Apa Itu Vlogger? Kenali Jenis-jenisnya!

Apa Itu Vlogger? Kenali Jenis-jenisnya!

Sebagian orang mungkin mengetahui apa itu blogger dari sejak lama. Karena blogger atau blogging adalah kegiatan menulis yang cukup banyak orang tau dan paham tentangnya. Namun, di zaman sekarang, dengan makin majunya teknologi, blogging kelihatan mulai ditinggalkan orang-orang dan akhirnya mulai beralih ke bentuk video. Lalu sebenarnya apa itu vlogger?

Vlogger adalah sebuah singkatan dari “Video Blogger”.  Mereka adalah seseorang yang merekam kemudian membagikan kegiatan, pendapat, pemikiran dan pengalaman mereka.

Ada berbagai tujuan seseorang menjadi vlogger, bisa dari untuk hiburan, penyimpanan pribadi ataupun untuk ilmu pendidikan. Dengan kemajuan teknologi dan semuanya bisa didapatkan dalam genggaman, vlogging langsung menjadi populer di kalangan masyarakat.

Baru-baru ini sosial media merupakan hal yang banyak digunakan orang, bahkan bermain sosial media menjadi sebuah kewajiban agar kita selalu update mengenai berita apapun. Maka dari itu, banyak orang yang mengoptimalkan platform sosial media ini untuk mencari penghasilan. Salah satunya dengan membuat video blog.

Apa Itu Vlogger?

Secara sederhana, vlogger adalah orang umum yang kreatif, memiliki ide dan membuat editan, kemudian mengunggah video tersebut ke platform sosial media, yang paling sering digunakan adalah YouTube.

Beberapa vlogger banyak yang memilih untuk membuat video dan membagikan video harian mengenai pengalaman ataupun aktivitas hidup mereka. Mereka biasanya membuat konten yang menarik agar mencapai target viewers yang diinginkan.

Selain itu, biasanya para vlogger membuat konten yang sedang viral atau naik daun sehingga semakin meningkatkan jumlah penonton. Jika saluran YouTube berisikan sebuah konten yang mirip dengan blog tetapi dalam format video, maka Anda bisa menganggap hal tersebut sebagai vlog.

Banyak vlogger yang menggunakan saluran YouTube (kita akan sebut sebagai YouTuber) atau TikTok membuka lebih dari satu saluran sehingga setiap saluran tersebut memiliki perbedaan konten. Misalnya, satu saluran khusus untuk video kehidupan sehari-hari, sedangkan saluran lainnya berisi tentang video tentang ilmu pendidikan. Untuk menjalani pekerjaan ini, Anda harus menjadi seseorang yang memiliki kreatifitas yang tinggi.

Karena semakin banyak yang menggunakan sosial media dan bahkan video-video yang viral bisa masuk sampai ke televisi membuat vlogger kelihatan menjadi sebuah profesi. Mereka bahkan memiliki tim kreatif sendiri agar bisa membuat konten video menarik setiap waktu sehingga videonya populer dan mendapatkan banyak penayangan. Sebagian besar dari mereka bahkan bisa mendapat keuntungan finansial dari vlog mereka sehingga menjadikan hal ini bisa dijadikan profesi yang bisa diandalkan dan dipercaya.

Manfaat Menjadi Seorang Vlogger

Manfaat Menjadi Seorang Vlogger

Menjadi seorang vlogger tentu saja memiliki banyak manfaat, tetapi tentu saja memiliki kesulitan karena dunia kita yang serba cepat dan banyak tekanan. Jika Anda bertanya-tanya apa gunanya menjadi vlogger dan apa tujuan mereka, maka Anda bisa melihat penjelasan dibawah ini. Beberapa manfaat vlogger : 

  • Menjadi vlogger membuat segalanya lebih manusiawi

Di masa lalu, teknologi belum secanggih sekarang. Banyak orang yang dahulu tidak mengetahui bagaimana caranya sebuah bisnis dijalankan ataupun pekerjaan-pekerjaan yang ada dibalik layar.

