Mengenal Digital Branding & Strategi Penerapannya

Mengenal Digital Branding & Strategi Penerapannya

Pendapat dan apa saja yang dikatakan oleh pelanggan tentang brand kita lebih penting daripada apa yang kita katakan tentang diri kita sendiri. Upaya pencitraan merek digital atau digital branding mengungkapkan banyak hal tentang siapa brand dan nilai apa yang brand dapat berikan kepada calon pelanggan, klien, mitra, anggota, atau konsumen mereka. Rata-rata orang mungkin percaya bahwa pencitraan merek digital difokuskan pada logo atau desain situs web dari brand dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi persepsi konsumen tentang brand nantinya.

Tapi digital branding tidaklah sesederhana itu dan sebenarnya jauh lebih rumit. Dalam dunia yang terhubung dengan banyak titik kontak online seperti situs web atau aplikasi, hasil mesin pencari, ulasan online, atau diskusi media sosial, sebagian besar keputusan dibuat setelah pelanggan mempunyai pengalaman mereka sendiri akan brand Anda di ruang digital.

Sebuah brand tanpa kehadiran digital ibarat mobil tanpa ban sehingga tentu saja tidak akan berjalan sama sekali. Meskipun pencitraan merek analog yang kuno belum berjalan mulus, bisnis saat ini membutuhkan berbagai alat pencitraan merek digital untuk memperkuat kehadiran mereka di dunia nyata. Ini semua mengingat digitalisasi yang global sehingga setiap brand harus turut serta merambah sejauh mana yang mereka bisa untuk tetap dapat dikenal secara online.

 

Mengenal Apa Itu Digital Branding

 

Sebelum memulai digital branding ada baiknya Anda mengetahui apa itu yang dimaksud dengan branding. Branding sendiri adalah proses kreatif dan strategis untuk memberi tahu calon pelanggan tentang perusahaan Anda yakni siapa Anda, apa yang Anda lakukan, mengapa mereka harus bekerja dengan Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari Anda. Setelah Anda memulai bisnis atau membuat produk pertama Anda, membangun identitas merek harus menjadi prioritas nomor satu Anda.

Teknik branding adalah dengan menyaring segala sesuatu tentang apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya menjadi esensi tunggal yang mudah diingat yang akan diingat orang dan terus diasosiasikan dengan perusahaan Anda. Contoh sederhana dari branding yang melekat pada ingatan umum adalah lambang lengkungan emas McDonald’s yang ikonik. Ini bermakna bahkan simbol atau gambar sederhana dapat menyampaikan asosiasi bermakna yang beresonansi di seluruh dunia.

Sedangkan pencitraan merek digital atau digital branding adalah cara Anda merancang dan membangun merek Anda secara online melalui situs web, aplikasi, media sosial, video, dan lainnya. Branding digital terdiri dari kombinasi pemasaran digital dan branding internet untuk mengembangkan merek secara online. Mengapa kehadiran merek digital penting? Masyarakat dunia telah menggunakan perangkat pintar secara konstan, sehingga dunia terlibat dari lensa internet yang menjadikannya penting bagi sebuah brand untuk menjangkau pelanggan target dan mengubah pengguna satu kali menjadi pelanggan jangka panjang. Selain itu digital branding juga memungkinkan perusahaan mana pun untuk membuat kehadirannya dikenal di mana saja bahkan melalui smartphone Anda sekalipun.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Penyedia Email Gratis yang Mudah dan Aman Digunakan untuk Bisnis

 

Keuntungan Penerapan Digital Branding

Kehadiran digital yang kuat membuat pelanggan merasa terlibat secara pribadi dengan perusahaan atau produk. Pencitraan merek yang dibuat dengan baik membina hubungan dengan pengguna dan memungkinkan Anda untuk berbicara langsung dengan konsumen melalui interaksi sehari-hari pada platform yang sudah mereka gunakan. Berikut ini beberapa keuntungan penerapan branding secara digital :

 

  • Targetkan audiens Anda

    Kehadiran online perusahaan Anda adalah mode premiere yang digunakan sebagian besar calon pelanggan untuk mempelajari dan berinteraksi dengan merek Anda. Pencitraan digital branding akan memungkinkan Anda membidik audiens Anda dengan menargetkan grup pelanggan tertentu melalui platform online yang paling sering mereka gunakan seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya.

