Mengenal Apa Itu Serangan DDOS (DDOS Attact) Serta Cara Mengatasinya

Mengenal Apa Itu Serangan DDOS (DDOS Attact) Serta Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang sudah mengenal atau belajar menegenai jaringan komputer pastinya pernah mendengar istilah serangan yang bernama DDOS bukan? Di era modern saat ini melakukan kejahatan tak hanya melalui dunia nyata melaikan sudah merambah ke dunia internet.

Kejahatan dalam dunia internet justru lebih banyak menyebabkan kerugian pada saat ini karena terkadang korban tak menyadari kalau sedang mengalami hal tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini Kita akan membahas apa yang dimaksud dengan serangan DDOS dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak terlanjur mengalami hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Serangan DDoS Yang Sangat Berbahaya dan Merugikan

 

Apa Itu DDOS ?

 

Serangan DDOS sangat merugikan pemilik website dari segala sisi. Dan apabila tidak segera diatasi maka akan memungkinkan hal buruk untuk terjadi dan akan sangat tidak menguntungkan bukan? Untuk itu penting juga untuk Kita mengetahui bagaimana cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi website dari serangan DDOS. Berikut beberapa tips ampuh yang dapat Anda terapkan apabila Mengalami serangan DDOS pada website yang Anda miliki :

 

  1. Lakukan identifikasi adanya serangan DDOS

    Melakukan identifikasi pada server sangat penting dilakukan guna mengethau apakah adanya serang DDOS yang terdapat pada server yang Anda miliki. Apabila sudah diketahui adanya serangan tersebut maka Anda perlu melakukan segala penangan agar tidak menjadi lebih serius lagi nantinya.

  2. Gunakan Patch Keamanan

    Menggunakan patch keamanan yang terbaru guna memperbaiki bug-bug yang ada sehingga dapat mengurangi segala resiko dari serangan DDOS.

  3. Menggunakan  Firewall

    Gunakanlah Firewallyang sangat bermanfaat dalam menyaring traffic yang keluar masuk pada komputer server Anda. Cara ini dikenal cukup ampuh untuk mengurangi segala resiko dari adanya traffik yang asalnya tidak jelas.

  4. Blokir Port 

    Anda bisa melakukan blokir terhadap port yang menyerang dan juga alamat IP apabila merasa curiga kalau komputer yang Anda miliki akan disalah gunakan oleh orang guna untuk melakukan serangan DDOS.

  5. Antisipasi UDP Flooding

    Jika Anda mengalami UDP flooding, langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan mematikan semua layanan UDP yang sudah terlanjur masuk ke dalam server. Lakukan pembesaran Bandwitdh yang berguna untuk memberikan selang waktu pada server agar tidak down apabila mengalami serangan DDOS.
     
    Lakukan disable broadcast yang sangat berguna untuk mengatasi dari serangan DDOS smurf. Saring permintaan ICMP pada firewall Anda sehungga dapat membatasi adanya traffic yang padat. Gunakan software keamanan pada jaringan komputer Anda, dengan demikian akan sedikit membantu Anda dalam mengurangi resiko dari serangan DDOS dan membuat komputer menjadi lebih aman.

Baca Juga : Cara Mengatasi Serangan DDOS Distributed Denial of Service Attack

 

Kesimpulan dan Penutup 

Apabila sudah terlanjut terkena serangan yang bernama DDOS Anda juga disarankan untuk menghubungi hosting provider atau ISP karena biasanya serangan DDOS juga menyerang alamat ip yang terdapat pada sistem, dengan melaporkan hal tersebut kepada penyedia jasa layanan internet akan sangat membantu dalam menangani serangan yang ada.

Batasi semua akses terhadap sistem ke sistem guna menyaring traffic data yang keluar masuk pada server yang Anda miliki. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan juga mengatasi sistem jaringan yang Anda miliki apalagi jika sudah terlanjur mendapat serangan yang bernama DDOS.

Pelajari lebih lanjut mengenai serangan yang bernama DDOS dan sering melakukan scan terhadap server agar menjamin sistem keamanan dari server pada komputer Anda. Itulah beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam mengatasi adanya serangan DDOS pada website.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update