Namun, vlogging telah mempermudah semua pembuat konten untuk membagikan kegiatan ataupun perjalanan mereka dan memberikan beberapa ilmu atau wawasan kepada para penonton dan pengusaha tentang cara kerja berbagai hal ataupun ilmu mengenai sesuatu.

Dengan ini, pembuat konten bukan hanya terhubung dengan audiens dan pengikutnya, tetapi juga membuat perjalanan untuk para penontonnya menjadi lebih nyata. Para pengikut dan penonton video vlogger itu akan merasakan hubungan kemanusiaan, beberapa dari mereka merasa hidupnya relate dengan para vlogger tersebut.

Sehingga orang-orang yang merasa senang dan relate tadi akan lebih bersedia untuk mendukung para vlogger tadi. Bahkan, banyak konsumen yang lebih percaya rekomendasi dari seorang reviewer sebelum  membeli produk, lho. Karena review ini biasanya berdasarkan pengalaman personal, berbeda dari iklan yang memang dibuat untuk tujuan marketing. 

  • Vlogger membuat perbedaan di dunia

Vlogger adalah seseorang yang merekam hal yang ingin ia bagikan menggunakan video. Vlogging juga memungkinkan orang-orang kreatif membuat perbedaan. Mereka akan membagikan pendapat mereka tentang berbagai gerakan, subjek, dan situasi di seluruh dunia. Hasilnya, ini membantu jutaan orang berbagi pengalaman yang terjadi pada mereka atau orang lain, memungkinkan mereka untuk didengar dan menerima keadilan.

Casey Neistat, salah satu vlogger paling sukses dan kaya, menjadi terkenal dengan membuat vlog PSA (Pengumuman Layanan Publik), seperti yang satu ini menantang peraturan jalur sepeda di New York City.

  • Vlogger adalah pekerjaan yang menghubungkan manusia

Vlogging membantu menghubungkan orang-orang dengan orang-orang dari seluruh dunia. Video yang direkam kreator berpotensi menjangkau penonton di seluruh dunia, membantu mereka terhubung. Vlogging juga membantu untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan secara positif membuat para pemberi pengaruh dan pembuat konten menonjol dalam komunitas.

  • Vlogger membangun komunitas positif

Vlogger adalah orang yang bisa membawa pengaruh yang besar. Saat vlogger mulai mendapatkan popularitas di platform mereka, mereka membangun audiens dan komunitas orang-orang yang berpikiran sama. Orang-orang ini memiliki minat dan kesukaan yang sangat mirip, dan saat mereka bersatu, mereka membantu mendukung vlogger.

Komunitas orang-orang yang serupa ini menciptakan suasana yang mendukung dan aman. Vlogger biasanya juga akan menerima komentar dan pertanyaan, yang membantu mereka lebih memahami ketidaksukaan, suka, dan pendapat penonton. 

Jenis-jenis Vlogger

Jenis-jenis Vlogger

Ada bermacam-macam jenis vlog dan tentu setiap vlogger memiliki imajinasi masing-masing. Beberapa jenis vlog yang paling populer dan cara kerjanya adalah sebagai berikut : 

  •  Vlog Travelling

Vlogger adalah orang yang senang merekam video kejadiannya dan membagikannya untuk publik umum. Travel Vlogger adalah vlogger yang berbagi video rekaman perjalanannya kepada para penontonnya. Ini bisa dengan video kegiatannya selama perjalanan ataupun bisa rekaman dari tempat-tempat indah yang mereka kunjungi. Di vlog travelling ini vlogge juga bisa memberikan informasi mengenai fakta tempat yang ia kunjungi ataupun merekomendasikan tempat itu. 

