Ini Dia Cara Membuat Linktree!

Ini Dia Cara Membuat Linktree!

Di era digital yang terus berkembang, tautan dan pengelolaan konten telah menjadi tantangan besar bagi pengguna platform media sosial. Kita sering menemui kendala ketika ingin berbagi berbagai tautan penting di platform populer seperti Instagram, di mana hanya satu tautan di bio profil yang dapat dibagikan. Namun, dengan perubahan dinamika digital saat ini yang semakin terarah, muncul inovasi-inovasi seperti Linktree yang memudahkan pengelolaan dan pengalaman berbagi tautan dalam dunia digital yang terkoneksi.

Dalam situasi di mana informasi dan konten mendominasi ruang digital, menyajikan berbagai tautan dengan efisien menjadi sangat penting. Linktree membawa solusi cerdas untuk mengatasi keterbatasan ini, di mana Linktree dapat mengoptimalkan penggunaan platform media sosial dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengikut dan audiens kita. Simak penjelasan bagaimana cara membuat Linktree berikut.

Pengertian Linktree

Linktree adalah layanan halaman arahan media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat halaman dengan berbagai jumlah tautan ke situs-situs dan halaman web lainnya. Layanan ini sering digunakan bersama dengan situs-situs media sosial seperti Instagram yang membuat sulit untuk membagikan tautan ke situs eksternal. Sebagai situs web freemium, Anda dapat membuat halaman arahan yang penuh dengan tautan secara gratis dan meningkatkan ke rencana premium dengan fitur tambahan dengan membayar biaya bulanan atau tahunan.

Linktree dapat mengarahkan ke halaman arahan yang berisi beberapa tautan ke konten yang relevan dengan bisnis Anda, seperti situs web, video, atau bahkan tautan diskon afiliasi. Jika Anda pernah melihat kata tautan di bio, hal ini berarti seseorang mengarahkan pengguna untuk mengunjungi profil Instagram dan mengklik URL yang terletak di bio. Mengarahkan orang ke tautan ini sering membantu pengguna Instagram menghasilkan lalu lintas ke situs web berbeda, seperti saluran YouTube atau halaman arahan situs web.

Baca Juga: Mengenal Apa itu URL dan Fungsinya untuk Website

Apakah Perlu Menggunakan Linktree Di Instagram?

Linktree memungkinkan Anda memaksimalkan potensi berbagi di Instagram. Seiring perkembangan platform, kebutuhan akan tautan eksternal pun berkembang. Pengguna ingin menghubungkan tidak hanya ke situs web mereka, tetapi mungkin juga ke saluran sosial lainnya, kampanye terbaru, peluncuran produk baru, atau mitra. Saat ini Instagram menawarkan peluang tautan dalam instagram stories, siaran langsung, dan tab belanja. Namun, masih belum ada opsi untuk umpan. Oleh karena itu, pengguna harus mengandalkan aplikasi seperti Linktree untuk menggabungkan tautan-tautan penting mereka menjadi satu halaman arahan yang mudah dilihat.

Selain itu, Linktree menawarkan analitik yang dapat digunakan untuk melihat tautan mana yang menghasilkan klik paling banyak. Jika mengarahkan link secara eksternal bukan prioritas utama, maka kemungkinan Linktree bukanlah untuk Anda. Untuk itu, dibutuhkan pengelolaan untuk memastikan Anda tidak memberikan begitu banyak tautan sehingga pengguna tidak merasa kewalahan dengan pilihannya. Jika Anda ingin memanfaatkan layanan ini dalam strategi Instagram Anda, mari simak bagaimana cara membuatnya di bagian berikutnya.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Online Harus Menggunakan Bio Link? Simak Manfaatnya!

