Mengenal Apa Itu LinkedIn Ads? Pengertian, Jenis dan Formatnya

Mengenal Apa Itu LinkedIn Ads? Pengertian, Jenis dan Formatnya

 

Apakah Anda menggunakan LinkedIn? LinkedIn Sebagai sebuah platform yang berfungsi sebagai sarana profesional, yang dirancang untuk memudahkan terjalinnya koneksi dan interaksi antara para profesional dari berbagai industri dan bidang pekerjaan. Namun apa kaitannya dengan LinkedIn Ads? LinkedIn Ads adalah merupakan salah satu platform dengan model bisnis yang berfokus antar pelaku bisnis.  Simak artikel berikut untuk menambah pengetahuan Anda tentang LinkedIn Ads

Baca juga: Cara Membuat dan Menggunakan LinkedIn dengan Mudah

Apa Itu LinkedIn Ads?

L.inkedIn Ads adalah sebuah kebutuhan dalam strategi pemasaran untuk mengiklankan produk atau layanan melalui platform LinkedIn. LinkedIn adalah platform media sosial yang bersifat profesional dan diisi oleh beragam individu dari berbagai industri. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa LinkedIn sangat sesuai untuk pengembangan bisnis B2B yang membutuhkan targeting yang spesifik.

Kegunaan yang menguntungkan dari LinkedIn Ads termasuk akses ke jaringan yang luas (dengan lebih dari 690 juta profesional di Indonesia atau internasional), kemampuan untuk mengelola anggaran iklan dan jadwal, serta beragam opsi format iklan online.

Kelebihan LinkedIn Ads

Dalam mencapai tujuan bisnis, Anda pasti akan mendapatkan kelebihan dari penggunaan LinkedIn Ads. Berikut beberapa kelebihan LinkedIn Ads:

Targeting yang spesifik

LinkedIn Ads memberikan kemampuan bagi Anda untuk menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan industri, jabatan pekerjaan, tingkat senioritas, lokasi, dan berbagai kriteria lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang paling relevan dengan bisnis Anda.

Kredibilitas Tinggi

LinkedIn merupakan platform yang digunakan oleh individu-individu yang serius dalam mengembangkan karir dan bisnis mereka. Keberadaan iklan Anda di platform ini memberikan tingkat kredibilitas yang tinggi, yang dapat meningkatkan persepsi merek Anda di mata audiens.

Peluang B2B yang besar

LinkedIn merupakan platform yang sangat digemari di kalangan para profesional dan pelaku bisnis, sehingga menjadi platform yang ideal bagi bisnis B2B. Apabila Anda berbisnis dalam ranah B2B, maka penggunaan LinkedIn Ads dapat menjadi metode yang efektif untuk mencapai klien potensial yang relevan.

Fleksibel dari Segi Biaya

LinkedIn Ads memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk mengatur anggaran harian atau total, serta memperbolehkan pilihan pembayaran berdasarkan klik atau impresi. Fitur ini memberikan kendali yang lebih baik terhadap biaya dan pengaturan iklan Anda.

Pelaporan yang Canggih

LinkedIn Ads menawarkan laporan yang canggih dan terperinci mengenai efektivitas iklan Anda, mencakup jumlah klik, impresi, dan konversi. Ini memungkinkan Anda untuk memantau kinerja iklan Anda dan membuat perubahan sesuai kebutuhan.

Berbagai Format Iklan

LinkedIn Ads menyediakan berbagai macam format iklan yang inovatif dan menarik, mulai dari iklan teks sederhana, gambar yang menarik, hingga iklan video yang mencolok. Anda dapat memilih format iklan yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda.

Integrasi dengan Alat Pemasaran Lain

LinkedIn juga menawarkan fleksibilitas dalam mengintegrasikan dengan berbagai alat pemasaran lainnya seperti CRM (Customer Relationship Management). Ini memungkinkan strategi pemasaran menjadi lebih optimal. Dengan menggunakan LinkedIn Ads, Anda dapat mencapai audiens bisnis yang relevan, memperluas jaringan bisnis, dan meningkatkan peluang konversi.

