Mengenal Apa Itu Industri Kreatif?

Mengenal Apa Itu Industri Kreatif?

Tahukah Anda bahwa industri kreatif merupakan salah industri yang berkontribusi sebesar 7,3% terhadap PDB Nasional. Indonesia bahkan menjadi inisiator untuk pengembangan usaha kreatif internasionaL. Dengan demikian, hal tersebut membuka peluang para pengusaha yang ingin memajukan sektor industri. Meskipun adanya peluang besar dalam berkecimpung di industri kreatif, untuk bersaing Anda harus memastikan usaha yang Anda ciptakan menghasilkan produk yang unik dan kompetitif. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai industri kreatif dan bagaimana tips yang bisa Anda lakukan bacalah artikel berikut ini dengan seksama!

Pengertian Industri Kreatif

Industri kreatif adalah industri yang menghasilkan output ekonomi dari pemanfaatan keterampilan, talenta, atau bakat sehingga berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan. Lebih lanjut, industri ini tidak hanya menghasilkan produk saja melainkan juga jasa. Hal tersebut bergantung dengan kreatif yang dimiliki sehingga dalam pengembangannya faktor sumber daya manusia menjadi hal yang krusial.

Adapun karakteristik khusus yang dimiliki oleh industri yang mengandalkan kreativitas adalah sebagai berikut:

  1. Menekankan pada ide atau gagasan
  2. Memiliki pengembangan yang tak terbatas
  3. Sumber daya manusia menjadi hal yang penting khususnya yang berkaitan dengan talenta, keterampilan, dan kreativitas.
  4. Memerlukan kerjasama seluruh pihak khususnya kaum intelektual, pengusaha, dan pemerintah

Baca Juga: Mengenal Apa itu Era Revolusi Industri 4.0 : Dampak, dan Mengatasinya

Jenis-Jenis Industri Kreatif

Industri kreatif memiliki berbagai jenis sub industri yang bisa Anda kembangkan sesuai dengan passion yang Anda miliki. Oleh karena itu, adapun jenis-jenis industri kreatif adalah sebagai berikut:

1.Periklanan

Periklanan adalah sektor industri yang membantu dalam mempromosikan suatu produk atau jasa kepada khalayak luas. Periklanan semakin berkembanganya dengan hadirnya teknologi sehingga iklan tidak hanya secara langsung saja seperti baliho, spanduk, pamflet, dan sebagainya. Namun sekarang Anda bisa memanfaatnya online advertising seperti melakukan Instagram Ads, Facebook Ads, dan sebagainya.

2. Fashion

Fashion adalah segala sesuatu yang dikenakan badan dan dapat menjadi sarana ekspresi yang mengandung seni tertentu. Adapun contoh dari fashion seperti pakaian, sepatu, tas, dan berbagai aksesoris lainnya. Lebih lanjut, produk-produk fashion tersebut dapat menjadi cinderamata atau oleh-oleh bagi para wisatawan. Dengan demikian, fashion lokal daerah atau dengan sentuhan modern menjadi primadona tersendiri dalam bergabung dengan industri ini.

3.Seni pertunjukan

Seni pertunjukkan adalah satu aksi di atas panggung yang mengandung unsur seni tertentu. Adapun contoh seni pertunjukkan yang Anda jumpai seperti tari, teater, atraksi wayang, dan sebagainya. Lebih lanjut, seni pertunjukan ini dapat menjadi hiburan dan menjadi pendapatan bagi para pemerannya. Selain itu, seni pertunjukkan juga selalu dijadikan magnet untuk menarik para wisatawan.

4.Seni musik

Seni musik adalah kegiatan yang berhubungan dengan komposisi atau distribusi dari rekaman suara atau lagu. Lebih seni musik dapat menjadi peluang dalam pendapatan yang sangat besar. Bahkan, beberapa negara besar seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan yang juga menjadikan dunia hiburan khususnya seni musik sebagai salah satu pendapatan besar negara. Adapun musik menjadi material yang semakin dibutuhkan karena dapat membantu seseorang dalam mengekspresikan emosionalnya.

5. Layanan komputer atau perangkat lunak

Layanan komputer telah bertransformasi dalam membantu berbagai kebutuhan manusia. Oleh karena itu, penggunaannya pun juga mampu membantu industri kreatif yang menciptakan output yang unik. Misalnya melalui layanan komputer, maka Anda bisa menciptakan UI/UX, Design yang baik, dan sebagainya. Dengan demikian, lingkup jenis industri kreatif ini meliputi pengembangan database, pengolahan data, desain, integrasi sistem, dan sebagainya.

Dalam pengembangan layanan komputer seperti website, maka Anda juga membutuhkan layanan hosting yang berkualitas. Layanan cloud hosting dapat menjadi salah satu solusi karena memudahkan dan tentunya juga terjangkau bagi bisnis Anda.

6.Percetakan dan penerbitan

Karya tulis merupakan salah satu industri kreatif yang semakin berkembang. Berbagai tulisan ini mengalami proses percetakan dan penerbitan dengan desain yang menarik sehingga menarik perhatian para pembaca. Dengan demikian, berbagai hal yang termasuk percetakan dan penerbitan seperti jurnal, majalah, koran, poster, tabloid, konten digital, dan sebagainya.

