Mengenal Apa Itu Anchor Text?

Mengenal Apa Itu Anchor Text?

Jika Anda ingin berkarir sebagai SEO specialist ataupun baru memulai bergerak di bidang kepenulisan mungkin Anda pernah mendengar atau menggunakan seputar anchor text pada sebuah artikel. Tak jarang juga jika Anda sedang membaca artikel di internet, anchor text juga cukup sering muncul pada beberapa paragraf yang akan menghubungkan Anda pada artikel atau hal yang relevan lainnya.

Singkatnya,anchor text adalah sebuah link yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya. Penggunaan dari anchor text sendiri telah digunakan secara luas dalam sebuah SEO karena cukup membantu dalam meningkatkan traffic sebuah website. Nah pada artikel ini akan dijelaskan pengertian yang lebih mendalam mengenai Anchor Text. Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu Anchor Text ?

Anchor text adalah sebuah Hyperlink atau tautan yang terdapat dalam sebuah teks atau artikel yang menghubungkan antara satu halaman dengan halaman lainnya baik pada website yang sama maupun berbeda. Teks akan secara khusus memiliki tampilan yang berbeda daripada teks yang biasa. Perbedaan yang menonjol pada anchor text diantaranya seperti warna teks yang berbeda, tulisan memiliki format bold atau italik, Dan adanya sedikit perbedaan ukuran.

Biasanya penggunaan ini dilakukan untuk memberikan sumber referensi tambahan atau memberikan konten yang relevan. Dengan adanya teks tersebut Anda mampu untuk mencari sumber informasi yang berbeda namun tetap memiliki topik yang sama. Hal ini biasanya membantu para pemilik website untuk menuntun pengguna mengklik pada produk yang dimilikinyadimiliknya dan menambah jumlah pembaca pada artikel lainnya.

Bentuk dari anchor text memiliki banyak jenisnya, hal tersebut dapat disesuaikan dengan bagaimana gaya website Anda memberikan informasi. Yang terpenting adalah penggunaan tautan ini haruslah mampu menangkap perhatian pembaca dan menghindari spam. Apabila teks tautan digunakan secara berlebihan maka pembaca juga akan merasa malas mengkliknya dan mungkin akan langsung meninggalkan website Anda.

Penggunaan cara ini juga akan membantu website atau artikel Anda memasuki rekomendasi pencarian teratas pada mesin google. Tentunya Anda harus menggunakan teks ini dengan efektif dan tidak berlebihan. Penggunaan yang tidak tepat dan berlebihan akan mempengaruhi peringkat Anda dari mesin pencarian. Itulah mengapa anchor text juga memainkan peran penting dalam penggunaan SEO.

Baca Juga: Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Anchor Text

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa teks tautan ini memiliki banyak jenis. Teks tersebut juga dapat dimodifikasi dalam berbagai bentuk sesuai dengan penempatan yang tersedia pada website Anda. Berikut beberapa jenis yang bisa Anda terapkan pada website Anda.

1. Branded Text

Pertama, jenis teks tautan ini adalah memberikan atau menempatkan sebuah link secara langsung terhadap teks yang mereferensikan sebuah produk. Kemudian pengguna atau pembaca akan secara langsung mampu mengakses produk yang dituju. Hindari menggunakan link ini pada konteks yang cukup rancu.

2. Exact-match Text

Kemudian, pada penggunaan tautan teks jenis yang satu ini adalah dengan menempatkan link sesuai persis dengan judul halaman yang dituju. Misalnya saja Anda ingin menempatkan teks anchor pada artikel atau postingan “Cara Membuat Website” maka Anda benar-benar menempatkan link dengan kata-kata yang persis “Cara Membuat Website”

3. Partial Match

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, kata kunci yang digunakan dalam tautan teks ini sedikit memodifikasi atau mengubah dari nama judul yang aslinya. Disini berguna untuk memancing pembaca untuk mengunjungi artikel yang relevan. Misalnya saja Anda ingin menempatkan link artikel yang berjudul “Aplikasi edit foto terbaik”, maka Anda bisa membuat teks anchor dengan teks “aplikasi edit foto terbaik untuk android”

4. Naked Link

Selanjutnya adalah jenis naked link. Dimana pada jenis ini merupakan bentuk tautan yang paling umum diantara yang lainnya. Jenis memperlihatkan bentuk tautan secara langsung tanpa menempatkannya pada teks apapun yang ada di dalam artikel.

5. Generic Anchor Text

Bentuk atau jenis tautan ini berisi kalimat imperatif atau perintah langsung untuk mengajak pembaca men-klik tautan tersebut. Contohnya bentuk tautan ini disematkan pada kalimat perintah seperti “Klik disini” atau “Download disini”.

