Apa Itu Welcome Email Bagi Bisnis?

Apa Itu Welcome Email Bagi Bisnis?

Welcome email merupakan email marketing campaigns yang sangat penting bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk bisa membangun hubungan baik dengan audiens bisnis. oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis harus bisa membuat email marketing campaigns yang menarik. Hal tersebut dilakukan agar bisa membuat audiens tertarik dengan brand bisnis maupun produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Anda bisa membuat welcome marketing ini untuk bisa memberikan sapaan kepada audiens bisnis, agar merasa diperhatikan oleh bisnis Anda. Artikel ini akan membahas dan menjelaskan mengenai welcome email yang penting untuk diketahui.

Apa Itu Welcome Email?

Welcome email merupakan email pertama yang Anda terima setelah mendaftar, berlangganan, dan mengirimkan email kepada sebuah toko online. Email ini sangat penting karena merupakan kesan pertama yang dibuat oleh perusahaan atau pelaku bisnis kepada pelanggan baru melalui email.

Welcome email berisi konten seperti video, formulir pendaftaran, penawaran khusus, atau hanya sekedar sapaan untuk menjalin hubungan dengan kontak pelanggan baru. Ketika bisnis Anda mengirimkan welcome email kepada pelanggan, Anda tentunya harus membuat kesan yang baik dan menarik.

Baca Juga: Apa Itu Email Spoofing dan Cara Mencegahnya

Pentingnya Welcome Email Bagi Bisnis

Welcome email tidak hanya untuk bisa menjaga hubungan dengan pelanggan saja, akan tetapi juga untuk membantu tercapainya beberapa tujuan seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Melibatkan Pelanggan dengan Lebih Baik

Menggunakan email selamat datang lebih mempunyai tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan email marketing campaign lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan welcome marketing ini untuk bisa melibatkan pelanggan baru dan juga meyakinkan mereka untuk melakukan tindakan.

  • Menghemat Waktu

Selanjutnya adalah, jenis email yang satu ini menghemat waktu. Dengan Anda mengirimkan welcome email dengan menggunakan email automation, maka Anda tidak perlu terhubung dengan leads baru secara manual. Hal tersebut akan memakan waktu yang cukup banyak.

  • Mengurangi Keluhan Spam dan Berhenti Berlangganan

Welcome email biasanya digunakan untuk memperkenalkan brand bisnis kepada para pelanggan. Oleh karena itu, apabila brand bisnis mengirimkan email marketing campaign kembali, maka para pelanggan akan menerimanya. Sehingga hal ini akan dapat mengurangi keluhan spam atau berhenti berlangganan dari pelanggan.

  • Memungkinkan Pengiriman yang Relevan

Brand bisnis biasanya menambahkan tautan ke marketing channelsnya, sehingga hal itu akan membuat pelanggan dapat memilih frekuensi email apa yang diinginkan serta konten apa yang diinginkan. Cara ini dapat membuat segmentasi pengguna yang berbeda untuk bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan Anda membuat email yang tepat, bisnis Anda akan bisa menjalin hubungan seumur hidup dengan pelanggan. Dengan email ini, Anda bisa mengembangkan rasa kebersamaan dengan pelanggan bisnis Anda.

Contohnya adalah seperti welcome email yang mempunyai isi pesan “Selamat Datang di IDCloudHost, Irma!”. Dengan hal tersebut akan membuat Irma merasa berada di suatu tempat dan Irma juga merasa diprioritaskan oleh brand atau bisnis Anda. Sehingga akan memungkinkan Irma akan setia menunggu email marketing campaign bisnis Anda di masa mendatang.

  • Memberikan Pilihan untuk Melakukan Segmentasi

Welcome email akan memungkinkan bisnis akan membuat keputusan berdasarkan informasi yang sangat membantu dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda dapat menggunakan email ini dalam mengumpulkan data yang berguna dari leads.

Setelahnya, Anda akan dapat menggunakan informasi tersebut untuk menargetkan pelanggan bisnis dengan tepat. Dengan Anda memberikan pengalaman yang menarik, maka pelanggan akan lebih cenderung untuk tetap tinggal pada welcome email bisnis Anda.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Spam Email dan Cara Mengatasinya!

Cara Menulis Welcome Email untuk Klien

welcome email

Welcome email dapat membantu Anda dalam membantu membangun hubungan baik dengan klien. Hal tersebut karena di dalamnya Anda memberi segala informasi seputar fitur dari produk atau layanan yang dibeli. Sehingga perusahaan bisa mendapat manfaat dari welcome email yang baik. Nah, berikut ini merupakan cara membuat sebuah welcome email yang bagus dan menarik :

  • Memastikan Format Email Mudah Dibaca

Cara menulis welcome marketing yang pertama adalah Anda harus menggunakan format email yang menarik dan mudah dibaca. Contohnya adalah ketika Anda menggunakan font dan elemen desain yang sesuai dengan tone dari brand milik perusahaan.

