Mengenal Apa Itu ZMOT?

Mengenal Apa Itu ZMOT?

Perkembangan digitalisasi telah mengubah perspektif pemasaran menjadi lebih modern. Jika dulu, orang-orang akan memutuskan untuk melakukan pembelian jika mendatangi toko dan melihat fisik suatu produk secara langsung. Namun sekarang, orang-orang bisa memutuskan pembelian di rumah saja dengan melihat cari informasi melalui sumber online. Dengan demikian, salah satu step pencarian online tersebut disebut dengan zmot.

Zmot adalah singkatan zero moment of truth yang merupakan suatu model yang dapat menggambar perjalanan seorang konsumen. Namun, bagaimana model ini memegang peranan penting dalam optimasi penjualan online dan bagaimana strategi penggunaannya menjadi hal perlu Anda ketahui. Oleh karena itu, hal tersebut akan kami jelaskan selengkapnya pada artikel berikut ini. Dengan demikian, bacalah artikel ini dengan lengkap, ya!

Apa Itu ZMOT?

Zmot adalah suatu proses pengambilan keputusan dengan cara mencari informasi atau membandingkan review suatu produk tertentu meskipun belum melihat produk secara langsung. Adapun istilah ini diperkenalkan oleh Jim Lecinski yang merupakan wakil presiden bagian penjualan Google.

Lebih lanjut, Lecinski menyatakan bahwa pada digital marketing terdapat stimulus yang konsumen melakukan pencari terhadap suatu hal tertentu. Dengan demikian, proses pencarian tersebut yang dinamakan dengan zero moment of truth. Untuk memudahkan pemahaman Anda mengenai zmot, maka Anda perlu mengetahui proses tahapan customer journey terlebih dahulu. Adapun tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

Tahapan Pengertian Contoh
Stimulus Momen ketika konsumen melihat suatu brand baik dari iklan atau konten
  1. Melihat iklan di sosial media
  2. Membaca suatu email marketing dari suatu brand
  3. Melihat iklan di TV
  4. Mengetahui keberadaan suatu brand pada podcast
ZMOT (Zero Moment of Truth) Konsumen telah mengetahui keberadaan brand Anda namun melakukan pembelian
  1. Membaca sebuah blog
  2. Membaca review produk
  3. Melakukan pencarian online pada search engine
  4. Berbicara mengenai brand atau produk bersangkutan dengan teman
FMOT (First Moment of Truth) Moment ketika konsumen pertama kali melihat produk secara langsung, membeli dahulu jika online atau mendatangi toko secara langsung jika offline
  1. Melihat produk secara langsung di toko
  2. Berkonsultasi dengan penjual secara langsung di toko
  3. Melihat produk pertama kali setelah diantarkan distributor saat pembelian online

Baca Juga: Model Bisnis D2C Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pentingnya Model ZMOT bagi Bisnis

Tahukah Anda betapa pentingnya model ZMOT bagi bisnis? Hal ini disebabkan oleh lebih dari setengah jumlah konsumen yang memasukkan produk ke keranjang online-nya, tidak akan membeli produk secara langsung. Namun, mereka akan mencari informasi terlebih dahulu seperti melakukan perbandingan harga, kualitas, membaca review, dan sebagainya. Dengan demikian, hal tersebut membuat Anda harus memaksimalkan tahapan zmot untuk memberikan informasi yang lengkap pada konsumen yang bersangkutan.

Zmot adalah tahapan ketika konsumen memiliki rasa ingin tahu ketika melihat suatu produk atau brand tertentu. Oleh karena itu, pemanfaatan tahapan zmot dengan baik maka Anda bisa meningkatkan konversi penjualan karena Anda berhasil menjawab rasa keingintahuan tersebut dengan jawaban yang memuaskan. Selain itu, zmot juga dapat meminimalisir hambatan dan keraguan konsumen karena zmot memberikan aliran informasi bagi konsumen. Dengan demikian, kompetisi memenangkan hati pelanggan tidak hanya seputaran dengan pesaing melainkan bagaimana Anda memberikan informasi yang jelas.

Baca Juga: Cara Kerja Bisnis Dropship dan Bisnis Model Utamanya

Strategi ZMOT Untuk Meningkatkan Kualitas Website Anda

zmot

Website adalah halaman web yang berikan informasi tertentu. Dengan memaksimalkan zmot pada website, maka akan meningkatkan vitalitas dan kualitas website tersebut. Hal ini juga berpotensi strategi zmot itu sendiri dalam mengkonversi tingkat penjualan. Dengan demikian, adanya strategi zmot tersebut pada website adalah sebagai berikut:

1.Perhatikan SEO dengan Baik

Adapun hal strategi pertama dalam peningkatan zmot adalah memperhatikan SEO dengan baik. Adapun SEO adalah berbagai langkah yang bisa membuat suatu website mudah ditemukan dan berapa pada halaman pencarian pertama halaman pencari. Lebih lanjut, konsumen sukar mendapati website Anda maka aliran informasi akan terganggu sehingga proses tahap zmot tersebut tidak akan terjadi. Namun, jika Anda penasaran bagaimana sebenarnya cara memperbaiki SEO dengan baik dan benar.

