Entity Relationship Diagram (ERD) : Jenis Aplikasi/Tool dan Simbol yang Digunakan

Entity Relationship Diagram (ERD) : Jenis Aplikasi/Tool dan Simbol yang Digunakan

Saat ini database menjadi hal yang sangat penting yang bahkan merupakan bagian integral dari sistem perangkat lunak. Mengingat aliran data dan informasi yang mengalir terus menerus, tentu diperlukan cara untuk mengakomodasinya. Maka umumnya database biasanya memanfaatkan ER Diagram dalam rekayasa basis data menjamin Anda untuk menghasilkan desain basis data berkualitas tinggi untuk digunakan dalam pembuatan, manajemen, dan pemeliharaan basis data.

Model ER atau Entity Relationship Diagram (ERD) juga menyediakan sarana komunikasi. Adapun ERD juga mampu menunjukkan hubungan kumpulan entitas yang disimpan dalam database. Entitas dalam konteks ini adalah objek, komponen data, sedangkan himpunan entitas adalah kumpulan entitas serupa yang mana entitas ini dapat memiliki atribut yang menentukan propertinya.

Dengan mendefinisikan entitas, atributnya, dan menunjukkan hubungan di antara mereka, diagram ER menggambarkan struktur logis dari database. Adapun Diagram juga ER digunakan untuk membuat sketsa desain database. Mari ketahui mengenai Entity Relationship Diagram (ERD) serta aplikasi dan simbol yang biasa digunakan dalam diagram ini.

 

Memahami Apa Itu Entity Relationship Diagram (ERD)

Diagram dari hubungan entitas (ERD) digunakan untuk menjelaskan bagaimana entitas berhubungan satu sama lain. Sederhananya, ini adalah gambar atau kerangka bisnis Anda atau proses bisnis tertentu berjalan. Entitas sendiri adalah hal-hal yang perlu Anda simpan datanya karena ini adalah aspek bisnis Anda yang perlu menyimpan data, seperti departemen perusahaan atau penjualan, pendapatan, mungkin klien, misalnya.

Cara kerja ERD adalah dengan memberikan gambaran tentang bagaimana entitas ini berhubungan satu sama lain. Anda bisa menyebutnya panduan atau blue print yang menopang arsitektur bisnis Anda, menawarkan representasi visual dari hubungan antara kumpulan data atau entitas yang berbeda.Dalam diagram, entitas diwakili oleh kotak dengan garis yang menghubungkannya ke berbagai atribut, yang menggambarkan kualitas atau karakteristik entitas. Semuanya terhubung sesuai dengan hubungan antara entitas atau bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Hubungan terkadang disebut sebagai kardinalitas, yang mendeskripsikan interaksi secara numerik yang sering disebut sebagai hubungan.

 

Baca Juga  :     Strategi Pengembangan Produk dan Aplikasi dengan Metode Scrum untuk Pemula

 

Simbol Umum Entity Relationship Diagram (ERD)

 

Peter Chen mengembangkan ERD pada tahun 1976 yang mana sejak itu Charles Bachman dan James Martin telah menambahkan sedikit perbaikan pada prinsip-prinsip ERD dasar. Diagram ER adalah sarana untuk memvisualisasikan bagaimana informasi yang dihasilkan suatu sistem terkait. Ada lima komponen utama ERD yakni :

  • Entitas

    Simbol ini diwakili oleh persegi panjang dan entitas disini adalah objek atau konsep yang ingin Anda simpan informasinya. Entitas lemah adalah entitas yang harus ditentukan oleh hubungan kunci asing dengan entitas lain karena tidak dapat diidentifikasi secara unik dengan atributnya sendiri.

  • Action

    Simbol kedua ini diwakili oleh bentuk berlian yang memperlihatkan bagaimana dua entitas berbagi informasi dalam database. Dalam beberapa kasus, entitas dapat ditautkan sendiri. Misalnya, karyawan bisa mengawasi karyawan lain.

  • Atribut

    Simbol ketiga ini diwakili oleh bentuk oval. Atribut kunci adalah keunikan, karakteristik pembeda dari entitas. Misalnya, nomor jaminan sosial karyawan mungkin merupakan atribut kunci karyawan tersebut. Atribut multinilai dapat memiliki lebih dari satu nilai, misalnya, entitas karyawan dapat memiliki beberapa nilai keterampilan. Atribut turunan didasarkan pada atribut lain, misalnya, gaji bulanan karyawan didasarkan pada gaji tahunan karyawan.

  • Kardinalitas

    Selanjutnya adalah kardinalitas untuk menentukan berapa banyak contoh dari suatu entitas yang berhubungan dengan satu contoh dari entitas lain. Ordinalitas juga terkait erat dengan kardinalitas. Sementara kardinalitas menentukan kemunculan suatu hubungan, ordinalitas mendeskripsikan hubungan sebagai wajib atau opsional. Dengan kata lain, kardinalitas menentukan jumlah maksimum hubungan dan ordinalitas menentukan jumlah minimum mutlak hubungan.

