Cara Menjadi Travel Blogger: Tips dan Trik Yang Bisa Dilakukan

Tips & Tricks / 0 | | 1

Anda memiliki hobi jalan-jalan tapi tidak memiliki uang? Sekarang waktunya Anda membalikkannya dengan menjadi seorang travel blogger! Ya, Anda bisa pergi jalan-jalan namun Anda juga menghasilkan pendapatan disaat yang bersamaan.

Menjadi travel blogger bagaikan menceritakan pengalaman yang Anda miliki kepada orang lain melalui rangkaian tulisan yang Anda siapkan. Jika Anda siap untuk menjalani hobi dengan produktif, bertemu orang baru, dan menjelajahi belahan daerah di dunia, maka artikel ini adalah artikel yang tepat untuk Anda baca. 

Baca Juga: Tips Menjadi Food Blogger Sukses 2022

Apa Itu Travel Blogger?

Apa Itu Travel Blogger?

Travel blogger adalah seseorang yang melakukan liburan ke berbagai tempat, melakukan eksplorasi, dan kemudian menuliskan pengalamannya tersebut serta mempublish pada suatu blog online. Dengan demikian, seorang travel blogger akan menulis berbagai hal tentang pengalaman yang dia rasakan selama melakukan travel, budaya unik yang dirasakan, mengunjungi berbagai objek wisata, hingga memberikan rekomendasi bagi para pembaca. 

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Travel Blogger?

cara menjadi travel blogger

Jika Anda masih ragu untuk menjadi seorang travel blogger dan bertanya-tanya bagaimana cara untuk memulainya? Maka berikut adalah beberapa poin yang telah kami rangkum yang dapat menjadi panduan bagi Anda, yakni sebagai berikut:

  • Temukan passion Anda

Memastikan passion adalah hal yang penting ketika akan memulai suatu hal. Anda harus meyakini bahwa travelling adalah hal yang Anda sukai karena kemampuan beradaptasi dan komunikasi menjadi hal yang penting ketika Anda melakukan perjalanan. 

Menentukan passion juga menjadi penting saat Anda memulai sebagai seorang blogger karena ada banyak blogger yang bersemangat memulai menulis pada awal saja namun hilang dengan berlalunya waktu. Dengan demikian, ketika Anda telah memastikan bahwa travel adalah passion Anda, hal tersebut akan membuat Anda bertahan dan konsisten dalam menjadi seorang travel blogger. 

Baca Juga: Cara Mudah Agar Blog Tidak Di Copy Paste

  • Pilihlah Niche untuk blog

Niche adalah sesuatu yang berhubungan konten blog yang dimanajemen dengan jelas dan terarah. Menemukan niche yang tepat, maka akan memudahkan Anda mengetahui siapa segmen pembaca blog Anda. Jika misalnya Anda memutuskan untuk menjadi travel blogger wisata kekinian, maka segmen Anda akan tertuju pada anak muda yang menyukai tempat yang aesthetic dan minimalis. Dengan memilih Niche juga akan membuat blog Anda terarah dan terspesialisasi dengan baik.

  • Pilih Hosting dan Domain yang Memadai

Salah satu hal penting yang perlu diketahui seorang blogger adalah hosting dan domain. Memiliki hosting yang berkualitas akan memungkinkan Anda mengembangkan blog yang Anda miliki. Anda dapat mengupload berbagai foto dan video travel yang Anda lakukan. Anda juga dapat menyimpan data-data penting dan melakukan kelola blog yang lebih eksklusif.

Selain hosting, domain juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan karena dengan domain yang menarik akan memudahkan para pembaca untuk mengingat  alamat website Anda. Dengan demikian, sangat perlu bagi Anda untuk membuat domain yang lebih eksklusif sehingga terlihat lebih relevan. Adapun layanan hosting dan domain dapat Anda akses melalui IdCloudHost yang menawarkan Anda cloud server sesuai dengan kebutuhan blog travel Anda. 

  • Konsisten dan Lakukan Eksplorasi

Konsisten merupakan kunci utama untuk menjadi seorang travel blogger. Pada dasarnya, pembaca menginginkan berbagai pilihan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika Anda tidak konsisten maka konten yang dihasilkan akan sedikit dan secara tidak langsung Anda akan kehilangan segmen pasar Anda. 

Namun ketika Anda melakukan eksplorasi dengan mengunjungi tempat-tempat yang unik dan belum terinformasi dengan baik, hal tersebut dapat Anda tulis pada blog Anda. Selain itu, Anda dapat menuliskan pengaman berada ditempat tersebut dengan gaya bahasa yang komunikatif. Dengan demikian, ketika Anda menulis konten travel yang unik dan menarik serta ditulis secara konsisten, maka akan meningkatkan kemungkinan traffic blog yang lebih baik. 

Baca Juga: 10 Tema WordPress untuk Blog Pribadi Terbaik 2022

  • Buatlah konten yang bermanfaat

Para pembaca selain menikmati hiburan yang mungkin ditawarkan pada blog Anda, mereka juga ingin mencari informasi tertentu. Dengan demikian, ketika Anda menulis pastikan Anda juga memberikan edukasi kepada para pembaca misalnya estimasi harga yang dihabiskan, rekomendasi makanan, rekomendasi spot foto, dan sebagainya.

  • Bangunlah blog yang ramah SEO

Konten yang ramah SEO akan memudahkan konten Anda diidentifikasi oleh mesin pencari. Pastikan sebelum membuat konten travel yang akan ditulis, Anda telah melakukan research keyword. Ada banyak hal yang bisa Anda kembangkan dengan SEO untuk mengoptimasi website Anda. 

Baca Juga: Memahami Pentingnya dan Peranan Image SEO dalam Meningkatkan Situs Web 2022

  • Aktif menggunakan sosial media

Sosial media merupakan sarana yang dapat Anda jadikan untuk membentuk engagement dengan cepat. Anda dapat melakukan live streaming, membangun personal branding, bahkan melakukan periklanan. Dengan demikian, Anda perlu memanajemen sosial media Anda seperti perencanaan posting setiap harinya yang disertai dengan caption yang memikat atau menggunakan template yang serasi pada setiap postingan. 

  • Membangun networking

Dalam menjadi seorang travel blogger yang sukses, maka sangat penting bagi Anda untuk membangun networking sehingga akan memungkinkan Anda untuk dikenal atau bahkan melakukan kerja sama. Networking yang bagus juga akan membantu Anda dipertemukan dengan klien, kolega, partner, dan berbagai relasi yang menguntungkan lainnya. Sebagai pemula, Anda dapat bergabung dalam komunitas blogger kemudian dapat saling meminta masukan dan melakukan personal branding pada komunitas tersebut. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Platform Blog Gratis Terbaik

Penutup

Menjadi seorang travel blogger merupakan salah satu pilihan pekerjaan yang bisa menggabungkan antara hobi dan produktivitas. Namun dalam pembangunan website diperlukan strategi yang tepat salah satunya dengan konsistensi dalam membangun konten traveling yang menarik dan kreatif.

Salah satu media pembangunan website yang bisa Anda gunakan adalah  WordPress Hosting dengan harga yang relatif terjangkau, berkapasitas tinggi, aman, dan praktis untuk digunakan. WordPress hosting juga akan memudahkan Anda membangun blog dengan cepat meskipun Anda tidak memiliki skill coding khusus. Dengan demikian, dapatkan website berkualitas dalam upaya memenuhi kebutuhan blog site Anda!

Related Post :

popup image