  • Vlog Berkebun dan Alam (Back to Nature)

Nah salah satu vlog yang cukup populer yaitu vlog berkebun. Disini vlogger akan menunjukkan rerumputan, tanah dan bunga mereka. Vlogger juga bisa memberikan cara mereka berkebun ataupun memberikan tips/trik berkebun mereka kepada penonton. Selain itu, vlogger juga bisa memberikan vlog alam seperti pemandangan dan lainnya.

  • Vlog Keluarga

Vlog keluarga tentunya akan lebih personal, dimana vlogger akan berbagi kehidupan pribadi dan keluarga mereka dengan para penontonnya. Vlog biasanya berisi tentang kegiatan keluarga, pergi bertamasya bersama keluarga, keterampilan khusus ataupun kehidupan sehari-hari. Contoh vlog keluarga yang bisa dilihat adalah Kimbab Family.

  • Vlog Daily Life (Kegiatan Sehari-Hari)

Vlog ini biasa juga disebut vlog “a day in my life” yaitu vlog harian yang membuat para penontonnya seperti masuk ke jendela kehidupan vlogger. Jenis vlog seperti ini biasa juga disebut dengan video diary, tetapi sebaliknya, ini adalah diary yang dibagikan vlogger dengan pengikut online mereka. Mereka akan berbicara tentang apa pun yang mereka alami atau pikirkan pada hari itu.

  • Vlog Kecantikan / Make Up

Vlog kecantikan atau makeup adalah tempat vlogger berbagi tips kecantikan dengan pengikutnya. Jenis vlog ini bisa apa saja yang berhubungan dengan merek makeup apa yang akan dibeli, cara mengaplikasikannya, atau cara membuat gaya rambut tertentu. Vlog kecantikan juga dapat mencakup mode dan tempat mendapatkan beberapa tren terbaru dengan harga lebih murah.

  • Vlog Edukasi

Vlog edukasi adalah vlog yang mengajarkan keterampilan baru kepada orang-orang. Bisa apa saja, misalnya belajar bermain gitar atau piano seperti yang disebutkan di atas, membangun rumah baru, atau berbicara bahasa baru. Vlogger hanya akan membagikan bidang keahlian mereka, memungkinkan orang lain dengan minat yang sama untuk belajar dari mereka.

  • Vlog Teknologi

Vlog pengajaran akan menangani apa pun yang berhubungan dengan teknologi. Vlogger dapat meliput gadget terbaru dan mengulasnya atau menunjukkan kepada pemirsa cara membuka kotak item baru, cara menggunakannya, dan banyak lagi. Kemungkinannya tidak terbatas dengan begitu banyak jenis teknologi di ujung jari kita. Untuk contohnya Anda bisa melihat YouTube dari IDCloudHost karena disana banyak memberikan informasi mengenai teknologi.

Penutup

Setelah membaca penjelasan diatas tentu akhirnya Anda memahami apa itu vlogger dan apa yang dilakukan oleh vlogger. Vlogger adalah orang yang memberikan kita wawasan luar biasa karena mereka bisa membuat perbedaan di dunia kita melalui media sosial.

Semua bisa menjadi vlogger asalkan mereka supel, berkomunikasi secara efektif, dan membuat audiens atau penontonnya tetap terlibat. Anda tidak harus menjadi ekstrovert, yang penting Anda hanya perlu membuat konten dan berkomitmen terus menyajikan konten yang positif untuk para audiens Anda. Anda dapat menerapkan banyak ide vlog, apa pun tipe kepribadian Anda.

Setelah menjadi vlogger dan terkenal Anda bisa menerapkan sistem sekali menyelam minum air, Anda bisa menjual produk Anda yang sudah memiliki pengikut yang banyak tadi. Jika Anda ingin mulai berjualan pasti membutuhkan website untuk menarik perhatian calon pelanggan terhadap produk milik Anda bukan?

Agar kinerja website cepat dan stabil, Anda bisa gunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost yang sudah terintegrasi berbagai tools, aplikasi serta fitur yang dapat mendukung kebutuhan promosi bisnis Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update