Tips Memilih Partner Endorsement yang Tepat 2023

Tips Memilih Partner Endorsement yang Tepat 2023

Promosi bisnis di era digital saat ini terasa lebih mudah. Perusahaan dapat melakukan promosi bisnisnya melalui berbagai media seperti penggunaan website untuk memuat konten berisi iklan, atau menggunakan media sosial. Dalam praktiknya, promosi melalui media sosial ternyata bisa saja menimbulkan kendala. Kendala ini bisa berasal bukan hanya dari pemilihan jenis kontennya saja, akan tetapi juga kerjasama yang dilakukan kepada para influencer. Maka harus memilih partner endorsement yang tepat. 

Memilih partner ini bisa dilakukan bagi Anda yang baru memiliki bisnis skala kecil maupun bisnis skala besar. Untuk itu pelajari beberapa tips dibawah ini agar Anda dapat menentukan partner endorsement yang tepat!

Apa Itu Endorsement?

Endorsement adalah kegiatan promosi produk melibatkan tokoh terkenal dengan banyak pengikut. Seperti selebriti ,selebgram maupun influencer. Biasanya kegiatan endorse ini dilakukan dengan membuat sebuah review dari produk Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis produk kecantikan untuk mempromosikan produk tersebut, Anda bisa melakukan kerjasama dengan influencer atau selebgram. Nantinya mereka akan memberikan ulasan menggunakan foto bahkan video sesuai request Anda.

Selanjutnya, tayangan mengenai ulasan produk tersebut akan di posting melalui akun pribadi milik influencer atau selebgram tersebut. Inilah yang nantinya akan mengundang followers untuk mengetahui produk Anda dan tertarik untuk membelinya.

Apa Tujuan Endorsement?

Endorsement menjadi strategi marketing yang masih populer digunakan oleh para pelaku usaha. Lalu, sebenarnya apa tujuan dari endorsement tersebut?

  • Melakukan Iklan Produk, tujuan pertama dari endorsement adalah tentu saja ingin mempromosikan iklan produk dengan berbagai media. Jika Anda menggunakan jasa endorse dengan influencer maupun selebgram, Anda hanya perlu membayar sejumlah biaya mereka, kemudian mengirimkan produk Anda tanpa harus memikirkan tema iklan yang cocok.
  • Meningkatkan Kepercayaan, kedua adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan. Biasanya endorse akan melihatkan tokoh terkenal dari kalangan selebriti,selebgram atau influencer. Tentunya mereka ini memiliki pengikut dalam jumlah yang besar. Sehingga produk Anda akan lebih mudah dipercaya oleh pelanggan karena digunakan atau dipromosikan oleh idola mereka.
  • Mengenalkan Keunggulan Produk, terakhir adalah tujuan dari endorsement untuk memperkenalkan keunggulan produk. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil review dari influencer atau selebgram yang memberikan ulasan tentang keunggulan produk milik Anda. 

5+ Tips Memilih Partner Endorsement yang Tepat

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih partner endorsement Anda, agar dapat meningkatkan penjualan produk bisnis kamu :

1. Jumlah Pengikut Aktif Akun Media Sosial

Tips pertama adalah pastikan jumlah pengikut aktif di media sosial calon influencer atau selebgram yang ingin Anda ajukan kerja sama itu banyak. Hal ini menjadi hal crucial dikarenakan oleh semakin banyak pengikut medsos seorang selebgram maka semakin banyak pula konsumen yang akan melihat produkmu. 

Kunci utama nya adalah : memperhatikan banyaknya pengikut aktif pada akun mereka. Hal ini dapat kamu perhatikan dari : 

  • Banyaknya yang menyukai pada setiap konten mereka
  • Banyaknya yang memberikan komentar positif pada konten-konten tersebut. Hal ini karena terkadang pengikut aktif lah yang tentunya akan melihat produk yang partner Anda promosikan.

2. Engagement Rate

Kedua, tips untuk memilih partner endorse yang tepat adalah dengan memastikan engagement rate. Karena dengan engagement rate dapat menunjukkan interaksi yang terjadi dengan followers terhadap akun media sosial influencer atau selebgram yang telah mengulas produk Anda tersebut.

