Panduan Lengkap SEO Update di Tahun 2021

Search Engine Optimization, Tips & Tricks / 0 | | 0

Waktu berlalu dan tren yang dulunya populer, kini berangsur-angsur tenggelam terlupakan. Daftar Tren SEO diperbarui dan item baru ditambahkan dari waktu ke waktu seperti tren yang berubah dari 2020 ke 2021. Tetapi tidak dipungkiri juga ada beberapa faktor yang bertahan meski ada trend baru yang datang.

Konten berkualitas tinggi menjadi faktor penentu popularitas peringkat situs web Anda sejak lama dan masih di tempat pertama. Semakin baik konten yang Anda buat, semakin banyak orang yang memperhatikan Anda dan datang lagi untuk menikmati tulisan Anda sehingga konten dan pekerjaan Anda menjadi dihargai. Google tidak menyukai teks yang ditulis dengan buruk asal- asalan yang membuat pengalaman baca dari pengunjung yang membaca konten Anda akan berkurang drastis.

Sejatinya kualitas tinggi dari tiap konten yang Anda sajikan pada laman situs web Anda akan menentukan keberhasilan situs web Anda juga disamping juga peringkatnya. Jika Anda berpikir sejenak bahwa Anda dapat menulis artikel pendek dan mengoptimalkannya dengan banyak kata kunci dan melebih-lebihkan semua aturan dengan cara ini, maka Anda harus tahu bahwa teknik ini sudah tidak lagi efektif. Simak panduan lengkap SEO yang akan menjadi trend di tahun 2021 mendatang.

 

Mengenal SEO Pada Konten

Panduan Lengkap SEO Update di Tahun 2021
 

Sekarang ini kualitas artikel Anda lebih penting daripada kuantitas kata kunci (keyword) yang digunakan. Cara alami menulis dengan jumlah kata kunci yang moderat sekarang akan menjadi formula sukses Anda. Mulailah pemilihan kata kunci Anda dengan menggunakan alat riset kata kunci yang sesuai. Pengoptimalan dari Search Engine Optimization (SEO) adalah cara efektif untuk menarik konsumen ke platform online Anda jika Anda telah menggunakannya dengan benar.

SEO sendiri terus berkembang dan terus mengikuti pembaruan terkini bisa menjadi tantangan bagi mereka yang tidak begitu memahaminya. Tetapi jika Anda menyisihkan waktu untuk mempelajari mengenai trend SEO ini karena sekitar 70% hingga 80% pengguna hanya berfokus pada hasil organik dan mengabaikan listingan berbayar. Terlebih lagi, sekitar 28% dari penelusuran tersebut mengonversi yang menghasilkan pembelian.

Kinerja SEO peringkat teratas membutuhkan perhatian pada banyak metrik, termasuk lalu lintas, tautan balik atau backlink, dan pembagian konten dan lain- lain. Untuk mencapai ini semua, tentunya Anda memerlukan wawasan tentang beberapa tren pengoptimalan mesin telusur yang paling relevan dan tepat waktu untuk diantisipasi di tahun 2021 yang akan memungkinkan Anda mempersiapkan strategi SEO yang sesuai.

 

Baca Juga  :      Tips & Trick Memaksimalkan Gambar Untuk SEO (SEO For Images)

 

Panduan dan Trend SEO Update 2021

Panduan Lengkap SEO Update di Tahun 2021
 

Jika ada satu hal yang terus berkembang dalam lanskap pemasaran digital, itu adalah SEO. Selama beberapa tahun terakhir, SEO berubah seiring dengan teknologi dan inovasi baru, seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), asisten suara atau voice assistants, dan keunggulan penggunaan seluler. Semua ini akan berlanjut di tahun-tahun mendatang, yang merupakan tantangan bagi semua orang. Oleh karena itu, ada gunanya mengetahui trend apa yang akan Anda hadapi di tahun 2021 mendatang. Berikut Tren SEO 2021 yang perlu diwaspadai :

 

  • Konten yang bagus adalah mutlak

    Konten sudah dikenal sebagai salah satu faktor kunci kesuksesan sebuah situs web dan ini tidak akan berubah. Saat Anda membuat konten yang bermanfaat, orang akan menemukan nilai di dalamnya dan mulai melihat Anda sebagai figur otoritas sehingga mereka menghargainya,dan begitu pula Google. Saat ini, jika Anda ingin mendapat peringkat tinggi di Google, Anda perlu memastikan konten Anda memenuhi kebutuhan pengguna. Anda tidak bisa hanya mengandalkan kata kunci saja karena teknik ini tidak efektif lagi. Rumus untuk sukses sekarang adalah pada kualitas konten Anda dan bukan berapa banyak kata kunci yang Anda gunakan.

