Mengenal Apa Itu CLI? Pengertian dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu CLI? Pengertian dan Fungsinya

Jika Anda pernah melakukan interaksi berupa pemberian perintah dengan komputer melalui teks, maka Anda tentu sudah mengenal istilah CLI. Berbeda dengan GUI atau Graphical User INterface yang memakai ikon dan menu dalam menjalankan perintahnya, CLI merupakan program antarmuka pengguna yang dapat dipakai dalam memberikan instruksi bagi perangkat komputer dalam bentuk teks. Dalam artikel ini akan dipaparkan lebih rinci mengenai CLI dan fungsinya bagi kemudahan pekerjaan Anda nantinya.

Pengertian CLI

CLI adalah singkatan dari Command Line Interface. Secara sederhana, CLI adalah program yang membantu pengguna untuk memberikan perintah dalam bentuk teks, sehingga sistem komputer nantinya bisa menjalankan tugas tertentu. CLI pertama kali diterapkan pada tahun 1960-an. Mulanya proses pengetikan teks instruksi hanya dilakukan melalui keyboard. Sistem yang dipakai CLI adalah MS-DOS yang berperan sebagai interface standar pengguna. Seiring berjalan waktu, penggunaan keyboard dalam pemberian perintah CLI memiliki risiko kesalahan yang tinggi.

Hal ini mengakibatkan munculnya mouse. Mouse yang telah menggunakan metode point dan click pun dapat menjadi cara baru dalam membangun komunikasi antara pengguna dan komputer. Meskipun telah adanya keberadaan mouse, CLI masih digunakan dalam pemberian perintah berupa teks terhadap sistem operasi komputer pada saat itu.

Basis teks pada CLI ini biasanya dipakai untuk menjalankan baris perintah, antarmuka pengguna konsol, dan antarmuka pengguna karakter. Sistem kerjanya, program ini akan melakukan perintah input, dipanggil pada prompt dan dijalankan oleh sistem komputer.

Baca juga: Tutorial Cara Menggunakan WordPress CLI (Command Line Interface) – IDCloudHost

Fungsi CLI

CLI memberikan banyak fungsi dan manfaat penting dalam mendukung komunikasi antara pengguna dan sistem operasi komputernya. Jika Anda menggunakan CLI, maka Anda dapat melakukan tugas yang lebih kompleks secara cepat dan efisien melalui perintah teks yang Anda ketikkan. Berikut akan dipaparkan fungsi CLI lebih rinci:

Melakukan Eksekusi Tugas yang Kompleks

CLI dapat membantu Anda dalam melakukan tugas yang lebih kompleks dan canggih. Ketika Anda mengetikkan teks yang sesuai, maka Anda dapat menjalankan berbagai operasi. Misalnya pengelolaan file, pengaturan konfigurasi sistem, dan menjalankan sebuah program khusus. CLI ini juga akan memungkinkan Anda menjalankan perintah di beberapa komputer secara bersamaan. Hal ini berguna dalam pengelolaan jaringan komputer Anda.

Melakukan Kontrol yang Lebih Besar

Pengguna dapat pula melakukan kontrol yang lebih besar terhadap sistem operasi atau program yang sedang dijalankan. Anda dapat melakukan manipulasi file, melakukan pengubahan pengaturan, dan melaksanakan perintah berdasarkan kebutuhan Anda. Dalam hal ini tentunya telah menunjukkan bahwa CLI membantu Anda dalam melakukan akses fitur dan fungsi yang tidak disediakan oleh GUI.

Melakukan Pengembangan dan Administrasi Sistem

Para pengguna profesional biasanya menggunakan CLI dalam melaksanakan tugas yang canggih. Biasanya mereka melakukan proses otomatisasi, scripting, dan memecahkan masalah yang didalamnya terdapat instruksi atau perintah yang sangat kompleks. Dalam hal ini, CLI dapat dianggap sebagai alat yang sangat berguna dalam menjalankan berbagai tugas sistem komputer.