Baca juga: Ingin Bangun Bisnis di 2024? Ini dia Berbagai Model Bisnis Terbaik

Jenis-Jenis LinkedIn Ads

linkedIn ads

LinkedIn Ads memiliki beberapa jenis iklan yang dapat digunakan untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa jenis iklan yang tersedia di LinkedIn Ads:

Jenis iklan pertama adalah merujuk pada konten yang dipublikasikan di LinkedIn yang secara khusus ditandai sebagai iklan. Konten ini dapat berupa gambar, video, atau carousel, yang dapat disesuaikan untuk menjangkau audiens yang relevan dengan bisnis Anda.

Selanjutnya adalah jenis sponsored messaging. Dimana makna dari iklan ini adalah memberikan  pesan interaktif yang dikirimkan kepada audiens yang relevan dengan bisnis Anda. Jenis iklan ini dapat berupa message ads atau conversation ads.

Text Ads

Lalu, ada jenis iklan text ads yang juga merupakan iklan teks yang muncul di halaman LinkedIn. Jenis iklan yang satu ini dapat berupa iklan yang dipampangkan di halaman profil perusahaan atau iklan yang muncul di halaman konten. Sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Dynamic Ads

Sesuai dengan namanya iklan ini merupakan iklan dinamis yang dapat ditempatkan di berbagai lokasi di LinkedIn. Jenis iklan ini dapat berupa iklan yang muncul di halaman profil perusahaan, halaman konten, atau pun iklan yang muncul di hasil pencarian.

Iklan ini merupakan bentuk iklan pesan interaktif yang dikirimkan melalui LinkedIn Messaging kepada audiens yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini berguna untuk mempromosikan produk, layanan, atau informasi kepada audiens yang mungkin tidak pernah mengunjungi halaman perusahaan Anda sebelumnya.

LinkedIn Display Ads

LinkedIn display ads adalah jenis dari iklan gambar yang muncul di halaman LinkedIn. Pada iklan ini yang lebih banyak  ditampilkan di halaman adalah profil dari perusahaan, halaman konten dari perusahaan, atau iklan yang muncul di halaman pencarian.

LinkedIn Self-Serve Ads

Iklan ini merupakan jenis iklan yang bisa dibuat dan dipublikasikan secara otomatis melalui LinkedIn Campaign Manager. Jenis iklan ini dapat disesuaikan untuk menjangkau audiens yang relevan dengan bisnis Anda, dan dapat berupa sponsored content, sponsored messaging, text ads, atau dynamic ads.

Pilihan jenis iklan yang sesuai untuk bisnis Anda bergantung pada tujuan dan strategi pemasaran yang Anda miliki. Selain itu, LinkedIn Ads juga memberikan pengguna kemampuan untuk mengatur anggaran dan jadwal iklan, melacak konversi, serta menyesuaikan format konten iklan.

Baca juga: Apa itu Inbound Marketing? Manfaat dan Tujuannya untuk Bisnis

Format LinkedIn Ads

Format LinkedIn Ads adalah bentuk-bentuk iklan yang tersedia di platform LinkedIn. Beberapa format iklan yang tersedia di LinkedIn Ads antara lain:

Text Ads

Iklan format teks terdiri dari headline, deskripsi, dan opsionalnya gambar. Text Ads ditampilkan di bagian atas halaman atau di kolom kanan desktop. Format ini sangat sesuai untuk pengembangan bisnis B2B karena mudah disiapkan dan Anda dapat menentukan anggaran iklan sesuai kebutuhan. Tujuan dari penggunaan text ads meliputi peningkatan kesadaran merek, kunjungan ke situs web, dan konversi dari situs web.

Single Image Ads

Format iklan yang menampilkan satu gambar dapat disesuaikan untuk menargetkan audiens yang relevan baik di desktop maupun perangkat mobile. Fitur khusus dari format iklan ini adalah label “promoted” yang menandakan bahwa konten tersebut adalah iklan.