  • Terhubung dengan pelanggan

    Digital branding yang sukses membuat pelanggan merasa seperti Anda berbicara langsung kepada mereka, terutama karena Anda terlibat di platform yang sama yang mereka gunakan untuk berinteraksi dengan teman dan anggota keluarga. Pada intinya, branding digital memfasilitasi komunikasi antara perusahaan dan pelanggannya. Ini bisa sesederhana mempermudah pelanggan untuk menemukan informasi tentang perusahaan Anda di situs web Anda, atau membantu mereka dengan cepat mendapatkan layanan pelanggan yang hebat. Akhirnya, merek yang tidak dapat ditelusuri secara online secara praktis tidak ada dalam benak konsumen kontemporer.

  • Penyampaian yang lebih cepat

    Ada juga manfaat tersier dari pencitraan merek digital, seperti potensi untuk menjadi viral atau menjangkau khalayak massal dalam waktu singkat dengan sedikit biaya atau tanpa biaya. Upaya branding seperti ini lebih sesuai dengan trend sekarang yang memanfaatkan social media sehingga perusahaan dapat memangkas anggaran iklan konvensional.

 

Baca Juga  :     Panduan Lengkap SEO Update di Tahun 2021

 

Strategi Penerapan Digital Branding

Mengenal Digital Branding & Strategi Penerapannya
 

Penerapan digital branding biasanya selalu berkembang dengan kemajuan inovasi atau trend yang berlaku. Tetapi berikut ini beberapa cara penerapan digital branding yang biasa dilakukan :

 

  • Logo adalah gambar tunggal yang harus dikaitkan pertama dan terutama oleh pelanggan dengan merek Anda. sederhananya logo akan langsung mengidentifikasi brand Anda begitu orang melihatnya, seperti melihat image sebuah apel yang akan langsung dibayangkan sebagai produk elektronik bermerek Apple. Selain itu, sebuah logo harus sesuai dengan kepribadian dan nilai bisnis, industri, dan audiens target Anda. Meskipun Anda tidak ingin terlalu mencolok, desain logo Anda harus cukup berkesan untuk meninggalkan kesan, tetapi tidak terlalu rumit sehingga penonton tidak akan mengingatnya di tengah rentetan gambar harian yang mereka serap secara online

  • Situs website

    Jika logo Anda adalah tanda untuk bisnis Anda, situs web Anda adalah lokasi etalase digital Anda. Ketika pelanggan ingin mengetahui lokasi fisik Anda, jam operasi Anda, daftar produk atau informasi kontak Anda. Pelanggan akan menggunakan Google untuk mencari situs web Anda, tempat mereka berharap menemukan informasi dengan cepat dan mudah.

  • Pesan yang disampaikan brand

    Pesan brand adalah apa yang perusahaan Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya. Contoh simple adalah ketika Anda ingin memesan teh lemon, pastikan Anda juga menyebutkan brand dari teh lemon tersebut. Pesan tersebut harus mencerminkan apa yang dilakukan dan dipercaya oleh perusahaan Anda, dan berbicara secara ringkas tentang kebutuhan dan keinginan langsung pelanggan Anda.

  • SEO

    SEO (search engine optimization) memastikan merek Anda dan penawarannya mudah ditemukan di mesin telusur mengingat ini adalah salah satu cara utama pelanggan mencari layanan Anda. Mulailah dengan mendesain situs web Anda dengan mempertimbangkan SEO.

