4 Cara Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan 2023

4 Cara Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan 2023

Bulan puasa yang penuh berkah adalah gudang untuk mengumpulkan pahala yang berlipat ganda. Tetapi bukan hanya itu saja, bulan ramadhan juga bisa digunakan untuk menambah rezeki. Namun, bagi pemula terkadang kita bisa saja bingung bagaimana cara memulai bisnis di bulan Ramadhan. 

Ada banyak produk yang melakukan promo besar-besaran selama ramadhan untuk meningkatkan sales. Selama ramadhan, kebutuhan masyarakat untuk membeli meningkat menjadi semakin konsumtif Hal inilah yang memicu banyak produk untuk meningkatkan sales yang dikemas dengan baik ke dalam beragam bentuk seperti diskon ramadhan, bundle special ramadhan, dll. 

Pada kesempatan tersebut, sebaiknya kita memanfaatkannya dengan baik. Barangkali kesempatan tersebut bisa digunakan untuk menambah penghasilan tambahan untuk lebaran. Ada banyak sektor usaha yang bisa dilakukan pada masa ramadhan berlangsung, mulai dari sektor makanan, sektor fashion/pakaian, dan lainnya.

Cara Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan Bagi Pemula 

 Saat bulan ramadhan, biasanya konsumen akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk online dan belanja. Karena itu, bulan yang spesial bagi umat muslim ini cocok untuk Anda yang ingin mulai berbisnis. Jika anda ingin memulai bisnis selama ramadhan, perhatikan dulu cara memulai bisnis di bawah ini:

Melakukan riset perilaku konsumen saat bulan Ramadhan

Riset perlu dilakukan agar kita mengetahui kebiasaan dan minat konsumen selama Ramadhan. Dengan mengetahui kebiasaan, minat dan perilaku konsumen, kita bisa mengetahui produk-produk apa saja yang kira-kira laku di pasaran. Riset perilaku dan kebiasaan konsumen ini juga berguna untuk menentukan strategi promosi yang akan digunakan setelah usaha berjalan.

Secara umum dalam cara memulai bisnis, ada beberapa tipe konsumen selama bulan ramadhan yang harus diperhatikan:

  • Orang yang berpuasa tertarik membeli hal-hal yang religius seperti mukena, sajadah, sarung, peci dan alat ibadah lainnya.
  • Ibu rumah tangga biasanya tertarik membeli perkakas rumah dan alat memasak dan membuat kue lebaran.
  • Fashionista yang biasanya tertarik membeli kebutuhan fashion dan kecantikan bertema ramadhan dan mengejar promo atau sales diskon spesial lebaran.
  • Pemudik yang biasanya tertarik membeli barang yang dibutuhkan untuk dibawa pulang ke kampung halaman seperti tiket pesawat, tiket kereta, oleh-oleh.
  • Pecinta makan yang biasanya tertarik membeli macam-macam makanan untuk berbuka (takjil) dan sahur.
  • Bos atau individu berjabatan tinggi yang biasanya tertarik untuk membeli kartu ucapan, kado, hampers, dll yang digunakan untuk merayakan hari raya atau memberi bonus dan hadiah ke bawahan atau karyawan.

Menentukan produk yang akan dijual

Menentukan produk apa yang akan dijual merupakan salah satu hal krusial dalam cara memulai bisnis. Menentukan produk yang dijual harus dibarengi dengan hasil riset perilaku dan kebiasaan konsumen yang telah didapatkan. Misalnya setelah Anda memilih untuk mengerucutkan pasar target mu ke pecinta makanan, itu artinya penentuan produk juga harus sesuai dengan apa yang kira-kira disukai oleh pecinta makanan seperti menjual takjil, makanan sahur atau makanan berbuka.

Dalam menentukan produk yang akan dijual, Anda juga harus memperhatikan apa yang sedang trend di masyarakat. Dengan begitu, usaha yang dijalankan bisa lebih menarik perhatian konsumen dan tentunya dapat bersaing dengan lawan.

Menentukan Besar Modal Awal dan Mengatur Keuangan Usaha

Sebagai tahap awal cara memulai bisnis, modal adalah hal yang krusial. Ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha mulai dari dengan menabung lebih dulu, menjual aset, mencari investasi, pinjaman dan bantuan dari program pemerintah. Besar modal awal disesuaikan dengan besar rencana usaha yang akan dijalankan atau rencana produk yang akan dijual. 