2.Perhatikan Akuisisi Pendukung

Agar orang-orang membaca konten artikel yang Anda sajikan, maka Anda juga perlu memperhatikan stimulus atau tools yang memingkinkan peningkatan trafik ke website. Oleh karena itu, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan seperti melakukan campaign tertentu, memaksimalkan sosial media dengan baik, atau mengirim email marketing secara rutin.

Anda bisa menyajikan pesan atau konten yang menggerakkan hati konsumen untuk mengetahui produk atau brand Anda secara detail. Misalnya Anda membuat campaign promosi di sosial media, maka promosi tersebut akan diarahkan ke website Anda sehingga ada kemungkinan konsumen melakukan eksplorasi pada website tersebut.

3. Perhatikan Review Pelanggan dengan Baik

Review pelanggan merupakan salah satu aktivitas utama pada model zmot. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa review yang Anda dapatkan baik pada sosial media, rating aplikasi, rating produk, ulasan influencer, dan sebagainya memiliki nilai yang baik. Jika tidak, maka hal tersebut akan menjadi boomerang dan mempengaruhi persepsi konsumen sehingga menciptakan kegagalan dalam tujuan zmot.

Adapun langkah-langkah dalam mendapatkan review yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas layanan atau produk. Lebih lanjut, untuk membangun relasi Anda juga bisa membangun komunitas online. Dengan demikian, hal tersebut akan menciptakan informasi online dari mulut ke mulut dengan informasi yang positif terhadap brand atau produk Anda.

4. Berikan Promosi yang Menarik

Strategi selanjutnya dalam strategi zmot adalah memberikan promosi yang menarik. Adapun promosi adalah kegiatan pemasaran yang bertujuan meningkatkan angka penjualan. Pada zmot sendiri, pelanggan akan selalu mencari perbandingan dan alternatif produk serupa untuk dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian, Anda bisa memberikan layanan promosi pada halaman website sehingga produk Anda akan dilirik oleh konsumen.

Adapun banyak jenis promosi yang bisa Anda tawarkan sesuai dengan sistem pemasaran efektif Anda. Adapun promosi tersebut dapat berupa pemberian diskon, kupon, cashback, gratis ongkir, flash sale, promosi hari raya, dan sebagainya.

5. Gunakan Afiliasi Marketing dalam Upaya Meningkatkan Jangkauan

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran dengan pemasar afiliasi akan mendapatkan komisi jika berhasil melakukan penjualan. Melalui afiliasi marketing maka Anda juga bisa mengenalkan brand, produk, atau website Anda. Lebih lanjut, ajakan pemasar afiliasi ini akan meningkatkan jangkauan sehingga mendukung tahapan zmot dan rasa penasaran konsumen.

6. Sajikan Konten yang Informatif Mengenai Produk Anda

Zmot adalah tahapan dalam customer journey ketika konsumen mencari informasi tentang produk atau brand Anda. Untuk menjawab pertanyaan para konsumen tersebut, maka Anda harus menyajikan konten-konten yang relevan dengan setiap kebutuhan konsumen. Lebih lanjut, konten tersebut juga harus sesuai dengan kata kunci sehingga juga memberikan peringkat SEO.

Dalam upaya kenyamanan para pembaca, Anda juga bisa memaksimalkan desain website Anda. Dengan demikian, pastikan konten yang Anda tulis memiliki visual yang baik sehingga konsumen mendapatkan informasi dengan baik.

Baca Juga: Jenis-Jenis Model Bisnis Startup yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi, ZMOT Adalah?

Zmot adalah tahapan ketika konsumen mencari informasi setelah mendapatkan stimulus. Adapun penting zmot bagi bisnis karena dapat memberikan informasi yang jelas sehingga memungkinkan peningkatan angka konversi. Lebih lanjut, strategi zmot yang bisa Anda gunakan seperti memperhatikan ranking SEO, review pelanggan, menyajikan konten yang relevan, memberikan promosi yang menarik, memaksimalkan pemasaran afiliasi, dan sebagainya.

Salah satu media penting untuk tahapan zmot adalah website yang berkualitas. Sehingga Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan untuk solusi segala kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update