Infografis : Definisi dan Kegunaanya untuk Keperluan Bisnis

Infografis : Definisi dan Kegunaanya untuk Keperluan Bisnis

Anda mungkin pernah mendengar tentang infografis sebelumnya, tetapi apa itu infografis? Sesuai dengan namanya, infografik adalah grafik yang mengandung informasi. Didalamnya terdapat informasi dalam bentuk visual dan digunakan untuk menampilkan fakta dan data. Saat ini banyak yang mengandalkan juga infografis dalam banyak hal baik itu pembelajaran hingga sektor bisnis.

Infografis sendiri telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir menjadi sarana komunikasi massa. Cara ini dirancang untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dengan menyederhanakan subjek yang kompleks dan mengaturnya dalam format yang mudah dipahami, tidak seperti jenis visualisasi lainnya. Selain itu infografis berfungsi untuk menyajikan informasi yang kompleks dengan cepat dan jelas.

Dengan infografis, maka data dan informasi akan dipecah untuk memudahkan audiens Anda memahaminya. Ini adalah cara yang efektif bagi Anda untuk memberikan informasi berharga kepada pemirsa dengan cara yang memikat, menarik, dan mudah dipahami. Karena kesederhanaannya yang adil dan penceritaan yang menarik, infografis telah mendapatkan banyak popularitas dalam beberapa tahun terakhir sehingga juga dibagikan di seluruh internet dan media sosial.

 

Definisi Apa Itu Infografis

Untuk lebih memahami definisi infografis, ada baiknya mengetahui dari mana istilah itu berasal. Infografis adalah portmanteau dari ‘informasi’ dan ‘grafik’. Infografis atau grafik informasi adalah representasi visual dari informasi yang bertujuan agar data dapat dipahami dengan mudah pada pandangan pertama. Infografis membuat penggunaan teks minimal dan dapat menjadi alat yang ampuh untuk menampilkan data, menjelaskan konsep, menyederhanakan presentasi, memetakan hubungan, menunjukkan tren, dan memberikan wawasan penting.

Penggunaan gambar yang menarik pada infografik dapat membuat ide abstrak menjadi lebih mudah dipahami karena itu infografis populer dalam pemasaran dan pengajaran. Disamping juga infografis menyederhanakan kumpulan data besar yang memberikan tampilan tingkat tinggi dan membuatnya lebih mudah untuk dicerna pada pandangan pertama. Ini akan membantu menyampaikan data dalam bentuk yang ringkas dan dapat dibagikan. Meskipun infografik sering dipandang sebagai sebuah cara baru sebenarnya infografik merupakan sarana komunikasi tertulis awal seperti yang digambarkan oleh gambar gua dan bahasa yang berpusat pada gambar seperti hieroglif Mesir Kuno.

Pada 1920-an, statistik bergambar yang dikenal sebagai isotipe dan pendahulu utama infografis hari ini lahir. Seiring berjalannya waktu dan kemajuan zaman serta inovasi, membuat infografik lebih umum dengan bantuan komputerisasi digital dan penggunaan internet dalam kehidupan saat ini. Ada beberapa hal yang menentukan apa itu infografis secara lebih detail melalui beberapa ciri berikut ini :

  • Infografis menyederhanakan data yang berat dengan memberikan tampilan tingkat tinggi.
  • Mereka menggabungkan gambar, teks, diagram, bagan, dan bahkan video.
  • Dibutuhkan penggunaan teks yang minimal untuk mendukung visual.
  • Ini adalah alat yang efektif untuk menyajikan dan menjelaskan data kompleks dengan cepat dan komprehensif.
  • Infografis adalah alat yang hebat untuk pendidikan dan membangun kesadaran.
  • Dirancang untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

 

Baca Juga :   Fungsi Halaman Term of Service pada Bisnis Online yang Perlu Diketahui

 

Kegunaan dan Manfaat Infografis bagi Keperluan Bisnis

 

Infografis adalah beberapa alat terbaik yang dapat digunakan bisnis untuk memulai kampanye pemasaran viral. Tidak seperti iklan lainnya, materi bermerek tidak terlalu bersifat promosi dan sangat mudah dibagikan. Meskipun whitepaper menciptakan otoritas untuk suatu merek dan blog meningkatkan nilai pengoptimalan mesin telusur, infografik menarik perhatian banyak orang karena mudah dibaca dan biasanya menyenangkan.

Bagian dari strategi pemasaran konten Anda harus menggabungkan elemen yang berbeda sehingga Anda dapat mengambil pendekatan multi-cabang. Jika Anda hanya menggunakan artikel, media sosial, atau whitepaper, kemungkinan besar Anda akan melewatkan prospek yang bagus. Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu mulai menggunakan infografis bagi bisnis.

  • Memvisualisasikan statistik

    Statistik memberi iklan Anda otoritas tertentu karena saat Anda membuat pernyataan konsumen mungkin tidak mempercayai pesan pemasaran Anda. Seperti kata pepatah, angka tidak pernah berbohong, jadi memasukkan beberapa angka faktual membuat klaim Anda tampak kredibel. Namun, orang jarang membaca artikel panjang tentang survei atau studi yang telah Anda susun dengan rinci.

