Apa Itu Endorse, Kenali Pengertian, Fungsi Serta Tips Menjalankannya

Business, Social Media Marketing / 0 | | 1

Rasanya istilah endorse atau endorsement sudah tidak asing di tengah maraknya media sosial yang melahirkan banyak influencer atau selebriti online. Munculnya orang dan tokoh yang mendapat pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran yang tinggi di antara orang-orang, membuat peluang bisnis terbuka.

Kalau dulu brand hanya menggunakan selebritis terkenal saja untuk mempromosikan produk mereka, tapi saat ini influencer yang muncul dari adanya perkembangan media sosial juga menjadi bagian digital marketing yang sangat terkenal dan mumpuni.

Brand dan bisnis dapat menggunakan nama dan wajah influencer yang terkenal untuk mengiklankan dan mempromosikan produk atau layanan dari brand tersebut. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan endorse? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

 

Pengertian Apa Itu Endorse

Pemasaran iklan adalah tonggak penting bagi brand dan bisnis untuk mengenalkan produk atau layanan mereka. Dari beriklan secara cetak dan di televisi, iklan juga semakin berkembang dengan berbagai format dan caranya. Tapi yang masih umum digunakan adalah iklan dengan menggunakan wajah tokoh dan panutan terkenal.

Jenis iklan yang menggunakan tokoh terkenal terbukti lebih efektif daripada iklan biasa karena audiens akan melihat selebritas, tokoh terkenal, dan panutan mereka mempromosikan produk/layanan. Karena itu, iklan semacam ini bekerja dengan baik untuk produk aspirasi atau gaya hidup.

Dari menggunakan selebritas yang terkenal, brand dan bisnis juga melihat bahwa selebritas online seperti selebgram yang menggunakan platform Instagram dan YouTuber, contohnya, akan lebih mampu menjangkau audiens lebih baik lagi karena rasa relevan secara langsung.

Tidak mengherankan kalau ada istilah influencer, yakni mereka yang mempunyai pengikut yang mampu membuat opini lebih cepat diterima oleh audiens dan juga istilah endorse, dimana influencer ini dibayar untuk membantu periklanan dari brand. Semakin terkenal atau selebrasi seorang endorser, semakin mahal pula biaya mempromosikan produk.

 

Baca Juga  :     Tips Menjalankan B2B Marketing yang Sukses Tahun 2022

 

Fungsi dan Manfaat Menggunakan Endorse

Apa Itu Endorse, Kenali Pengertian, Fungsi Serta Tips Menjalankannya
 

 

Ada banyak metode potensial yang dapat digunakan oleh brand dan bisnis untuk mengembangkan strategi branding yang sukses. Salah satu strategi pemasaran dan branding yang baik adalah dengan menggunakan jasa influencer yang diajak bekerja sama atau di endorse untuk membantu pemasaran.

Karenanya fungsi dan manfaat menggunakan endorsement dalam pemasaran modern harus dilakukan dengan beberapa manfaat :

  • Endorsement dapat membantu brand menonjol di antara pesaing

    Endorsement dapat membantu brand dan produk Anda untuk menonjol dari brand yang mempunyai produk serupa. Dengan bantuan seseorang yang terkenal dalam sebuah iklan juga dapat meningkatkan ingatan iklan konsumen, yang memungkinkan Anda untuk lebih cepat dikenali. Sifat tersebut berarti produk Anda menjadi pilihan utama jika konsumen merasa membutuhkannya.

  • Endorsement yang solid dapat membangun kredibilitas brand

    Audiens merasakan keterikatan dengan selebriti favorit mereka. Ketika mereka melihat orang-orang yang dapat mereka hubungkan, akan membuat audiens merasa seperti pesan bisnis atau brand memang memahami kebutuhan mereka. Meskipun produk tersebut tidak digunakan, ada kepercayaan yang dibangun dengan dukungan yang berarti konsumen akan membelinya jika mereka membutuhkannya. Pengesahan juga meyakinkan pelanggan bahwa kualitas suatu produk akan memenuhi harapan mereka.

  • Membuat brand lebih cepat dikenali di pasar yang ramai

    Ketika ada selebriti yang dikenali menggunakan produk/layanan Anda, maka Anda dapat mempercepat proses membawa produk baru ke pasar. Ini tidak terlepas seperti seorang teman yang merekomendasikan produk sehingga teman yang lain jadi tertarik juga untuk menggunakannya. Cara ini jauh lebih efektif karena adanya pengalaman yang sama. Pesan itu disampaikan melalui endorsement, yang mendorong konsumen untuk membeli produk jika mereka membutuhkan.