3. Keaktifan Pada Akun Medsos 

Tidak kalah pentingnya, keaktifan pada akun media sosial juga perlu Anda perhatikan. Karena ketika partner Anda jarang memposting konten pada akun media sosialnya, maka kesempatan barang untuk dipromosikan juga akan semakin sedikit. Serta apabila seorang selebgram sudah jarang aktif pada media sosialnya, para pengikut mereka akan memiliki kecenderungan untuk meng-unfollow atau membatalkan status mereka mengikuti akun selebgram tersebut. Hal ini tentu akan berpengaruh pada keefektifan promosi produk oleh mereka.

4. Tentukan Karakter Partner

Hal yang paling mendasar sebelum Anda memilih partner endorsement adalah menentukan karakter selebgram atau influencer. Faktor ini sangat penting, karena Anda harus menyesuaikan antara produk milik Anda dengan karakter atau gaya pembawaan dari influencer atau selebgram.

Sebagai contoh jika Anda memiliki produk makanan, berarti Anda harus memilih partner endorse selebgram atau influencer yang pada akun media sosialnya seringkali membuat konten mengenai makanan. Sehingga target market Anda juga akan lebih cepat mengetahui produk yang Anda tawarkan.

5. Hubungkan Konten Media Sosial dengan Link Produk

Selanjutnya adalah hubungkan konten media sosial dengan link produk. Saling berhubungannya konten yang telah dibuat oleh partner Anda menjadi hal yang penting. Karena saat mereka mempromosikan produk Anda di akun media sosial milik mereka, itu tandanya mereka harus memberikan informasi lengkap termasuk link deskripsi kemana kira-kira pengikutnya yang tertarik dengan produk Anda akan membeli.

Anda bisa menautkannya ke halaman toko online Anda secara langsung, atau menuju akun media sosial bisnis Anda. Nantinya, ketika influencer tersebut mengupload konten dan ditonton oleh banyak orang, semakin banyak pula yang mengenal bisnis Anda.

6. Rentang Profesi Pengikut Akun Medsos

Hal yang tak kalah penting harus Anda perhatikan adalah perkiraan status maupun profesi para pengikut partner Anda. Status dan profesi mereka haruslah yang sesuai dengan target pasar yang telah tetapkan. Meskipun pastinya beragam, namun Anda harus memastikan >50% sesuai dengan target pasar perusahaan Anda. Jangan sampai Anda memilih influencer hanya karena memiliki followers yang banyak, walaupun niche dari influencer tersebut tidak sesuai dengan brand Anda. 

Misalnya, Anda memiliki produk pakaian wanita. Maka, influencer atau selebgram yang cocok untuk memasarkan produk Anda adalah mereka yang rutin membuat konten tentang fashion atau kecantikan. Karena, para influencer yang bergerak di niche ini biasanya memiliki banyak followers dari kalangan perempuan baik remaja maupun dewasa. Hal ini tentunya sejalan dengan produk dan target market Anda, sehingga tujuan marketing bisa tercapai.

7. Pertimbangkan Harga

Terakhir adalah Anda juga harus mempertimbangkan berapa budget untuk kesepakatan Anda menjalin kerjasama endorse dengan selebgram atau influencer. Tentu saja rate card dari tiap influencer beragam. Mulai dari yang paling mahal hingga yang standar sesuai dengan banyaknya pengikut dan impact yang mereka hasilkan. Anda yang ingin menjalin kerjasama dengan partner endorse pilihlah dengan cermat harga rate card sesuai dengan produk. 

Penutup

Nah, itu dia beberapa tips untuk memilih partner endorsement yang baik untuk bisnis Anda. Endorse bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki produk untuk dipromosikan. Akan tetapi,sebaiknya perhatikan detail-detail penting sebelum melakukan endorse. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu kira-kira selebgram atau influencer manakah yang cocok untuk mempromosikan produk Anda ya.

Untuk menunjang influencer marketing ini, Anda tentunya juga butuh channel pemasaran lain seperti website bisnis maupun toko online. Gunakan Cloud VPS IDCloudHost yang fleksibel, cepat, dan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengembangkan website dan aplikasi dengan mudah. Coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update