Carousel Image Ads

Format iklan ini menampilkan serangkaian kartu gambar yang dapat di-swipe di feed LinkedIn. Anda memiliki pilihan untuk menentukan konten dan URL tujuan untuk setiap kartu. Carousel ads ini dapat berisi cerita yang memperkenalkan produk atau memberikan wawasan kepada audiens. Kunci keberhasilan dari format ini adalah visual yang harus menarik dan berkesan.

Video Ads

Format iklan yang memanfaatkan video, dilengkapi dengan judul, deskripsi, dan gambar opsional memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memperkenalkan diri secara lebih dekat kepada audiens, seperti melalui peluncuran produk baru, budaya perusahaan, dan lainnya. Video Ads dapat disesuaikan untuk menargetkan audiens yang relevan baik di desktop maupun perangkat mobile.

Format iklan yang satu ini disampaikan melalui LinkedIn Messaging. Biasanya pengguna atau audiens yang mendapatkannya  berupa Message Ad atau Conversation Ad, lalu nantinya akan diarahkan kepada audiens yang relevan pada saat mereka aktif.

Dynamic Ads

Selanjutnya adalah dynamic ads. Pada format iklan yang satu ini nantinya akan  muncul di kolom sisi kanan desktop. Dynamic Ads dapat disesuaikan untuk menargetkan audiens yang relevan dan bisa memiliki headline, tombol CTA, serta logo perusahaan.

Text Ads for Company Pages

Jika perusaahaan ingin membuat page yang nantinya muncul pada halaman perusahaan. Maka penggunaan format yang satu ini sangat cocok. Karena format iklan ini akan ditampilkan di halaman perusahaan. Ini dapat berupa tombol CTA, headline, gambar dan deskripsi.

Format iklan sponsored in mail jika ingin Anda gunakan maka akan dikirimkan  melalui LinkedIn Messaging. Isi atau informasinya bisa disesuaikan. Biasanya berupa pesan yang dikirim kepada audiens yang relevan melalui LinkedIn Messaging.

Dalam format ini, iklan ditampilkan di feed LinkedIn. Konten tersebut dapat berupa gambar, video, atau kartu yang secara khusus ditandai sebagai iklan, dan ditujukan kepada audiens yang relevan melalui Company Pages LinkedIn. Jika ingin membuat linkdIn perusahaan Anda dikenali maka format ini cocok untuk digunakan. 

Dengan jenis iklan ini, format iklan akan muncul di feed LinkedIn. Ini bisa berupa konten yang diberi label sebagai iklan, seperti gambar, video, atau kartu, yang ditargetkan kepada audiens yang relevan melalui Showcase Pages LinkedIn. Dengan beberapa format iklan yang sudah dijelaskan dan tersedia di LinkedIn Ads, Anda dapat memilih format yang paling sesuai dengan tujuan dan strategi pemasaran Anda.

Baca juga: Apa Itu Welcome Email Bagi Bisnis?

Penutup

Demikianlah gambaran tentang LinkedIn Ads, manfaatnya, jenis, dan format iklan LinkedIn yang dapat Anda manfaatkan dalam strategi pemasaran Anda kepada pengguna Anda.

Mempelajari LinkedIn Ads secara mandiri sangatlah memungkinkan untuk dilakukan. Kuncinya adalah bersedia untuk memahami dan mengeksplorasi berbagai jenis, tujuan, dan format iklan LinkedIn. Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang cukup tentang dasarnya, melaksanakannya akan terasa lebih mudah.

Sebagai seorang pengusaha, penting bagi Anda untuk mengembangkan kampanye pemasaran melalui email yang menarik. Tujuannya adalah untuk memikat perhatian audiens terhadap merek bisnis, produk, atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan menggunakan layanan email bisnis dari IDCloudHost, Anda dapat memberikan kesan yang personal kepada para audiens bisnis Anda, sehingga mereka merasa dihargai oleh bisnis Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update