  • Membuka pasar dan peluang baru

    Dukungan endorsement selebriti memberi Anda kesempatan untuk menjangkau serangkaian demografi dan pasar baru yang berbeda dengan produk yang Anda tawarkan.

  • Membantu menciptakan tingkat retensi yang baik

    Ketika Anda melakukan endorsement yang tepat untuk mempromosikan barang atau jasa Anda, pelanggan yang melakukan konversi untuk Anda memiliki tingkat retensi 40% lebih tinggi dibandingkan dengan iklan standar. Jika dukungan Anda melalui influencer, maka tarifnya bahkan lebih tinggi. Anda dapat mendukung loyalitas yang dimiliki konsumen dengan dukungan merek Anda, yang mendorong pembelian berulang dengan cara yang sulit dilakukan dengan bentuk pemasaran lain.

 

Baca Juga  :    Panduan Database Marketing : Tipe, Kelebihan dan Daftar Strategi Terbaiknya

 

Tips Menjalankan Endorsement

Jika Anda seorang profesional bisnis atau pemasaran yang ingin menggunakan prinsip-prinsip pemasaran modern saat ini, berikut beberapa tips dan cara untuk membantu Anda mendapatkan keuntungan dari strategi endorsement ini :

  • Pilih influencer dengan hati-hati

    Ada banyak selebgram dan influencer diluar sana yang mempunyai niche beragam. Kemampuan persuasif mereka juga tentunya berbeda. Karena itu, carilah influencer yang tidak hanya relevan dengan niche dan industri Anda, tapi juga mempunyai kesan dan image yang baik.

  • Mempunyai target audiens yang sesuai

    Penting untuk mempertimbangkan apakah audiens selebriti yang ada tumpang tindih dengan demografi target Anda atau tidak. Misalnya, jika merek Anda berspesialisasi dalam kosmetik, maka Anda bisa menggunakan influencer seperti Tasha Farasya. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah audiens mereka cukup untuk membuat dampak yang cukup besar untuk target penjualan Anda.

  • Faktor engagement dan keterlibatan audiens

    Jika Anda berpikir untuk menjalankan kampanye endorsement berbasis media sosial, faktor ini sangat penting. Tidak peduli jaringan apa yang Anda gunakan, dukungan selebriti hampir tidak ada artinya jika mereka tidak memiliki pengikut yang cukup kuat. Anda juga harus memastikan bahwa Anda memilih selebriti dengan tingkat keterlibatan yang kuat yaitu faktor komentar atau suka pada posting mereka.

 

Baca Juga  :    Tips Digital Marketing Terbaik 2022

 

Jenis Endorsement di dalam Periklanan/Advertising

Berikut ini beberapa macam jenis endorsement yang biasa digunakan dalam periklanan modern :

  • Selebriti
  • Influencer
  • Atlet
  • Pengguna produk
  • Asosiasi profesional

 

Baca Juga  :     5 Customer Engagement Metrics yang Mendukung Sukses Digital Marketing 2022

 

Memahami Endorsement dalam Periklanan

Apa Itu Endorse, Kenali Pengertian, Fungsi Serta Tips Menjalankannya
 

Dalam periklanan, endorsement adalah pernyataan publik yang dibuat seseorang untuk mendukung perusahaan, produk, atau layanan tertentu. Pengesahan dapat berupa pernyataan tertulis atau lisan, posting media sosial, konten situs web dan konten audio atau video.

Sebuah endorsement dapat datang dari seorang individu atau dari sebuah grup, dan endorsement dapat dibayar atau tidak dibayar, tergantung pada jenis endorsement dan siapa yang memberikannya. Misalnya, endorsement berbayar biasanya melibatkan persyaratan hukum seperti endorser yang transparan tentang kompensasi dan termasuk semua spesifikasi untuk suatu produk.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Meningkatkan Remarketing yang Harus Diketahui Oleh Pemasar/Marketer

 

Kesimpulan dan Penutup

Tanpa disadari, iklan yang Anda tonton di televisi, media sosial, YouTube dan platform lainnya, besar kemungkinan Anda telah melihat contoh endorsement secara langsung. Endorsement ini biasanya berbentuk iklan, di mana seorang selebriti, profesional industri, atau seseorang yang mirip dengan demografis yang ditargetkan menawarkan item tersebut kepada orang-orang yang menonton.

Anda akan menemukan penerapan endorse ini di media sosial, di majalah, dan tempat lain di mana iklan diperbolehkan. Teknik pemasaran ini sangat populer karena membantu produk menghasilkan penjualan yang lebih baik. Keuntungan ini karena audiens ingin merasa dekat dengan selebriti atau merek favorit mereka yang memahami kebutuhan mereka.

 

 

 

 

 

 

Related Post :