Domain ORG : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaannya

Domain ORG : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaannya

Berorganisasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang dan banyak dilakukan pada masyarakat umumnya. Saat ini banyak organisasi yang berdiri dan anda dapat bergabung sesuai minat dan hobi. Berorganisasi sendiri dapat melatih anda untuk berkomunikasi dengan orang asing, membuat anda mempelajari hal baru, memperluas jaringan.
Sebelum mengikuti sebuah organisasi, anda dapat melakukan survei terlebih dahulu.

Pasalnya, dengan banyaknya organisasi yang berdiri, kadangkala ada beberapa oknum yang memanfaatkan situasi untuk menjebak para calon anggota organisasi tersebut. Alih-alih mendapat manfaat bergabung dalam sebuah organisasi, yang ada anda djiebak dan terjerumus dalam kegiatan yang negatif.

Untuk mengecek informasi sebuah organisasi, anda dapat mencari informasi mengenai organisasi tersebut melalui website pencarian. Organisasi yang aman dan terpercaya, biasanya memiliki informasi yang jelas bahkan menyediakan website khusus untuk pendaftaran anggota , aktif memberikan informasi seputar organisasi seperti berita dan newsletter. Bagi anda yang bertugas untuk memegang website sebuah organisasi, anda juga dapat memilih domain ORG, sebagai top level domain yang dapat mendampingi nama website dari organisasi tersebut. Bagi anda yang belum mengenal domain ORG, pada artikel ini akan mengulas seputar Domain ORG : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaannya

Pengertian Domain ORG

 

Domain “.org” adalah salah satu dari top level domain dan didirikan pada Januari 1985. Awalnya ditujukan untuk organisasi nonprofit atau organisasi non-komersial yang tidak memenuhi persyaratan untuk gTLD lainnya. Sebagaimana diketahui, MITRE Corporation adalah grup pertama yang mendaftarkan domain org dengan mitre.org pada Juli 1985. TLD telah dioperasikan sejak 1 Januari 2003 oleh Public Interest Registry, yang mengemban tugas dari VeriSign Global Registry Services, sebuah divisi dari Verisign

 

Baca Juga: Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Organisasi Sosial

 

Fungsi, Keunggulan, dan Penggunaan domain ORG

 

Domain org ditujukan kepada organisai nirlaba dan kemanusiaan. Organisasi nirlaba sendiri merupakan organisasi yang bertujuan untuk memecahkan sebuah masalah. Pergerakan dari organiasi nirlaba cenderung bergerak pada pelayanan, didukung oleh pihak-pihak professional serta Organiasi nirlaba biasanya tidak berfokus untuk mencari keuntungan. Sedangkan organisasi kemanusiaan merupakan organisasi yang mayoritas bersifat sukarela, untuk bidang yang ditangani berfokus pada kesehatan, psikologi dan sanitasi. Jika anda hendak menggunakan domain .org, Anda mungkin telah menentukan target untuk website nada. Berikut fungsi menggunakan Domain org sebagai domain pada website anda:

  1. Membangun kepercayaan

    Penggunaan org dapat memperkuat nilai kredibilitas. Orang-orang akan sering sering mengaitkan domain ini dengan badan amal dan lembaga nirlaba

  2. Membimbing masyarakat

    Sebelum bergabung atau memberikan donasi, biasanya masyarakat akan mencari informasi mengenai organisasi tersebut di internet. Dengan hadirnya website .org, masyarakat dapat memperolah sumber informasi yang objektif serta transparan.

  3. Meningkatkan jumlah donasi

    Untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi, tak jarang organisasi menggalang dana untuk membantu penyelesaian sebuah masalah. Seperti membayar kebutuhan kesehatan target komunitas, memperbaiki bangunan dan sanitasi bagi yang membuutuhkan. Organiasi tidak bisa menyelesaikan ini sendiri. Sehingga diperlukan kegiatan penggalangan dana. Dengan memiliki situs dengan eksistensi .org dapat mempermudah donasi secara online. Kegiatan dapat dipantau dengan mudah, donator juga dapat mengetahui perkembangan donasi yang mereka berikan.

 

Baca Juga:  Tips Memilih Nama Domain untuk Yayasan dan Organisasi yang Baik dan Benar

 

Syarat Mendaftar Domain .ORG

Sebelum mendirikan organisasi secara resmi, ada baiknya anda juga mulai memikirkan keberadaan sebuah website dengan domain .org. Dengan menghadirkan website berdomain org, diharapkan calon anggota organisasi yang anda dirikan dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang tertera pada website tersebut. Untuk mendaftar domain .org sendiri syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih penyedia layanan domain terpercaya
    Dengan menggunakan penyedia layanan yang terpercaya, anda akan merasa aman bertransaksi
  2. Tentukan nama domain .org sesuai nama organisasi yang anda miliki
    Dengan menentukan nama domain yang tepat, orang-orang akan mudah mengingat website organisasi anda
  3. Isi formulir pendaftaran dengan informasi jelas dan detail
    Hal ini penting dilakukan agar tidak ada kesulitan saat bertransaksi
  4. Bayar sesuai nominal yang ditagihkan kepada anda
    Cek kembali nominal pembayaran yang ditagihkan, biasanya penyedia membuat angka unik untuk setiap transaksi yang dilakukan
  5. Transaksi selesai
    Apabila anda sudah menyelesaikan transaksi, Domain sudah siap untuk digunakan dan dipasang pada website anda

 

Kesimpulan dan penutup

Berorganisasi sudah menjadi bagian dari interaksi masyarakat saat ini, pilihlah organisasi yang membuat anda merasa nyaman saat berkontribusi disana. Dengan adanya rasa nyaman, anda dapat berorganisasi secara maksimal dan memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam menjalankan setiap program kerja yang terdapat pada organisasi tersebut. Registrasi domain .org pada website organisasi anda juga dapat mempermudah organisasi untuk menjaring anggota baru, mempromosikan program organisasi dan menimbulkan rasa kepercayaan yang tinggi kepada orang-orang diluar organisasi.

Dengan syarat yang begitu mudah, anda dapat mulai merencakan pembuatan website organisasi anda mulai dari sekarang. Sehingga, ketika websitenya sudah terisi dengan informasi seputar organisasi, anda tinggal mendaftarkan domain .org kepada penyedia layanan yang terpercaya.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update