  • Memanfaatkan sistem

    Salah satu kiat pengoptimalan mesin telusur yang paling umum adalah memperoleh tautan balik. Jika situs lain mengarahkan konsumen ke halaman Anda, Google dan sejenisnya akan meningkatkan peringkat hasil Anda. Marketing Tech Blog mencatat bahwa mengirimkan infografis ke situs dan blog lain adalah cara yang bagus untuk membangun jaringan tautan yang luas.
    Biasanya, Anda akan membagikan infografis Anda dengan administrator situs yang kemudian mengeposkan konten ke laman mereka dan menyertakan tautan ke layanan e-niaga bisnis Anda. Ini menunjukkan mesin pencari bahwa Anda memiliki halaman yang banyak diperdagangkan dan harus memiliki peringkat lebih tinggi daripada yang lain. Selain itu, Anda harus menyertakan citra merek pada infografis Anda untuk memastikan bahwa pembaca Anda terpapar logo dan simbol perusahaan Anda. Ini adalah perlindungan jika seorang blogger tidak menautkan kembali ke Anda dan menggunakan konten bermerek Anda juga akan membantu bisnis Anda menjangkau konsumen baru.

  • Mendidik konsumen

    Infografis sangat mendidik dan dapat mengajari konsumen tentang merek Anda. Temukan topik penting dan kemudian lakukan penelitian tentang bagaimana pelanggan dipengaruhi oleh masalah itu. Anda dapat menggunakan infografis Anda untuk memberi tahu publik dan kemudian menulis posting blog yang menyertainya tentang bagaimana barang dagangan atau layanan Anda dapat menyelesaikan masalah.

 

Baca Juga  :     Panduan YouTube Marketing untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis Anda di tahun 2021

 

Aplikasi atau Software Untuk Membuat dan Merancang Infografis

Infografis : Definisi dan Kegunaanya untuk Keperluan Bisnis
 

Hal pertama yang Anda lakukan adalah memutuskan alat apa yang akan digunakan. Jika Anda tidak memiliki tim perancang internal atau Anda sendiri bukan perancang, Anda akan mencari perangkat lunak khusus. Sementara itu, jika Anda sudah menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Illustrator, Anda bisa memanfaatkan kreatifitas tanpa batas dengan software terkenal ini. Jika Anda menggunakan Google Slides, Powerpoint, Photoshop, dan perangkat lunak populer lainnya untuk desain Anda, Anda juga dapat memanfaatkan pilihan template infografis ini yang dapat Anda sesuaikan agar sesuai dengan proyek Anda.

  • Infogram

    Alat yang sempurna untuk memvisualisasikan angka dan data yang juga menawarkan konektor SQL, analisis data, dan analisis keterlibatan. Infogram juga memiliki paket gratis dan berbayar.

  • Easelly

    Alat yang mudah digunakan yang menawarkan pustaka templat yang kaya dengan opsi untuk mencari berdasarkan kategori. Pengguna dapat memilih menggunakan akun Gratis dan Pro.

  • Piktochart

    Anda dapat membuat infografis dari awal atau memilih untuk bekerja dengan template. Alat ini menawarkan tutorial langkah demi langkah dan dilengkapi dengan opsi Gratis dan Berbayar.

  • Biteable

    Alat ini adalah pembuat video yang akan membantu Anda membuat video infografis yang hebat. Biteable menawarkan templat video infografis untuk digunakan dan juga memiliki paket Gratis dan Berbayar.

  • Creately

    Creately hadir dengan dukungan inti untuk 50+ jenis diagram, 1000 perpustakaan bentuk dan template yang dirancang secara profesional. Menawarkan paket Gratis, Pribadi, Tim, dan Perusahaan.

  • Visme

    Alat desain serbaguna yang dikembangkan khusus untuk pemasar untuk membuat presentasi dan infografis. Visme juga menawarkan untuk membuat infografis dan popup interaktif.

 

Baca Juga  :     Ide Konten Tiktok untuk Promosi Bisnis Online dengan Cepat dan Mudah

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebuah infografis terbaik adalah yang menggunakan kombinasi teks, gambar, dan data untuk menginformasikan dan terlibat. Jika Anda siap membuat infografis yang memberikan keseimbangan sempurna antara kesenangan dan pendidikan, atau yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mengingat infografis juga dapat merangkum banyak informasi dengan cepat, membuatnya jadi pilihan terbaik.

Membuat konten visual yang menarik tidaklah mudah karena melakukannya secara konsisten adalah perjuangan teratas yang dilaporkan oleh pemasar dalam survei tahun 2017, diikuti oleh kemampuan untuk menghasilkan visual yang dirancang dengan baik. Apabila Anda merasa akan mendapatkan keuntungan dari menggunakan infografis, maka sebaiknya investasikan tenaga dan kreatifitas Anda dengan cara ini. Karena tidak ada salahnya mengikuti trend bisnis termasuk membuat infografis yang fungsional, praktis dan efisien untuk bisnis Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update