Mengenal Apa itu Addon Domain : Defenisi, Fungsi, Keuntungan

Mengenal Apa itu Addon Domain : Defenisi, Fungsi, Keuntungan

Para millenial kini dihadapkan pada kenyataan teknologi, dengan adanya teknologi ini kini kita ditutut serba cepat. Misalnya untuk membangun bisnis saat ini, diperlukan sebuah aplikasi atau website yang mampu support dalam memenuhi kebutuhan kita sehari – hari.

Untuk memesan ojek, saat ini kita lebih memilih menggunakan aplikasi pemesanan ojek online seperti : Gojek, Grab, Maxim. Selain harganya lebih murah, kita juga dapat memperkirakan biaya perjalanan sesuai jauh dekatnya tempat yang dituju.

Maka tak jarang, banyak sekali bermunculan startup yang menawarkan solusi untuk kehidupan masyarakat. Bisnis di perusahaan digital saat ini tengah marak terjadi terutama di Indonesia.

Nah, seperti website traveloka, nama domain traveloka untuk aplikasi website perjalanan ke berbagai negara. Namun ada berapa domain kah dalam sebuah website? Yuk simak penjelasan berikut ini.

 

Apa Itu Addon Domain ?

 

Addon Domain adalah domain yang ditambahkan pada hosting yang sebelumnya sudah ada domain yang terpasang. Jadi Addon Domain merupakan domain kedua, ketiga, dan seterusnya. Fungsi Addon Domain untuk apa? Berikut keuntungan atau fungsi Addon Domain yang bisa Anda manfaatkan.

 

  • Pada saat membuat Addon Domain maka beberapa akun seperti File Transfer Protocol (FTP) akan dibuat secara otomatis.
  • Tidak perlu membeli hosting baru untuk membuat website pada domain baru.
  • Terbuat folder baru pada public_html yang dibuat khusus untuk meletakkan file Addon Domain website, sehingga terpisah dengan domain utama.

Dikarenakan Addon Domain adalah menambahkan domain baru ke hosting yang sudah ada domain sebelumnya, maka resource yang ada juga dibagi menjadi dua. Semua resource seperti disk space, bandwidth, dan lain sebagainya dibagi menjadi dua.

Meskipun dibagi menjadi dua cPanel hanya tetap ada satu, jadi Addon domain tidak mempunyai akses ke cPanel. Akses cPanel hanya bisa dilakukan menggunakan akun domain utama.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Travel dengan Tanpa Modal

 

Perbedaan Addon Domain dengan SubDomain

 

Pada bagian ini akan saya coba tuliskan mengenai Subdomain dan apa perbedaan Subdomain dengan Addon Domain. Dikarenakan beberapa pengguna terkadang salah atau bingung membedakan antara Addon Domain dengan Subdomain.

Addon Domain adalah domain baru yang ditambahkan pada hosting dan mempunyai Uniform Resource Locator (URL) yang berbeda dengan domain utama. Sedangkan, subdomain adalah domain baru yang masih menjadi bagian dari domain utama. Jadi URL yang digunakan masih mengandung domain utama.
Sebagai contoh, cerita sederhananya seperti ini:

Secara sekilas, hampir sama saja dengan Addon domain, karena sama-sama membuat folder baru di public_html. Namun, ada perbedaan yang cukup membedakan antara dua tipe domain ini. Berikut adalah tabel perbedaan antara kedua domain tersebut.

 

Addon Domain
-Akun FTP dibuat pada saat menambahkan Addon Domain.
-Addon adalah domain yang terpisah dengan domain utama. Jika domain utama tidak bisa diakses, -Addon Domain tetap bisa diakses.
-Tidak bisa ditambahkan pada URL yang sama dengan domain utama.

Subdomain
-Tidak ada kun FTP yang dibuat, akun FTP sama dengan akun domain utama.
-Jika domain utama mati, maka semua subdomain tidak bisa diakses.
-Dapat ditambahkan pada URL yang sama dengan domain utama, seperti www.ekoblogger.com/pembayaran.
-Sedangkan ada dua jenis domain lain yaitu parked domain. Parked domain atau biasa juga disebut dengan parking domain adalah domain yang ditempelkan pada domain utama. Akibatnya pada saat domain yang diparkingkan jika diakses akan menampilkan sama seperti web domain utama.

 

Keuntungan Addon Domain

 

Setelah mengetahui tentang pengertian add on, berikutnya akan dijelaskan beberapa keuntungan menggunakan add on domian. Kemungkinan, dengan mengetahui keuntungan ini Anda akan tertarik menggunakannya dan mengetahuinya lebih dalam. Berikut informasinya,

 

  1. Tidak Perlu Membuat Account Hosting Baru

    Satu keuntungan menarik yang bisa dimilikki adalah Anda tidak perlu sulit untuk membuat hosting baru saat menggunakan add on. Tentunya hal ini memudahkan, karena pembuatan account hosting baru membutuhkan waktu panjang dan dana lebih.

  2. Menggunakan Resource yang Sama

    Apakah website baru akan memiliki resource yang sama dengan website lama? Jika Anda menggunakan layanan add on, tentunya hal itula yang terjadi. Karena inilah keuntungan yang akan didapat saat menggunakan add on domain. Jadi, masalah space, bandwith dan yang lainnya akan sama seperti website utama.

