Potensi Bisnis Hosting yang Menjanjikan Untuk Anda

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Ditengah pesatnya kemajuan teknologi dan berkembangnya era digital, membuat manusia cenderung bergantung kepada teknologi seperti internet untuk mendukung aktivitas keseharian mereka. Termasuk pada penggunaan blog ataupun website yang semakin hari semakin ramai sehingga membuka peluang bisnis hosting yang sangat menjanjikan.

Blog atau website semakin banyak digunakan oleh banyak orang sebagai media untuk menjalankan usaha mereka atau sebagai media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk-produk usaha mereka. Dan karena banyaknya penggunaan website itulah mau tidak mau pemilik website dan blog harus menggunakan hosting sebagai dasar dari website mereka. Dan inilah yang membuat bisnis hosting menjamur semakin banyak.

Definisi Web Hosting dan Pentingnya Layanan Bisnis Hosting

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai bisnis hosting, agaknya Kita perlu terlebih dahulu mengetahui apa itu web hosting dan seberapa pentingnya layanan ini. Hosting dapat diartikan sebagai media atau tempat yang digunakan untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website.

Data yang tersimpan di dalam website tersebut terdiri atas berbagai macam data seperti file, gambar, email, ataupun aplikasi. Dan data-data tersebut memerlukan hosting agar website yang dimiliki bisa diakses oleh banyak orang dan agar sebuah website bisa menjadi sebuah website yang utuh.

Baca Juga : Apa itu Domain, Hosting, dan VPS ?

Untuk itulah diperlukan sebuah komputer yang sering disebut sebagai server untuk berperan menjadi hosting dari website yang dimiliki, tentunya komputer yang dimiliki harus memiliki konektivitas atau kecepatan internet yang sangat tinggi agar proses hosting dari sebuah website berjalan lancar terus tanpa ada masalah di tengah prosesnya.

Setelah itu, mungkin akan muncul pertanyaan, jika hanya digunakan untuk mengatur file-file saja, bukankah bisa hanya dengan menggunakan komputer pribadi tanpa harus menggunakan layanan bisnis hosting?Memang hal itu bisa dilakukan, kita bisa menggunakan komputer pribadi kita untuk berperan sebagai hosting.

Akan tetapi tentu hasil yang didapatkan akan sangat jauh berbeda ketika kita menggunakan jasa layanan bisnis hosting untuk memberikan hosting pada website yang Kita miliki. Ada beberapa hal yan menyebabkan perbedaan tersebut :

1. Aliran listrik yang stabil

Aliran listrik akan menjadi faktor utama apakah sebuah komputer bisa selalu diandalkan atau tidak. Dan tentunya Kita akan memerlukan pasokan listrik yang stabil apabila ingin proses pengaturan pada website kita juga selalu stabil. Jika menggunakan komputer pribadi yang ada di rumah, pasokan aliran listrik yang ada bisa tidak stabil dan mengakibatkan proses hosting dari website kita akan terhambat.

Namun hal itu tidak akan terjadi ketika kita menggunakan layanan bisnis hosting, Hal ini disebabkan karena hampir disetiap layanan hosting akan mendukung adanya mesin generator yang memadai, yang dapat menjamin terjaganya server website Kita dalam keadaan selalu hidup bahkan dalam kondisi adanya pemadaman listrik dari perusahaan penyedia listrik seperti PLN.

2. Koneksi internet yang kuat dan cepat

Selain aliran listrik, konektivitas internet dan kecepatannya juga menjadi suatu hal yang penting dalam urusan hosting website. Jika menggunakan komputer pribadi, mungkin konektivitas juga bisa terbilang cepat, akan tetapi konektivitas internet yang ada tentu tidak akan stabil seperti yang disediakan oleh layanan bisnis hosting.

Layanan yang diberikan bisnis hosting akan mampu menjamin kecepatan internet yang dimiliki oleh sebuah server untuk mengatur hosting dari website yang kita miliki. Dan inilah yang menyebabkan perbedaan antara komputer pribadi dan menggunakan layanan web hosting.

3. IP statis

Ketika menggunakan layanan web hosting, alamat IP yang kita dapatkan akan selalu statis. Dan hal ini akan sangat berbeda ketika kita menggunakan komputer pribadi yang ada dirumah yang mana IP yang ada akan bersifat dinamis. Jika IP dalam keadaan statis, usaha pencarian website yang dilakukan oleh pengunjung website kita akan jauh lebih mudah dibanding IP yang bersifat dinamis.

Lebih Dalam Mengenal Bisnis Hosting

Bisnis hosting sendiri dapat diartikan sebagai usaha yang memfokuskan dirinya bergerak dalam bidang penyediaan hosting untuk keperluan website ataupun blog bagi banyak orang. Bisnis ini seperti yang telah disinggung sebelumnya mengalami peningkatan baik dari segi peminat ataupun pengguna dikarenakan kebutuhan yang semakin hari semakin pesat dalam dunia website.

Baca Juga : Mengapa Domain Penting untuk Bisnis ?

Selain itu, penyedia jasa bisnis hosting juga sangat mudah untuk ditemui karena memang berkembang sangat banyak seperti jamur di musim hujan. Anda bisa menemukannya melalui iklan-iklan yang seringkali muncul di media sosial populer seperti instagram, twitter, ataupun penelusuran Google.

Bisnis hosting selain berkembang pesat karena kebutuhan akan dunia website yang semakin banyak, juga dimungkinkan karena ketertarikan akan banyak orang terhadap bisnis ini karena tidak memerlukan banyak syarat, kebutuhan teknis, skill, dan modal yang sangat banyak, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencoba peruntungan mereka sebagai penyedia jasa hosting.

Untuk memulai bisnis hosting, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan:

  1. Miliki pengetahuan mengenai hosting.
  2. Modal teknis yang cukup berupa alat-alat penunjang masalah server dan website.
  3. Media promosi dan pemasaran yang luas.
  4. Niat dan kemauan keras untuk terus bekerja.

Ke empat poin tersebut merupakan hal dasar yang harus Anda penuhi ketika Anda ingin mulai mencoba peruntungan pada dunia bisnis hosting yang menguntungkan akan tetapi memerlukan kerja keras, kemauan, ketelitian, dan usaha yang luar biasa untuk bisa mencapai hasil yang maksimal. Jangan mudah menyerah ketika mencoba bisnis ini karena memang usaha yang dikeluarkan akan tidak mudah, tapi tentunya hasil yang ada akan sangat berbanding lurus dengan kerasnya usaha.

IDcloudhost juga mempunyai kesempatan yang bisa Anda gunakan untuk bisa mempunyai bisnis Hosting salah satunya adalah bisa menjadi Reseller Hosting Murah dan Juga mengikuti Program Affiliate dari IDCloudhost. Nah prosesnya juga sangat gampang untuk Anda ikuti tanpa harus mengetahu perihal teknis lebih dalam. Jika butuh bantuan jangan ragu untuk menghubungi tim IDCloudhost.

Related Post :

popup image