Google Public DNS: Manfaat dan Penggunaannya

Google Public DNS: Manfaat dan Penggunaannya

Banyak pengguna internet memiliki keluhan saat mereka mengakses website dan beberapa diantaranya dapat diselesaikan ketika mengalihkan local DNS menjadi Google Public DNS. Namun pada faktanya, sebagian orang masih asing dengan istilah Google DNS, padahal dengan menggunakan public DNS dapat memberikan banyak manfaat dalam performa internet Anda. Dengan demikian, pada artikel ini Anda akan mengetahui segala hal tentang publik DNS serta bagaimana memaksimalkan penggunaannya. 

Apa itu Google Public DNS?

Google DNS (domain name system) diluncurkan pada 3 Desember 2009 yang merupakan layanan gratis dari google yang bisa digunakan untuk mengganti DNS bawaan dari Internet Service Protocol (ISP). 

Seringkali ketika ketika Anda mengunjungi halaman yang rumit dengan server nama yang bervolume tinggi maka Anda akan mengalami permasalahan seperti loading yang lama pada website tersebut, Adanya google public DNS akan memungkinkan Anda mempercepat penjelajahan pencarian Anda, meningkatkan keamanan, dan mendapatkan hasil pencarian yang lebih maksimal. 

Kenapa Harus Menggunakan Google Public DNS?

Cara Menggunakan Google Public DNS?

Google DNS dapat memberikan kemudahan terhadap aktivitas internet Anda, berikut adalah manfaat yang akan Anda terima dengan menggunakan google DNS, yakni sebagai berikut:

  • Kecepatan performa

Google DNS memiliki kelebihan dengan menggunakan cache dan lalu lintas berskala besar sehingga bisa meningkatkan performa sehingga seakan mengalami peningkatan koneksi. 

Google juga memiliki jaringan anycast yang sama dengan public server DNS sehingga menjadikan Server DNS tercepat dari yang lainnya. Lebih lanjut, server DNS juga diketahui memiliki latensi yang sangat rendah dibandingkan dengan segala jenis query DNS lainnya sehingga dapat mempercepat penyelesaian browsing Anda. 

  • Tingkat keamanan

Adapun kemungkinan resiko yang dihadapi oleh Google Public DNS adalah mengalami spoofing. Lebih lanjut, resiko lainnya adalah ketika Google DNS menjadi target DoS dan DDoS (Distributed Denial of Service) yang menjadi salah satu isu dalam jaringan komputer. 

Dalam menghadapi isu tersebut, Google DNS menjadi lebih aman dibandingkan dengan local DNS server lainnya. Hal tersebut dikarenakan adanya server proteksi dan teknologi yaitu DNSSec yang memonitori dan melindungi segala kemungkinan penyerangan yang mungkin terjadi. Lebih lanjut, DNSSec juga memastikan DNS Queries akan dijawab oleh DNS server yang valid dan legal. 

  • Tidak melakukan redirection 

Google public DNS tidak melakukan redirection ketika misalnya Anda melakukan salah ketik domain. Terkadang, DNS bawaan dari ISP melakukan redirect ketika domain yang sebenarnya tidak ada. Dengan demikian, DNS Google akan menampilkan sesuai dengan aslinya dan akan menampilkan NXDOMAIN yang menandakan domain tidak dikenal. 

Cara Menggunakan Google DNS

Jika Anda belum menggunakan Google DNS dan Anda masih ragu, maka Anda dapat mencobanya untuk merasakan kebermanfaatan yang akan Anda dapatkan. Adapun langkah yang harus lakukan dengan mendapatkan akses administratif, pada sistem operasi windows dinyatakan “administrator” dan “root” pada Unix dan Linux. 

Setelah masuk ke menu pengaturan jaringan, maka hapus DNS lama dan ganti dengan DNS Google yang ada di alamat:

Google Public DNS IPv4

  • 8.8.8.8
  • 8.8.4.4

Google Public DNS IPv6

  • 2001:4860:4860::8888
  • 2001:4860:4860::8844

Kemudian klik save/OK! 

Meskipun demikian, masing-masing sistem operasi memiliki cara mengaktif Google DNS tersendiri. 

