Lead Generation dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Lead Generation dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Penjualan menjadi hal yang penting bagi keberlangsungan perusahaan karena berhubungan langsung dengan tingkat keuntungan yang akan didapatkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh keuntungan adalah dengan menjaga hubungan dengan pelanggan dan menciptakan pelanggan baru yang potensial dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Dengan demikian, hal tersebut dapat dilakukan dengan menciptakan lead generation dengan memaksimalkan potensi konsumen baru yang berpotensial terhadap suatu perusahaan. 

Lead generation adalah suatu proses meningkatkan konsumen potensial dalam upaya meningkat penjualan dimasa yang akan datang. Perusahaan akan mengumpulkan informasi tentang pembeli potensial dan kemudian menyesuaikan dengan metode pemasaran dan promosi penjualan sesuai dengan kebutuhan prospek.

Lebih lanjut, pembuatan prospek yang sukses dalam lead generation dapat membuat siklus penjualan lebih efisien dan mengarah pada tingkat keberhasilan yang lebih besar dalam akuisisi pelanggan baru.

Dengan demikian, jika Anda ingin mengetahui bagaimana signifikansi pengaruh yang ditimbulkan lead generation terhadap keberlangsungan bisnis serta bagaimana untuk menciptakan lead generation yang baik bagi perusahaan, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda baca. Kami akan membantu pemahaman Anda tentang lead generation dan memberikan insight kepada Anda untuk menciptakan pelanggan baru yang potensial. Dengan demikian, simaklah artikel berikut ini, kuy!

Apa Itu Lead Generation?

Tidak semua orang dapat dikategorikan sebagai lead perusahaan karena pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan dan preferensinya tersendiri. Hal tersebutlah yang harus diperhatikan perusahaan, ketika ingin membidik pelanggan baru maka pastikan tujuan yang difokuskan adalah mereka yang memiliki minat terhadap produk yang ditawarkan perusahaan.

Dengan demikian, lead generation adalah proses untuk membuat orang tertarik dengan bisnis Anda dan secara bertahap memindahkan mereka untuk menjadi pelanggan yang membayar.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan perusahaan dalam menciptakan lead yang potensial, namun saat ini penggunaan teknologi semakin diintegrasikan dalam upaya menciptakan keefektifan dan keefisienan. Adapun contoh strategi lead generation yang dilakukan perusahaan seperti:

  • Blogging
  • Email marketing
  • Coupons 
  • Live event dan seminars
  • Social media marketing
  • Networking
  • Website landing pages.

Poin-poin diatas adalah beberapa strategi lead generation yang biasa dilakukan oleh perusahaan. Namun, dalam kenyataannya perusahaan melakukan berbagai cara untuk menciptakan konsumen baru yang potensial dalam menjaga keberlangsungan hidup suatu bisnis yang sedang dijalankan. 

Kenapa Lead Generation Penting Bagi Brand Sebuah Bisnis?

Kenapa Lead Generation Penting Bagi Brand Sebuah Bisnis?

Ketika seseorang memiliki ketertarikan dengan produk yang Anda tawarkan, maka Anda hanya perlu membantu orang tersebut dalam proses transaksinya sehingga tercipta pembelian secara natural. Namun sebaliknya, ketika seseorang tidak memiliki ketertarikan dengan produk Anda, tetapi Anda masih kekeh untuk meyakinkan mereka untuk membeli maka hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang tersebut.

Dengan demikian, ketika Anda melakukan suatu promosi namun difokuskan kepada orang-orang yang tepat yaitu yang memiliki ketertarikan dengan produk Anda, maka lead generation potensial akan lebih berkualitas. 