  • Media sosial

    Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya, hampir semua orang dari latar belakang dan rentang umur memiliki semacam kehadiran di media sosial. Jika pelanggan Anda ada di sana, brand Anda juga harus demikian. Sesuaikan setiap postingan dengan platform tempat postingan tersebut muncul.. Posting Instagram cendreng digerakkan oleh gambar dan dirancang untuk mendorong suka dan komentar. Twitter bekerja secara real-time dan menanggapi peristiwa dan berita terkini. Facebook adalah campuran berbagai jenis konten dengan penekanan pada konten di balik layar tentang cara kerja brand Anda.

  • Email marketing

    Kampanye email massal harus mudah dibaca dan menyertakan banyak foto yang kan menjadi dan memiliki ajakan bertindak. Dengan semua alat efektif dan praktis yang tersedia untuk memasarkan merek Anda secara digital, lebih mudah melupakan email kuno yang tidak lagi relevan. Mailer online adalah cara mudah untuk menjangkau pelanggan, terutama mereka yang tidak menggunakan media sosial. Mulailah dengan membangun daftar email bertarget yang kuat dan berisi prospek yang kemungkinan besar akan diubah menjadi pengunjung web dan pelanggan. Anda bisa mendapatkan pendaftaran ini dari iklan atau mengumpulkannya langsung di situs web Anda dengan menyertakan arah pendaftaran buletin di landing page.

  • Iklan online

    Iklan online biasanya akan menggunakan kekuatan web untuk memasarkan produk Anda dan tidak sesederhana spanduk di halaman web lagi. Saat ini, ada banyak cara untuk beriklan secara digital yang bisa Anda coba dan sesuaikan dengan kebutuhan brand Anda.

  • Content marketing

    Saat ini, tidak cukup hanya dengan mengiklankan produk Anda dan untuk menciptakan basis pelanggan yang setia dan kembali pada brand Anda, keterlibatan atau engagement adalah yang terpenting. Di situlah pemasaran konten berperan dimana pemasaran digital menekankan penjualan, pemasaran konten berfokus pada keterlibatan melalui foto, video, posting blog dan lain- lain.

  • Penggunaan jasa influencer

    Blogger, vlogger, maupun influencer dapat membantu Anda memasarkan produk dengan sentuhan manusia dan alami. Pemasaran influencer adalah bentuk pemasaran yang menggunakan orang-orang dengan pengikut media sosial yang besar untuk memposting tentang merek Anda. Alih-alih memasarkan langsung ke sekelompok konsumen, Anda meletakkan pesan merek Anda di tangan seorang bintang media sosial yang akan menyebarkan berita untuk Anda. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 80 persen pemasar global meluncurkan kampanye influencer pada tahun 2015 yang tentunya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

 

Baca Juga  :      Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Dasarnya digital branding adalah tentang memahami nilai Anda sebagai bisnis, dan menyampaikan nilai-nilai tersebut kepada pengunjung situs web Anda. Namun jangan khawatir, pencitraan merek digital bukan tentang font, slogan, persona, citra, logo, atau identitas visual melainkan membutuhkan pengetahuan branding dan pengalaman pengguna (UX) selama bertahun-tahun. Branding digital memiliki elemen yang dapat ditindaklanjuti yang dapat dibuat oleh pemilik situs web mana pun.

Memahami nilai bagi pelanggan Anda dikenal sebagai penawaran nilai Anda dan ini benar-benar telah melampaui pandangan lama tentang unique selling points (USP). Sebagai definisi, penawaran nilai adalah janji nilai yang akan menarik bagi pelanggan Anda. Branding digital memungkinkan Anda mengkomunikasikan nilai itu dan melakukannya dengan lebih baik serta konsisten sehingga pengguna online baru akan mudah memahami brand Anda dan pelanggan lama akan tetap senang mengikuti perkembangan brand juga bisnis Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update