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram

Simak langkah – langkah untuk umum membuat Linktree untuk instagram dibawah ini

  • Buka linktr.ee untuk membuat akun gratis Anda
  • Lalu, klik sign up free. Anda dapat mengisi email atau dapat juga sign up melalui google
  • Selanjutnya, Anda dapat mengisi nama dan klik continue
  • Kemudian, pilih kategori yang mendeskripsikan akun Linktree Anda
  • Pilih jenis kategorinya. Klik continue
  • Pilih akun Linktree berbayar atau gratis yang ingin Anda Gunakan.
  • Pilihan ini nantinya dapat diubah kapan saja. Klik join.
  • Untuk mulai menambahkan tautan , Anda memiliki dua opsi: Pilih tambahkan tautan baru dan sebuah kartu akan muncul di mana Anda mengisi judul dan URL yang relevan. Atau Anda dapat mengklik jelajahi tautan untuk melihat berbagai opsi tautan berdasarkan konten, seperti tautan musik atau video.
  1. Setelah Anda menambahkan semua tautan, ikon di bagian bawah kotak memungkinkan Anda untuk melakukan pengeditan khusus.
  2. Tambahkan semua tautan relevan yang ingin Anda masukkan ke dalamnya. Setelah Anda menambahkan semua tautan Anda, Anda dapat mulai menyesuaikannya.
  3. Pilih tab di sudut kiri atas layar Anda.
  4. Di jendela profil, masukkan informasi yang relevan untuk tautan yang Anda tawarkan, termasuk judul profil, bio singkat, dan gambar yang relevan dengan bisnis Anda.
  5. Di tab Tema, pilih tema yang sesuai dengan preferensi Anda.

Jika Anda memiliki akun berbayar, Anda dapat mendesain tema Anda sendiri dan mengedit warna latar belakang, bentuk tombol, dan jenis huruf. Di bawah tab pengaturan di header kiri atas, Anda dapat memperbarui Linktree Anda lebih lanjut dan menambahkan spanduk dukungan, integrasi e-commerce, dan ikon media sosial untuk menghubungkan ke profil sosial Anda yang lain.

Baca Juga: Cara Membuat Bio Link dengan Website Instan IDCloudHost

Bagaimana Cara Menambahkan Linktree Kedalam Profil Instagram?

Berikut cara untuk menambahkan Linktree kedalam profil Instagram Anda

  • Buka Linktree Anda, kemudian cari tombol bagikan
  • Klik tambahkan Linktree ke media sosial Anda
  • Klik Instagram
  • Lalu, Anda memiliki dua pilihan yaitu:
  • Salin URL dan tambahkan sendiri di Instagram dengan mengklik “Edit Profil”, dan tempelkan tautan ke bidang situs web di profil Instagram Anda.
  • Klik go to my instagram untuk menautkannya secara langsung.

Sekarang Anda sudah mengetahui cara membuat Linktree dan menambahkannya ke profil Instagram Anda.

Tips Menggunakan Linktree Di Instagram

linktree

Ini dia tips yang dapat Anda pertimbangkan ketika menggunakannya yaitu:

1. Pilih Nama yang Relevan untuk Tautan

Anda menggunakan Linktree untuk mengirimkan pelanggan Anda dengan mudah ke situs-situs berbeda. Jadi, pastikan Anda memberi nama masing-masing tautan dengan cara yang jelas menunjukkan apa yang akan diakses, sehingga meningkatkan efektivitasnya.

2. Pilih Judul dan Sertakan Tautan yang Relevan

Tulis deskripsi yang jelas dan ringkas yang akan memikat audiens Anda untuk melakukan klik. Kemudian, berilah tautan yang paling relevan dalam Linktree Anda Hal ini bertujuan agar pengguna tidak dibuat bingung dengan terlalu banyak pilihan. Jika Anda memiliki akun berbayar, gunakan alat kustom bermerek yang akan membantu pengguna. Anda dapat menghubungkannya dengan aset merek yang mereka kenali, seperti ikon kustom dan skema warna.

3.Pantau Secara Menyeluruh Linktree 

Terus pantau Linktree Anda untuk memastikan bahwa itu selalu diperbarui dengan penawaran bisnis Anda saat ini. Anda dapat menghapus tautan yang tidak relevan dengan fokus Anda dan pantau analitik untuk melihat apakah Anda perlu melakukan perubahan dalam strategi Linktree.

Penutup

Dengan membaca artikel ini, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat dan mengoptimalkannya di Instagram. Linktree merupakan layanan yang kuat untuk menghubungkan pengikut Anda dengan berbagai konten dan tautan penting dalam satu tempat yang mudah diakses. Dengan memilih nama tautan yang relevan, menulis deskripsi yang menarik, dan memantau konten yang Anda bagikan, Anda dapat memaksimalkan traffic Linktree Anda.

Optimalkan kehadiran online Anda secara instan dengan produk unggulan kami. Dapatkan website profesional dan menarik dalam waktu singkat untuk menghadirkan bisnis Anda di dunia digital. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan visibilitas dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Dapatkan website impian Anda sekarang di IDCloudHost.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update