Dengan mempertemukan titik lead generation dengan konsumen yang benar-benar potensial akan memberikan dampak yang besar terhadap suatu brand. Mereka akan mengenal dan mengetahui dengan baik brand suatu bisnis dan bahkan mau merekomendasikan brand tersebut kepada orang-orang terdekatnya. Dengan demikian, berikut telah kami rangkum manfaat lead generation terhadap brand sebuah bisnis:

  • Meningkatkan awareness konsumen

Adanya lead generation dapat meningkatkan pengetahuan konsumen akan keberadaan suatu brand. Hal tersebut terjadi dengan adanya edukasi bermanfaat yang diberikan, ketika Anda membidik suatu konsumen yang tepat kemudian diikuti dengan marketing yang tepat, maka konsumen pun akan mengetahui brand yang Anda tawarkan tersebut.  

  • Menargetkan konsumen yang tepat

Lead generation dapat membantu perusahaan untuk membidik konsumen yang potensial saja. Hal ini akan membantu dalam mengefisiensikan dana dan meningkatkan penjualan. Dengan demikian, Anda tidak perlu berfokus kepada semua calon pelanggan melainkan para calon pelanggan yang potensial saja. 

  • Mengoleksi informasi yang berharga

Ketika perusahaan sedang melakukan bidikan terhadap konsumen yang potensial, maka penggalian informasi pun akan dilakukan. Dengan adanya informasi tersebut akan menjadi hal yang berharga untuk mengetahui preferensi konsumen potensial. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan strategi lead generation yang bisa diterapkan. 

Cara-Cara dalam Melakukan Lead Generation

Cara-Cara dalam Melakukan Lead Generation

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan pelanggan baru yang potensial dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Untuk mendatang pelanggan baru, maka Anda perlu melakukan strategi pemasaran tertentu. Dengan demikian, berikut telah kami rangkum cara-cara dalam menciptakan lead generation yang dapat Anda lakukan:

  • Buatlah video testimoni dari pelanggan yang dimiliki

Video testimoni adalah video yang berisi ulasan pelanggan terhadap pengalaman dan manfaat yang mereka terima dengan produk yang ditawarkan. Video testimoni yang baik akan mendorong kepercayaan konsumen terhadap brand yang ditawarkan. Dengan demikian, pastikan Anda membuat video testimoni yang menarik namun tetap memperhatikan pesan yang dikomunikasikan. 

  • Buatlah komunitas online 

Adanya komunitas online dapat menciptakan relasi dengan pelanggan menjadi lebih kuat. Komunitas online dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga memungkinkan brand direkomendasikan oleh para anggota komunitas online kepada yang lainnya. Dengan demikian, komunitas online akan membuat pelanggan merasa bagian terpenting dari perusahaan sehingga terciptakan ikatan yang kuat antara perusahaan dan konsumen.

  • Social media marketing

Social media marketing adalah pemasaran digital yang dilakukan dalam mengenalkan atau menawarkan suatu produk melalui media sosial.  Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai platform sosial media yang tersedia seperti Instagram, Facebook, Linkedin, dan sebagainya. Tentunya dalam menciptakan sosial media yang profesional, pastikan Anda melakukan manajemen sosial media dengan baik termasuk desain yang diciptakan, copywriting yang digunakan, dan penggunaan hashtag yang ditetapkan. 

  • Email marketing

Email marketing dapat menjadi media dalam melakukan lead generation. Anda dapat mengirimkan pesan-pesan tertentu yang mengandung informasi produk, event, atau promo yang sedang dilakukan. Adanya email marketing yang tepat sasaran akan menjadi media edukasi bagi calon konsumen potensial untuk mengetahui hal terbaru dari produk dan brand Anda. 

  • Bangunlah hubungan partnership

Membangun partnership yang memiliki visi dan misi yang sama akan membantu pertumbuhan perusahaan Anda salah satunya membantu segmen konsumen baru yang potensial. Anda dapat melakukan research terhadap perusahaan yang dapat memberikan keuntungan terhadap perusahaan Anda, tidak hanya sekedar keuntungan material melainkan reputasi yang bisa dibangun.

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan dalam membangun partnership seperti mengadakan webinar dengan kampus, bekerja sama dengan influencer, dan sebagainya. 

