Bing AI Chatbot: Manfaat dan Kekurangannya

Bing AI Chatbot: Manfaat dan Kekurangannya

Bing AI Chatbot dari Microsoft adalah fitur mesin pencari Bing yang memanfaatkan teknologi yang sama dengan ChatGPT untuk memberikan hasil pencarian yang lebih berguna dan melakukan tugas-tugas lainnya.

Chatbot yang didukung kecerdasan buatan (AI) ini dirancang untuk mensimulasikan percakapan manusia normal, dengan teknologi GPT yang memfasilitasi dan mendasarinya. Alih-alih hanya mengembalikan halaman berisi tautan sederhana dan deskripsi halaman yang diselingi oleh kotak pengetahuan seperti mesin pencari lainnya, AI yang satu ini dapat menjawab pertanyaan Anda dengan cara yang lebih alami dan tidak bertele-tele.

Apa Itu Bing AI Chatbot?

Bing AI dibangun di atas model pembelajaran mesin generatif GPT-4, yang berarti bahwa ia dilengkapi dengan kumpulan data besar yang mampu menyisir dan mensintesis data menjadi jawaban. AI ini juga terhubung dengan mesin pencari Bing, sehingga mampu mencari informasi tambahan di internet. Karena ini adalah AI dengan bahasa alami, Anda dapat berbicara dengannya dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan orang lain, dan ia akan menjawab dengan cara yang sama.

Sebagai contoh, jika Anda biasa mencari “perencanaan pesta makan malam”, maka di Chatbot yang satu ini, Anda dapat mengetikkan sesuatu seperti, “Buatlah hidangan tiga menu untuk pesta makan malam santai. Karena ada tamu yang alergi, maka hindari hidangan yang mengandung susu dan kacang-kacangan karena alergi tamu.”

Fitur ini terutama dirancang untuk menjawab pertanyaan dan membantu menyaring hasil pencarian, tetapi juga dapat melakukan berbagai tugas lainnya. Aplikasi ini dapat membantu Anda merencanakan rencana perjalanan, membantu meneliti pembelian tiket pesawat, membuat konsep email, dan bahkan membuat lelucon dan membuat kuis.

Jadi, meskipun disebut sebagai mesin pencari yang lebih baik, namun juga dapat melakukan banyak tugas lainnya. Mesin pencari ini berjalan di server Microsoft dan Anda bisa mengaksesnya melalui mesin pencari Bing serta peramban web Edge.

Baca Juga: Artificial Intelligence: Cara Kerja, Jenis, dan Contoh

Siapa yang Menciptakan Bing AI Chatbot?

Bing AI Chatbot

Bing AI Chatbot dibuat oleh Microsoft menggunakan teknologi GPT-4 yang dikembangkan oleh OpenAI. GPT-4 adalah model AI generatif, yang berarti dapat dilatih dengan memberikannya data, kemudian ia akan mensintesisnya menjadi jawaban menggunakan bahasa alami. OpenAI yang merupakan perusahaan riset yang didanai oleh Microsoft dan lainnya menciptakan model ini dan Microsoft melatih serta menyesuaikannya untuk digunakan sebagai bagian dari mesin pencari Bing.

Baca Juga: Mengenal ChatGPT: Cara Kerja, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Manfaat Bing AI Chatbot

Bing AI Chatbot

Jika Anda menggunakan mesin pencari Bing, maka hasil pencarian Anda secara langsung dipengaruhi oleh Bing AI Chatbot, karena Anda akan melihat hasil dari AI daripada hasil pencarian biasa.

Anda masih dapat menggunakan Bing seperti biasa dengan mengetikkan istilah atau frasa pencarian, tetapi Anda juga dapat memasukkan pertanyaan menggunakan bahasa alami untuk memanfaatkan chatbot. Misalnya, mencari “perencanaan pesta makan malam” di Bing akan menampilkan hasil tradisional. Anda akan melihat kata kunci terkait, pertanyaan yang sering diajukan, dan daftar panjang tautan ke situs web terkait.

Jika Anda mengubah kata kunci dan menggunakan bahasa yang lebih alami, Anda dapat mengetikkan sesuatu seperti, “Buatlah tiga hidangan untuk pesta makan malam santai. Hindari hidangan yang mengandung susu dan kacang-kacangan karena alergi tamu.”

Anda masih akan melihat hasil pencarian biasa, tetapi Anda juga akan melihat kolom masukan untuk mengirim pesan ke AI. Anda juga dapat menggeser ke atas pada halaman hasil pencarian, atau klik Chat, untuk mengakses chatbot itu sendiri untuk mendapatkan jawaban yang lebih mendalam.

Sebagai pengguna Bing, hal utama yang akan memengaruhi Anda adalah chatbot bisa menyenangkan untuk digunakan dan berinteraksi dengannya, tetapi Anda perlu memverifikasi informasi apa pun yang diberikan dengan memeriksa sumbernya. Jika menemukan informasi yang salah, chatbot mungkin akan mengulangi informasi tersebut kepada Anda meskipun informasi tersebut salah.

Namun, Bing menyediakan sumber untuk beberapa informasi yang disediakannya, yang membuatnya lebih mudah untuk memeriksa fakta. Jika Anda tidak menggunakan mesin pencari Bing, maka AI yang satu ini idak akan mempengaruhi Anda secara langsung.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Chatbot : Definisi, Cara kerja, Fungsinya

Bagaimana Kita Bisa Menggunakan Bing AI Chatbot?

