Apa Itu Paid Promote? Keuntungan dan Tipsnya

Apa Itu Paid Promote? Keuntungan dan Tipsnya

Bagi Anda yang mempunyai bisnis online, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “paid promote”. Paid promote merupakan cara yang cukup umum untuk mempromosikan bisnis Anda agar lebih diketahui secara luas. Dibawah ini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai paid promote.

Paid promote membawa potensi keuntungan yang sangat besar untuk bisnis Anda. Mungkin sulit dan kecil kemungkinannya bagi orang untuk mencari dan menemukan Anda di pencarian. Namun, ketika Anda menggunakan paid promote, Anda bisa menjangkau calon konsumen yang mungkin tertarik dengan produk Anda dari melihat iklan Anda. Oleh karena itu, Anda akan menjangkau audiens yang lebih tepat yang memiliki potensi lebih besar untuk membeli produk Anda.

Apa itu Paid Promote?

Paid promote adalah ketika Anda membayar untuk menampilkan iklan produk Anda di platform online. Untuk sebagian besar situs media sosial, Anda dapat mempromosikan akun atau postingan Anda baik akun Anda akun pribadi ataupun akun bisnis. Setiap platform online memiliki cara yang berbeda untuk promosi tergantung pada platformnya masing-masing.

Metode pembayaran biasanya diberikan patokan bisa dihitung secara harian ataupun selamanya sampai Anda ingin iklan itu berhenti. Selain itu, Anda dapat menerapkan filter demografis yang berbeda untuk menentukan target audiens Anda. Misalnya, produk Anda mungkin cocok untuk kelompok usia tertentu, maka Anda bisa mengaturnya sebelum menjalankan iklan tersebut.

Setiap platform melayani kebutuhan yang tidak selalu sama; oleh karena itu, format iklannya pun pasti tidak sama. Maka Anda harus menyesuaikan hal tersebut sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, YouTube merupakan tempat di mana orang dapat menonton video di berbagai kategori. Oleh karena itu, video Anda akan berada di hasil teratas atau video yang disarankan jika Anda mempromosikan konten Anda.

Atau Anda mungkin ingin mempromosikan produk Anda melalui Instagram karena sebagian besar audiens target Anda ada di sana. Jika seperti itu, Anda dapat menjalankan iklan di instagram dan orang-orang yang mungkin menyukai apa yang Anda lakukan akan melihat postingan Anda di stories, newsfeeds, atau bagian explore.

Baca Juga: Strategi Ampuh Pemasaran Produk untuk Bisnis

Apa Saja Keuntungan dari Paid Promote? 

Keuntungan Paid Promote

Paid promote ada karena suatu alasan, yaitu manfaatnya. Ketika orang mulai merasakan peluang dan manfaat dari promosi berbayar, kebanyakan dari mereka sama sekali tidak kembali ke metode periklanan tradisional karena sudah merasakan keuntungan dari promosi berbayar ini.

Paid promote memungkinkan Anda menjangkau target audiens yang paling akurat. Meskipun Anda dapat memilih fitur spesifik dari audiens Anda sebagai filter, platform online juga akan menganalisis riwayat pencarian pengguna mereka, yang biasa disebut dengan algoritma.

Kemudian, platform online tadi akan menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan layanan Anda. Promosi berbayar membuat Anda menjadi terlibat serta dapat menjangkau orang yang lebih tepat. Karena alih-alih Anda menghabiskan upaya untuk mengatur jangkauan Anda sendiri, platform yang Anda bayar untuk promosi juga ikut terlibat sehingga semakin membantu untuk promosi produk Anda.

Produk dari perusahaan Anda mungkin tidak didengar oleh sebagian orang di internet, maka platform yang menawarkan paid promote juga membuat produk atau merek Anda akan lebih terlihat. Mereka mencoba menampilkan iklan Anda kepada pengguna yang belum pernah melihat perusahaan Anda sama sekali sebelumnya.

Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan prospek baru. Anda tidak harus memiliki bisnis untuk mempromosikan postingan atau akun Anda karena biasanya platform media sosial memungkinkan penggunanya untuk menjalankan iklan terlepas dari jenis akun mereka. Jika Anda merasa lebih banyak orang yang harus melihat konten Anda, Anda bebas untuk mempromosikan postingan dan akun Anda.

Mempromosikan konten Anda di media sosial juga membantu meningkatkan lalu lintas situs web Anda. Jika Anda menambahkan URL situs web Anda dalam keterangan atau bio, pengikut Anda dapat mengunjungi situs web Anda untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga:Apa Itu Endorsement : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Algoritma dan Tips Paid Promote

Tips Paid Promote

Platform media sosial menggunakan berbagai algoritma untuk menyebarkan iklan, dan ada beberapa poin penting sebelum menjalankan iklan. Jika Anda tidak bekerja secara kritis, Anda dapat membuang-buang anggaran Anda. Pertama, Anda harus mempersiapkan anggaran Anda dengan hati-hati.