7.Arsitektur

Arsitektur adalah kegiatan yang berhubungan dengan konstruksi, konservasi, desain bangunan, dan berbagai hal lainnya. Lebih lanjut, jenis industri kreatif ini dibagi menjadi dua, yakni arsitektur makro yang berhubungan dengan bangunan besar dan arsitektur mikro yang berhubungan dengan bangunan kecil. Adapun hasil akhir dari seni arsitektur adalah bangunan unik, berbudaya, resmi, dan sebagainya.

8.Riset dan pengembangan

Riset dan pengembangan merupakan salah satu kegiatan yang menawarkan hasil penelitian dengan inovasi tertentu. Lebih lanjut, material tersebut dapat menjadi media kebutuhan manusia yang menghasilkan berbagai seni seperti pengembangan sastra, pengembangan inovasi teknologi, dan sebagainya.

9.Film dan Video

Film dan video adalah jenis industri kreatif yang berhubungan dengan rekaman video yang termasuk didalamnya terdapat skrip cerita, sinematografi, dubbing film, dan sebagainya. Film atau video menjadi sarana kreatif yang mendunia dan membuat seseorang menjadi terkenal. Lebih lanjut, dalam memproduksi sebuah video atau film dibutuhkan tim yang solid dan talenta yang kuat, tidak hanya aktor atau aktif melainkan juga videografer, make up artist, sutradara, dan sebagainya.

Baca Juga: 3 Sektor Potensial Industri Kreatif Berbasis Teknologi

Tips Memasuki Industri Kreatif

industri kreatif

Setelah mengetahui jenis-jenis industri kreatif, maka berikut kami sajikan tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk memasuki industri yakni sebagai berikut:

1.Pelajari industri kreatif dengan baik

Tips pertama yang harus Anda lakukan untuk memasuki industri kreatif adalah dengan mempelajari industri dan bagaimana cara kerja industri tersebut. Anda juga bisa melihat tingkat kompetisi dan peluang yang ada dalam industri tersebut. Lebih lanjut, dengan pemahaman yang baik akan membantu Anda dalam mengatur strategi sehingga Anda bisa melakukan perencanaan yang matang.

2.Perhatikan passion Anda

Untuk memulai suatu bisnis, maka akan semakin relevan jika bisnis tersebut sesuai dengan hal yang Anda gemari. Setelah mengetahui potensi tersebut Anda bisa menyesuaikan dengan jenis industri kreatif yang Anda. Dengan demikian, Anda bisa melihat perkembangan jenis industri yang Anda pilih dan bagaimana cara untuk memasuki industri tersebut.

Misalnya jika Anda menyadari memiliki bakat bernyanyi dan Anda mengetahui hal tersebut merupakan bagian dari seni musik. Maka Anda bisa mengatur strategi untuk memasuki industri tersebut seperti mengikuti kompetisi, mengupload video di sosial media, menciptakan lagu sendiri, dan sebagainya.

3.Konsistensi dalam proses

Hal yang tak kalah pentingnya adalah konsisten dalam proses. Untuk memulai ide yang kreatif maka diperlukan proses yang konsisten. Anda belajar, mencoba, dan jika gagal maka Anda harus mencoba kembali. Untuk mendapatkan rasa suka publik maka Anda harus memperhatikan segmentasi dan konsisten dalam memenuhi kebutuhan segmentasi tersebut.

4.Gunakan media promosi yang tepat

Untuk mengenalkan produk atau jasa kreatif Anda, maka Anda harus mempromosikannya dengan baik. Adapun digital marketing menjadi media yang bisa Anda pertimbangkan karena mampu menjangkau banyak orang tanpa batasan tertentu. Lebih media promosi tersebut dapat berupa website, sosial media, dan sebagainya.

5. Lakukan evaluasi berkala

Jika terdapat kendala dalam proses terjun ke sebuah industri, maka Anda dapat melakukan evaluasi. Adapun pada tahap ini dapat menjadi tahap perbaikan sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik. Evaluasi tersebut dapat berupa internal yakni orang yang terlibat di dalam atau eksternal dengan orang-orang yang berada di luar.

Baca Juga: Dukung Industri Media, IDCloudHost Raih Penghargaan di Local Media Summit 2023

Penutup

Industri kreatif adalah salah satu satu sektor yang menghasilkan berbagai ide yang menarik dari pemanfaatan talenta, bakat, dan keterampilan. Ada banyak jenis industri yang mengedepankan kreativitas seperti periklanan, fashion, seni pertunjukan, seni musik, perangkat lunak, percetakan, film, dan sebagainya. Adapun strategi yang bisa Anda lakukan dalam memasuki industri ini adalah dengan mempelajari industri kreatif dengan baik, memperhatikan passion, konsisten dalam proses, menggunakan media promosi yang tepat, dan melakukan evaluasi secara berkala.

Salah satu media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa industri kreatif adalah website atau aplikasi tertentu. Untuk mendapatkan website yang handal maka Anda harus memastikan server yang Anda gunakan. Layanan server VPS menyediakan server dengan harga yang murah dan performa terbaik di Indonesia. Selain itu, layanan ini telah kompatibel terhadap semua sistem operasi dengan teknologi SSD NVMe Storage dengan 50 kali lebih cepat. Dengan demikian, pastikan Anda menggunakan server yang handal untuk masuk ke industri kreatif.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update