Panduan Mengenal dan Belajar CSS Bagi Pemula

Panduan Mengenal dan Belajar CSS Bagi Pemula

Untuk bisa mengembangkan web, ada beberapa hal yang perlu dikuasai seperti programming language atau bahasa pemrograman, diantaranya HTML, CSS dan JavaScript yang merupakan komponen dasar untuk mengembangkan web. Tapi perlu diketahui disini, HTML bisa dianggap sebuah kerangka, CSS adalah tampilan sedangkan JavaScript adalah otaknya dari situs web. Ketiga hal ini sangat mendukung satu sama lain karena setiap faktor ini memiliki peranan penting mereka masing- masing.

Website sendiri tidak bisa dikembangkan tanpa HTML, karena sebuah web tanpa adanya CSS akan menjadi kosong dan tidak menarik yang sementara web tanpa JavaScript menjadi tidak interaktif. Cascading Style Sheet atau CSS berperang untuk memberikan wujud web yang lebih atraktif dengan warna. pengaturan terhadap teks, gambar dan masih banyak lagi. Pengmbang dapat berkreasi dengan CSS untuk membuat tampilan web menarik mengingat CSS juga menjadi bagian ekstensi dari HTML dan Anda bisa menspesifikasi formatting dengan CSS.

Menggunakan CSS akan memberikan Anda, selaku pengembang sebuah kemampuan untuk mengontrol banyak aspek dalam web seperti warna teks, style fonts, spacing antara paragraf, ukuran dari kolom, warna atau foto background. Kemampuan ini juga termasuk untuk desain layout dan berbagai variasi lainnya untuk mempercantik website Anda. Termasuk mudah untuk dipelajari dan dimengerti, CSS mampu memberikan dampak yang signifikan dalam mempresentasikan dokumen HTML. Simak penjelasan lebih lanjut panduang singkat mengenai CSS dibawah ini.

 

Manfaat dan Kelebihan dari Menguasai CSS (Cascading Style Sheet)

 

 

Dalam membangun situs web, seperti tiga serangkai dengan HTML, JavaScript, maka CSS menjadi bagian yang menunjang bagaimana sebuah website berdiri. Berikut manfaat menguasai CSS bagi pengembang pemula.

  • Pemisahan antara atyle dan structure

    Ide utama dari menggunakan CSS adalah memisahkan struktur dokumen dari presentasi atau tampilan dokumennya dimana HTML berguna sebagai struktur saja dan tidak yang lainnya. Seluruh atribut yang Anda masukkan untuk mempercantik website Anda akan ditampilkan nantinya. Jika Anda hanya menggunakan HTML sebagai style, berarti Anda tidak menggunakan HTML sesuai dengan kapasitasnya, sebab tujuan utama HTML adalah sebagai struktur. Tanpa tambahan HTML untuk styling dokumen yang Anda punya akan lebih mudah dibaca dan diperbaharui tanpa harus merusaknya. Seluruh kode CSS yang Anda tulis dapat dipindahkan ke file yang terpisah sehingga mudah memperbarui stylenya.

  • Membuat pengunduhan halaman web lebih cepat

    Biasanya, penggunaan CSS sangat berpengaruh terhadap banyaknya kode yang Anda tulis di balik halaman web karena hal ini membantu dalam waktu pengunduhan halaman. Ketika browser melihat tabel dalam kode Anda, maka kode tersebut akan dibaca lagi sehingga prosesnya menjadi 2 kali. Satu kali pembacaan untuk mengerti struktur dari table dna satu kali lagi untuk menampilkan konten table dimana waktu tambahan yang digunakan ini memperlambat website Anda. Menggunakan table untuk layout sebuah halaman web biasanya menyebabkan penggunaan gambar yang lebih banyak. Gambar adalah elemen terberat dalam suatu halaman dan menjadi dalang utama lambatnya halaman Anda meski gambar bisa diperkecil, tapi gambar masih lebih besar dibandingkan kode. Dikarenakan Anda menaruh kode CSS di file yang terpisah, kode Anda akan di cache dalam browser segera setelah menerima permintaan, sehingga tidak perlu didownload lagi.

    Baca Juga  :   Daftar Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Populer 2022

  • Membantu mempresentasikan website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan

    Anda bisa mengontrol banyak hal dalam mempresentasikan halaman web Anda dengan CSS. Selain dari fakta bahwa CSS memiliki lebih banyak opsi formatting dibanding HTML, CSS juga bisa menentukan pada urutan keberapa halaman ditampilkan. Jika Anda memiliki halaman dengan grafik yang berat Anda bisa menaruhnya pada halaman akhir sehingga pengunjung dapat membaca teks di halaman awal selagi menunggu grafiknya dimuat. CSS juga memberikan kontrol lebih untuk media yang beda. Anda bisa menyusun kode Anda agar lebih mudah diikuti oleh screen reader, sehingga tingkat aksesibilitas halaman web lebih tinggi.

