Mengenal Apa Itu Laravel Framework

Mengenal Apa Itu Laravel Framework

Biasanya saat Anda pertama kali mulai membuat situs web, yang Anda perlukan hanyalah editor teks sederhana, pengetahuan tentang HTML dan beberapa informasi yang akan Anda tempatkan di beranda web. Tetapi saat saat Anda mengembangkan aplikasi untuk web, segala sesuatunya menjadi jauh lebih rumit dengan cepat. Anda tidak bisa lagi mengandalkan cara sederhana.

Semakin berkembangnya zaman, maka aplikasi web modern menjangkau hampir semua aspek pengembangan perangkat lunak mulai dari integrasi basis data hingga penanganan sesi hingga apa saja. Bahkan dalam aplikasi web yang cukup kompleks, berbagai fungsi dan komponen perlu berinteraksi dengan mulus satu sama lain untuk menciptakan pengalaman pengguna yang intuitif dan mencapai tujuan proyek.

Di sinilah Anda mulai memerlukan bantuana kerangka atau framework aplikasi web seperti Laravel. Sebagai panduan kerangka kerja/framework maka laravel akan membantu Anda dalam mengelola struktur aplikasi yang kompleks merupakan tantangan yang cukup besar saat Anda bekerja sendiri. Mari mengetahui apa itu laravel serta fitur terbaiknya lebih lanjut lagi dibawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Laravel Framework

 

Umumnya laravel terutama digunakan untuk membangun aplikasi web khusus menggunakan PHP. Ini adalah kerangka kerja web yang menangani banyak hal yang cukup kompleks jika dibangun sendiri, seperti perutean, pembuatan template HTML, dan autentikasi. Laravel sepenuhnya termasuk side-server, karena berjalan pada PHP, dan sangat berfokus pada manipulasi data dan berpegang pada desain Model-View-Controller. Kerangka kerja seperti React mungkin memberikan sebagian besar perhatiannya pada interaksi pengguna dan fitur-fitur berkilau, tetapi Laravel hanya menyajikan dasar yang kokoh untuk Anda bangun dan melakukannya dengan cepat.

Laravel adalah salah satu framework web PHP terbaik, tetapi ada banyak framework lain dalam bahasa yang berbeda. Rails adalah framework render sisi server lain, mirip dengan Laravel, tetapi berdasarkan Ruby. React, Vue, dan Angular semuanya adalah kerangka kerja JavaScript sisi klien tetapi dapat dikonfigurasi untuk merender sisi server juga. Jika aplikasi Anda condong ke gaya blog dengan beberapa posting berbasis teks, Anda dapat mendasarkannya dari WordPress, yang juga berjalan pada PHP. Namun Laravel tidak memaksa Anda untuk menggunakan fitur yang tidak Anda inginkan, Laravel hanya memberi Anda alat untuk membuat sesuatu seperti WordPress sendiri.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website

 

Fitur Utama dan Terbaik Laravel

Mengenal Apa Itu Laravel Framework dan Fitur-Fitur Terbaiknya
 

Kerangka kerja laravel memiliki ekosistem besar yang mencakup fitur-fitur seperti penerapan instan, perutean, ORM, query DB, Routing, Templating, dan banyak kegunaan lainnya. Berikut adalah beberapa fitur framework Laravel yang membedakan framework Laravel dari framework lainnya.

 

  • Manajemen Ketergantungan/Dependency

    Manajemen ketergantungan adalah salah satu fitur terbaik Laravel yang memahami fungsionalitas wadah layanan (IoC) adalah bagian inti untuk mempelajari aplikasi web modern. Di Laravel, IoC (Inversion of Control) atau Service Container adalah alat yang paling kuat untuk mengelola dependensi kelas. Adapun Injeksi Ketergantungan/Dependency Injection adalah metode untuk menghapus kelas yang dikodekan keras dan menyuntikkannya menggunakan alat seperti Komposer.

  • Modularitas

    Modularitas adalah sejauh mana komponen aplikasi web dapat dipisahkan dan digabungkan kembali. Anda dapat membagi logika bisnis menjadi beberapa modul yang semuanya bekerja bersama untuk membuat aplikasi web berfungsi. Laravel dirancang untuk membuat aplikasi secara modular, bahkan Laravel sendiri merupakan kumpulan komponen. Dengan menggunakan struktur modular, Anda dapat merancang dan mengembangkan aplikasi perusahaan skala besar dengan mudah karena memberikan panduan yang sangat sederhana untuk membuat modul atau paket di Laravel.

  • Otentikasi

    Otentikasi adalah bagian integral dari aplikasi web modern apa pun. Menulis otentikasi dalam kerangka lain seperti Codeigniter dapat menghabiskan banyak waktu pengembangan Anda. maka dari itu laravel menyediakan otentikasi di luar kotak, dengan menjalankan perintah sederhana Anda dapat membuat sistem otentikasi yang berfungsi penuh. Laravel juga menyediakan dokumentasi praktis untuk mengimplementasikan autentikasi Anda sendiri.

  • Caching

    Caching adalah teknik untuk menyimpan data di lokasi penyimpanan sementara dan dapat diambil kembali dengan cepat saat dibutuhkan. Kebanyakan caching digunakan untuk meningkatkan kinerja aplikasi. Laravel menyimpan hampir semua data dari tampilan ke rute yang kemudian membantu Laravel mengurangi waktu pemrosesan sehingga meningkatkan kinerja.

