Domain .ID : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaannya

Domain .ID : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaannya

Dunia teknologi memang banyak mendatangkan manfaat bagi kita. Ada banyak yang bisa dilakukan dengan teknologi bukan hanya seputar untuk memudahkan pekerjaan saja. Namun juga bisa digunakan untuk mencari uang. Ada banyak alternatif pilihan yang dimanfaatkan orang dengan teknologi khusus nya jejaring sosial. Salah satu yang paling banyak dimanfaatkan adalah situs-situs yang bisa menghasilkan uang atau sejenis web. Banyak orang yang meniti karir sebagai content writer di internet dan menjadikannya lahan lapangan kerja baru. Nah, ketika memulai bisnis Anda dinternet Anda membutuhkan situs yang dapat Anda buat sendiri dan Anda membutuhkan yang nama nya Domain.

Melalui domain Anda dapat memulai bisnis Anda baik yang berupa small bussines website, Online store builder, dan lain-lain. Dalam membuat domain perusahaan atau bisnis tertentu biasanya menggunakan nama yang unik atau sesuai dengan bisnis nya. Biasanya mereka melihat target seperti apa yang jadi sasaran atau sebagai pembaca. Domain yang kita kenal juga memilki beragam jenis salah satunya ID. Domain ini sangat umum ditemukan diindonesia. Biasanya situs-situs yang menggunakan domain ini bersifat resmi sebagai kode web yang tentunya berasal dari negara pembuatnya yakni indonesia.

Nama domain dikembangkan dan digunakan untuk mengidentifikasi entitas di internet daripada menggunakan alamat IP. Nama domain sendiri dapat berupa kombinasi huruf dan angka, dan dapat digunakan sebagai kombinasi dari berbagai ekstensi nama domain, seperti id, dan lainnya. Agar mendapatkan ekstensi ini, nama domain harus terdaftar sebelum Anda dapat menggunakannya. Atau biasanya orang juga akan mencari situs-situs penjual hosting. Bagi Anda yang masih bingung apa itu Domain artikel berikut akan membahas seputar Domain WEB.ID : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaannya.

Mengenal Apa itu Domain

 

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Secara sederhana, jika situs web Anda adalah sebuah rumah, maka nama domain Anda akan menjadi alamatnya. Internet sendiri adalah jaringan komputer raksasa yang terhubung satu sama lain melalui jaringan kabel global. Setiap komputer di jaringan ini dapat berkomunikasi dengan komputer lain. Untuk mengidentifikasinya, setiap komputer diberi alamat IP yang adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi komputer tertentu di internet.

Baca Juga : Aplikasi SISTER (Kemenristekdikti) : Fungsi, Fitur-fitur, Keunggulan, Manfaatnya untuk Kampus 

Mengenal Sejarah dan Pengertian Domain .ID

Domain.ID : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaannya
 

Didirikan pada tahun 2000, Domain(dot)com dianggap sebagai salah satu penyedia nama domain dan berbagai layanan hosting web terbesar di dunia. Domain(dot)com memiliki berbagai paket hosting, yang mencakup beberapa layanan khusus, tetapi fokus utamanya adalah hosting bersama yang terjangkau. Paket harga dibagi menjadi varian Windows dan Linux. Perusahaan juga memiliki beberapa paket hosting VPS. COM adalah Component Object Model yang merupakan salah satu teknologi pertama yang dirancang untuk memungkinkan komponen binary reuse. Awalnya, ini adalah penulisan ulang dari apa yang, di Microsoft Office sekitar rentang waktu 1988-1992, disebut sebagai Dynamic Data Exchange (DDE), sebuah teknologi yang dirancang untuk memungkinkan berbagai aplikasi Office saling berkomunikasi.

Upaya pertama untuk menulis ulang itu disebut OLE-Automation (Object Linking and Embedding) yang begitu selesai dinamakan menjadi COM. Di indonesia sendiri sebagai code website negaranya dimulai lah dengan membentuk Domain ID atau Domain yang merupakan nama jejaring yang berasal dari Indonesia. Domain .id merupakan domain yang paling populer di Indonesia. Domain ini dikelola oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Indonesia sejak 1 September 2005. Cara mendaftarkan domain .id adalah cukup melampirkan salinan KTP Indonesia untuk individu dan ditambah dengan dokumen legalitas untuk pengguna institusi.