Baca Juga: Rekomendasi Text Editor Terbaik untuk Coding

Manfaat Menggunakan Anchor Text

Penggunaan anchor text sudah cukup umum digunakan bagi para pemilik website terutama yang berfokus penjualan sebuah produk. Hal tersebut dilakukan agar pembaca mampu melirik produk yang relevan dengan keinginan mereka setelah membaca artikel. Tautan teks tersebut terkadang digunakan untuk menghubungkan ke artikel lainnya agar menambah waktu kunjung pengguna di website tersebut.

Teks jenis ini juga membantu pemilik website untuk membangun SEO on-page yang jauh lebih efektif. Hal ini juga akan meningkatkan peringkat website sehingga menjadi hasil pencarian teratas menurut Google Ranking. Penggunaan jenis tautan ini juga mampu berfungsi untuk mendongkrak artikel-artikel yang telah lama dibuat agar kembali muncul ke permukaan dengan bantuan Anchor dari artikel yang terbaru.

Akan tetapi, penggunaan yang berlebihan juga akan menjadi masalah baru. Menggunakan lima atau lebih teks tautan ini akan dinilai sebagai spam dan google akan secara otomatis tidak akan menempatkan Website Anda pada pencarian teratas. Dan jika tidak dibenahi maka website Anda akan semakin tenggelam dan jauh dari pantauan pembaca.

Cara Membuat Anchor Text

anchor text

Mungkin bagi Anda yang baru memahami atau mengenali jenis teks satu ini maka Anda bisa mengikuti beberapa langkahnya penerapannya dengan baik dibawah ini. Perlu diketahui bahwa semakin Anda membuatnya bervariasi maka akan semakin tinggi juga potensi artikel Anda untuk diangkat pada mesin pencarian google.

1. Hubungkan Pada Artikel yang Relevan 

Memberikan referensi suatu artikel atau produk yang relevan akan membuat pembaca lebih mempercayai tulisan Anda. Pasanglah sebuah tautan yang memiliki objek atau tema yang sejenis atau dengan artikel Anda sehingga pengguna akan jauh lebih betah untuk berkunjung di website Anda.

2. Jangan Gunakan Click Bait

Hampir sama dengan poin sebelumnya, jangan gunakan anchor text pada konteks artikel yang berbeda yang berbeda dari sebelumnya. Misalnya saja Anda membuat artikel yang mengangkat tema teknologi, namun Anda tautan teks yang menuju ke bidang kuliner atau kesehatan, tentunya pembaca akan merasa aneh dan tidak akan berkunjung lama di website Anda.

3. Hindari Menggunakan Kata Kunci Yang Umum

Diusahakan Anda tidak menggunakan tautan teks pada kata-kata yang bersifat umum. Hal itu akan menyebabkan pengguna merasa kesusahan dengan konteks yang Anda berikan. Buatlah kata-kata kunci yang spesifik atau khusus agar pembaca mampu segera mengetahui apa yang ingin disampaikan pada tautan yang Anda berikan.

4. Hindari Melakukan Spam 

Meskipun hal ini akan membantu meningkatkan peringkat pencarian artikel Anda di google dan menambah waktu kunjungan pada website, namun jangan sampai menggunakannya secara berlebihan. Gunakanlah tautan yang secukup nya dan benar-benar relevan terhadap topik pembahasan yang ada di artikel.

Tentunya pembaca akan merasa muak atau kesusahan jika terdapat banyak sekali hyperlink pada sebuah teks. Tidak hanya akan berpengaruh pada SEO, hal itu juga akan mengurangi popularitas dan jumlah traffic pengunjung pada website Anda.

5. Gunakan Penandaan Khusus 

Terakhir untuk membuat anchor text adalah Anda harus menggunakan teks tautan dengan memberikan tanda khusus pada teksnya. Menambahkan seperti Underline, Bold, ataupun Italic akan membantu pengguna untuk mengenali tautan yang akan Anda berikan.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Text Editor untuk Programmer

Penutup

Itulah pengertian seputar anchor text dan beberapa jenisnya yang mampu Anda terapkan ketika menulis artikel. Penggunaan teks ini juga merupakan salah satu faktor dalam penerapan tulisan SEO yang. Dengan ini website Anda akan berpotensi untuk memiliki banyak pengunjung dan menambah popularitas website Anda dengan jauh lebih baik lagi.

Tentunya ketika website Anda semakin memiliki banyak pengunjung dan memiliki banyak pembaca akan memerlukan provider hosting yang baik. Dengan ID Cloud Hosting menawarkan Cloud Hosting untuk membantu website Anda dengan layanan hosting tercepat dan bantuan pengguna hingga 24/7 jam. Order sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update