  • Perutean/Routing

    Routing di Laravel sangat mudah dimengerti dan mirip seperti framework Ruby on Rails dan dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang tenang dengan mudah. Anda dapat mengelompokkan rute, menamainya, menerapkan filter ke rute tersebut, dan mengikat data model Anda ke rute tersebut. Rute Laravel dapat digunakan untuk membuat URL ramah mesin pencari dengan fleksibilitas dan kontrol yang tinggi.

  • Restful Controllers

    Restful Controllers akan Laravel memungkinkan Anda memisahkan logika di balik penyajian permintaan GET atau POST. Anda juga dapat membuat pengontrol sumber daya yang dapat digunakan untuk membuat CRUD dengan mudah. Nanti Anda dapat mengikat pengontrol sumber daya ke rute untuk melayani semua rute CRUD secara otomatis.

  • Pengujian dan Debugging

    Laravel hadir dengan PHPUnit untuk menguji aplikasi Anda. ini mengingat laravel itu sendiri dibangun dengan mempertimbangkan pengujian sehingga mendukung pengujian dan debugging terlalu banyak.

  • Mesin Template

    Blade adalah mesin templating Laravel yang menyediakan sejumlah fungsi pembantu untuk memformat data Anda dalam tampilan. Disamping Blade juga menerapkan pewarisan template yang dapat Anda gunakan untuk membuat tata letak yang kompleks.

  • Pembuat Query Database

    Pembuat kueri database Laravel menyediakan cara mudah untuk membuat kueri database. Muncul dengan banyak fungsi pembantu yang dapat Anda gunakan untuk memfilter data Anda. Anda dapat dengan mudah mengimplementasikan kueri kompleks menggunakan gabungan di Laravel. Sintaks pembuat query Laravel mudah dipahami dan membuat penulisan kueri basis data menjadi menyenangkan.

  • ORM 

    Laravel didasarkan pada ORM yang fasih yang menyediakan dukungan untuk hampir semua mesin database. Fitur ini bekerja sempurna dengan MySQL dan SQLite karena Laravel menyediakan dokumentasi lengkap untuk semua fungsi Eloquent.

    Baca Juga   :    Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

  • Sistem File

    Laravel menyediakan dukungan untuk banyak sistem file. Anda dapat menggunakan sistem file lokal atau berbasis cloud seperti Amazon S3 selain Anda juga dapat memilih sistem file mana yang ingin Anda gunakan dengan mengubah opsi di file config / filesystems.php.

  • Keamanan

    Laravel menyediakan cara intuitif untuk membuat aplikasi web yang aman karena menyimpan semua kata sandi sebagai hash, bukan kata sandi teks biasa karena Laravel menggunakan BCrytp untuk melakukan hash password. Framework ini juga memberikan keamanan dari serangan injeksi SQL dan juga menghindari semua input pengguna untuk menghindari injeksi tag skrip apa pun.

  • Artisan

    Alat baris perintah Laravel disebut Artisan. Laravel hadir dengan lusinan perintah yang dibuat sebelumnya yang dapat Anda jalankan pada antarmuka baris perintah untuk melakukan tugas. Anda dapat menghindari tugas yang paling berulang selama proses pengembangan menggunakan alat ini.

  • Sistem Migrasi

    Laravel menyediakan sistem migrasi seperti Ruby on Rails untuk membuat struktur database. Anda dapat menggunakan bahasa PHP untuk menulis migrasi yang akan membuat struktur database Anda daripada menggunakan SQL. Anda dapat membuat database, tabel, dan indeks menggunakan migrasi. Jika Anda ingin mengubah kolom tabel, Anda tidak perlu mengulangi pembuatan tabel lagi, sebagai gantinya Anda dapat menjalankan migrasi baru.

  • Envoy

    Dengan menggunakan Envoy, Anda dapat menjalankan tugas paling umum di server jarak jauh Anda dari dalam aplikasi Anda. Kegunaan fitur ini juga memungkinkan Anda menyiapkan tugas untuk penerapan.

  • Lokalisasi

    Laravel memungkinkan Anda membuat aplikasi multi bahasa pada saat yang sama Anda membangun aplikasi. Ini tentunya menjadi fitur yang sangat membantu jika Anda memerlukan program banyak bahasa untuk situs web Anda.

 

Baca Juga  :    Strategi Pengembangan Produk dan Aplikasi dengan Metode Scrum untuk Pemula

 

Kesimpulan dan penutup

Bekerja seorang diri dalam memabangun aplikasi adalah tantangan yang mungkin tidak masuk akal. Sedangkan saat Anda bekerja dalam tim pengembang yang besar, ini adalah tantangan yang lebih besar. Belum lagi tenggat waktu yang ketat dan tekanan siklus proyek dinamis yang dikerjakan sebagian besar pengembang, maka sebuah kerangka kerja yang efisien diperlukan untuk membuat proses ini lebih efisien sambil mempertahankan tingkat kualitas produk yang tinggi.

Kerangka aplikasi web menyediakan arsitektur yang mendasari proyek pengembangan dan menyediakan alat dan pustaka untuk membangun aplikasi web tingkat perusahaan dengan relatif mudah. Jika Anda lelah mengulang proses setiap mendapatkan proyek baru, sekarang saatnya mempelajari Laravel. Mempelajari kerangka kerja populer berbasis PHP ini akan memungkinkan Anda melewati siklus pengembangan yang sebelumnya membosankan, dan akan meningkatkan resume Anda sebagai pengembang web full stack serta tentunya mempercepat pekerjaan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update