Baca Juga : Apa Itu Testimonial : Fungsi, Manfaat / Kegunaannya untuk Bisnis 

Fungsi , Keunggulan dan Penggunaan Domain ID

Domain .ID adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain). Jenis domain satu ini dikhususkan untuk website yang berada di dalam Indonesia. Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya ditujukan untuk memudahkan pengguna mengenal asal negara website tersebut. Website dengan ekstensi domain ID nampak lebih terpercaya. Mengingat, proses pembuatannya yang membutuhkan identitas resmi seperti bukti KTP atau dokumen penting lainnya. Dengan begitu, pemilik website wajib untuk berhati-hati dalam menyajikan konten, alias tidak boleh sembarangan. Karena, jika konten tersebut menganut informasi negatif atau hoax, hal ini bisa ditindak tegas karena dianggap sebagai kasus penipuan. Dalam penggunaan nya Domain.ID dikhususkan untuk lembaga atau intusi tertentu selain itu juga banyak dipakai website-website resmi.

Penggunaan nya juga dapat dilihat sebagai berikut :

  • Domain .WEB.ID : Tidak jauh berbeda dengan .my.id, domain .web.id juga dapat digunakan untuk berbagai jenis website.
  • Domain .CO.ID :Termasuk sebagai salah satu ekstensi terpopuler
  • Domain .AC.ID :Ekstensi domain satu ini digunakan untuk perguruan tinggi.
  • Domain .DESA.ID :Sesuai namanya, ekstensi domain satu ini diperuntukkan untuk desa-desa yang ingin membangun website.
  • Domain .GO.ID :Ekstensi ini khusus digunakan oleh berbagai lembaga atau instansi pemerintah sipil
  • Domain .OR.ID :Domain .or.id merupakan ekstensi yang dikhususkan untuk organisasi, komunitas, maupun yayasan tertentu.

Itu adalah beberapa dari sekian banyak nya Domain.ID di indonesia. Anda dapat menyesuaikan penggunaan nya sesuai dengan kebutuhan Anda. Masing-masing dari domain biasanya juga memiliki keunggulan tersendiri yang pasti berkaitan denga fungsinya. Jadi ketika hendak membangun dan merintis situs Anda perhatikan segala aspek yang mungkin berkaitan dengan situs yang Anda buat.

Baca Juga : Tips dan Cara Meningkatkan Jumlah Follower Tiktok dengan Mudah dan Cepat 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah mengenal pengertian dari Domain,ID sekarang Anda sudah dapat memahami bahwa pengunaan domain yang satu ini. Memiliki kelebihan dengan kredebilitas tinggi dan mudah untuk diakses oleh orang. Bagi Anda yang akan menggunakan Domain ini pastikan untuk tetap menjadi keakuratan website Anda dengan informasi yang akurat. Domain ini seperti yang telah kita ketahui bahwa hanya digunakan oleh pemilik indonesia karena merupakan kode yang berasal dari indonesia. Instusi yang memakai domain ini pun biasanya lembaga-lembaga negara. Anda juga memerlukan konten dan layanan penginangan untuk menyimpan file Anda agar dapat diakses di internet.

Ingatlah bahwa memiliki domain tidak berarti hosting juga harus disertakan. Di Internet, domain adalah salah satu nama domain tingkat atas yang dapat digunakan saat memilih nama domain. Ini biasanya menggambarkan entitas yang memiliki nama domain sebagai organisasi komersial. Bersama dengan nama domain tingkat kedua, nama domain tingkat atas diperlukan di alamat Web dan email. Tetapi banyak pemula yang bingung antara nama domain dengan situs web atau layanan hosting situs web. Oleh sebab itu, silahkan lakukan konsultasi sebelum Anda memakai domain ini. Msing-masing situs dan penggunaan nama domain seperti yang telah dijabarkan diatas tadi juga berbeda fungsi jadi walupun menggunakan ID harap pastikan juga bentuk intusi Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update