Macam-Macam Algoritma Google dari Awal Hingga Tahun 2021

Macam-Macam Algoritma Google dari Awal Hingga Tahun 2021

Sejak pembaruan 2002, Google telah membuat perubahan algoritma utamanya secara eksplisit. Lalu ketika hukuman keras diluncurkan dengan pembaruan Panda dan Penguin pertama, terlihat jelas bahwa perusahaan raksasa ini sangat serius dalam menciptakan lingkungan yang etis untuk pencarian penggunanya. Faktanya, pembaruan Google berlangsung setiap hari dan sebagian besar tidak diperhatikan atau bahkan disadari.

Perusahaan mengkonfirmasi hanya pembaruan algoritmik utama yang diharapkan mempengaruhi peringkat pencarian secara dramatis. Namun, faktanya, algoritma penelusuran Google tidak selalu memiliki pemahaman yang begitu tajam tentang apa yang dianggap berharga oleh kebanyakan orang. Ini berkembang sedikit selama bertahun-tahun dan mengalami perubahannya tersendiri.

Bersamaan dengan banyak hal di internet, algoritma juga mengalami evolusinya baik itu ke arah yang disukai pengguna atau tidak. Untuk membantu Anda memahami perubahan algoritma utama Google dalam beberapa tahun terakhir dan faktor peringkat utama Google, berikut beberapa macam algoritma Google hingga saat ini.

 

Memahami Apa Itu  Algoritma Google

 

Algoritma Google adalah sistem kompleks yang digunakan untuk mengambil data dari indeks penelusurannya dan langsung memberikan hasil terbaik untuk kueri. Mesin pencari menggunakan kombinasi algoritma dan berbagai faktor peringkat untuk mengirimkan halaman web yang diberi peringkat berdasarkan relevansi pada halaman hasil mesin pencari atau search engine results pages (SERPs).

Pada tahun-tahun awalnya, Google hanya melakukan sedikit pembaruan pada algoritmanya, sekarang Google membuat ribuan perubahan setiap tahun.Sebagian besar pembaruan ini sangat kecil sehingga sama sekali tidak diperhatikan. Namun, terkadang, mesin pencari meluncurkan pembaruan algoritmik utama yang secara signifikan mempengaruhi SERP seperti :

  • Fred
  • Mobilegeddon
  • RankBrain
  • Panda
  • Pinguin, dll.

 

Baca Juga   :     Panduan Cara Membuat Website dengan Google Sites yang Mudah dan Cepat

 

Daftar Macam-Macam  Algoritma Google

Macam-Macam Algoritma Google dari Awal Hingga Tahun 2021
 

Di bawah ini beberapa bagian daftar peluncuran, pembaruan, dan penyegaran algoritma Google yang telah diluncurkan selama bertahun-tahun, serta tautan ke sumber daya untuk profesional SEO yang ingin memahami setiap perubahan ini.

 

Panda

Jelas, Google sudah ada jauh sebelum 2011 namun pembaruan Panda karena ini adalah pembaruan besar pertama di era SEO modern. Pembaruan Google Panda mencoba menangani situs web yang murni dibuat untuk mendapat peringkat di mesin telusur yang sebagian besar berfokus pada faktor-faktor pada halaman. Dengan kata lain, ini menentukan apakah situs web benar-benar menawarkan informasi tentang istilah penelusuran yang digunakan pengunjung. Dua jenis situs terpukul sangat keras oleh pembaruan Panda ini adalah :

  • Situs afiliasi yakni situs yang sebagian besar ada untuk menautkan ke halaman lain.
  • Situs dengan konten yang sangat tipis.

Google secara berkala menjalankan kembali algoritma Panda setelah rilis pertamanya, dan memasukkannya ke dalam algoritma inti pada 2016. Pembaruan Panda telah secara permanen memengaruhi cara melakukan SEO, karena pemilik situs tidak dapat lagi lolos dengan membangun situs yang penuh dengan isi konten dan halaman berkualitas rendah.

 

Venice

Pembaruan algoritma Google Venice adalah pembaharuan yang patut diperhatikan, karena menunjukkan bahwa Google memahami bahwa penelusur terkadang mencari hasil yang bersifat lokal bagi mereka. Setelah Venice hasil penelusuran Google akan menyertakan laman berdasarkan lokasi yang Anda tetapkan atau alamat IP Anda.

 

Baca Juga   :    Rekomendasi Aplikasi dan Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

 

Penguin

Pembaruan Penguin Google dapat melihat tautan yang didapat situs web dari situs lain. Cara ini akan menganalisis apakah tautan balik ke situs itu asli, atau jika mereka dibeli untuk mengelabui mesin telusur. Di masa lalu, banyak orang membayar tautan sebagai jalan pintas untuk meningkatkan peringkat mereka dan pembaruan Penguin Google mencoba mencegah pembelian, pertukaran, atau pembuatan tautan secara artifisial.