Bing AI Chatbot

Anda dapat mencoba Bing AI Chatbot dengan menavigasi ke mesin pencari Bing, masuk ke akun Microsoft Anda dan ketiklah kata kunci Anda dengan bahasa yang natural, bukan hanya mengetik kata atau frasa.

Ketika menggunakan kata yang umum, mesin pencari masih akan memberi Anda hasil pencarian yang umum, tetapi ketika Anda mengetik keyword Anda dalam bentuk kalimat pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan kepada orang lain, biasanya akan menghasilkan kotak chatbot AI di bagian atas hasil atau di sebelah kanan hasil. Kotak ini akan menyertakan jawaban awal dan kolom tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan tambahan.

Jika Anda mengalami masalah dalam membuat Bing AI merespons Anda dan hanya memberikan hasil pencarian standar, Anda juga dapat mengakses chatbot dengan mengklik tautan obrolan di bagian atas halaman pencarian, atau dengan menggeser ke atas pada halaman hasil pencarian. Anda akan bertemu dengan Bing AI Chatbot dimana Anda dapat mengajukan pertanyaan tambahan, menyesuaikan cara chatbot merespons pertanyaan Anda, dan mengganti topik jika Anda ingin tahu mengenai hal lain.

Jika Anda menggunakan browser web Edge, Anda juga dapat mengakses chatbot Bing secara langsung melalui Edge. Untuk mengakses Bing AI menggunakan metode ini, Anda dapat membuka Edge, lalu klik logo Bing AI di sudut kanan atas browser. Mengklik logo ini, yang terlihat seperti huruf b berwarna biru dalam gelembung obrolan, akan membuka Bing AI secara langsung di browser Anda.

Bing AI Chatbot gratis untuk digunakan, tetapi hanya tersedia jika Anda masuk ke akun Microsoft Anda. Jika Anda mengunjungi mesin pencari Bing tanpa masuk ke akun Microsoft Anda, Anda tidak akan melihat opsi Obrolan, dan Anda tidak akan melihat hasil AI di samping hasil pencarian Anda.

Baca Juga: 8+ Rekomendasi AI Detector Terbaik dan Gratis!

Kekurangan dari Bing AI Chatbot

Microsoft telah menempatkan beberapa batasan pada Bing AI Chatbot, terutama terkait dengan cara orang yang bisa berinteraksi dengannya. AI yang satu ini akan menolak untuk melakukan beberapa tugas karena pembatasan yang dibuat oleh Microsoft.

Misalnya, jika Anda memintanya untuk menulis serangkaian tweet marah dengan gaya penulis tertentu, ia akan memberitahu Anda tentang gaya penulis tersebut tetapi menolak untuk menulis tweet karena berpotensi menyinggung atau menyakiti seseorang. Namun, jika Anda menghapus kata yang menunjukkan kemarahan, maka Bing AI Chatbot akan menghasilkan tweet meskipun subjek yang diminta adalah negatif.

Microsoft membatasi jumlah pertanyaan yang dapat Anda ajukan ke Bing AI Chatbot jika Anda memulai tanpa sesi baru, yang memberikan fakta bahwa chatbot ini dapat menjadi tidak benar jika tidak diatur ulang secara berkala. Jika Anda melihat bahwa chatbot memberikan hasil yang aneh atau menolak untuk menjawab pertanyaan, Anda selalu dapat mengklik ikon sapu untuk memulai kembali.

Bing AI Chatbot tidak selalu berperilaku seperti yang Anda harapkan. Ia dapat memberikan jawaban yang sangat berbeda untuk pertanyaan yang sama jika ditanyakan di beberapa sesi, ia dapat melakukan kesalahan dan bahkan dapat menolak untuk melakukan tugas yang Anda suruh lakukan.

Jika Anda menyuruh mereka untuk lebih kreatif, mereka mungkin akan menghasilkan jawaban yang aneh. Ketika itu terjadi, Anda biasanya dapat memulai sesi baru atau menyusun kalimat permintaan Anda secara berbeda.

Baca Juga: Apa Perbedaan GPT 4 Dengan Versi Sebelumnya?

Penutup

Itu tadilah penjelasan mengenai Bing AI Chatbot yang menunjukkan pembaharuan di dalam bidang teknologi. Bing AI Chatbot akan membantu Anda ketika Anda membutuhkan berbagai jawaban. Di artikel ini kami juga sudah menyajikan apa itu Bing AI Chatbot, siapa yang menciptakannya, manfaat dari Bing AI Chatbot, cara menggunakan dan juga kekurangan dari AI yang satu ini. Anda bisa langsung menggunakannya di komputer atau laptop Anda ya!

Kemudahan yang ditawarkan oleh Bing AI Chatbot tentu saja akan mempermudah Anda mengetahui sesuatu dan menambah ilmu Anda juga. Anda juga bisa mencari tentang penyedia layanan hosting terbaik, namun Anda tidak perlu mencari jawabannya di Bing AI Chatbot karena Cloud Hosting dari IDCloudHost sudah memberikan layanan hosting yang handal dan juga memiliki performa yang cepat. Yuk gunakan Cloud Hosting dari IDCloudHost!

CLOUD HOSTING

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update