Menghabiskan terlalu banyak uang untuk membuat konten dan sedikit uang untuk promosi berbayar adalah sebuah kesalahan. Hal ini karena meskipun Anda membuat konten yang sempurna, Anda mungkin tidak akan mencapai jumlah pengguna yang Anda inginkan. Jadi, kami telah membuat daftar poin-poin penting yang mungkin ingin Anda perhatikan:

Iklan Berbasis Lelang

Iklan berbasis lelang artinya metode pembayaran untuk pemasaran berbayar. Jika perusahaan membayar per projek, penjualan, klik, atau jenis keterlibatan lainnya, maka perusahaan menggunakan metode iklan berbasis lelang.

Iklan Berbasis Tetap 

Perusahaan biasanya membayar per-tayangan. Metode ini bukan untuk bersaing dengan merek lain karena akan ada harga tetap per-tayangan. Selain hal-hal yang harus Anda pertimbangkan, ada juga algoritma media sosial yang harus dilihat.

Algoritma tersebut menilai seberapa kuat iklan Anda dan seberapa sering iklan tersebut akan ditampilkan. Jika Anda mempelajari cara kerja algoritma, Anda dapat membuat rencana promosi, mempersiapkan kampanye Anda sesuai dengan algoritma tersebut, dan mengalahkan kampanye pesaing Anda.

Anggaran 

Jumlah anggaran Anda adalah penentu untuk algoritma promosi berbayar. Seiring dengan meningkatnya anggaran Anda, waktu tayang iklan Anda juga akan meningkat.

Periode 

Ada perusahaan yang mengimplementasikan kampanye iklan jangka pendek sementara beberapa lainnya menjalankan jangka panjang. Menjalankan kampanye iklan jangka panjang lebih bernilai karena platform media sosial lebih memperhatikannya.

Kata Kunci (Keyword)

Ketenaran suatu produk naik dan turun dalam periode waktu tertentu. Oleh karena itu, popularitas produk yang ingin Anda jual menjadi penentu. Iklan produk yang paling banyak dicari tentu meraih lebih banyak penayangan.

Relevansi 

Platform media sosial melihat relevansi kampanye Anda dengan calon pelanggan yang akan melihatnya. Umumnya, kampanye Anda muncul di beranda pelanggan yang memiliki riwayat yang relevan dengan kategori perusahaan Anda.

Format Promosi Berbayar

Anda dapat menjalankan kampanye promosi berbayar dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan dan strategi Anda. Biasanya, bisnis besar menggunakan segala format untuk menjangkau populasi sebesar mungkin. Maka dari itu, hal ini membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk iklan. Jika Anda memiliki bisnis kecil, cobalah untuk memulai dengan salah satu yang menurut Anda terbaik. Setelah mendapatkan reputasi dan hasil, Anda bisa menyiapkan lebih banyak anggaran.

Iklan Influencer

Iklan influencer, juga biasa sebagai iklan afiliasi, adalah salah satu contoh promosi yang paling disukai. Anda membayar influencer untuk mempromosikan produk mereka. Sementara ada influencer dibayar per kampanye, ada lainnya dibayar dengan komisi tergantung reputasi mereka.

Iklan Penelusuran 

Dalam iklan penelusuran, merek membayar agar situs web mereka disorot dalam hasil mesin pencari. Saat pelanggan mencari produk atau keyword, mereka melihat halaman web berbayar di bagian atas.

Iklan Sosial 

Promosi iklan sosial sebagian besar dikerjakan di platform media sosial. Perusahaan membayar untuk muncul di beranda berita sosial audiens mereka. Perusahaan dapat mengaplikasikan berbagai cara untuk menggunakan metode ini.

Sementara ada perusahaan mengelompokkan anggaran mereka untuk per-metode, ada juga perusahaan menggunakan seluruh anggaran mereka untuk satu metode periklanan. Dalam beberapa hal, fokus pada satu hal akan bekerja lebih baik jika anggaran perusahaan Anda berada dalam situasi yang sulit.

Penutup 

Strategi dan metode baru telah lahir sejak pemasaran digital dan bisnis online meningkat secara signifikan. Sebelum media sosial setenar sekarang, orang-orang melakukan paid promote melalui papan iklan atau saluran TV.

Meskipun masih berhubungan, kampanye iklan dibawa ke internet dan platform media sosial karena lebih mudah dicapai dan terjangkau dengan efek besar yang mereka ciptakan. Jika Anda menentukan target audiens Anda dan mempersiapkan anggaran serta strategi dengan baik, tidak ada alasan untuk tidak berhasil dengan iklan Anda.

Untuk menunjang paid promote ini, Anda tentunya juga butuh channel pemasaran lain seperti website bisnis maupun toko online. Gunakan Cloud VPS IDCloudHost yang fleksibel, cepat, dan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengembangkan website dan aplikasi dengan mudah. Coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update