu, Anda bisa menghemat uang lebih banyak.

  3. Sudah digunakan oleh banyak perusahaan besar

    Sebenarnya, developer ini masih tergolong sebagai salah satu framework baru. Akan tetapi penggunanya sudah banyak. Bahkan sejumlah perusahaan besar pun sudah menggunakannya. Sebut saja Instagram, Facebook, Baidu, hingga AirBnB.

  4. Memiliki kode yang dapat digunakan dengan lebih simple

    Developer ini juga terbilang lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan yang lain. Pasalnya, ia memiliki kode yang dapat digunakan dengan lebih simple. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Javascript, HTML, atau sejenisnya, maka tentu sudah tidak asing lagi saat berhadapan dengan React Native. Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu susah payah lagi dalam menguasai dan mempelajari bahasa pemrograman lainnya demi menciptakan aplikasi yang dapat berjalan dalam dua sistem operasi.

  5. Sangat cocok untuk pemilik bisnis startup

    Bagi perusahaan yang masih atau baru merintis atau yang umum dikenal sebagai startup, maka mereka biasanya akan mengembangkan sebuah aplikasi mobile. Nah, disinilah developer ini bisa jadi pilihan terbaik. Mengapa? Hal ini tak lain karena perusahaan hanya perlu satu orang developer saja. Dengan begitu, developer tersebut dapat membuat aplikasi bisa berjalan dalam dua sistem operasi secara bersamaan.

  6. Memiliki efisiensi waktu yang jauh lebih singkat

    Terdapat salah satu fitur menarik yang bisa Anda gunakan. Dengan fitur tersebut Anda bahkan bisa memangkas waktu, yakni Watchman. Dengan begitu, Anda tidak perlu memakan banyak waktu saat menggunakannya.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat File .htaccess WordPress Default dengan Mudah dan Cepat

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menginstall React Native

Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website
 

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan apabila ingin belajar pengembangan aplikasi yang satu ini. Namun jangan khawatir, karena developer ini merupakan sebuah program yang sudah dirancang untuk digunakan dengan mudah. Di bawah ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

 

  • Install terlebih dahulu Nodejs. Ini merupakan sebuah runtime yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan semua program Javascript di luar browser yang biasanya Anda gunakan.
  • Selanjutnya, install juga NPM atau Yarn. Keduanya bisa Anda gunakan untuk mengelola Project Nodejs.
  • Jika perlu, Anda juga dapat menginstal Java JDK yang berguna dalam mengkompilasi aplikasi menjadi APK.
  • Kemudian, Anda juga bisa menginstal Android SDK untuk pengembangan aplikasi Android.

 

Baca Juga :       Kumpulan Aplikasi Edit Video Profesional yang GRATIS Untuk Android dan iOS

 

Mengapa Pengembang Harus Belajar React Native

Ada beberapa alasan mengapa Anda sangat disarankan untuk belajar menggunakan developer yang satu ini. Beberapa alasan tersebut diantaranya :

 

  • Merupakan salah satu alternatif untuk mengembangkan aplikasi mobile. Anda bisa menggunakannya dalam dua sistem operasi sekaligus namun hanya dengan sekali proses development.
  • Dokumentasi sudah tersedia dengan lengkap dan banyak pada library. Anda bisa memakainya untuk kebutuhan pengembangan aplikasi sesuai keperluan.
  • Bahasa yang digunakan tidak susah dan kode yang digunakan pun sangat simple digunakan.
  • Developer ini juga memiliki cakupan komunitas yang cukup luas. Pasalnya, ia dipegang langsung oleh salah satu perusahaan besar di bidang teknologi yakni Faceook. Dengan begitu, Anda sangat disarankan untuk menggunakannya.
  • Kemudian, Anda juga tidak perlu lagi menjalankan ulang compiling mobile app untuk merubah kodingan. Dengan begitu, tentu saja Anda dapat membuat perubahan pada codingan dengan lebih cepat. Caranya yakni hanya dengan menekan tombol Hot Reload.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi Absensi Online untuk Kebutuhan Usaha, Kantor, dan Sekolah

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan React Native. Beberapa kelebihan di atas juga cukup menjadi alasan yang kuat mengapa Anda sangat perlu untuk menggunakannya. Mengingat developer yang satu ini juga cukup tepat dalam merancang sebuah aplikasi, bahkan dalam dua sistem operasi sekaligus lebih tepatnya untuk Android dan iOS. Tentu saja Anda bisa menghemat pengeluaran yang lebih banyak.

Belum lagi adanya fitur-fitur yang dirancang khusus untuk mudah digunakan bagi para pengembang dalam membuat aplikasi mereka yang paling kompleks sekali pun. Tentu Anda tidak akan pusing lagi saat ingin membuat atau bahkan mengembangkan sebuah aplikasi. Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Related Post :

popup image