Dan juga pastikan bahwa konten utama email berisi maksimal 3 paragraf. Dan jangan lupa Anda juga harus menulis daftar dalam bullet point. Sehingga klien atau konsumen Anda dapat membaca email dengan mudah.

  • Gunakan Subjek Email yang Jelas dan Menarik

Selanjutnya pastikan Anda membuat email yang jelas dan juga menarik sehingga mudah untuk diidentifikasi oleh klien. Contohnya Anda boleh menggunakan frasa seperti “Selamat Bergabung”, “Selamat Datang”, atau “Welcome” di awal subjek.

  • Berilah Ucapan Terima Kasih

Cara untuk menulis welcome marketing selanjutnya adalah dengan mengucapkan terima kasih ke klien atau konsumen Anda. Anda harus memastikan untuk mengucapkan terima kasih di kalimat pertama dalam isi welcome email Anda.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus menggunakan nama pertama klien untuk mempersonalisasikan interaksi Anda. Hal tersebut juga dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai partisipasi klien Anda.

  • Berikan Informasi Value Proposition Perusahaan 

Manfaat dengan memasukkan value proposition perusahaan dalam welcome marketing akan mengingatkan klien atau konsumen tentang alasan utama mereka membeli produk atau layanan Anda. Selain itu, Anda juga mengenalkan gaya customer service perusahaan Anda dan memberitahu protokol seperti apa yang bisa diekspektasikan.

  • Gunakan Tone Of Voice yang Ramah

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Tone of Voice yang ramah dan juga mudah untuk dimengerti. Anda harus mencoba untuk membatasi penggunaan bahasa dari sudut pandang pertama dan fokus membahas tentang kebutuhan klien. Dengan menggunakan bahasa yang ramah juga akan membuat konsumen atau klien yakin dengan keputusannya untuk membeli produk atau layanan Anda.

  • Beri tahu hal yang bisa mereka ekspektasikan

Anda harus menjelaskan kepada klien tentang langkah yang bisa mereka lakukan ketika menggunakan produk atau layanan. Anda bisa menjelaskan dan memberi tahu kepada klien sumber daya dan fasilitas yang mereka gunakan dari pembelian tersebut.

contohnya adalah seperti layanan gratis selama 30 hari.Jika mereka membeli sebuah produk baru, maka Anda bisa memberitahu layanan apa saja yang bisa dipakai ketika barang sudah sampai.

  • Berikan Langkah yang Bisa Dilakukan

Cara lain yang perlu untuk diperhatikan dalam menulis welcome email adalah dengan memberi tahu langkah selanjutnya yang bisa dilakukan klien atau konsumen. Hal yang dilakukan tersebut dapat berupa meminta informasi dan preferensi mereka, hingga mengajak mereka untuk membuat akun di website Anda. Akan tetapi Anda harus memastikan untuk menghargai klien serta waktu mereka dengan bahasa yang sopan.

  • Beri Informasi Tambahan

Anda harus memberikan informasi tambahan pada welcome email Anda. Hal tersebut bertujuan untuk agar klien dapat mempelajari informasi tambahan tentang produk atau layanan yang dibeli. Dan pastikan Anda untuk membatasi segala informasi tambahan yang diberikan dalam welcome email. Hal itu agar Anda dapat memberikan informasi yang relevan bagi klien atau konsumen.

  • Berikan Cara untuk Menghubungi Perusahaan 

Terkadang klien atau konsumen akan selalu memiliki pertanyaan tambahan yang membutuhkan pelayanan dari customer service. Sehingga memberi tahu berbagai cara untuk menghubungi perusahaan adalah hal yang sangat penting. Hal tersebut dapat berupa nomor telepon, email, layanan pesan singkat, hingga media sosial.

  • Pertimbangkan untuk Memberi Klien Hadiah

Yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan untuk memberi klien atau konsumen hadiah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk perayaan karena telah menjadi konsumen Anda. Salah satu contoh hadiah yang dapat Anda berikan adalah kode diskon untuk pembelian produk lain. Tentunya hal tersebut dapat menunjukkan bahwa perusahaan Anda siap memenuhi dan memahami kebutuhan klien atau konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Cc dan Bcc Email? Kenali Perbedaannya!

Penutup

Itulah beberapa ulasan mengenai welcome email dan pentingnya bagi bisnis. Bisa dikatakan bahwa welcome email merupakan komponen yang sangat penting dalam kegiatan digital marketing. Welcome email memiliki keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis email yang lainnya. Dan dengan menggunakan welcome email pada bisnis Anda, maka akan dapat memberikan peluang sempurna bagi bisnis untuk bisa melibatkan pelanggan baru dan meyakinkan mereka untuk bertindak.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update