 

Baca Juga  :     Cara Melakukan Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Teknik dan Metode, dan Contoh Tool yang Digunakan

 

Jenis Aplikasi/Tool Entity Relationship Diagram (ERD)

Entity Relationship Diagram (ERD) : Jenis Aplikasi/Tool dan Simbol yang Digunakan
 

Diagram hubungan entitas , atau ERD, adalah model visual skema database dalam sebuah bisnis. Cara ini akan memperlihatkan tabel sebagai kotak, dengan garis penghubung yang mewakili hubungan di antara mereka yang merupakan cara yang bagus untuk merancang database relasional baru atau memahami dan, atau memodifikasi yang sudah ada. Berikut beberapa aplikasi atau tool yang bisa Anda gunakan untuk merancang diagram ER Anda sendiri.

  • Creately

    Creately adalah alat untuk menggambar diagram, diagram alur, dan peta ide. Aplikasi ini memiliki perpustakaan bentuk yang mengesankan, lengkap dengan konektor pintar dan palet warna dan gaya preset yang memungkinkan Anda untuk membuat diagram yang bahkan rumit, selain juga dapat memanfaatkan template yang ada. Berkolaborasi pada dokumen yang sama dengan rekan satu tim dimungkinkan dan Anda juga dapat berbagi versi hanya-baca untuk ditinjau. Saat rekan tim membuat pembaruan, Anda akan menerima pembaruan waktu nyata.

  • DrawSQL

    Sebagai tool sederhana yang dirancang dengan baik untuk membuat diagram Anda secara manual atau mengimpor dari database yang ada, DrawSQL memiliki galeri template dengan lebih dari 200 diagram untuk dipilih. Anda dapat membuat anotasi tabel dan kolom dan juga berbagi versi hanya-baca dalam mode presentasi yang sangat berguna untuk menjelaskan berbagai hal kepada rekan tim dan pemangku kepentingan lainnya.

  • DBDiagram

    DBDiagram memungkinkan Anda membuat diagram hanya dengan menulis kode, menggunakan bahasa markup database tool ini sendiri. Pernyataan SQL dibuat untuk membuat tabel database Anda, yang mempercepat pembuatan database yang Anda rancang. Anda juga dapat mengekspor ke gambar dan juga PDF serta membagikan diagram Anda secara online dengan kolega dan pelanggan Anda hanya dengan satu klik.

  • LucidChart

    LucidChart adalah ruang kerja visual untuk tim yang berkerja dari jarak jauh. Ini adalah alat yang sangat fleksibel, memungkinkan Anda untuk membuat model diagram dari awal menggunakan template, simbol, dan notasi. Anda juga dapat mengimpor database Anda sendiri untuk merampingkan pembuatan ERD. LucidChart memiliki banyak opsi kolaborasi sehingga Anda dapat mengerjakan diagram dengan rekan tim Anda secara kolektif dengan fitur seperti catatan tempel, komentar, dan sebutan.

  • Trevor. io

    Trevor. io adalah alat perancang diagrama yang digunakan oleh perusahaan rintisan dan perusahaan di seluruh dunia. Sangat bagus untuk menjelajahi dan memvisualisasikan data, dan menjawab pertanyaan ad hoc dalam penggunaan harian yang padat. Aplikasi Trevor.io juga memiliki alat diagram ER yang mengesankan yang memungkinkan Anda menambahkan tabel database yang ada dengan mengklik tombol. Sedikit berbeda dengan aplikasi lain, Trevor mendeteksi tabel, kolom, dan gabungan Anda dengan menggunakan kunci asing dan juga konvensi penamaan sehingga diagram Anda tetap diperbarui secara otomatis. Dengan fitur seperti zoom, dan penyorotan otomatis dari tabel dan hubungan terkait, sangat mudah untuk memetakan bahkan diagram besar dengan sangat cepat dan tanpa harus menggambar sendiri apa pun.

 

Baca Juga  :    Perbedaan Laravel Framework dan Django Framework

 

Kesimpulan dan Penutup

Adanya Diagram ER berperan penting dalam pembuatan dan perancangan database. Ini adalah semacam diagram alur yang menggambarkan bagaimana semua entitas dalam suatu sistem terkait satu sama lain tapi dengan bantuan representasi visual. ERD misalnya juga membantu menceritakan hubungan dan keterkaitan antara orang, konsep, dan benda.

Semua Diagram ER dibuat dengan bantuan simbol yang berbeda untuk menggambarkan entitas dengan lebih mudah lagi cepat. Anda akan menemukan simbol seperti persegi panjang, kotak, oval, berlian, dan panah. Juga, diagram ER memiliki struktur tata bahasanya sendiri yag membuat diagram ini menganggap entitas sebagai kata benda dan hubungannya sebagai kata kerja.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update