  • Peningkatan dalam pencarian semantik

    Terkait tren SEO pada tahun 2021, orang-orang dan cara mereka mencari sesuatu di web akan menjadi fokus utama termasuk pencarian semantik. Tapi, apa sebenarnya pencarian semantik itu?. Pada dasarnya, ini adalah konsep yang melibatkan kata-kata, hubungan dan apa yang tercakup dalam hubungan itu dalam konteks tertentu. Ini tentu sangat ideal untuk Google dikarenakan tujuan utama mesin telusur adalah mengkurasi hasil yang paling relevan untuk kueri pengguna. Oleh karena itu, penelusuran semantik adalah cara mesin telusur menggunakan data untuk mengidentifikasi konteks, makna, dan maksud yang diperlukan untuk memberikan hasil yang paling akurat.
     

    Baca Juga   :    Cara Belajar SEO untuk Pemula : Tips & Trick, Langkah-langkah, dan Hasilnya

  • Pencarian akan menjadi lebih penting daripada keyword

    Google terus menjadi lebih pintar sejak memperkenalkan pembaruan BERT pada 2019, mesin pencari telah dapat memahami maksud setiap pencarian. Pada dasarnya, algoritma Google dapat mengidentifikasi alasan di balik kueri penelusuran pengguna yakni apakah untuk menemukan lokasi tertentu atau membeli sesuatu. Ini dianggap sebagai pembaruan kunci karena telah mengubah pengalaman mesin pencari. Sekarang mengakomodasi pencarian suara dan asisten suara menjadi populer karena orang-orang menanyakan pertanyaan pada Alexa atau Siri dan memperlakukannya sebagai mesin pencari.

  • Google My Business jadi penting untuk SEO lokal

    Penelusuran berbasis lokasi dibangun di atas premis dasar yakni ketika seseorang yang berlokasi di San Diego menelusuri kue beras di Google Maps, mereka mungkin ingin melihat hasil yang terbatas pada wilayah geografis sekitarnya. Ini membuat pencarian lokal menjadi bagian dari strategi pemasaran digital Anda bagi Anda yang memiliki bisnis dengan lokasi fisik. Maka jika Anda ingin terlihat di penelusuran lokal, Anda harus memastikan listingan Google My Business Anda lengkap, mendetail, dan diperbarui secara rutin. Soalnya, keterlibatan dan aktivitas di listingan Google My Business berarti sinyal peringkat yang baik untuk Google dan karenanya, Anda harus mengoptimalkan listing Anda dengan benar.

  • Konten video akan menjadi trend

    Saat ini, ketika Anda mencoba Googling topik apapun, Anda biasanya melihat carousel video di bagian atas SERP. Video model carousels pertama kali diperkenalkan oleh Google ke SERP pada tahun 2018 yang membuat video semakin populer sejak periode itu. Bagaimanapun, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia. Ada penekanan kuat pada video yang berasal dari permintaan pengguna karena mayoritas orang lebih suka menonton video pendek daripada menghabiskan waktu berharga mereka untuk membaca artikel. Video mudah dicerna dan sempurna untuk multitasker.selain juga bekerja dengan baik di perangkat seluler.
    Google mengakui ini dan mengubah algoritmanya untuk mengakomodasi itu. Karena ada preferensi untuk video, ini berarti bisnis Anda harus mulai memproduksi lebih banyak video dan mengoptimalkannya untuk meningkatkan visibilitas pencarian dan lalu lintas situs.

 

Baca Juga  :      Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Kesimpulan dan Penutup

Menilik pada SEO update diatas, tampaknya memang ada perubahan dalam prioritas untuk tahun 2021 termasuk kepada pengunjung situs web Anda dan apa yang menjadi inti dari pengalaman mereka selama menikmati konten- konten Anda. Mesin pencari akan berfokus pada peningkatan pengalaman mereka, apakah membandingkan harga produk yang berbeda atau memperoleh informasi penting mengenai pandemi saat ini.

Jadi, jika Anda ingin terus memenangkan permainan SEO pada tahun 2021, Anda harus menyesuaikannya dengan kualitas konten dan pemahaman trick SEO Anda. Berkonsentrasilah pada pembuatan konten yang menambah nilai dan terkait dengan maksud penelusuran yang berhubungan dengan konten Anda. jangan lupa, selalu ada ruang untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas dari konten- konten tersebut.

Related Post :