Sistem Kerja CLI

Pertama kali Anda membuka CLI, maka Anda akan menemukan layar kosong dengan tampilan command prompt. Setelahnya Anda dapat mengetikkan perintah yang Anda inginkan. Setelah berhasil menjalankan instruksi, maka execute akan menampilkan aplikasi berbentuk teks maupun grafis. Selanjutnya, ada program batch atau file batch/script shell yang akan menampilkan rangkaian perintah. Panggilan yang sukses akan menghasilkan program batch yang akan mengeksekusi perintah dan akhirnya muncul program.

Anda juga perlu mengetahui informasi terkait shell. Shell adalah sistem operasi yang mempunyai tanggung jawab dalam memproses keseluruhan perintah yang Anda ketikkan di dalam CLI. Shell ini pula yang akan membantu Anda dalam membaca serta mengartikan perintah serta memberitahukan sistem operasi agar melakukan tugas berdasarkan kebutuhan yang Anda inginkan.

Sederhananya, shell ini yang bertindak sebagai perantara antara Anda dan sistem operasi komputer. Shell mempunyai banyak jenis. Shell yang banyak digunakan adalah Bash untuk Linux dan MacOS. Selain itu, ada juga shell Windows yang dipakai oleh Windows.

Baca juga: Panduan Cara Install Speedtest-cli di Linux – IDCloudHost

Kelebihan Penggunaan CLI

CLI adalah

CLI tetap memiliki kelebihannya tersendiri jika Anda menggunakannya dalam menjalankan perintah pada sistem operasi komputer dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh GUI. Berikut akan disajikan apa saja kelebihannya dibandingkan GUI:

Membutuhkan Sumber Daya yang Lebih Sedikit

CLI hanya memerlukan teks dalam menampilkan informasi sesuai perintah yang telah diketikkan dari pengguna. Hal ini membuat penggunaannya terkesan lebih ringan dan efisien dibandingkan GUI yang memerlukan elemen berupa grafis ataupun animasi. Dengan demikian, dapat Anda ketahui bahwa sumber daya yang sedikit ini memungkinkan program ini dapat diterapkan pada perangkat dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Tingkat Presisi yang Tinggi

CLI membantu pengguna menjalankan perintah yang bersifat sangat spesifik dengan memakai sintaks yang tepat. Hal juga dapat membuat pengguna mempunyai kontrol lebih besar terhadap tugas yang dijalankan oleh sistem komputer. Selain itu, dengan penggunaannya, Anda dapat menjalankan tugas yang tidak bisa dilaksanakan oleh GUI.

Dapat Melaksanakan Task yang Berulang

Selanjutnya adalah dapat melaksanakan task yang memang berulang. Proses pembuatan script dan otomatisasi tugas yang berulang dapat Anda lakukan melalui penggunaan CLI. Dengan demikian, hal ini akan menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda.

Bersifat Lebih Powerful dan Canggih

CLI telah menawarkan banyak keunggulan, baik dalam hal pemberian akses lebih dalam ke sistem operasi komputer, melakukan otomatisasi dan script, menawarkan fleksibilitas dan efisiensi kerja, serta peningkatan pengetahuan dan pemahaman sistem operasi komputer yang lebih dalam. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan program ini ersifat powerful dan canggih, sehingga apa yang Anda kerjakan akan menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan GUI.

Penutup

Demikianlah penjelasan lebih dalam terkait Command Line Interface. Bukan hanya sekedar alat antarmuka yang sederhana. CLI dapat membantu Anda dalam mengontrol dan melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dibandingkan ketika menggunakan GUI. Meskipun, dinilai memerlukan waktu yang lebih lama dalam mempelajarinya, namun manfaat yang akan Anda rasakan ketika menguasainya akan sangat besar kedepannya.

Selain perlu memberikan perintah untuk sistem operasi komputer Anda, Anda dapat berlangganan dengan IDCloudHost dengan membentuk sistem operasi menggunakan teknologi Lightweight Virtualized Environment (LVE) melalui layanan CloudLinuxOS IDCloudHost. Ayo maksimalkan kinerja dan stabilitas server Anda dengan teknologi dan fitur canggih Cloudlinux.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update