Pengaturan Public DNS pada Windows

  1. Klik Start Button
  2. Klik Control Panel
  3. Klik Network and Sharing Centre
  4. Klik Change Adapter Setting
  5. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan dengan koneksi internet yang tersedia. Namun, biasanya Ethernet merupakan salah satu opsi yang dipilih dan jika Anda menggunakan Wifi, maka bisa menyesuaikan dengan pilihan yang tersedia. 
  6. Misal pada Ethernet, maka klik Ethernet Connection
  7. Klik Local Area Connection
  8. Klik Properties 
  9. Klik DNS dan Anda akan melihat beberapa DNS server IP 
  10. Ganti DNS tersebut dengan Google DNS server, yakni:

Google Public DNS IPv4 = 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

Google Public DNS IPv6 = 2001:4860:4860::8888 dan 2001:4860:4860::8844

Pengaturan Public DNS pada Unix dan Linux 

Adapun pada Unix dan Linux, Anda dapat menggunakan langkah dengan satu file tungga sehingga lebih cepat dalam pengaturan google DNS. Untuk melakukan Resolver Google DNS dapat diakses melalui /etc/resolv.conf

Lakukan edit file dengan mengetikkan

nano -w /etc/resolv.conf

Hapus baris dan ganti dengan

nameserver 8.8.8.8

nameserver 8.8.4.4

Alternatif Google Public DNS Lainnya

alternatif google public dns

Ada banyak layanan alternatif yang dapat menjadi pilihan Anda saat ini. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memilih server DNS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah Alternatif DNS yang bisa Anda gunakan selain google DNS yakni sebagai berikut:

OpenDNS

OpenDNS adalah layanan DNS publik yang terkenal dengan fitur keamanan tambahan, seperti perlindungan terhadap situs phishing dan konten berbahaya. OpenDNS juga menawarkan filter konten yang dapat membantu memblokir akses ke situs-situs yang tidak diinginkan.

DNS Watch

DNS Watch adalah layanan DNS publik yang fokus pada keamanan dan privasi pengguna. Mereka menggunakan teknologi pengamanan tambahan untuk melindungi pengguna dari ancaman malware, phishing, dan serangan DDoS. DNS Watch juga mengklaim bahwa mereka tidak menyimpan data penggunaan DNS.

Cloudflare

Cloudflare adalah perusahaan keamanan dan CDN (Content Delivery Network) yang menawarkan layanan DNS publik. Layanan DNS mereka, yang dikenal sebagai 1.1.1.1, menjanjikan kecepatan dan privasi tinggi. Cloudflare juga menawarkan fitur keamanan tambahan, seperti perlindungan terhadap serangan DDoS.

CloudDNS

CloudDNS adalah layanan DNS yang disediakan oleh Google Cloud Platform. Ini adalah alternatif lain dari Google DNS. Layanan ini menawarkan kehandalan dan kinerja tinggi serta dilengkapi dengan fitur manajemen DNS yang lengkap untuk pengguna yang membutuhkan kontrol lebih pada konfigurasi DNS mereka.

Quad9 DNS

Quad9 DNS adalah layanan DNS publik yang menempatkan fokus pada keamanan. Mereka menyaring dan memblokir akses ke situs-situs yang diketahui sebagai sumber ancaman keamanan. Quad9 DNS juga menawarkan perlindungan terhadap domain yang terinfeksi malware dan phishing.

Comodo Secure DNS

Comodo Secure DNS adalah layanan DNS publik yang menawarkan perlindungan tingkat lanjut terhadap ancaman keamanan dan privasi. Mereka menggunakan teknologi pengenalan ancaman untuk memblokir akses ke situs-situs berbahaya dan menyaring konten yang tidak diinginkan.

Verisign

Verisign adalah perusahaan keamanan yang terkenal karena mengelola infrastruktur dasar dari Domain Name System (DNS). Layanan DNS mereka menawarkan keandalan tinggi dan kinerja yang baik. Verisign juga memiliki perlindungan terhadap serangan DDoS dan fitur keamanan tambahan untuk mengamankan pengalaman penjelajahan pengguna.

Penutup

Melalui penggunaan server DNS Publik, Anda dimungkinkan untuk memiliki kecepatan browsing yang cepat namun dengan pengamanan yang ketat. Google DNS dapat menjadi salah satu alternatif Anda untuk meningkmati kelebihan yang ditawarkan oleh server DNS Publik. Dengan demikian, diharapkan dengan adanya artikel dapat membantu menambah pengetahuan Anda mengenai Google Public DNS

Salah satu kebutuhan website yang perlu diperhatikan adalah memiliki cloud server yang mumpuni. IDCloudHost merupakan penyedia layanan cloud server yang berkomitmen dalam mendigitalisasikan Indonesia. 

Bare Metal merupakan salah satu produk IDCloudHost yang akan memberikan Anda server dengan performa yang terbaik. Lebih lanjut, Anda akan merasakan server dengan full control, keamanan yang terjamin, dan performa yang maksimal. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update