Aplikasi Baru Backup and Sync untuk Mac dan PC Akan Gantikan Google Drive

Aplikasi Baru Backup and Sync untuk Mac dan PC Akan Gantikan Google Drive

Google sedang menyiapkan model baru Google Drive sebagai aplikasi backup yang ditujukan untuk mem-backup file yang terdapat pada komputer user dimana saja. Sebelumnya Google memisahkan aplikasi desktop client untuk backup file dan gambar masing-masing ke Drive dan Photos. Hal ini membuat user kewalahan dengan memisahkan file & gambar dan menginstall 2 aplikasi backup yang fungsinya hampir sama. Aplikasi baru Backup and Sync akan menggantikan kedua aplikasi backup Google Drive dan Photos dengan menggabungkan fitur sinkronisasi kedua aplikasi tersebut dengan interface client yang lebih terintegrasi.

Aplikasi Backup and Sync dari Google ditujukan untuk membantu pengguna memantau file dan mem-backup file dan foto dari komputer mereka setiap harinya, jadi file dan foto tersebut aman dan mudah diakses dari mana saja. Sebelumnya user harus memindahkan sendiri file yang ingin dibackup. Dengan Backup and Sync struktur folder backup juga mengikuti struktur folder yang terdapat pada komputer user.

Aplikasi Backup and Sync ini akan menggantikan aplikasi desktop client untuk Mac dan PC. Pengaturan dari aplikasi Google Drive sebelumnya tidak akan berubah, yang berubah hanya angka dari versi sebelumnya. Namun, update terbaru ini juga akan dilengkapi dengan fitur terintegrasi untuk meng-upload foto ke Google Photos.

Ditujukan untuk konsumen reguler, aplikasi ini memiliki interface yang sederhana. Pengguna hanya cukup melakukan sign–in menggunakan akun Google mereka kemudian memilih folder yang ingin di backup ke Drive. Setiap folder akan menampilkan ukuran file yang akan di-upload.

Google mengatakan aplikasi Backup and Sync yang akan dirilis akhir bulan ini dan tidak akan bekerja jika menggunakan akun G Suite. Saat ini Google masih melakukan uji coba untuk pengguna G Suite dan baru akan tersedia akhir tahun ini untuk semua pelanggan G Suite Basic, Business, Enterprise, Education dan domain Nonprofits.

Aplikasi Backup and Sync akan rilis pada tanggal 28 Juni 2017.

sumber: https://chromplex.com/backup-sync-untuk-mac-dan-pc-bakal-gantikan-google-drive/

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update