Pastikan setiap jenis pendanaan dalam usaha mulai dari modal hingga laba tidak dicampurkan dengan dana pribadi supaya Anda bisa melihat perkembangan usaha dan memudahkan evaluasi keuangan.

Menentukan strategi marketing dan promosi

Usaha di bulan ramadhan juga bisa dikatakan usaha musiman, karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan strategi marketing dan promosi yang tepat. Untuk memasarkan produk usaha, Anda bisa mulai dengan mempromosikannya dengan cara yang paling mudah tetapi terbilang efektif, yaitu word of mouth. Selain itu Anda juga bisa mempromosikan usahamu dengan membagikannya di sosial media pribadimu dan disesuaikan dengan budget.

Cara memulai bisnis yang paling efektif tentunya adalah menjajakan produk kami di tempat-tempat strategis. Misalnya Anda memutuskan untuk menjual makanan buka puasa dan takjil, Anda bisa mulai dengan stand sederhana di tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat untuk ngabuburit.

Ide Bisnis yang Cocok untuk Bulan Ramadhan

ide bisnis bulan ramadhan

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara memulai bisnis. Selanjutnya adalah beberapa ide bisnis di bulan ramadhan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Makanan, takjil, kue lebaran dan katering

Ada banyak makanan unik yang kadang hanya bisa dijumpai saat bulan ramadhan seperti ketupat dan takjil. Anda bisa berjualan takjil seperti es campur, es cendol, es timun melon, sop buah, es kelapa, kurma, gorengan dan makanan basah, kolak, bubur sumsum, dan lainnya. Selain berjualan takjil, Anda juga bisa berjualan lauk pauk untuk sahur dan berbuka.

Anda juga bisa menjual kue lebaran yang menjadi salah satu makanan yang permintaannya naik tinggi di bulan ramadhan. Hal ini dikarenakan kue kering sering digunakan untuk menyambut tamu saat silaturahmi di hari raya. 

Anda bisa juga membuka usaha katering. Meskipun secara umum usaha katering bukan usaha musiman, tapi Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih di bulan ramadhan terlebih karena banyaknya acara-acara buka bersama atau donasi/santunan di masa ramadhan.

  • Fashion muslim atau jasa jahit

Pakaian muslim termasuk banyak dicari khususnya menjelang lebaran karena sering digunakan sebagai tanda perayaan hari raya. Anda bisa menjual banyak variasi pakaian muslim mulai dari untuk anak-anak sampai  perempuan atau laki-laki dewasa. Selain pakaian muslim, Anda juga bisa membuka usaha perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, sajadah, dll.

Terakhir, Anda juga bisa membuka jasa jahit baju lebaran. Umumnya masyarakat memilih jasa jahit lebaran untuk memesan pakaian satu set keluarga. Apabila Anda memilih untuk membuka jasa jahit, maka perhatikan berapa banyak order yang masuk-waktu orderan-selesai agar pakaian pesanan siap tepat waktu.

  • Hampers, parcel dan gift

Sama seperti catering, hampers dan parcel juga bukan termasuk usaha musiman. Tetapi, usaha ini berpotensi tinggi berkeuntungan besar karena meningkatnya pemberian hampers dan parcel di kalangan masyarakat baik itu untuk kerabat, atasan atau bawahan, dll.

Penutup

Itu tadi adalah beberapa ide usaha yang bisa Anda lakukan di bulan ramadhan. Dalam mendirikan usaha baru, perlu diingat bahwa usaha yang berkah adalah usaha yang dijalankan dengan jujur dan amanah. 

Sekarang ini, Anda bisa lebih mudah membangun usaha dengan menggunakan layanan Cloud VPS IDCloudHost yang memiliki banyak layanan seperti virtual server, storage vault, docker containers, dan tools application lain yang bisa Anda gunakan untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda. Jangan ragu untuk memilih Cloud VPS karena Anda bisa menggunakan berbagai layanan tadi mulai dari harga 50.000/bulan.

Ingat untuk tetap menjaga ibadah dan stamina Anda selama berjualan di bulan puasa ya! Semoga cara memulai bisnis ini dapat membantu!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update