Mengenal Apa itu Webinar : Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa itu Webinar : Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Seiring berkembangnya teknologi, kini masalah bisa semakin mudah di atasi. Terlebih dalam bidang penyebaran informasi dan pemasaran. Anda bisa menggunakan webinar sebagai salah satu opsi baru dalam menyebarkan informasi terkini. Namun, apakah Anda sudah mengenal apa itu webinar?

Jika Anda belum mengetahui apa itu webinar, maka webinar merupakan sebuah singkatan dari kata web dan seminar. Yakni sebuah seminar yang dilakukan melalui sebuah situs web atau aplikasi tertentu berbasis internet. Teknik ini sendiri memungkinkan pembicara atau pengisi materi membagikan informasi mereka lewat internet maupun media elektronik lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan pembahasan lebih lanjut mengenai webinar, maka terdapat fungsi, manfaat, dan cara kerjanya yang bisa Anda ketahui. Simak penjelasan lebih lanjutnya mengenai apa itu webinar pada informasi di bawah ini!

 

Apa Saja Fungsi dari Webinar?

 

Mengetahui apa itu webinar, itu berarti juga mengetahui apa saja fungsi dari webinar. Berikut beberapa fungsi webinar yang bisa Anda peroleh saat menggunakannya:

  1. Sebagai tempat dalam mengumpulkan leads

    Layaknya mengumpulkan sebuah anggota dengan sebuah kesamaan, maka seperti halnya webinar yang membuat Anda bisa mendapatkan orang-orang yang tertarik dengan Anda. Penontonlah yang merupakan orang yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi yang sedang Anda tawarkan.

  2. Membantu Anda dalam mengumpulkan feedback

    Jika Anda ingin mengetahui seperti apa hasil dari promo atau campaign yang sudah dilakukan, maka buatlah kuesioner melalui webinar. Kemudian, jika Anda juga membutuhkan sebuah inovasi terbaru maka Anda bisa menyiapkan pertanyaan yang relevan sehingga penonton bisa memberikan jawaban mereka dengan cepat.

  3. Media promosi produk maupun jasa yang sangat efektif

    Apabila Anda memilih menggunakan webinar untuk memberikan informasi mengenai campaign terbaru atau peluncuran produk, maka jangan lupa untuk senantiasa memberikan kualitas materi yang bagus. Hal ini dikarenakan webinar yang berkualitas merupakan sebuah webinar yang dapat bermanfaat untuk banyak orang.

  4. Efektif dalam menunjukkan keunggulan bisnis

    Selain Anda dapat membagikan materi yang cukup bermanfaat, Anda juga bisa membagikan informasi mengenai keunggulan produk yang Anda miliki. Hal ini berarti tidak ada masalah jika Anda menyelipkan sebuah iklan di tengah materi. Terlebih jika Anda menggunakannya sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

Sebelumnya, Anda bisa meyakinkan peserta Webinar agar Anda memang berhasil dalam melakukan soft-selling produk di akhir webinar. Selain beberapa fungsi di atas, masih terdapat pula manfaat webinar yang bisa Anda peroleh. Anda bisa mengetahui manfaat apa itu webinar tersebut dengan menyimak artikel di bawah ini.

Baca Juga : Memanfaatkan Strategi Webinar untuk Bisnis Online

 

Manfaat yang Diperoleh Ketika Anda Menggunakan Webinar

Mengenal Apa itu Webinar : Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya | IDCloudHost

 

Melalui media internet ataupun media elektronik lainnya, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari penggunaan webinar. Setelah mengetahui apa itu webinar, maka berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika menggunakannya!

  1. Manfaat bagi pemasar

    Apabila Anda menggunakan apa itu webinar sebagai seorang pemasar yang ingin menjaring leads atau ingin mempromosikan sebuah produk, maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Salah satunya, Anda bisa menyebarkan informasi dengan lebih mudah dan cepat.

  2. Manfaat bagi peserta

    Anda bisa memanfaatkan webinar untuk menambah berbagai ilmu dari beberapa sumber. Anda bahkan bisa menghadirinya secara online dimana pun Anda inginkan. Pasalnya, webinar merupakan cara tepat untuk menggali beragam informasi yang Anda butuhkan. Dengan banyaknya topik yang disediakan oleh pembuat webinar maka Anda tentu bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah dan jelas.

Dengan berbagai manfaat dari webinar di atas tentu Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Anda bisa memilih berbagai jenis webinar yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Apa saja jenis webinar tersebut? Simak di bawah ini!

