Membuat Website Anda 
Mudah Ditemukan Secara 
Organik (SEO)

Membuat Website Anda 
Mudah Ditemukan Secara 
Organik (SEO)

Jika Anda lihat, dalam satu halaman hasil pencarian terdapat beberapa hasil pencarian organik yang muncul. Hasil ini diperoleh tidak secara acak, namun dengan kerja mesin pencari untuk menentukan konten website yang paling relevan. Kabar baiknya Anda dapat melakukan sesuatu untuk membuat website Anda muncul dengan baik pada hasil pencarian organik, yaitu melalui Search Engine Optimization (SEO).

Baca Juga : Perbedaan Google Adwords dan SEO

SEO membantu mesin pencari memahami apa yang Anda tawarkan. Itu berarti, ketika seseorang mencari menggunakan kata atau frase yang berhubungan dengan bisnis Anda, website Anda lebih mungkin untuk muncul dalam hasil mereka.

Apa itu SEO? SEO adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian organik dari mesin pencari, dengan target utama yaitu muncul paling atas (peringkat pertama) pada hasil pencarian organik. Mengapa penting website Anda muncul pada peringkat pertama/awal dalam hasil pencarian di halaman pertama? Karena tentunya akan lebih banyak klik (atau kunjungan) dari para pengguna internet ke situs Anda tersebut, dibandingkan jika situs Anda tidak muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari. Lalu apa pentingnya bagi bisnis Anda?

Bayangkan sebagai skema berikut:

SEO akan meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian organik. Semakin banyak pengguna yang meng-klik ke website Anda dan mencari informasi di dalam website Anda, berarti Anda memperoleh traffic (lalu lintas) pengguna yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda.

Karena SEO dilakukan dengan meningkatkan kualitas relevansi konten pada website dengan kata kunci pencarian, Anda akan memperoleh pengunjung dengan minat tinggi, sehingga pengunjung Anda dapat berkunjung kembali ke website Anda (Karena informasi yang berguna), meningkatkan kepercayaan pada brand bisnis Anda,(konversi) Anda akan memperoleh semakin banyak pengunjung yang memutuskan untuk membeli produk bisnis Anda (transaksi). Tentunya popularitas dan otoritas website bisnis Anda akan semakin meningkat sehingga memudahkan untuk calon pelanggan baru Anda menemukan bisnis Anda.

Lalu, bagaimana sebenarnya SEO bekerja?

Mesin pencari memiliki formula, atau algoritma, yang membantu mereka memesan daftar hasil. Mesin pencari terus-menerus menjelajahi web untuk konten baru dan mencoba untuk memahami itu, untuk menyajikan hasil yang terbaik, mesin mencari informasi sebanyak mungkin tentang website.
Dalam sistem kerja SEO, mesin pencari mempertimbangkan hal-hal berikut: Mereka mungkin melihat bagaimana situs itu populer, atau apa yang orang lain atau situs katakan tentang website Anda.

Baca Juga : Mengenal Cara Kerja Mesin Pencari – Google

Mereka mungkin mempertimbangkan kata-kata di halaman web atau kata kunci dalam kode halaman untuk lebih memahami topik. Setiap komponen ini akan membantu mesin pencari menemukan yang paling cocok untuk pencarian Anda. Saat ini mesin pencari juga dapat mempertimbangkan lokasi geografis penelusur, sehingga kemungkinan hasil pencarian antar menampilkan hasil pencarian yang lokasinya lebih dekat ke penelusur. Dengan demikian optimasi yang kita lakukan akan berkaitan dengan tiga poin tersebut.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update