  • Berikan free samples 

Jika Anda memiliki produk baru dan sedang memperkenalkannya ke pasar, maka Anda dapat memberikan free sample kepada calon pelanggan yang potensial. Hal ini dapat bekerja khususnya pada penjualan makanan, kosmetik, dan produk lainnya.

Lebih lanjut, Anda juga dapat membuat free sample dengan kode diskon sehingga menciptakan eksklusivitas dalam melakukan penawaran. Anda juga membuat free sample dengan opsi berlangganan dengan potongan harga tertentu sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan tersebut. 

  • Memperbaiki landing page

Landing page adalah halaman yang dibuat khusus setelah audiens melakukan klik pada iklan digital yang ada pada media sosial, google Ads, email, dan sebagainya. Untuk memudahkan pelanggan Anda, maka pastikan bahwa landing page yang Anda buat dapat menarik perhatian pengunjung.

Anda juga bisa menambahkan pop up pada landing page sehingga fokus pelanggan baru yang potensial dapat melihat diskon yang diberikan, produk baru yang diluncurkan, atau event baru yang akan diadakan. 

Cara Menghitung Lead Generation

Cara Menghitung Lead Generation

Untuk meningkatkan lead generation maka Anda perlu mengetahui cara untuk mengukur lead generation yang dimiliki. Dengan pengukuran yang tepat, Anda dapat membandingkan perkembangan lead generation yang dihasilkan dari sebelum dan juga melakukan evaluasi berkala secara kuantitatif. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan metode berikut untuk menghitung lead generation: 

  • Lead scoring

Load scoring adalah metode yang memungkinkan untuk melakukan perangkingan terhadap level lead yang dihasilkan. Anda menetapkan poin lead generation berdasarkan tindakan dan perilaku para pelanggan di situs web Anda. Pada dasarnya, lead scoring tidak memiliki rumus matematis secara khusus sehingga proses perhitungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. 

Anda dapat melakukan perhitungan poin pada lead berdasarkan hal-hal berikut ini:

  • Jumlah mengunjungi website
  • Jumlah membuka e-mail
  • Melakukan klik pada promosi
  • Melakukan download pdf yang disediakan
  • Menonton webinar yang disediakan 
  • Memulai free trial

Dengan demikian, misalnya perusahaan Anda memiliki poin kunjungan website sejumlah 1.000 poin, membuka e-mail sejumlah 800 poin, dan melakukan klik promosi sejumlah 500 poin. Maka dapat disimpulkan secara lead score, kunjungan website menjadi media strategis dalam menciptakan pelanggan baru yang potensial dibandingkan e-mail dan klik promosi.

  • Marketing-Sales Feedback Loop

Metode ini pada dasarnya adalah kolaborasi yang dilakukan oleh pihak pemasaran dan penjualan. Setiap data yang dihasilkan hendaknya dikolaborasikan sehingga kesimpulan yang ditarik dapat lebih relevan dan kuat. Jika data yang didapatkan tidak didiskusikan maka ditakutkan adanya kemungkinan ketidakrelevan yang terjadi antara tim pemasar dan tim penjual.

Tim pemasar perlu mengetahui kondisi penjualan sehingga bisa menyesuaikan strategi marketing yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan, sebaliknya tim penjualan juga perlu mengetahui strategi pemasaran sehingga bisa menyesuaikan dengan permintaan produksi penjualan. 

Penutup

Demikianlah artikel mengenai lead generation dan mudah-mudahan memberikan manfaat kepada Anda yang ingin mengembangkan usaha dengan melakukan identifikasi pelanggan baru yang potensial. Dengan demikian, lead generation menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dalam upaya menjaga keberlangsungan bisnis karena berhubungan langsung dengan penjualan.

Ketika Anda telah berhasil dalam melakukan lead generation, tentunya pelanggan baru yang mengunjungi website Anda pun akan bertambah. Dengan demikian, IDCloudHost menyediakan layanan Bare Metal Server yang merupakan server pendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. Maka dari itu, tingkatkan penjualan Anda dengan space server yang memadai dan flexibel!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update