Layanan Cloud Storage untuk Webinar

 

Apa Saja Jenis-jenis Webinar?

Dalam menggunakan apa itu webinar, jangan sampai Anda salah membedakannya. Pasalnya ada beberapa jenis video yang disalahpahami seagai sebuah webinar. Pasalnya ada beberapa istilah lain yang dipahami sebagai apa itu webinar yang berbeda yang mungkin belum Anda ketahui. Diantaranya:

  1. Web broadcast

    Merupakan sebuah siaran web yang berbeda dengan webinar. Pasalnya dengan web broadcast seseorang bisa menghadiri hingga ribuan atau lebih pengguna. Berbeda dengan webinar yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan atau ratusan orang pengguna saja.

  2. Web conference

    Merupakan sebuah telekonferensi yang juga berbeda dengan webinar. Pasalnya, jika dilihat dari sisi arah komunikasi maka webinar umumnya hanya dilakukan dalam satu arah saja. Berbeda dengan telekonferensi yang umumnya penonton dapat memberikan pertanyaan lewat pembicaraan mereka.

Dari beberapa istilah di atas, agar Anda tidak semakin salah paham mengenai apa itu webinar maka berikut beberapa jenis apa itu webinar yang bisa Anda ketahui:

  1. The Lead-Generation or Sales Webinar

    Jenis webinar yang satu ini umumnya sering digunakan oleh para pemasar dalam meningkatkan leads. Webinar ini umumnya memungkinkan peserta untuk mendaftarkan diri dan email pada website. Barulah nantinya panitia dapat memberikan akses webinar pada materi atau modul yang ingin dijalankan.
    Namun jika memilih webinar yang satu ini, pastikan Anda tidak hanya mencari jumlah peningkatan leads namun juga berikan informasi yang benar-benar berguna. Pasalnya, webinar ini berfungsi untuk memberikan informasi serta pemahaman bagi pesertanya.

  2. The One-Off For-Profit Webinar

    Bagi Anda para pemasar yang ingin mencari sebuah keuntungan melalui webinar, maka bisa memilih webinar jenis ini. Hal ini karena setiap peserta yang ingin mengikuti webinar diharuskan untuk membayar terlebih dahulu. Adapun kelebihan yang didapat adalah pembicara dengan topik yang berkualitas serta profesiona. Tentu saja setiap peserta akan mendapatkan ilmu sesuai jumlah uang yang mereka keluarkan. Bagi Anda yang ingin memilih webinar ini, maka ada baiknya untuk mempersiapkan kualitas ilmu sesuai dengan harga yang ditawarkan.

  3. The Multi-Module Webinar or Webinar Series

    Webinar ini umumnya dapat dikatakan sebagai jenis webinar terbaik. Pasalnya, webinar ini terdiri dari lebih satu episode dengan topik yang dipilih bisa dijelaskan secara komprehensif. Lebih dari itu, para peserta juga bisa memperoleh topik tambahan dengan cara mengajukan pertanyaan. Dalam memilih webinar jenis ini, apapun topik yang Anda pilih pastikan peserta benar-benar mendapatkan manfaat di akhir sesinya. Dengan begitu, mereka tidak menghadiri webinar secara cuma-cuma.

Dengan memilih webinar sebagai media berbagi informasi, maka Anda tidak perlu bertatap muka secara langsung. Meski begitu, Anda tetap bisa mengadakan sebuah seminar dengan jumlah peserta yang melebihi target perkiraan. Untuk itu, sebelum menjalankan webinar, Anda perlu mempekirakan dahulu seperti apa cara dalam menyusun webinar agar berhasil menarik target dengan tepat sasaran.

Setelah Anda berhasil menyusun konsep webinar, maka pastikan juga Anda sudah menyiakan profil untuk meyakinkan para peserta yang nantinya akan mengikuti webinar. Apapun jenis webinar yang Anda jadikan pilihan, perlu diingat bahwa semuanya perlu dipersiapkan dengan matang sehingga Anda dapat menghadirkan webinar dengan hasil akhir yang maksimal.

Jadi, apakah Anda siap untuk mengadakan kelas-kelas webinar? Anda bisa mulai menyiapkannya agar mendapatkan target yang sesuai dengan kebutuhan. Pengertian apa itu webinar memang merupakan web seminar yang diadakan melalui sambungan internet, maka Anda bisa melakukannya dengan mudah dimana saja.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update