Maka jika ditemukan tautan palsu, Google memberikan nilai negatif ke situs yang bersangkutan, bukan nilai tautan positif yang akan diterima sebelumnya. Pembaruan Penguin berjalan beberapa kali sejak pertama kali muncul dan Google menambahkannya ke algoritma inti pada tahun 2016. Akibat pembaruan ini, sebagian besar menghantam situs web dengan banyak tautan buatan dengan telak.

Banyak situs web mencurigakan menghilang dari hasil pencarian, karena link berkualitas rendah tiba-tiba berdampak negatif, bukan positif pada peringkat mereka. Penguin telah secara permanen mengubah pembuatan tautan yakni tidak lagi cukup untuk mendapatkan tautan balik berbayar yang mudah dilakukan dan dibayar. Sebaliknya, Anda harus bekerja membangun strategi membangun tautan yang sukses untuk mendapatkan tautan yang relevan dari sumber yang berharga.

 

Pirate

Pembaruan dari algoritma Pirate ini bertujuan untuk memerangi penyebaran ilegal konten berhak cipta. Metode ini menganggap banyaknya permintaan penghapusan DMCA (Digital Millennium Copyright Act) untuk situs web sebagai faktor peringkat negatif untuk pertama kalinya sejak diterapkan.

 

Hummingbird

Pembaruan Hummingbird membuat Google meletakkan dasar untuk pencarian suara, yang masih menjadi semakin penting karena lebih banyak perangkat Google Home, Alexa yang juga menggunakannya. Algoritma Hummingbird lebih memperhatikan setiap kata dalam kueri, memastikan bahwa seluruh frasa penelusuran diperhitungkan, bukan hanya kata-kata tertentu. Ini dilakukan untuk memahami kueri pengguna dengan lebih baik dan untuk dapat memberikan jawaban kepada mereka, bukan hanya daftar hasil.

Dampak pembaruan Hummingbird ini tidak begitu jelas, karena tidak secara langsung dimaksudkan untuk menghukum praktik yang buruk. Pada akhirnya, ini sebagian besar memperkuat pandangan bahwa salinan SEO harus dapat dibaca, menggunakan bahasa alami, dan tidak boleh terlalu dioptimalkan untuk beberapa kata yang sama, tetapi menggunakan sinonim sebagai gantinya.

 

Pigeon

Pembaruan Google terkait burung lainnya diikuti pada tahun 2014 dengan Google Pigeon, yang berfokus pada SEO lokal. Pembaruan Pigeon mempengaruhi halaman hasil dan Google Maps. Ini mengarah ke pelokalan yang lebih akurat, memberikan preferensi pada hasil di dekat lokasi pengguna. Selain juga bertujuan untuk membuat hasil lokal lebih relevan dan berkualitas lebih tinggi, dengan mempertimbangkan faktor peringkat organik.

 

Baca Juga  :    Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Dengan Mudah dan Cepat

 

HTTPS / SSL

Untuk menggarisbawahi pentingnya keamanan, Google memutuskan untuk memberikan sedikit peningkatan peringkat ke situs yang menerapkan HTTPS dengan benar untuk membuat koneksi antara situs web dan pengguna aman. Pada saat itu, HTTPS diperkenalkan sebagai sinyal peringkat yang ringan. Namun Google telah mengisyaratkan kemungkinan menjadikan enkripsi lebih penting, begitu webmaster memiliki waktu untuk menerapkannya.

 

Mobile Update

Industri SEO menjuluki pembaruan Google ini disebut juga Mobilegeddon karena mereka pikir itu akan mengubah hasil pencarian. Pada tahun 2015, lebih dari 50% kueri penelusuran Google berasal dari perangkat seluler, yang mungkin mengarah pada pembaruan ini. Mobile Update akan memberi situs ramah seluler keunggulan peringkat dalam hasil penelusuran seluler Google. Terlepas dari julukannya yang dramatis, pembaruan seluler tidak langsung mengacaukan peringkat kebanyakan orang meski ini adalah perubahan penting yang menandai semakin pentingnya seluler.

 

RankBrain

RankBrain adalah algoritma Google yang canggih, menggunakan pembelajaran mesin untuk menangani kueri. Algoritma ini dapat membuat tebakan tentang kata-kata yang tidak diketahuinya, untuk menemukan kata-kata dengan arti yang mirip dan kemudian menawarkan hasil yang relevan. Cara kerja algoritma RankBrain adalah dengan menganalisis penelusuran sebelumnya, menentukan hasil terbaik, untuk meningkatkannya.