  • Membantu dalam mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO)

    Meskipun hal ini belum disetujui oleh semua orang, ada kemungkinan bahwa dengan CSS halaman web Anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian. Karena situs CSS Anda memiliki kode yang lebih simpel dan kode yang lebih mudah dibaca tidak hanya oleh Anda, tapi juga search engine spider atau laba-laba mesin pencari. Ketika search engine spider masuk ke kode Anda lebih cepat, halaman Anda juga bisa diindeks dengan lebih cepat. Ada kemungkinan juga kode dianggap sebagai teks yang kan berguna untuk menambah keyword density. Lebih sedikit kode yang ada lebih mudah ditentukan maksud dari halaman situs Anda.

 

Baca Juga  :     Memahami Perbedaan Closed Source dan Open Source

 

Tips Bagi Pemula yang Ingin Menggunakan CSS

Panduan Singkat dan Mudah CSS (Cascading Style Sheets) Bagi Pemula
 

Pengembang pemula biasanya akan memulai pembelajaran mereka dengan mengetahui 3 dasar dalam pembuatan website yakni HTML, CSS dan JavaScript. Mengingat ini dianggap bagian dasar dalam memahami, merancang dan mengembangkan situs web, berikut tips yang bisa Anda jadikan tambahan dalam mempelajari CSS.

  • Manfaatkan reset. css

    Melakukan render styles CSS bisa saja menjadi sebuah masalah karena browser seperti Firefox dan Internet Explorer memiliki cara yang berbeda dalam menanganinya. Disini reset. css akan mengulang seluruh style yang ada sehingga Anda dapat memulai dari awal kembali. Ada banyak frameworks yang bisa membantu Anda untuk mengatur ulang style, beberapa rekomendasi diantaranya adalah CSS Cheat Sheet dan Yahoo.

  • Menggunakan dan memanfaatkan bantuan Shorthand CSS

    Jika Anda menggunakan Shorthand CSS, Anda bisa menulis command dengan lebih pendek. Selain itu, Shorthand CSS juga membuat kode lebih mudah untuk dimengerti terutama jika Anda bekerja dalam tim.

  • Membantu membedakaan antara ID dan Class

    Hal ini mungkin yang paling membingungkan pengembang pemula, sebagai suatu aturan ID direpresentasikan oleh ” #” dan class adalah tanda titik (.). Ketahui bahwa perbedaan utama yang paling mendasar adalah ID digunakan untuk style yang unik atau bukan berulang, sementara class bisa digunakan lebih dari sekali.

  • Mencoba menggunakan Link List

    Link list atau < li > bisa sangat berguna ketika membuat menu. Gunakan < li> dengan < ol> atau < ul> dan navigasi website Anda akan lebih rapih dan menarik.

    Baca Juga :   Daftar Kode Warna Pada HTML & CSS dan Cara Menggunakannya

  • Menggunakan < div> untuk fleksibilitas

    Jika salah satu tujuan utama Anda adalah fleksibilitas total, Anda bisa mencoba < div> dibanding < table>. Kebanyakan layout < table> dapat diselesaikan di <div> dimana Anda mendapatkan fleksibilitas total.

  • Mencoba melakukan Debugging Tools CSS

    Mendapatkan preview instan untuk layout yang Anda buat merupakan hal yang bagus karena sebuah preview dapat membantu Anda untuk memahami apa yang harus dirubah dan ditingkatkan. Ada berbagai tools debugging yang bisa Anda coba untuk beragam browser seperti Firefox Web Developer, Firebug dan Internet Explorer developer toolbar.

  • Membuat penulisan kode yang lebih singkat

    Anda bisa menulis kode yang lebih singkat dengan cara menulis < li> harus berada di dalam < ol> atau < ul>. Pada waktu yang sama, < td> juga bisa digunakan dengan < table> dan < tr> yang artinya, Anda tidak perlu memasukkan ulang lagi.

 

Baca Juga Panduan  :      Cara Mounting Layanan Object Storage IDCloudHost di Ubuntu

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam pengembangan website, CSS digunakan digunakan untuk mempresentasikan dokumen HTML dimana CSS berperan untuk mempercantik tampilan website Anda dan membuatnya lebih menarik sehingga pengunjung tidak bosan. Jika HTML adalah kerangka dan JavaScript otaknya, maka CSS merupakan fisik atau tampilan dari suatu web. CSS memiliki banyak fungsi, Anda dapat memberi warna untuk background, mengubah font dan masih banyak lagi.

Mempelajari CSS bukanlah hal yang sulit bagi pengembang pemula karena ada banyak tutorial yang tersedia untuk dipahami. Menguasai CSS memberikan Anda keleluasaan dalam mengatur tampilan website, manfaat lainnya adalah menulis kode CSS membantu Anda dalam Search Engine Optimization hingga mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuat halaman web.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update