  3. Dapat Diakses Menggunakan Beberapa Alamat

    Menariknya lagi, menggunakan add on rupanya membantu Anda untuk mengaksesnya dari mana saja. Artinya, tersedia berbagai alamat berbeda yang akan mengantarkan pengunjung website ke tempat yang sama. Hal ini tentu memudahkan pemilik website yang memiliki target penjualan dan pengunjung di setiap bulannya. Karena dengan beberapa alamat, pengunjung akan diantarkan ke satu tujuan yang sama.

  4. Memiliki Fitur yang Dibuat Secara Otomatis

    Masih berbicara tentang keuntungan dari add on, rupanya add on memiliki fitur-fitur menarik yang siap digunakan. Diantaranya, FTP Manager, Cgi-bin, website statistic dan fitur lainnya. Menariknya, semua fitur yang diberikan ini akan terpasang secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan untuk memasangkan fitur itu secara manual.

 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapat setelah menggunakan add on domain pada website. Masih terdapat pertanyaan lainnya? Tenang, karena kami belum usai memuaskan Anda dengan informasi lainnya. Pada kesempatan berikutnya akan dibahas tentang fungsi penggunaan add on.

 

Kelemahan Addon Domain

 

Sesuai konsep Addon Domain sendiri yaitu share dalam penggunaan resourcenya (space dan bandwidth) dengan domain utama. Maka dari itu, salah satu dari domain utama atau dari domain addon tidak boleh memakan terlalu banyak resource (overquota) dalam bandwidth maupun space.

Jika memakan terlalu banyak bandwidth sehingga bandwidth bulanan hosting utama habis sebelum tanggal rollback, maka domain utama akan terkena suspensi, yang artinya domain addonnya pun ikut tersuspensi. Suspensi disini artinya website tidak bisa diakses hingga dilakukan penambahan atau hingga awal bulan depan bandwidth dirollback (dikembalikan meter penggunaannya ke nol).

Selain bandwidth, jika space yang dipergunakan berlebih hingga memenuhi disk space usage domain utama, maka akan mengganggu aktivitas berkirim email anda. Seluruh email yang masuk ke akun anda akan direject dikarenakan space anda penuh.

Penyebab dari kasus diatas adalah saat ini memang tidak ada fitur untuk mengontrol berapa besar domain addon boleh menggunakan resource domain utama. Sehingga tergantung pada anda pengguna Addon Domain untuk menyeimbangkan penggunaannya.

Selain uraian diatas, masalah berikutnya adalah seperti yang kita ketahui bersama bahwa domain addon tidak memiliki panel control (cpanel) sendiri. Adapun cpanelnya adalah cpanel dari hosting domain utama.

Contoh ilustrasi yang sering timbul karena masalah diatas misalnya bagi anda webmaster yang menempatkan website klien anda sebagai addon hosting klien anda yang lain. Misalnya saja jika sewaktu-waktu terjadi pemutusan, suatu hal yang umum bagi seorang webmaster, maka administrasi website otomatis akan diserahkan pada klien.

Dimana klien harus diinfokan login cpanel dari hosting domain miliknya untuk kedepannya pemeliharaan content dilakukan oleh klien anda. Bisa dibayangkan bagaimana rumitnya anda harus melakukan pemindahan website klien tersebut yang merupakan domain addon menjadi hosting domain utama.

Atau tidak perlu rumit, anda bisa saja memberikan login cpanel hosting utama, tetapi bisakah anda menjamin keamanan data milik hosting utama? Menyambung uraian diatas, kasus tersebut bisa juga berlaku jika hosting domain utama memutuskan untuk berhenti berlangganan hosting, sementara di dalamnya terdapat domain addon klien anda yang lain. Tentu saja, domain addon tersebut harus dijadikan hosting utama agar tetap bisa melanjutkan berlangganan.

Baca Juga : Potensi Bisnis Hosting yang Menjanjikan Untuk Anda

 

Kesimpulan dan Penutup 

Domain merupakan hal yang sangat penting dalam membuat website, jika tidak ada domain maka kita akan sibuk menghafal ratusan bahakan ribuan angka yang berbeda tiap websitenya. Maka, dari itu penting bagi anda memiliki nama domain jika ingin mempunyai sebuah blog atau bisnis maupun perusahaan.

Anda dapat menambahkan domain anda menjadi sub domain jika anda ingin mempunyai lebih dari satu domain dalam sebuah website. Biasanya Addon Domain digunakan dengan Akun FTP dibuat pada saat menambahkan Addon Domain. Bahkan, Addon adalah domain yang terpisah dengan domain utama. Jika domain utama tidak bisa diakses.

Bagi anda sobat mincloud yang ingin mempunyai membeli domain atau belum mempunyai website bisa melakukan pemesanan di Layanan IDCloudHost. Costumer Service yang bekerja 24 jam / 7 hari akan membantu anda dalam melakukan pembelian maupun tanya jawab seputar website, vps, maupun email dengan sigap.

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update