Rilisnya menandai langkah besar lainnya bagi Google untuk menguraikan makna di balik penelusuran dengan lebih baik, dan menyajikan hasil yang paling cocok. Pada Maret 2016, Google mengungkapkan bahwa RankBrain adalah salah satu dari tiga sinyal peringkat terpentingnya. Tidak seperti faktor peringkat lainnya, Anda tidak dapat benar-benar mengoptimalkan RankBrain dalam pengertian tradisional, selain dengan menulis konten berkualitas. Namun demikian, dampaknya pada halaman hasil tidak dapat disangkal.

 

Possum

Bulan September 2016 membuat pembaruan lokal lainnya yakni pembaruan algoritma Google Pembaruan Possum menerapkan beberapa perubahan pada filter peringkat lokal Google untuk lebih meningkatkan penelusuran lokal. Setelah Possum, hasil lokal menjadi lebih bervariasi, lebih bergantung pada lokasi fisik pencari dan frase kueri. Beberapa bisnis, yang tidak berhasil dalam penelusuran organik, merasa lebih mudah untuk menentukan peringkat secara lokal setelah pembaruan ini. Ini menunjukkan bahwa pembaruan ini membuat penelusuran lokal lebih independen dari hasil organik.

 

Mobile Speed Update

Mengakui banyaknya kebutuhan pengguna akan pengiriman informasi yang cepat, Google menerapkan pembaruan ini yang menjadikan kecepatan halaman sebagai faktor peringkat untuk penelusuran seluler, seperti yang telah terjadi pada penelusuran desktop. Pembaruan ini sebagian besar telah memengaruhi situs dengan versi seluler yang sangat lambat.

 

Baca Juga  :     Google Workspace : Pengertian, Fungsi, Aplikasinya, dan Keunggulannya

 

Medic

Pembaruan algoritma inti yang luas ini menyebabkan kehebohan bagi mereka yang terpengaruh, yang menyebabkan beberapa pergeseran peringkat. Meskipun jumlah situs Medic yang relatif tinggi dipukul dengan peringkat lebih rendah, pembaruan tidak hanya ditujukan pada situs tersebut dan tidak jelas apa tujuan tepatnya. Ini mungkin merupakan upaya untuk lebih mencocokkan hasil dengan maksud penelusur, atau mungkin bertujuan untuk melindungi kesejahteraan pengguna dari apa yang diputuskan oleh Google mengenai informasi yang tidak dapat dipercaya.

 

Bert

Pembaruan algoritma Google ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk lebih memahami kueri penelusuran, menafsirkan teks, mengidentifikasi entitas, dan hubungan antar entitas. Meski pengguna telah melihat pembaruan Panda, Hummingbird, dan RankBrain menjauh dari kata kunci, dan pembaruan BERT adalah puncak dari upaya ini untuk memungkinkan Google dalam memahami lebih banyak nuansa dalam kueri dan hasil penelusuran.

 

Kesimpulan dan Penutup

Google telah mengklaim memperbarui algoritma pencariannya beberapa ribu kali per tahun. Di sebagian besar kasus, pembuatan algoritma Google terlalu kecil untuk diperhatikan oleh yang banyak terpengaruh olehnya. Namun, sesekali Google memperkenalkan perubahan yang begitu mendasar, sehingga mengganggu cara banyak orang melakukan SEO selamanya. Google sendiri semakin maju sejak awal 2010-an dan pembaruan besar awal dalam dekade ini difokuskan pada memerangi hasil yang berisi spam dan situs yang mencoba menipu sistem.

Tapi seiring berjalannya waktu, pembaruan berkontribusi lebih dan lebih pada hasil penelusuran yang bertujuan untuk memberikan desktop, seluler, dan penelusur lokal apa yang mereka cari. Jelas, faktor peringkat pengalaman halaman akan cocok dengan baik di sana. Sementara algoritma telah maju untuk memulai, penambahan selama bertahun-tahun, termasuk pembelajaran mesin dan NLP, membuatnya benar-benar canggih.

Dengan fokus berkelanjutan tampaknya Google Search akan terus memfokuskan algoritmanya untuk menyempurnakan interpretasi kueri penelusurannya dan mengatur gaya halaman hasil yang sesuai. Tampaknya itulah fokus mereka saat ini yang bekerja menuju misi mereka yakni untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal. Tapi apa pun arahnya, mendapatkan hasil terbaik dan bekerja untuk membangun situs Anda menjadi yang luar biasa akan selalu menjadi cara terbaik bagi setiap algoritma.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update