Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat

Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat

Server biasanya disebut juga sebagai layanan yang mampu melakukan pekerjaan multifungsi yang melibatkan multi-device. Sehingga, dapat membuat sebuah perusahaan kecil dapat menggunakan server sebagai pusat pengolahan data perusahaan.

Hal ini dapat membuat beberapa vendor-vendor server mengeluarkan tipe-tipe server yang sangat beragam untuk memenuhi kebutuhan perorangan atau perusahaan yang juga beragam.

Pada artikel ini akan memberikan panduan untuk memilih spesifikasi komputer server yang tepat untuk kebutuhan Anda sehingga penggunaannya akan lebih maksimal.

 

Apa Itu Komputer Server

Anda yang bekerja di bidang IT pasti sudah mengetahui apa itu komputer server, Namun bagi orang awam yang belum mengenal komputer pasti belum mengetahui istilah komputer serve. Komputer Server merupakan penyedia layanan bagi komputer client.

Namun, tidak hanya perusahaan saja yang bisa menggunakan komputer server ini. Komputer server dapat digunakan pada Instansi pemerintahan, perpustakaan kota, lingkup sekolahan SD, SMP, SMA, SMK hingga perguruan tinggi sudah menggunakan komputer server untuk menunjang kebutuhan mereka.

 

 

Setelah mengetahui pengertian dari komputer server, anda dapat mengetahui fungsi komputer server berikut ini :

  1. Melayani permintaan komputer client

    Komputer Server bertanggung jawab atas layanan yang digunakan oleh client. Oleh sebab itu komputer sever harus mempunyai resource dan fitur yang support untuk pelanggan.

  2. Menyediakan resource untuk client

    Menyediakan resource berhubungan dengan pelayanan kepada client. Mulai dari resource support aplikasi dengan software, atau berupa hardware.

  3. Bertanggung jawab atas pengaturan data

    Segala jenis data dan informasi yang disimpan dalam komputer server dapat disimpan di dalam komputer server. Terutama dengan masalah keamanan data. Komputer server yang memiliki keamanan yang bagus dapat membuat data anda bebas dari virus dan hacker.

  4. Menyimpan file dari client

    Data yang disimpan dari client dapat di akses bersama menggunakan file sharing. Biasanya data yang disimpan melalui komputer sharing memiliki pengaturan backup file dan anti malware.

  5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan

    Dalam mengakses komputer server ada beberapa level akses yang digunakan. Sehingga antara level satu dan lainnya hanya mempunyai akses untuk menggunakannya sesuai jobdesk, dengan tampilan hide yang diatur oleh super user. Sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.

Baca Juga: Semua Hal Tentang Server Vps Hosting Yang Perlu Diketahui

3 Jenis Komputer Server Terpopuler

Dalam meilih Komputer Server yang tepat, anda dapat melihat 3 jenis Komputer server yang harus Anda ketahui dimana ketiganya meruapakn komputer server  yang paling banyak digunakan, diantaranya adalah : 

  1. Server web

    Server web dalam komputer server digunakan untuk menunjukkan halaman dan menjalankan aplikasi melalui web browser. Server web baisanya terintegrasi ke browser Anda sehingga dapat mengirimkan halaman yang sedang Anda lihat. Untuk browser biasanya server web bisa diakses melalui Internet Explorer, Chrome, mozilla Firefox, Opera, dan Safari.

  2. Server email

    Server email berfungsi untuk memfasilitasi pengiriman dan penerimaan email. Server email ini bisa berjalan jika Anda mempunyai klien email di komputer Anda, software ini biasanya terhubung ke server email IMAP atau POP3 yang berfungsi untuk mendownload pesan Anda ke komputer Anda serta server SMTP yang bertugas untuk mengirim kembali pesan melalui server email.

  3. Server FTP

    Server FTP berfungsi sebagai untukmengirim file melalui software Protokol Transfer File. Server FTP ini bisanya diakses jarak jauh melalui program klien FTP. Di luar sana memang ada banyak ratusan jenis tipe server khusus yang berbeda untuk mendukung jaringan komputer.

 

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Komputer Server

 

 

Dalam memilih komputer server yang cocok buat bisnis atau perusahaan, Anda terlebih dahulu harus mengetahui beberapa komponen unggulan beserta spesifikasi oleh si penyedia layanan. Untuk spesifikasi komputer Game biasanya berbeda dengan perusahaan. Oleh karena itu berikut penjelasan dari beberapa kompenen yang terdapat dalam komputer server yaitu :

 

  1. Central Processing Unit / CPU

    Pasti anda pernah mendengar istilah CPU? Nah, CPU merupakan otak dari sebuah prosesor komputer. Biasanya banyak orang mengenal 2 pemain besar cpu yaitu Intel dan AMD. Bisanya, kebanyakan orang lebih memilih memakai Intel untuk Komputer server. Keunggulan dari Intel dari prosesnya yang lebih cepat. Bahkan Prosesor Intel mempunyai kecepatan baca serta tulis yang lebih cepat dari memori pada basis per-inti.

  2. Random Access Memory / RAM

    RAM biasanya berfungsi untuk menentukan berapa banyak proses yang dapat dilakukan oleh otak di waktu yang sama. RAM adalah memori. Jika digunakan untuk server, maka anda membutuhkan RAM yang lebih besar agar proses dalam dalam website anda lebih cepat. Jika anda menggunakan VPS standar biasanya paling rendah 1GB dan ini sudah cukup untuk sebuah website dengan traffic yang tidak terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa Anda memakai hanya beberapa porsi mesin, tidak seluruhnya. Anda dapat melihat perbedaan ini kalau Anda membeli dedicated servers karena biasanya ukuran RAM paling rendah sebesar 16GB.

  3. Kapasitas / Storage

    Jika dulu anda biasa menggunakan HDD dalam komputer anda, maka sekarang SSD merupakan sebuah solusi untuk media penyimpanan yang lebih besar jika anda menggunakanya untuk server. Managed SSD VPS atau VPS SSD yang dikelola merupakan salah satu pilihan popular karena Anda akan mendapatkan peningkatan kecepatan yang tinggi. SSD bisa dibilang mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan hard drive atau HDD. Untuk itu IDCloudhost menawarkan pelayanan yang berkualitas dengan Layanan hosting dan Layanan vps storage yang besar dan sudah tersertifikasi SSL.

Baca Juga : Mengapa Penting Mengetahui Cara Kerja Server

 

Kesimpulan dan Penutup

Komputer Server merupakan penyedia layanan bagi komputer client. Namun, tidak hanya perusahaan saja yang bisa menggunakan komputer server ini. Ada beberapa spesifikasi yang perlu anda pertimbangkan ketika anda ingin menggunakan komputer server, yaitu RAM, Storage, CPU.

Banyak sekali manfaat dari penggunaan Komputer Server ini, selain memberikan layanan dalam menyimpan data anda, Komputer Server dapat mengatur lalu lintas data anda serta memberikan jaminan keamanan data anda.

Setelah anda mengetahui definisi komputer server serta fungsinya. Anda pasti sudah dapat menentukan menggunakan layanan komputer server berdasarkan spesifikasinya untuk bisnis anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update