Konsep AIDA Model yang Harus Diketahui Seorang Marketer

Konsep AIDA Model yang Harus Diketahui Seorang Marketer

Kamu seorang marketer? Atau kamu berkecimpung di dunia advertising? Jika iya Ini artinya kamu harus mengenal salah satu konsep dasar dalam dunia Marketing yang bernama AIDA Model untuk meningkatkan perkembangan bisnis kamu. AIDA memiliki singkatan Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Aksi). AIDA Model banyak digunakan dalam Dunia Marketing dan Advertising untuk menjelaskan tahap-tahap yang terjadi ketika konsumen pertama kali mengenal suatu produk hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Profesi Marketing

Aida Model merupakan salah satu model yang paling lama digunakan dalam dunia Advertising, kurang lebih sudah dikembangkan sejak abad ke 19. Konsep ini memberikan pemahaman yang penting dari sisi konsumen terhadap apa yang mereka inginkan.

  • Attention
    Tahap ini merupakan tahap awal dimana konsumen mulai menyadari produk hingga brand suatu perusahaan. Pada tahap ini kita harus mencari tahu dan membuat strategi agar konsumen bisa sadar akan keberadaan produk kita. Tahap ini dapat kita lakukan dengan menggunakan iklan video yang unik, lucu, dan menghibur atau jika melalui tulisan maka kita dapat menciptakan headline yang menarik agar konsumen mulai membaca tulisan tersebut.
  • Interest
    Pada tahap ini konsumen mulai tertarik dan mempelajari mengenai manfaat dari produk usaha kita, yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita dapat membangkitkan rasa suka konsumen terhadap produk melalui keunggulan yang kita tunjukan. Selain itu kita juga dapat menampilkan pesan positif dari konsumen yang merasa puas setelah menggunakan produk kita agar calon konsumen percaya bahwa produk kita lebih unggul dibandingkan produk pesaing lainnya.
  • Desire
    Proses selanjutnya adalah tahap dimana konsumen mulai memiliki keinginan untuk membeli produk kita. Hal yang mendorong konsumen sampai pada tahap ini adalah ketika kita dapat meyakinkan konsumen bahwa produk kitalah yang paling dapat memenuhi kebutuhan mereka serta dapat memberikan nilai tambah yang dibutuhkan.
  • Action
    Tahap ini merupakan tahap akhir dimana konsumen mulai melakukan pembelian pertama terhadap produk kita, dapat dikatakan tahap ini adalah tahap trial dimana konsumen akan memutuskan apakah selanjutnya akan menggunakan produk tersebut kembali atau malah berganti produk.

Baca Juga : Strategi Marketing : Pull vs Push

Jika kamu merasa bahwa strategi marketing kamu kurang mendapat respon yang positif atau peningkatan penjualan bisnis kamu kurang memuaskan itu artinya kamu harus mulai memahami konsep AIDA Model ini. AIDA model ini sangat penting diketahui oleh seorang Marketer untuk memahami pola pikir seorang konsumen terhadap suatu produk. Ketika kita mampu memahami konsumen dengan baik dapat dipastikan kita dapat menciptakan strategi yang tepat untuk kesuksesan bisnis.

” Our jobs as marketers are to understand how the customer wants to buy and help them do so.” – Bryan Eisenberg

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update